Monday, August 14, 2023

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan bersama Morinaga Morigro

Anak susah makan? Itu masalah yang saya hadapi sewaktu anak-anak masih kecil. Sedih sekali rasanya saat memasuki masa MPASI, anak saya memuntahkan makanannya. Saat itu saya tidak paham mengapa anak-anak saya susah makan. Bahkan pernah berat badannya itu nyaris di bawah garis merah, sehingga mendapatkan nasihat dari kader Posyandu untuk menaikkan berat badannya.

Masalah Anak Susah Makan
Susu Morinaga Morigro Penambah Nafsu Makan Anak

Salim, si bungsu ini, dulunya selain susah makan juga sering sakit. Beberapa kali dirawat di rumah sakit. Dia hanya mau minum ASI. Pusing sekali memikirkannya. Padahal saya sudah membeli buku menu MPASI dan mencoba memasaknya. Ternyata anak saya tidak mau makan. Hanya mau minum ASI. Sedangkan kalau usianya sudah di atas 6 bulan harus mulai dikenalkan dengan MPASI. 

Mama-mama ada yang memiliki masalah yang sama? Jangan dianggap sepele ya masalah anak susah makan ini. Harus segera dicari solusinya, karena anak-anak sedang dalam masa perkembangan dan pertumbuhan sehingga jangan sampai kekurangan nutrisi. Kapan kita harus mulai waspada dengan masalah susah makan pada anak? Bila sudah berlangsung lebih dari satu bulan anak kita menolak makan atau makannya lama atau rewel saat diberi makan.  Penyebabnya bisa karena masalah lingkungan, psikologis, dan gangguan saluran cerna. 

Anak yang terlalu lama diberi ASI itu ternyata juga bisa menyebabkan anak susah makan MPASI. Anak-anak saya memang mengalaminya karena saya di rumah saja, jadi sangat mudah memberikan ASI. Akibatnya anak-anak saya hanya menyukai ASI. Saat waktunya MPASI, sulit sekali memberikannya makanan selain ASI. ASI memang bagus, tetapi kalau sudah waktunya anak dikenalkan dengan MPASI ya harus diberikan. Walaupun sulit memberikan MPASI-nya, saya terus berusaha agar anak saya mau makan.

Bila tak tahu cara mengatasinya, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter anak. Apa sih penyebab dan dampak masalah makan ini terhadap tumbuh kembang anak? Dalam memperingati Hari Anak Nasional, PT KALBE Nutritionals mengadakan talkshow bersama para dokter terkemuka pada tanggal 18 Juli 2023. Dari talkshow ini saya jadi mengetahui tips mengatasi masalah anak susah makan bersama Morinaga Morigro.

Penyebab dan Dampak Anak Susah Makan 

Pembicara pertama adalah Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gasthrohepatologi yang menyebutkan pentingnya orangtua peduli terhadap masalah makan pada anak ini karena bisa mengganggu pertumbuhannya. Apabila tubuh anak tidak terisi zat nutrisi secara optimal, maka bukan hanya pertumbuhannya yang terganggu tetapi juga kondisi emosinya. Kalau anak lapar pastinya akan rewel kan? 

Penyebab dan Dampak Anak Susah Makan
Talkshow Morinaga Morigro

 

Masalah makan pada anak ini juga bisa disebabkan karena adanya kelainan organik pada anak. "Meskipun sebagian besar penyebab masalah makan ini adalah non organik, namun dokter dan orangtua juga perlu mewaspadai adanya alarm symptoms penyakit organik pada 20-30% anak yang mengalami masalah makan," ujar Prof. Hegar. Apa sajakah kelainan organik itu? Prof Hegar memaparkannya sebagai berikut: 

  1. Gangguan saluran cerna yaitu penyakit refluks gastroesofagus, kolik infantil, dan infeksi saluran cerna. Ini berarti ada masalah organik atau kelainan organ. Bisa membuat anak takut melihat makanan karena merasa kesakitan saat makan.
  2. Memiliki alergi makanan, misalnya alergi susu sapi. Makanan yang menyebabkan alergi ini juga bisa menimbulkan rasa sakit pada tubuh anak, seperti diare, muntah, bengkak, gatal, dan sebagainya. 
  3. Gangguan perkembangan motorik dan sensorik yang menyebabkan kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Ini berkaitan dengan gangguan tumbuh kembang. 

Untuk mengetahui penyebab pastinya, dokter akan menganalisisnya. Pada saat mengalami masalah makan ini, bisa saja berat badan anak mengalami kenaikan tetapi harus diperiksa di buku KIA apakah kenaikan BB-nya ini sudah sesuai. Sebab, jika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi maka akan berpengaruh ke otak, fisik, dan pertumbuhan. Fungsi tubuh anak yang lainnya pun terganggu, seperti imunitasnya rendah dan gampang sakit, serta rentan terkena infeksi. 

Jika anak susah makan, perkembangan motoriknya pun terganggu karena dia kekurangan energi untuk bermain sehingga mengalami keterlambatan gerak dan regresi. Itu sudah pasti ya Mam, tubuh anak akan lemah dan lesu karena kurang nutrisi. Waspada juga nih Mam, kalau bayi sering gumoh sampai muntah. Sebaiknya langsung dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Selanjutnya dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), Dokter Tumbuh Kembang Anak di RSCM menjelaskan mengenai dampak dari malnutrisi pada anak yaitu terjadinya defisiensi gizi. Bukan main-main lho dampaknya, bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak dari berbagai sisi baik itu fisik, kognitif otak, motorik, fisiologis, dan perubahan respon imun. Kalau imunitasnya menurun, anak jadi mudah terkena infeksi. 

Kondisi malnutrisi itu mempersulit penyembuhan penyakit dan menurunkan kecerdasan anak. Sebaiknya harus segera dikonsultasikan ke dokter ya Mam. Selain memperbaiki pola makan anak, kita juga harus pintar-pintar memberikan makanan yang bervariasi agar anak tidak bosan. 

Nah, berkaitan dengan memberikan makanan yang bervariasi ini dibahas oleh dr. Vera Itabiliana S.Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia. Pemberian makanan yang tidak bervariasi itu menjadi salah satu faktor penyebab anak susah makan, kata dr. Vera. Selain itu juga ada faktor psikologis yang disebabkan oleh orangtua. Misalnya saja, memberikan makanan tertentu sebagai hadiah sehingga anak itu hanya menyukai makanan tersebut. Dilihat juga bagaimana kondisi lingkungan di rumah dan kebiasaan makan keluarga. 

Contohnya, apabila di rumah itu jarang disediakan sayuran dan orangtua pun jarang makan sayur, maka anak akan menirunya. Kebiasaan makan seperti makan harus di luar rumah, itu bisa berpengaruh juga lho Mam. Akibatnya anak susah makan kalau tidak di luar rumah. Saya sering melihat ibu-ibu memberikan makan bayinya di luar rumah sambil jalan-jalan, alasannya supaya cepat makannya. Saya juga sempat mengikuti kegiatan tersebut, tetapi kemudian saya hentikan. 

Kondisi psikologis lainnya yang menyebabkan anak sulit makan yaitu memiliki pengalaman negatif dengan makanan tertentu. Anak pun jadi tidak mau makan makanan tersebut. Misalnya, anak pernah menelan duri ikan sampai kesakitan sehingga kemudian jadi tidak mau makan ikan. Anak saya pernah mengalami hal ini, akibatnya sampai sekarang masih malas makan ikan. Kalau mau makan ikan, durinya harus dihilangkan dulu dan disuapi. Belum mau makan ikan sendiri, karena takut tertelan durinya. 

Kondisi psikis anak yang lainnya juga harus diperhatikan ya Mam kalau dia tiba-tiba susah makan, siapa tahu anak sedang stress, cemas, kesulitan beradaptasi, dan sebagainya. Contohnya kalau baru saja ganti pengasuh anak atau baru pindah rumah. Itu bisa menjadi pendorong stres pada anak. Intinya, anak susah makan itu bisa dianalisis penyebabnya dari berbagai hal. Bukan hanya tidak suka dengan makanannya, tapi bisa juga karena kondisi psikisnya sedang terganggu. Bisa dikonsultasikan kepada dokter anak.

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan bersama Morinaga Morigro

Masih belum lengkap ya penjelasan dari dokter-dokter di atas mengenai penyebab dan dampak masalah makan pada anak. Ditambahkan pula oleh  dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals yang memaparkan mengenai bentuk, jenis, dan gejala masalah makan pada anak. Ternyata masalah susah makan ini beraneka ragam ya. Ada yang tidak nafsu makan apa pun, ada yang pilih-pilih makanan, dan ada yang hanya mau makanan tertentu. 

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan
Penambah Nafsu Makan Anak

 

Anak saya dulu itu termasuk yang suka pilih-pilih makanan dan makanan tertentu saja. Misalnya, kalau untuk sayur itu hanya mau wortel dan bayam, sedangkan buahnya hanya suka mangga dan apel. Untuk proteinnya, hanya mau olahan ayam dan udang. Selain itu, tidak mau dimakan. Jadi, kata dr.  Muliaman, penyebab susah makan itu bisa karena psikologis, pola asuh, atau malah karena makanannya itu sendiri. 

Gangguan organik juga harus diperhatikan, seperti gusi bengkak, kesulitan menelan bisa karena sakit tenggorokan, sedang demam, dan mengalami mual muntah saat makan. Gangguan makan ini paling banyak terjadi ada anak prasekolah yaitu sebesar 14% - 50%, sedangkan anak yang lebih besar jumlahnya antara 7%-27%. Berdasarkan hasil studi IPSOS pada anak usia 1-6 tahun, jumlah anak yang susah makan di Jabodetabek dan Medan ini besar sekali lho yaitu 55%. Wow, nggak heran ya kalau mama-mama itu suka kagum melihat anak yang nafsu makan. Soalnya lebih banyak anak yang susah makan daripada anak yang nafsu makan. 

Anak-anak saya sendiri termasuk yang susah makan saat usia balita. Setelah melewati usia balita, mereka sudah suka makan tapi itupun masih pilih-pilih makanannya. Selain tetap mengupayakan untuk memberikan makanan padat, perlu juga tambahan susu penambah nafsu makan anak seperti Susu Morinaga Morigro. Mengapa? Dijelaskan oleh Junita, Business Unit Head Morinaga GUM Kalbe Nutritionals, Morinaga Morigro dihadirkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah anak susah makan yaitu dengan meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi sehingga anak lahap makan. 

Keunggulan Susu Morinaga Morigro

Susu Morinaga Morigro ini memiliki kandungan formula GROMAX yaitu minyak ikan, Probiotik BB536, serat FOS, dan tinggi kalsium. Kalau minyak ikannya itu bisa membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga anak bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal. Sedangkan Probiotik BB536 dan Prebiotik serat FOS itu untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Dilengkapi juga dengan vitamin A, C, D E, dan Zinc. Ada 14 vitamin dan 9 mineral, zat besi, serta kolin. Minyak ikannya ini mengandung DHA dan Omega 3 dan 6. Morigro ini juga rendah gula, jadi bersahabat untuk gigi anak serta tidak khawatir anak terkena diabetes. 

Susu Morinaga Morigro ini bukan pengganti makanan padat ya Mam, tapi membantu agar anak lahap makan. Sehingga berikan susu ini sambil tetap memberikan makanan padat untuk anak. Susu Morigro adalah susu pertumbuhan anak 1 tahun ke atas. Jadi, menurut Junita, Morinaga Morigro ini mengandung bahan-bahan  pilihan yang membantu orangtua untuk mengatasi masalah anak susah makan yaitu dengan mendorong nafsu makan anak sekaligus membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya. 

Keunggulan lainnya dari Morinaga Morigro adalah memiliki Protein Energi Ratio 12% untuk meningkatkan nafsu makan anak. Tentunya susu penambah nafsu makan anak ini juga sudah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia. Tersedia dalam ukuran 200 gram, 400 gram, dan 800 gram. Untuk mencoba pertama kali bisa beli yang ukuran 200 gram dulu ya Ma, dengan jumlah kalori 180 per sajian. 

Morigro mendukung program ASI. Jadi masih tetap bisa diberikan ASI sampai usia 2 tahun disandingkan dengan pemberian Morigro untuk meningkatkan nafsu makan anak. Apabila berat badan anak masih kurang, bisa berikan juga susu Morinaga Morigro sebagai susu penambah berat badan anak 1 3 tahun.

Testimoni Morinaga Morigro 

Saya memberikan susu  Morinaga Morigro ini ke Salim dua kali sehari. Meskipun rendah gula, rasanya tetap enak lho. Tidak hambar dan tidak eneg. Ada dua rasa yang bisa dipilih atau dicoba semuanya, yaitu Morigro Vanila dan Morigro Madu. Kalau Salim paling suka rasa Vanila. Tentunya sudah memiliki label halal dan BPOM ya, jadi tidak usah khawatir meminumnya. Cara membuatnya cukup seduh 5 sendok takar dengan 180 ml air matang hangat. Tidak usah ditambah gula lagi ya, Mam. Aduk rata dan minum. 

Susu Morinaga Morigro
Morigro Vanila dan Morigro Madu

 

Alhamdulillah, Salim suka sekali dengan rasanya. Sekarang nafsu makan Salim meningkat drastis dan sudah mulai berkurang keinginan pilih-pilih makanan. Walaupun begitu tetap dijaga porsinya agar jangan berlebihan. Ibu-ibu yang sedang mencari susu penambah nafsu makan anak, langsung saja deh coba susu Morinaga Morigro ini. Ikhtiar apa pun harus kita coba ya untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Pastinya kita semua menginginkan anak sehat, cerdas, dan aktif.

Testimoni Morinaga Morigro
Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun ke Atas


Manfaat susu bagi pertumbuhan anak itu bagi saya sangat terasa, karena Salim sekarang badannya berisi, tidak susah makannya, dan sangat aktif bergerak. Otaknya juga mudah menerima pelajaran. Alhamdulillah, semoga sehat selalu ya anak-anak kita dan jadi #AnakLahapGROMAXimal

Selain memberikan susu Morinaga Morigro agar anak lahap makan, berikut ini adalah cara saya untuk menambah nafsu makan anak:   

Disiplin dengan Jam Makan Anak 

Anak-anak makan besar tiga kali sehari dan harus disiplin dengan jam makannya yaitu pagi, siang, dan malam hari. Sesibuk apa pun harus tetap berusaha memberikan makan kepada anak pada waktu-waktu tersebut. 

Membatasi Camilan 

Camilan atau snack diberikan di sela-sela jam makan besar sebanyak dua kali saja supaya anak tidak terlalu banyak makan cemilan dan sudah kenyang duluan. Kalau sudah kenyang cemilan, anak jadi malas makan besar. Porsinya juga jangan terlalu banyak. 

Makan Bersama-sama 

Makan bersama keluarga akan lebih menarik minat anak untuk makan. Berhubung saya kerja dari rumah, jadi saya bisa makan bersama anak pada jam-jam makannya. 

Menyajikan Aneka Menu Masakan

Saya memberikan aneka menu masakan kepada anak-anak, tidak hanya masakan Indonesia ya, tapi juga masakan ala Jepang, Italia, dan Amerika. Anak-anak saya suka sekali dengan masakan ala Jepang seperti nasi bento, daging sapi teriyaki, dan sushi. Sedangkan untuk masakan Italia, anak-anak saya sangat suka dengan spaghetti dan makaroni cheese. Sebagian saya masak sendiri, sebagian lagi saya beli dari restoran yang higienis. 

Memperbanyak Aktivitas Anak 

Agar anak lahap makan, anak harus mengeluarkan energi yang banyak supaya merasa lapar. Saya ajak beraktivitas yang cukup memakai energi, seperti bermain di taman dan berolahraga. Kalau sudah lapar kan mereka makannya jadi lahap. 

Mama ada solusi lainnya? Boleh ya ditambahkan di komentar. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai susu Morinaga Morigro bisa dilihat di sini ya: 

Instagram @morigro.id

TikTok @morigro.id


 

 


25 comments:

  1. Makasih sharingnya , kalau susu hampir semua anak suka ya

    ReplyDelete
  2. Wah suka sama Morinaga Morigro, dari awal sudah menjelaskan kalau ini bukan pengganti makanan padat. Tapi untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Jadi edukasinya jelas dari awal.

    ReplyDelete
  3. Anakku sebenarnya terbilang mudah makannya, tapi sekarang pun aku kasih tambahan susu untuk tumbuh kembangnya agar lebih maksimal.

    ReplyDelete
  4. Morinaga Morigro jadi solusi banget sangat memasuki masa MPASI dan anak susah banget buat makan. Paling tidak, dengan adanya Morinaga Morigro bisa melengkapi kebutuhan gizi anak untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal

    ReplyDelete
  5. Sekarang gak khawatir kalau anak susah makan, karena tinggal kasih Morinaga Morigo. Tentunya dengan memberikan menu beragam juga biar anak tidak bosan makan itu-itu saja.

    ReplyDelete
  6. Produk Morinaga rekomendasi banget untuk para bunda banget ini, dulu saya hanya mengenal produk susunya, sekarang semakin banyak pilihan ya, ada Morinaga Morigro yang semakin membantu masalah makana anak.

    ReplyDelete
  7. Masih banyak aja ya ibu-ibu yang mengatasi masalah anak susah makan dengan menyuapinya sambil jalan-jalan. Aku dulu selalu menghindari kebiasaan begitu, tapi lebih karena males ketemu ibu-ibu rumpi yang apa pun dikomentari.

    Btw, anak-anakku nggak sempat minum Morigro sih, tapi kalau dari Morinaga pasti bagus. Dulu mereka sempat minum ChilKid dan ChilSchool dari Morinaga :)

    ReplyDelete
  8. Nafsu makannya langsung meningkat drastis ya buat Salim? bagus juga ini buat atasi GTM, meski demikian tetap jaga asupannya dengan baik agar tetap ideal jangan sampai malah terjadi obesitas ya

    ReplyDelete
  9. Kayaknya saya perlu nih beli Morinaga Morigro. Anak saya sudah dua mingguan susah banget makannya.

    Makannya milih-milih, jadi lebih suka makan goreng-goreng ketimbang sayur. Sampai pusing saya.

    Buah pun gitu, dulu suka banget sama.buah-buahan, terutama melon, sekarang gak doyan. Emaknya yang stress nih..

    ReplyDelete
  10. Ketika anak GTM tuh di situ ada Ibu yang sedih dan muter mencari cara yang terbaik agar anak tetap tumbuh optimal, apalagi di masa keemasan mereka. Alhamdulillah, ada Morinaga Morigro yang bisa bantu penuhi nutrisi penting pertumbuhan mereka. Disarankan bisa dikonsumsi dari usia berapa sampai berapa, kak Leyla?

    ReplyDelete
  11. Keren nih Morinaga yang melahirkan Morigro. Secara anak yang susah makan itu banyak banget. Alhamdulillah kalau ada susu Morigro bisa jadi andalan kalau anak mulai malas makan

    ReplyDelete
  12. Masalah anak yang susah makan ini emang jadi momok bagi orangtua. Aku beberapa kali juga denger curhatan temenku tentang hal ini. Ternyata kalau tau solusinya, masalah ini bisa dihadapi dengan lebih tenang bagi para orang tua. Tips yang mbak berikan akan membantu apalagi disertai juga susu penambah nafsu makan yang diberikan pada anak.

    ReplyDelete
  13. Kayanya tiap emak pasti juga pernah mengalami anak susah makan deh. Dan jadinya bikin sedih, khawatir kalau ngga sesuai dengan taget tumbuh kembang. Ternyata kondisi emosinya juga bisa mempengaruhi masalah makan anak yaa. Belum lagi kalau anaknya picky banget huhu. Emang deh penting banget support susu Morinaga Morigro buat meningkatkan nafsu makan.

    ReplyDelete
  14. Kalau anak enggak mau makan itu bawaannya sedih, emosi, sampai bingung mau dikasih apa. Dulu pernah ngalamin. Akutuh sampai nyari susu penambah nafsu makan loh. Eh sekarang sudah ada Morinaga Morigro.

    ReplyDelete
  15. Masalah stunting jg msh menghantui negeri ini, khususnya bg masyarakat kelas bawah yg ga bs terakses susu formula spt ini. Jgnkan susu, makanan setiap hari aja msh blm mencukupi.

    Smg Morinaga jg turut membantu anak2 stunting di pelosok.negeri shg anak2 mkn suka susu, mkn nafsu mkn dan imbasnya bs mengurangi stunting krn susu ini bnyk gizinya.

    ReplyDelete
  16. anak saya tuh termasuk yang susah makan padahal udah TK B, kadang milih juga cuman mau makan yang dia suka dan seringnya gak pake nasi. saya kepikiran untuk ngasih susu penambah nafsu makan, morinaga termasuk pilihan saya. tapi tahunya morinaga yang chil kid. eh ada yang marinaga morigro ya, kandungannya lebih bagus nih ada minyak ikan, Probiotik BB536 dan serat FOS. auto beli nih buat anak saya

    ReplyDelete
  17. Anak susah makan itu memang PR banget untuk kita sebagai orang tua, apalagi kalau sudah melakukan Gerakan Tutup mulut alias GTM, tambah puyeng deh mikirinnya.
    Fortunatelly kini ada Morinaga Morigro, ya, yang bisa menjadi alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah anak susah makan ini.

    ReplyDelete
  18. ini sih storiesnya temen2ku kebanyakan.. pada sambat anaknya GTM ahaha aku jadi inget pas anakku dulu juga ada pengalaman yang sama. asli mumet banget

    ReplyDelete
  19. Cobakan ke anakku ah
    Siapa tahu makin baik tumbuh kembangnya kalau minum juga
    Apalagi rasanya pasti enak

    ReplyDelete
  20. Nah, ada Morinaga Morigro ini bakal bantu banget nih untuk anak-anak yang susah makan. Tak cuma untuk menambah nafsu makan anak, tapi kandungan Morigro ternyata juga lengkap ya.

    ReplyDelete
  21. anakku udah coba morigro dan katanya sih dia suka tuh yang vanila, enak gurih katanya dan manisnya pas, semoga lah ya biar bikin makannya makin lahap di masa pertumbuhannya sekarang

    ReplyDelete
  22. Bukan cuma karena faktor rasa makanan yang nggak bikin anak tertarik ya masalah anak nggak suka makan itu. Ternyata juga bisa dari psikologis daannn pola asuh. Duh kompleks ya. Apalagi makan itu mendukung banget tumbuh kembang si kecil. Senang banget dengan kehadiran Morinaga Morigro yang dikhususkan bagi si kecil yang picky eater.

    ReplyDelete
  23. Anak saya tiga2nya pas masuk tekstur kasar dan makan nasi langsung susah makan. Biasanya saya sambung susu. Anak pertama saya pernah coba chilkid, lumayan nafsu makannya bertambah, apalagi yang Morigro yang memang dibuat untuk nafsu makan anak lebih ngefek lagi ya

    ReplyDelete
  24. Memang kudu sabar bener dan dicari tahu sih ya penyebab anak susah makan. Untungnya ada Morinaga Morigro solusi buat anak susah makan dengna nutrisi lengkap dan seimbang.

    ReplyDelete
  25. Kalo udah Morinaga, aku yakin pasti baguus 👍👍. Soalnya Morinaga susuku juga pas kecil dulu mba. Kalo menurut mama aku susah banget minum susu. Kalo adik2ku minum susu apapun lahap, aku lebih sering dimuntahin Krn ga kuat bau nya 🤣. Jadi setelah ketemu Morinaga, baru mau minum susu 😄.

    Nah skr pas punya anak2 , aku pun pakein Morinaga utk susu mereka, walopun belum coba yg morigro yaa. Soalnya susu ini memang bikin anak2 ga mual Krn baunya enak. Pengen coba yg morigro deh ntr. Tapi ga ada rasa coklat yaa. Si adek itu agak pilih2 kalo susu, lebih suka yg ada perasa coklat. 🤣. Sama bgt kayak emaknya pas kecil 😂

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...