Sunday, July 10, 2011

Info Penerbit: Nuansa Cendekia

PENERBIT NUANSA CENDEKIA

PENERBIT BUKU: Komp. Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung 40619 Tlp. 022-76883000-Fax: 022-7801410 nuansa.cendekia@gmail.com

BAGAIMANA MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT NUANSA CENDEKIA dan PENERBIT MARJA’ (Lini penerbitan khusus agama dibawah penerbit NUANSA CENDEKIA?.

Sebenarnya syarat dan ketentuannya sama dengan tataterbit penerbit lain. Ketentuan umumnya kurang lebih sebagai berikut:

Nuansa Cendekia mengutamakan naskah Ilmiah Populer. Bidang buku meliputi Agama, Politik, Sosial, ekonomi, budaya, peternakan, pertanian (agribisnis), how to, motivasi, wirausaha, kerajinan, masakan, dan lain-lain.

Untuk naskah puisi dan kumpulan cerpen mohon maaf belum bisa kami terbitkan. Sedangkan untuk novel masih akan dipertimbangkan sekalipun tipis kemungkinan kami terbitkan.

NILAI LEBIH:
Naskah yang paling diminati tentu saja yang memiliki nilai lebih dari buku-buku yang sudah beredar. Oleh karena itu sebagai penulis Anda mestinya menjelaskan beberapa sisi nilai lebih dari buku yang Anda tulis tersebut.

Nilai lebih itu di antaranya hal baru tentang penemuan, nilai lebih dalam hal penuturan bahasa, nilai lebih karena memiliki kelengkapan dari buku lain, dan seterusnya. Setiap penulis yang jeli melihat peluang pembaca sudah pasti memiliki alasan khusus mengapa buku tersebut layak diterbitkan untuk masyarakat.

BENTUK NASKAH:
Naskah minimal 150 halaman, maksimal 300 halaman.
Diketik rapi dalam 1,5 paragraf. Jenis huruf font Times New Roman ukuran 12. batas margin kanan sepantasnya.

Setiap pengiriman naskah diwajibkan mengirim surat kata pengantar, synopsis dan keterangan lengkap biodata penulis serta alamat dan tlp yang bisa dihubungi. Dalam kata pengantar perlu juga dijelaskan apakah naskah tersebut akan dijual putus atau sistem royalty. Untuk harga naskah jual putus akan selalu diberikan pertimbangan melalui rapat. Sedangkan royalty sebagaimana umumnya penerbit lain kami menetapkan standar 10 persen.

PENGIRIMAN NASKAH:
Pengiriman naskah sebaiknya dalam bentuk print Out, dikirim ke PENERBIT BUKU NUANSA CENDEKIA dengan alamat: Komp. Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung 40619 Tlp. 022-76883000-Fax: 022-7801410. Berhubung banyak yang lebih suka mengirim praktis melalui email, kami pun melaninya melalui alamat nuansa.cendekia@gmail.com.

SELEKSI dan KEPUTUSAN:
Setiap naskah yang masuk akan diseleksi oleh tiga orang awak redaksi. Setiap naskah yang akan diterbitkan dipastikan akan menghubungi penulis terlebih dahulu. Selain untuk menyepakati kontrak juga untuk pembicaraan lain yang sekiranya perlu, seperti melengkapi bagian-bagian yang kurang lengkap.

Redaksi membutuhkan waktu antara 30-50 hari untuk proses seleksi naskah. Jika Anda merasa terlalu lama menunggu, Anda bisa menghubungi melalui telpon setelah 3 minggu pengiriman untuk memastikan apakah naskah tersebut akan diterbitkan atau tidak.

JUMLAH CETAK DAN ROYALTY:
Berapa jumlah buku yang dicetak nuansa cendekia pada cetakan pertama? Ini sangat tergantung pada prediksi marketing. Bisa jadi langsung dicetak 5.000copy, 10.000copy, atau dalam batas minimal dicetak 1.700-2.000 copy.

Honorarium royalty bukan mengacu pada jumlah cetak, melainkan pada jumlah buku yang terjual, mengikuti arus keuangan distributor. (Ini lazim diterapkan oleh hampir semua penerbit)

SARAN PENTING:
Kepada Penulis sangat diharapkan untuk membantu promosi guna memperkenalkan bukunya yang sudah diterbitkan.

====
Salam
Mathori A Elwa
Kepala Redaksi Nuansa Cendekia dan Marja’ Bandung



Address
  • Komp.Sukup Baru 23 Ujungberung email. nuansa.cendekia@gmail.com

Website

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...