Thursday, July 28, 2011

Nonfiksi: Taaruf, Keren! (6)

Bab 6

Menilai Kriteria yang Kamu Inginkan dari Orang-orang Terdekatmu

Kamu mungkin bingung, sebenarnya calon pasangan seperti apa yang kamu inginkan. Nah, kalau bingung, coba deh tentukan kriteria yang kamu inginkan melalui orang-orang terdekatmu dan dirimu sendiri.
1.      Apa yang kamu sukai dari orang terdekatmu?
Di sekitar kita, banyak orang-orang terdekat dengan berbagai karakter dan kebiasaan. Ada yang menyenangkan, ada yang tidak. Terkadang, ketika kita merasa bahwa mereka sangat tidak menyenangkan, kita tidak ingin memiliki pendamping yang memiliki sifat seperti mereka. Begitu juga sebaliknya. Ketika kita bertemu dengan orang yang sangat menyenangkan, kita ingin pendamping kita juga memiliki sifat seperti itu.
Nah, kita bisa membuat daftar kriteria berdasarkan apa-apa yang kita sukai dari orang terdekat. Misalnya nih, beberapa poin yang kamu sukai dari orang terdekatmu:
1)   Rajin salat
1)      Tidak suka bohong
2)      Baik hati alias suka memberi hadiah, suka membantu, dll
3)      Penolong, ringan tangan
4)      Charming.
Dan sebagainya. Kamu bisa isi sebanyak mungkin dengan catatan, pisahkan mana yang bisa dikompromikan, mana yang tidak.
Saya punya seorang teman yang baik sekali. Dia selalu bersedia menolong siapa pun yang sedang kesulitan tanpa kita merasa telah memberatkannya, karena dia terlihat enjoy dan ikhlas melakukannya. Saya terpikir untuk memiliki pendamping hidup yang seperti itu. Pasti asyik kan kalau punya suami yang selalu ringan tangan membantu pekerjaan rumah istri? Hehehe. Kamu juga boleh menetapkan kriteria apa pun yang berlandaskan dari karakter dan kebiasaan yang kamu sukai dari orang-orang terdekat. Boleh kok di-list dari sekarang.
2.      Apa yang tidak kamu sukai dari orang terdekatmu?
Sebaliknya, kamu bisa me-list daftar kriteria dari calon pasanganmu berdasarkan sifat-sifat orang terdekat yang tidak kamu senangi. Saya bisa berikan beberapa contoh, antara lain:
1)      Pemarah
2)      Egois
3)      Suka kentut (maaf!) sembarangan
4)      Merokok
5)      Ceroboh.

Selanjutnya bisa dibaca di buku TAARUF yang sudah republish:

Quanta, Elex Media

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...