Thursday, October 13, 2011

Nonfiksi: Taaruf Keren (7)

Bab 7

Buku Taaruf Keren



















Kriteria Rasulullah

Rasanya kita sudah puas membahas kriteria-kriteria yang kita inginkan dari calon pasangan hidup berdasarkan keinginan pribadi. Nah, bagaimana kalau sekarang kita melihat kriteria berdasarkan sabda Rasulullah SAW?
Kamu mungkin pernah dengar hadis berikut ini:
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW berkata, 
“Wanita itu dipilih karena empat hal; kecantikannya, keturunannya, kekayaannya, dan agamanya. 
Carilah wanita karena agamanya, niscaya kamu akan bahagia.” 
Meskipun hadis di atas lebih ditujukan untuk laki-laki, tapi bisa juga menjadi panduan untuk kaum perempuan. Jadi, berdasarkan hadis tersebut, kriteria calon suami atau istri menurut Rasulullah ada empat:
1.      Kecantikan atau ketampanannya
Kriteria fisik memang selalu menjadi nomor satu dalam menilai seseorang. Iyalah, ketika pertama kali bertemu seseorang, pasti yang pertama kali kita lihat fisiknya dulu, kan? Rasulullah pun tidak mengingkari bahwa umatnya juga akan menempatkan kriteria ini dalam memilih pendamping hidup. Tidak apa-apa kok memilih pendamping hidup berdasarkan kecantikan atau ketampanannya, tapi sebelum itu, lihat kriteria berikutnya ya....
2.      Keturunannya
Apakah dia keturunan baik-baik? Apakah dia berasal dari keluarga pejabat, presiden, atau bahkan bangsawan? Keturunan juga termasuk hal penting dalam memilih pendamping hidup, terutama kalau sudah berkaitan dengan nasab. Nasabnya harus jelas. Berhati-hatilah dalam hal yang satu ini, apalagi kalau calonmu dibesarkan di panti asuhan, alias tidak tahu siapa orang tuanya. Cari tahu bagaimana garis keturunannya, karena bisa jadi ternyata kalian saudara sedarah! Semua hal menjadi mungkin di dunia ini.
Oke, itu kalau berkaitan dengan nasab. Bagaimana kalau hanya karena si dia anak pejabat? Bolehkah menjadikannya kriteria? Boleh saja, itu manusiawi, kok. Asal... baca terus uraian di bawah ini ya....


Selanjutnya bisa dibaca di buku TAARUF yang sudah republish

Panduan Taaruf
Quanta, Elex Media

1 comment:

  1. assalamu'alaikum mba maaf punya info kah pengen dapetin buku ini lagi dimana?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...