Thursday, March 2, 2017

Kenali Jenis Topi Pria yang Umum Digunakan Sehari-hari

Foto: Kapanlagi.com
Perkembangan fesyen dunia tak hanya mempengaruhi selera fesyen para wanita saja. Pria juga memiliki fesyen tersendiri yang tak kalah modis. Meskipun harus diakui jika penampilan pria cenderung lebih simpel dan sederhana jika dibandingkan dengan wanita, namun bukan berarti pria tidak bisa tampil fashionable


Para pria pun juga bisa melengkapi tampilan keseluruhannya dengan ragam jenis aksesoris seperti jam tangan, sepatu, sabuk, kacamata dan juga topi.

Topi menjadi salah satu item fesyen yang umum digunakan oleh para pria sebagai aksesoris penunjang penampilan. Penutup kepala ini sudah ditemukan sejak berabad-abad lalu dan mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya jaman. Pada dasarnya, penutup kepala ini berfungsi untuk melindungi kepala dari hujan, debu dan kotoran lainnya. 

Namun beberapa abad lalu, penutup kepala ini juga bisa menjadi penunjuk kebangsawanan, pangkat dalam pemerintah dan juga status sosial. Hingga kini pun item fesyen ini kerap digunakan oleh para pria. Berikut ini beberapa jenis penutup kepala yang umum dipakai pria:

Beani
Beani lebih kerap dikenal dengan istilah “kupluk” oleh orang Indonesia. Beani ini banyak dibuat dari kain kashmir atau woll. Fungsi utamanya adalah sebagai penghangat kepala. Beani lebih kerap dipakai oleh penduduk di negara yang memiliki musim dingin atau musim salju sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap kepala secara maksimal. Selain itu, Beani juga kerap dipakai dalam aktivitas olahraga outdoor seperti naik gunung dan seluncur es.

Fedora
Di tahun 1920an, Fedora menjadi item fesyen yang populer di kalangan para pria. Kala itu, Fedora adalah penutup kepala yang banyak dipakai oleh para gangster atau pemberontak. Namun di tahun 1950an, kepopuelrannya mulai menurun.

Homburg
Homburg mirip dengan Fedora. Biasanya Homburg dipilih sebagai pelengkap penampilan saat melakukan aktivitas bisnis atau aktivitas yang cenderung formal. Biasanya, Homburg terbuat dari kulit binatang ataupun jerami. Perbedaan Homburg dengan Fedora adalah pada hiasan yang ditempel pada sisi kiri Homburg yang tidak terdapat pada Fedora.

Trilby
Di tahun 1960an, mobil sudah mulai menjadi alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal inilah yang membuat para pria tidak dapat menggunakan penutup kepala yang cenderung tinggi. Dari situlah muncul Trilby yang hampir mirip modelnya dengan fedora dan juga Homburg namun lebih pendek.

Panama
Panama sebetulnya adalah tutup kepala tradisional dari ekuador yang memiliki tepi terbuat dari jerami. Namun Panama menjadi item fesyen yang juga banyak dipakai oleh para pria sejak jaman dulu. Kini, Panama tetap diproduksi dan kualitas yang terbaik diklaim produksi dari Ekuador. Meski begitu, kini sudah jarang pria yang memakainya.

Boater
Boater adalah penutup kepala formal yang biasa dipakai oleh para pria ketika musim panas. Cirinya adalah dengan tepian tidak fleksibel dengan bagian atas rata dan memiliki hiasan berupa pita lebar. Boater ini cocok jika dipakai sebagai aksesoris pelengkap saat Anda memakai busana formal dan smart.

Baseball
Untuk jenis penutup kepala yang satu ini masih kerap dan sangat umum digunakan oleh para pria. Gaya Baseball sangat sesuai jika dipakai ketika acara santai atau kasual yang dipadukan dengan kaos polos atau kemeja santai. Topi jenis Baseball ini sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah hingga mahal.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...