Friday, March 3, 2017

Mempercantik Rumah dengan Jam Dinding Unik dari Kayu


Assalamualaikum. Siapa yang tidak ingin mempercantik rumahnya? Rumah adalah tempat untuk kembali dari segala rutinitas di luar rumah. Tentunya kita ingin beristirahat di tempat yang nyaman dan sedap dipandang. Mempercantik rumah tak harus mahal. Salah satu benda yang bisa ikut mempercantik rumah adalah jam dinding. 


Mengapa jam dinding? Pengalaman saya sendiri, jam dinding sangat dibutuhkan kehadirannya di dalam rumah. Selain sebagai penanda waktu, jam dinding juga bisa mempercantik rumah asalkan dipilih jam yang unik dan berbeda dari yang lain. Jam dinding adalah benda yang sering kita lihat dong pastinya. Coba saja kalau tidak ada jam dinding, pasti kita kelabakan. 

Bangun tidur, mata langsung melihat ke jam dinding. Mau berangkat ke kantor atau sekolah, juga melihat ke jam dinding. Sebenarnya jam juga ada di smartphone dan jam tangan, tapi lebih enak melihat ke dinding. Di setiap kamar biasanya ada jam dinding. Untuk mempercantik rumah, pilih jam dinding yang unik dan ditempatkan di ruang tamu. Mengapa ruang tamu? Karena ruang tamu adalah tempat menyambut para tamu yang datang ke rumah kita. 

Jam dinding unik dari kayu adalah salah satu jenis jam dinding yang bisa kita pilih untuk dipasang di ruang tamu atau ruang tengah. Jam klasik yang sering menjadi properti film-film bernuansa zaman dulu ini ternyata masih ada sampai sekarang. Jam itu juga bisa berdentang setiap jamnya. Misal, saat jam satu siang, dia akan berdentang satu kali. Jam dua siang, dua kali. Begitu seterusnya. Secara otomatis, kita memiliki alarm yang bisa diandalkan. 

Jam dinding ini ternyata harganya cukup terjangkau lho. Hanya di kisaran Rp 200.000, kita sudah bisa mempercantik rumah dengan jam dinding unik dari kayu yang klasik. Terakhir kali saya lihat jam dinding yang menggunakan bandul untuk berdentang ini di rumah kakek saya. Orang-orang zaman dulu memang banyak yang menggunakan jam dinding ini. 

Kalau digunakan di zaman sekarang, tentunya akan membuat rumah kita berbeda dengan rumah yang lain. Apalagi jika kita menyukai ornamen dari kayu dan warna-warna tanah untuk mempercantik rumah kita. Jangan lewatkan keberadaan jam dinding ini. Kalau pernah menonton film-film Harry Potter, jam dinding ini juga sering dijadikan properti film. 

Selain jam dinding, kita juga bisa menggunakan beberapa benda berikut untuk mempercantik rumah tanpa biaya yang mahal: 

1. Taplak meja, penutup galon, sarung bantal kursi, penutup tempat tidur, penutup penanak nasi, dan alas atas kulkas yang menggunakan kain dengan warna senada. Motifnya bisa polkadot, bunga, dan kotak-kotak sesuai selera. Bisa dipesan di tukang jahit atau beli jadi di toko-toko. 
2. Vas bunga plastik yang dapat ditempatkan di meja tamu, meja makan, atas lemari utama, dan sudut-sudut ruangan. Tak perlu menggunakan bunga asli, karena sulit merawatnya dan tidak baik juga diletakkan di dalam ruangan. 
3. Tirai penutup jendela yang senada untuk semua jendela, baik itu jendela ruang tamu maupun kamar-kamar. Harganya juga tak perlu mahal, yang penting warnanya serasi dengan cat rumah dan indah dipandang. 
4. Lemari pajangan yang berisi benda-benda unik. Tak perlu susah dan mahal mencari benda-benda unik untuk mengisi lemari pajangan. Bisa memakai cangkir-cangkir keramik dengan motif yang indah yang dijual di toko perabotan rumah tangga. Kebetulan ibu mertua saya juga suka mengoleksi cangkir-cangkir seperti itu dan dipajang di lemari kaca, jadi saya tahu harganya tidak mencekik dompet. 

Tentunya masih ada lagi hiasan-hiasan yang bisa dipakai untuk mempercantik rumah. Yang perlu diingat, setelah rumah kita jadi cantik, jangan hanya menjadikannya tempat memejamkan mata. Tapi isilah rumah dengan kegiatan berkualitas pada hari libur bersama keluarga. Insya Allah bisa merekatkan dan menambah kasih sayang di antara sesama anggota keluarga. 

2 comments:

  1. Di rumah saya masih ada :D
    Warisan dari kakek (orangtua mama). Karena hanya abah yang telaten merawatnya jadi dikasih ke abah. Per setengah jam berdentang satu kali. Yang ga biasa dengarnya bisa terbangun mulu. Berhubung kami serumah udah biasa jadi biasa aja :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...