Sunday, September 2, 2018

Asian Games 2018, Energy of Asia yang Luar Biasa



Asian Games 2018 diadakan di Indonesia tanah air beta. Gimana perasaan saya sebagai salah satu warga negara Indonesia? Tentu saja senaaang sekali. Apalagi Indonesia selaku penyelenggara telah mempersiapkan hajatan besar ini dengan sebaik-sebaiknya.



Lokasi diselenggarakan Asian Games 2018 adalah di Jakarta dan Palembang. Sebagai warga Bogor yang sesekali ke Jakarta, saya melihat Jakarta benar-benar mempercantik diri untuk menyambut para atlet berprestasi. Infrastruktur, sarana prasarana, dan fasilitas dibangun dengan cepat. Saya menikmati jalan-jalan Jakarta yang indah, juga fasilitas gratis bus transjakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018. 


Tak heran kalau banyak warga yang selfie atau mengambil foto di dekat lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018 ini, seperti saya yang berfoto di seberang Gelora Bung Karno. Terlihat sekali suasananya seperti sedang di negara lain. Sungguh menakjubkan persiapan.


Sejujurnya, saya suka olahraga tapi tak begitu suka menyaksikan pertandingan olahraga. Akan tetapi, saat Asian Games 2018 ini, saya ikut terbawa euforianya bahkan turut serta menyaksikan salah satu pertandingan final Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah.

Wow, rupanya memang Energy of Asia itu sangat terasa saat menyaksikan langsung pertandingan itu. Pantas saja kalau antrian tiket cukup panjang, bahkan di dalam arena pertandingan pun tempat duduk terisi penuh sehingga saya harus berdiri. Tak mengapa sih karena tak terasa capainya akibat terbawa suasana pertandingan yang menegangkan.

Gara-gara Asian Games 2018, saya juga jadi mengenal atlit-atlit berprestasi, terutama Jonathan Cristie yang diidolakan ibu-ibu. Berhubung saya sudah bersuami dan punya 3 anak laki-laki yang tak kalah ganteng, jadi Jonathan Cristie lewat deh. Cukup diingat prestasinya saja yang berhasil menggondol emas. 


Oh ya, pertandingan pencak silat yang saya saksikan juga sangat memorable karena ditonton oleh Presiden Jokowi dan Ketua IPSI Prabowo Subianto. Bahkan foto keduanya berpelukan karena disatukan oleh Hanifan, atlet Pencak Silat yang berhasil menggondol emas, menghebohkan seluruh Indonesia.

Puncaknya, Indonesia berhasil menduduki posisi keempat di Asian Games 2018 ini yang tentu saja sangat luar biasa dengan 30 medali emas, melebihi prediksi yang diperkirakan sebelumnya. Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja saya bangga. Tak sia-sia kerja keras pemerintah dan atlet untuk memenangkan pertandingan ini.

Opening dan Closing Ceremony juga meninggalkan kesan yang mendalam karena sangat menakjubkan. Pujian dari kepala negara lainnya pun berdatangan. Alhamdulillah sekali ya saya sempat menyaksikan langsung salah satu pertandingannya. Sebab butuh waktu bertahun-tahun lagi untuk Indonesia bisa menjadi tuan rumah Asian Games selanjutnya.

Penghargaan pemerintah kepada prestasi para atlet juga patut diacungi jempol sehingga harapannya kelak tak terdengar ada berita atlet miskin karena kurang diperhatikan. Kalau melihat perjuangan para atlet untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia, wajar saja jika diberikan penghargaan yang besar. Jaya terus, Indonesiaku!

Berfoto bersama maskot Asian Games 2018

1 comment:

  1. Satu yg g keturutan pas AG,g bisa ke Jakarta,karena pake sistem ganjil genap..sedih banget huhuhu

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...