Friday, September 21, 2018

Hotel Bintang 5 di Jakarta: Tips Menginap di Hotel Berbintang untuk Pemula




Melakukan sesuatu untuk yang pertama kali tentu membuat kita berpikir bagaimana caranya dan apa saja yang harus dilakukan. Misalnya saja seperti menginap di hotel berbintang. Dimana jika kita belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya tentu membuat kita khawatir bahkan bingung. Hotel merupakan fasilitas umum yang bersifat privasi dimana disewa untuk sementara waktu sebagai tempat menginap. Pilihan jenis hotel pun sangat beragam, mulai dari hotel berbintang 1, 2, 3, 4, hingga 5. Untuk kota-kota besar, hotel berbintang biasanya sangat mudah ditemukan. Seperti hotel bintang 5 di Jakarta yang tidak hanya satu dua saja, bahkan banyak sekali yang bisa kita temukan untuk dipilih sebagai tempat menginap maupun berlibur.


Memang terkadang selalu ada yang pertama kali untuk suatu hal, dalam kasus ini menginap di hotel berbintang. Namun jangan khawatir terlebih dahulu. Karena berikut ini ada beberapa tips menginap di hotel berbintang bagi Anda yang masih pemula. Diantaranya sebagai berikut:

Yang perlu dilakukan saat check in di hotel
  • Untuk Anda yang memesan kamar hotel secara perseorangan tentu sudah mengetahui fasilitas yang ditawarkan oleh hotel sebelumnya. Namun beda lagi jika Anda menginap di hotel untuk yang pertama kali dikarenakan ada kepentingan dinas pekerjaan yang difasilitasi oleh perusahaan Anda, maka saat check in tanyakan tentang fasilitas yang diberikan oleh hotel pada bagian resepsionis. Jangan ragu untuk bertanya, karena nantinya resepsionis akan menjelaskan fasilitas yang disediakan dengan detail.
  • Jika barang bawaan Anda cukup banyak, jangan ragu untuk meminta bantuan petugas hotel atau belboy. Anda nantinya bisa memberikan tip uang, bisa Rp 10.000,- atau Rp 20.000,-. Jika Anda menginap hanya untuk sebentar dan malas dengan mengangkat-angkat barang bawaan, Anda juga bisa menitipkan pada bagian penitipan barang di resepsionis.
  • Mintalah kunci kamar hotel yang Anda pesan pada resepsionis. Untuk hotel berbintang, seperti hotel bintang 5 di Jakarta maupun kota-kota besar umumnya memiliki sistem keamanan yang tinggi. Penggunaan kunci berupa kartu yang serupa ATM. Kunci berupa kartu ini bisa Anda gunakan untuk masuk ke dalam kamar hotel dan untuk menghidupkan listrik di kamar Anda. Cara penggunaannya cukup dengan menaruh kartu pada slot yang berada di dekat pintu.


Yang perlu dilakukan saat menempati kamar hotel
  • Anda bisa mengecek kebersihan kamar tidur Anda. Mulai dari kebersihan tempat tidur, atau benda-benda lain. anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan remote dari bekas pegangan tangan penghuni sebelumnya. 
  • Selanjutnya Anda bisa mengatur suhu ruangan sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda. Baru kemudian Anda bisa mulai menempatkan barang bawaan Anda pada tempat yang telah disediakan. Selebihnya Anda bisa melakukan kegiatan yang Anda perlukan selama menginap di hotel. Tak lupa, pelajari juga rute penyelamatan diri di hotel tersebut untuk antisipasi kejadian darurat.


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat check out dari hotel
  • Perhatikan waktu untuk check out. Pastikan tidak terlewat dari waktu yang ditentukan oleh hotel. Karena jika terlewat, maka Anda harus membayar biaya tambahan.
  • Jika mau Anda bisa membawa pulang bonus fasilitas yang diberikan oleh hotel berupa barang sekali pakai, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, dan sandal kamar.
  • Periksa dengan teliti barang bawaan Anda. Jangan sampai ada yang ketinggalan di kamar Anda menginap. Terlebih jika Anda menginap di luar kota, seperti di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta, Bandung, ataupun kota-kota lainnya. Pihak hotel mungkin akan merawat barang milik tamu yang tertinggal. Namun, Anda tentu tidak mau bukan kerepotan datang kembali ke hotel untuk mengambil barang? Atau Anda juga dapat membaca beberapa travel blog untuk mendapatkan tips dan trick berpergian, agar dapat mempersiapkan dengan baik.

2 comments:

  1. Kalo urusan check out harus buru2 keluar sebelum jam 12,kalo lewat kan harus bayar..kan lumayan buat jajan hehe

    ReplyDelete
  2. Biasanya saat check ini juga suka diminta deposit. Jadi sebaiknya tau juga berapa besaran depositnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...