Thursday, September 20, 2018

Tips Jadi Vlogger Kece dari 3 SelebVlog



Siapa yang lebih suka nonton Youtube daripada teve? Saya dan anak-anak langsung tunjuk tangan. Kami lebih sering menonton Youtube daripada teve. Bahkan, teve jarang dinyalakan. Kalau dinyalakan, ya untuk nonton Youtube karena Youtube juga tersambung ke teve. 


Generasi Z memang lebih suka menonton Youtube karena videonya beraneka ragam dan tidak monoton. Banyak selebvlog yang sudah sekaliber artis teve karena punya banyak penggemar dan channel youtubenya ditonton jutaan orang. Beberapa bulan terakhir, saya mulai menambah konten blog dengan video blog atau vlog yang saya unggah di Youtube lalu ditautkan ke dalam postingan saya. Saat itu saya mengikuti beberapa blog competition.

Persaingan di dunia blogger ini semakin tajam dengan masuknya blogger-blogger baru yang pandai mengemas konten. Mereka menggunakan infografis, gambar animasi, dan segala macam yang dapat mempercantik artikel. 

Kebanyakan sih ya mereka punya latar belakang ilmu disain grafis baik itu belajar di kampus maupun otodidak. Nah, saya belum ada kesempatan untuk belajar semacam itu karena lebih rumit. Tapi kalau hanya fokus ke tulisan kok sepertinya bakal tertinggal jauh. Akhirnya saya memutuskan untuk memasukkan vlog ke dalam konten artikel. 

Tadinya saya juga tak terpikir akan rajin ngevlog karena kuota internet tak mencukupi, sinyal di rumah juga kurang bagus, dan saya belum pede untuk ngomong di depan kamera. Lalu, angin segar berembus saat suami berlangganan wifi yang cukup kencang dengan kuota data unlimited. Alhamdulillah, makin kuat deh tekad untuk ngevlog.

Untungnya, ngevlognya masih di sekitar rumah. Jadi bisa disingkirkan dulu deh rasa malu berbicara di depan umum. Ngomong sendiri di depan kamera? Kenapa tidak. Alhamdulillah, yang tadinya saya sudah tidak pernah lagi menang lomba blog, dengan dimasukkannya video blog sebagai pelengkap artikel, saya berhasil memenangkan 3 lomba blog. 

Serius deh, dunia vlogger ini masih membuka banyak kesempatan dibandingkan sekadar menulis artikel di blog. Apalagi kabarnya adsense di Youtube itu lebih cepat menghasilkan daripada di blog. Yah walaupun youtube saya belum dimonetize karena belum memenuhi syarat 1000 subscriber. Makanya, subscribe yaaa hehehe....

Jadi, saya ngevlog masih sekadar melengkapi artikel blog. Saya mau banyak belajar dulu dari para selebvlog. Alhamdulillah, hari Sabtu lalu saya mendapatkan kesempatan belajar ngevlog dari 3 selebvlog di acara peluncuran sabun Harmony, Medicare, dan Lervia. Acara Healthy Zona Launching ini bertempat di Kedai Kopi 89, Kemang, Jakarta Selatan.


Saat datang, saya kaget melihat lokasi dipenuhi remaja belasan tahun. Mereka adalah fans dari 3 selebvlog yang menjadi narasumber di acara ini. Benar-benar saya tak menyangka lho. Ternyata youtuber juga bisa seterkenal artis teve. Bahkan banyak juga youtuber yang kemudian menjadi artis, seperti Raisa dan Nisa Sabyan.

Tim Harmony, Medicare, Lervia


Harmony, Medicare, Lervia
Sebelum masuk ke bahasan selebvlog, masih ada yang ingatkah dengan ketiga merk sabun ini? Acara peluncuran Healthy Zona ini bertujuan untuk mengajak para remaja agar tetap aktif dan produktif tanpa terkendala bau badan dan masalah kulit. Ketiga merk sabun di atas diproduksi oleh PT. Megasurya Mas.

Acara bertajuk Healthy Zona #SharingHappiness "Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan" ini dibuka dengan peluncuran Harmony, Medicare, dan Lervia. Apa sih hubungannya sabun dengan membuat vlog? Itu akan diungkap oleh ketiga Vlogger yang menjadi narasumber. 

Stella Cornelia, Fendy Chow, dan Kyra Nayda

Stella Cornelia, Mood jadi Ok dengan Harmony
Stella Cornelia adalah seorang penyanyi, artis, dan vlogger mantan anggota JKT48 dan pernah main film juga. Kini dia aktif di Youtube dengan konten kecantikan. Lalu, apa hubungannya sabun Harmony dengan konten youtubenya? 

Nah, ini rahasia membuat konten vlog yang menarik ala Stella. Sudah tidak jadi rahasia lagi dong setelah kamu membaca tulisan saya ini. 

  • Kuatkan karakter konten yang spesifik, misal: beauty, lifestyle, traveling, gaming, atau entertainment.
  • Pilih konten sesuai passion. 
  • Kunci keberhasilan vlog adalah seberapa lama waktu yang digunakan oleh penonton untuk menonton vlog kamu. 
  • Selalu update dengan tren terbaru. Cari tau deh apa sih yang sedang tren saat ini, fashion dan gaya bahasa terupdtodate, dan selalu mencari referensi dari vlogger lain. 
  • Tarik perhatian penonton dengan ekspresi yang ceria dan penuh semangat, memilih outfit yang sesuai dengan tema vlog, dan tambahkan dialek yang lucu atau hal-hal yang memancing tawa. 
  • Mood harus oke saat membuat vlog. Kalau sedang bad mood, nanti hasilnya jelek.

Berkaitan dengan mood ini, Stella pun membagi rahasia agar mood selalu oke. Yaitu mandi dengan sabun Harmony wangi buah. Sabun Harmony ada 6 varian dengan wangi buah yang segar yaitu Orange Satsuma, Grape Sparkling, Strawberry Alpine, Melon Honeydew, Lemon Citrus, dan Apple Fuji. 

Harmony

Sabun Harmony bikin #MoodJadiOk untuk membuat konten vlog yang segar. 

Fendy Chow, Bebas Berkeringat dengan Medicare
Buat kamu yang suka vlog dengan konten olahraga atau aktivitas luar ruangan, nih rahasia membuat konten ciamik dari Fendy Chow. Fendy adalah aktor sinetron, penyanyi, MC yang juga memiliki channel youtube Fendy dan Stella. Wah, ternyata Fendy Chow ini suaminya Stella Cornelia.

Vlognya berupa Daily Vlog sehingga banyak aktivitas di luar ruangan. Fendy memberikan tips memulai menjadi Vlogger, yaitu: 

  • Lebih baik tidak takut salah, daripada tidak memulai sama sekali. Di awal membuat vlog, tak masalah kalau masih ada kekurangan seperti suara tak terdengar, posisi kamera terbalik, gambar buram, dsb. 
  • Lakukan secara spontan. Rekam setiap adegan yang ada di depan kita secara spontan karena bisa jadi ada sesuatu yang menarik yang bisa kita jadikan cerita. 
  • Jangan berhenti belajar. Teruslah menggali ilmu ngevlog agar kualitas vlog meningkat. 
  • Lengkapi dengan peralatan vlog. Pada awal ngevlog kita bisa pakai kamera apa saja termasuk kamera ponsel. Nanti setelah kurang lebih mengunggah 20 vlog ke youtube, baru deh kita beli perlengkapan ngevlog yang lebih profesional seperti kamera, ekstra baterai, memory card, gorillapod, laptop dan video editing apps, serious protection. 
Serious Protection, apaan tuh? Saya juga bertanya-tanya. Oh rupanya itu adalah perlindungan kulit agar tetap terjaga dari bakteri terutama saat ngevlog di luar ruangan. Keringat sudah tentu akan mengganggu dan mengundang bakteri karena udara luar ruangan yang panas. 

Medicare

Mandi dulu dengan sabun Medicare untuk mencegah bakteri penyebab bau badan. Dengan kondisi tubuh yang segar dan bebas keringat, ngevlog pun jadi makin asyik. Sabun Medicare mampu membunuh 99,9% bakteri dan kuman pada kulit. Jadi kita bisa fokus ngevlog tanpa terganggu gatal-gatal. 

Kyra Nayda, Jaga Kelembutan Kulit dengan Sabun Lervia
Terakhir, Kyra Nayda seorang Beauty Vlogger membagi tips ngevlog. Kyra memberikan pengertian mengenai Conten Creating yaitu membagi dan mengekspresikan sentuhan, ide, dan filosofi kita kepada penonton. Selain itu juga menghibur dan menolong penonton dengan cara yang lucu. Jadi, bagikan konten yang bermanfaat untuk orang lain. 

Kyra Nayda

Platform digital adalah cara yang paling mudah untuk menjangkau banyak orang. Dan ternyata bisa memperoleh penghasilan tambahan. Ini tips Kyra untuk menghasilkan konten yang bagus: 

  • Konten harus berguna atau menghibur. Konten ulasan produk kecantikan sangat dicari oleh penonton sebelum mereka memutuskan untuk membeli. 
  • Cari isu yang sedang booming di sekitar kita.
  • Buatlah konten kreatif dengan melakukan study, research, dan explore. 
  • Ketahui target pasar dan calon penonton kita. 
  • Buatlah personal branding. 
Selain itu harus dipersiapkan juga tantangan menjadi vlogger, yaitu: 

  • Bertanggungjawab dengan karir kita terutama kalau nantinya kita sudah bekerjasama dengan brand. 
  • Penonton selalu menyaksikan vlog kita dan siap untuk menghakimi. Jadi siapkan mental untuk menerima komentar yang terburuk.
  • Selalu siap dengan kamera dari kepala sampai kaki.
Untuk itulah sebagai beauty vlogger, Kyra selalu mempersiapkan penampilannya dengan baik, termasuk kelembutan kulitnya. Dia mandi dengan sabun Lervia yang menjaga kelembutan kulit. Lervia mengandung ekstrak susu kambing dengan antioksidan dan nutrisi penting seperti protein, laktosa, moisturizer, dan AHA yang dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit.

Lervia

Tentunya, diluncurkan juga website www.healthyzona.com untuk kamu yang ingin mendapatkan banyak informasi dan inspirasi dari Harmony, Medicare, dan Lervia. Keseruan acara ini juga bisa ditonton di channel Youtube saya ya: 



Buat kamu yang ingin menantang diri untuk ngevlog, Healthy Zona mengadakan lomba vlog berhadiah total 10 juta. Buat 1 vlog dengan durasi maksimal 1 menit tentang keseharianmu, lalu post ke Instagram dengan tag semua akun Harmony, Medicare, dan Lervia. 


Ada 3 tema diary vlog yang bisa kamu buat yaitu: 
  1. Cara membuat mood jadi oke 
  2. Cara melembutkan kulit 
  3. Cara memproteksi diri dari bakteri dan kuman setelah berolahraga. 
Periode upload dari tanggal 15 September-15 Oktober 2018. Masih panjang waktunya lhoo.... 

Informasi selanjutnya di: 
IG: 
Harmony: @harmonyindonesia_
Medicare: @medicareindonesia_
Lervia: @lerviaindonesia_ 

Facebook: 
Harmony: Harmony Indonesia 
Medicare: Medicare Indonesia 
Lervia: Lervia Indonesia 




55 comments:

  1. Yang paling susah itu mengatur mood kalo lagi buat vlog. kadang hati and mood lagi gak enak sementara deadline menanti :)))

    ReplyDelete
  2. Mantap Mbk kalau aku perlu banget peralatan bikin vlog yang keren belum konten yang kece

    ReplyDelete
  3. Mbak ada typo tuh.
    Aku dulu suka pake sabun harmony. Wangi banget kan

    ReplyDelete
  4. aku liat sabun harmony jadi inget jaman waktu kecil suka banget pake sabun ini, yang aroma jeruk. tapi gak buat dipake buat dicium cium aja aroma nya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Kocak nih!
      Saya dulu sukanya yang aroma Anggur. Perasaan jaman saya SD nih hitsnya.

      Delete
  5. Betul mba, saat ini memang jadi blogger mesti juga belajar desain duh aku manalah bisa wkwkwk...suka sedih aja kalau ikutan lomba yg ikut yang desainnya jungkir balik lah aku minimalis banjet :p

    btw aku juga pengen jadi vlogger cuman ga PD ahahha..diantara 3 produk aku sudah pake sabun harmony inget zaman2 sekolah sampe kuliah sabunnya lah mesti ini :D jadi ketawa sendiri inget kenangan sabun harmony

    ReplyDelete
  6. Ngevlog? aku tak cakap dan pemalu banget kalai diminta ngomong sendiri di depan kamera di depan orang asing. Hehehee, aku bikin vlog dari dapur, dubbing, maksudnya udah ada videonya terus aku tambahin voice nya di pagi buta, yang gak rame yang signal internetnya kenceng, biar langsung upload. Kalau ndak suka lupa, apa kudu pakai sabun harmony ya? ini sabun jaman aku kuliah tahun 2001an mbak,

    ReplyDelete
  7. Ngga mudah yaaa memang untuk menjadi Vlogger yang consistent dan keceee! Ynag penting belajar terus dan usaha ya Mba..aku sih selama ini ngevlog untuk seseruan aja, bukan untuk yang lain :)

    ReplyDelete
  8. wahh tips nya bagus mba... aku baru suka ntn vlog dan belajar mau mulai ngevlog
    makasih info nya ya mba

    ReplyDelete
  9. Bener deh ga pede liat muka sendiri di video hihihj. Belum berani ngevlog. Terima kasih tulisanya mba leylihanna. Menginspirasi.

    ReplyDelete
  10. sabun harmony aku suka baunya semerbak banget. kalo soal vlogger memang anak zaman now kaya anakku tuh tivi nyala malah dia buka yutub. lha emaknya malah ngetik haha parah

    ReplyDelete
  11. Sabun harmony ini wangi banget euy, kusuka. Sayangnya setelah pake sabun itu kulitku jadi agak kering jadi harus sering-sering pake lotion

    ReplyDelete
  12. Aku sukaaa lervia tp yg soap bar original. Aromanya lembuut menenangkan. Btw, aku juga blm bisa konsisten vlog. Lg fokus sama konten fotoo

    ReplyDelete
  13. Ada Kyra Naida ya.. Tempo hari dia datang ke Makassar juga tuh, talk show di acaranya IDN Network.
    Tipsnya bagus, orangnya pun ramah.

    ReplyDelete
  14. Sama Mbak, akupun selama ini ngisi video youtube demi melengkapi blog aja. Tapi seperti kata Fendi Chow tadi, aku mau mulai memberanikan diri deh untuk mencoba juga bikin konten yang lebih mandiri. Walaupun belum sempurna, nanti pelan-pelan diasah terus jadi lebih baik. Semangaaaat!

    ReplyDelete
  15. Apalagi kalau ngevlog mah biasanya kelihatan wajah kita, ya. Bisa gak pede kalau badan gak bersih. Pantesan aja salah satu tips menjaga mood adalah dnegan mandi

    ReplyDelete
  16. Bener banget mbak, generasi Z lebih suka yang praktis dan sedikit instan. Televisi sudah mulai ditinggalkan.

    ReplyDelete
  17. Aku tuh canggung banget kalau di depan kamera. Tapi belakangan mulai beraniin bikin IG Stories. Mau coba ikutan lombanya ah

    ReplyDelete
  18. Sampe sekarang aku masih belum pede ngevlog, keknya gak ada bakat, wekeke

    ReplyDelete
  19. Cari mood susah, berusaha pede lebih susah lagi, huahahahaa.. besok coba pake harmony dulu deh :)))

    ReplyDelete
  20. jadi yaaa ngevlog itu tak semudah nonton yutub trus ngomentarin aja. Butuh riset dan kreativitas. Salut dengan para selebvlog!

    ReplyDelete
  21. Aku masih minim skill deh kalau soal bikin video. Editnya itu lho belum paham.

    ReplyDelete
  22. Ak lebih mengagumi vliger tentang kuliner seperti Ria Sw dan carlos.. Sedikit banyak belajar vlog tapi suka belibet kalo lagi ngomong

    ReplyDelete
  23. Aku kalau ngevlog masih pas dulu. Kudu latihan ngomong biar terbiasa. Dan tentunya bikin konten yg bermanfaat gak cuma hahahihi doang

    ReplyDelete
  24. Aku sempat ditawari agensi lho untuk menghadiri acara ini, meski posisi saya di Balikpapan, Kaltim. Diminta mengirim rate card lengkap dengan pesawat dan akomodasi.
    Tapi yah karena memang belum rezeki, 3 hari menjelang acara, dihubungi bahwa agensi dan brand membatalkan mengundang blogger dari luar Jabodetabek.
    Untung BW ke sini, jadi bisa dapat gambaran acara yang hampir aku hadiri ^^.
    Sepertinya kemasannya ganti baru ya, mba?
    Aku dulu suka pakai sabun Harmony warna kuning dengan aroma jeruk bikin segar dan percaya diri, eeeaaa!
    Suka banget!

    ReplyDelete
  25. Wuih tipsnya oke-oke banget ya, mereka para vlogger kece ya udah banyak subscribernya,moga bisa kayak mereka

    ReplyDelete
  26. TV aku nyala buat nonton netflix atau youtube juga mbak :) AKu masih belum pede kalau ngevlog harus pakai suara aku

    ReplyDelete
  27. vlogku sejauh ini hanya masakan tanpa suara.
    aku gak pede dengan muka dan suaraku.
    wkwkwkwkwk

    tips ini menguatkan iman ngevlog.
    makasi bund

    ReplyDelete
  28. Wow mantap jiwa nih dpt segambreng tips dr para jago ngevlog. Thx for sharing ��

    ReplyDelete
  29. Pantesan aja mereka jadi vlogger hitz ya, terencana sih ya dan penuh perhitungan dalam ngevlog. tFS mbak

    ReplyDelete
  30. Lagi belajar ngevlog ini, tapi ngevlog kandar mundur karena gak pede dgn muka dan suara heheh plus nyari konten yang agak sedikit sulit.. hihihi

    thanks sarannya kak..

    ReplyDelete
  31. Emm...keren banget yaa, mba...
    Jadi ingat ngisi channel youtube yang sudah lama terbengkalai.

    Hanya sesekali saya isi dengan konten yang seliwat-liwat tanpa editing.
    Huuhuu~

    Effort jadi youtuber ini memang jauh lebih besar ketimbang jadi blogger.

    ReplyDelete
  32. Huaaa, saya jadi penonton aja. Masih blm punya nyali ngevlog, maluu, hihihih..

    Ternyata rahasia PDnya seleb vlog ini berasal dari sabun yah, heheheh. Tapi karena sabun itulah mereka jadi PD yah Mbak :)

    ReplyDelete
  33. Noted mak tips nya..jadi nambah insight nih.

    ReplyDelete
  34. Saya pengen juga belajar nge-vlog. Tapi selain belum pede, juga belum bisa bikin infografis atau semacamnya. Belum bisa ngeditnya gitu lah..

    Alatnya juga belum komplit sih. :(

    ReplyDelete
  35. aku baca berulang-ulang tipsnya kece banget emang perlu keberanian ya bikin vlog biar kate kita belum banyak peralatan sing penting nyobain dulu ya

    ReplyDelete
  36. Sabun Harmony ini marak beredar saat aku SMP, Mbak. Identik dengan aroma buah yang segar. Lihat packagingnya ini beda banget. Semoga bisa bersaing di pasaran.

    ReplyDelete
  37. Huwwoo menggiurkan sekali lombanya, jadi dapet banyak ilmu nih meski ga hadir di sana. Makasih bun buat sharingnya, aku juga lagi mau belajar bikin vlog hahahaha.

    ReplyDelete
  38. Kece yaa para selebvlog ini, bisa intip2 tips mereka.
    Aku udah pernah pake ketiga merk sabun itu loh. Punya juga pengalaman unik pas pake sabun Harmony. Kebetulan dulu awal2 kerja pernah kerja di swalayan, namanya Harmony, di daerah kota atas Semarang. Kebetulan bangeeet kan, kerjanya di Harmony, mandinya pake sabun Harmony :))

    ReplyDelete
  39. Yuk, kita tos dulu, Arinta, bunda juga ikut worksop infografis tp begitu practise di rmh, mumeet kepala bunda, hiks..Mbak Hanna bunda blm bljr Vlog malah. Xixixi...#gaptekabis

    ReplyDelete
  40. Saya baru tau kalau kunci keberhasilan vlog adalah seberapa lama waktu yang digunakan oleh penonton untuk menonton vlog kit, kirain cukup klik aja. Banyak banget yang sy blm tau

    ReplyDelete
  41. Pengen banget bisa fokus ke vlog tapi apa daya di grecokin anak-anak akhirnya mood pun hilang

    ReplyDelete
  42. Keren banget ya mbak, jujur aku enggaj pernah bisa bikin video yang singkat, padat dan tetep keren. Salutlah sama para vlogger kteatif ini.

    ReplyDelete
  43. Toss kita mbak.. Di rumah TV nganggur, banyakan nyetel yutub..
    Tapi memang tips pertama mantap jiwa, lebih baik tidak takut salah daripada tak pernah memulai...wah jadi semangat ngevlog lebih serius sayaa. . ��

    ReplyDelete
  44. Tipsnya lengkap banget y mbak. Jadi semangat buat belajar dan terus memperbaiki kualitas video. Aku pun jarang banget nonton TV mbak sekarang. Lebih suka lihat YouTube hehehe

    ReplyDelete
  45. mantep banget ya mbak. aku juga pengen jadi vlogger. tp blom pede

    ReplyDelete
  46. Itu sabun favorit aku. Tapi bukan buat mandi. Aku potong-potong kecil terus dijadiin pengharum di meja kerja.

    ReplyDelete
  47. Asiiiik dapat tips tentang nge vlog. Pengen deh bisa serius nge vlog seperti mbak Leyla, soalnya sayang banget kl youtube gak diisi dgn konten video. Tapi itulah, saya masih belum begitu PeDe buat bikin vlog mbak ��

    ReplyDelete
  48. Bener juga nih, karena sore tadi aku baru buat vlog karena mood kurang okeh jadinya ya gitulah dan mana baru belajar pulak. hehehehehee... Thanks ya mbak sharingnya bisa ku catat nih point-pointnya.

    ReplyDelete
  49. Aku masih cari2 ide vlog nih mom hehe secara fokusku di parenting 😆

    ReplyDelete
  50. Jd kepengen ikutan lomba vlognya. Masih sampai 15 Oktober kan? Cari ide duluuuu... Thanks infonya.

    ReplyDelete
  51. wah ada lomba vlog, duh pengen ikutan.. bisa gak ya? tp terbatas banget peralatannya.. kamera pun pake hp wkwkwk cobain ahh, mana tau keburu sebelum DL

    ReplyDelete
  52. saya juga sedang nyoba jadi vlogger hehehe
    memang sih sok pede aja di depan umum ngoceh di kamera hp
    awalnya memang gimana gitu
    tapi dah biasa ya enjoy aja
    cuma ini draftnya udah banyak..tp malas ngedit hahaha
    nulis ternyata lebih gampang daripada edit video hihihi

    ReplyDelete
  53. Pengen ngevlog tapi ga kuat kalau edit sendiri semuanya hahaha. Panggil tim aja apa kita mbak? >.<

    ReplyDelete
  54. Noted tipsnya, lagi suka ngevlog nih, hehe. TFS ya mbakk

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...