Monday, April 29, 2019

Tips Mudah Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan



Alhamdulillah tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan penuh rahmah dan barokah. Bulan yang dinantikan oleh umat Islam. Sebab, di bulan ini, suasana ibadah lebih terasa. Terutama di Indonesia, negara yang penduduknya mayoritas muslim.


Semua perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satunya, membaca Al Quran. Saya ingat waktu kecil dulu, orangtua saya mengajak anak-anaknya untuk mengkhatamkan Al Quran. Minimal sebulan itu khatam satu kali. Jadilah kami sering membaca Al Quran di bulan Ramadhan.

Allah berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." (QS: Faathir 29-30)

Al Quran adalah petunjuk bagi umat Islam. Sebenarnya, semua jawaban atas permasalahan kita itu sudah ada di dalam Al Quran. Itu mengapa kita harus rutin membacanya, dan sebaiknya membaca terjemahannya pula agar kita mengerti artinya. Di bulan Ramadhan, intentitas membaca Al Quran harus lebih ditingkatkan karena bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al Quran. 

Mumpung masih minggu depan masuk bulan Ramadhan, yuk kita membuat target mengkhatamkan Al Quran. Bagaimana caranya agar kita bisa mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan? Jika ingin khatam satu kali, berarti minimal kita membaca 1 juz Al Quran dalam sehari.

Berikut ini tips mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan:


  • Bacalah Al Quran setiap selesai salat fardhu
Dalam sehari, kita salat wajib sebanyak 5 kali. Seusai salat, usahakan membaca Al Quran sebanyak 2-3 lembar. Jika 1 juz itu ada kurang lebih 10 lembar, maka kita bisa menamatkannya dalam sehari.


  • Bacalah Al Quran setiap selesai salat sunah

Tak hanya salat wajib, di bulan Ramadhan juga sebaiknya kita perbanyak salat sunah tak hanta salat Tarawih. Bisa juga menambah salah Dhuha. Menambah salat sunah juga membantu kita melewati hari-hari berpuasa sehingga tak terasa lapar dan haus. Usai salat sunah, kita bisa membaca Al Quran 1-2 lembar. 


  • Bacalah Al Quran saat sedang di perjalanan

Bila kita punya aktivitas di luar rumah dan menaiki transportasi umum, kita bisa menyempatkan membaca Al Quran dengan suara yang samar-samar saja. Waktu yang terbuang di perjalanan itu bisa 1-4 jam, tergantung tingkat kelancaran lalu lintas dan lama perjalanan. Daripada bengong atau sekadar membaca media sosial, lebih baik sempatkan membaca Al Quran.


  • Bacalah Al Quran saat sedang menunggu sesuatu

Dalam sehari, mungkin ada waktu senggang di mana kita harus menunggu, seperti menunggu antrian di rumah sakit, menunggu teman di tempat janjian, menunggu klien datang, menunggu anak keluar dari sekolah, dan lain-lain. Waktu menunggu itu bisa kita gunakan untuk membaca Al Quran.


  • Bacalah Al Quran menjelang tidur. 

Sebelum tidur di malam hari dan setelah salat Tarawih, kita bisa sempatkan membaca Al Quran dulu 1-2 lembar. Insya Allah tidak akan diganggu mimpi buruk.

Masalah manusia di zaman sekarang adalah kita lebih senang menatap smartphone daripada Al Quran atau buku dalam bentuk fisik. Smartphone juga lebih ringkas dibawa ke mana-mana. Eit, tenang saja. Sekarang ada aplikasi QuranBest Indonesia yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Saya juga sudah mengunduhnya dan memanfaatkan kemudahannya dalam membantu membaca Al Quran.




Ada beberapa fitur QuranBest Indonesia yang memudahkan kita membaca Al Quran via smartphone:

Pilihan Al Quran yang Lengkap 
Kita bisa memilih membaca Al Quran versi Indonesia, Quran Tajwid Indonesia,  Per Ayat, Madinah, atau Madinah Tajwid. Jika ingin membaca Al Quran beserta terjemahannya, maka kita tinggal pilih membaca Al Quran Per Ayat.

Pilihan AlQuran

Tersedia Murottal Al Quran
Pada bagian kiri bawah, ada tombol murottal Al Quran dari beberapa qari yang bisa kita pilih, seperti Abdul Baasit, Abdullah Matroud, Abdurrahmman As-Sudais, dll. Murottal ini memudahkan kita yang masih belum lancar membaca, sehingga bisa mendengarkan dulu bacaan qari. Atau untuk wanita yang sedang haid dan dilarang membaca Al Quran, maka bisa mendengarkan murottalnya saja.

Murottal dan pilihan qari


Tersedia Pembatas Halaman
Sama halnya dengan Al Quran fisik, QuranBest juga menyediakan pembatas halaman di bagian kanan atas yang bisa kita klik lalu simpan. Jadi kita tidak kehilangan halaman terakhir yang dibaca.

Pembatas Halaman 


Jika dibandingkan dengan Al Quran digital lainnya, QuranBest memiliki kelebihan sebagai berikut:


  1. Ada Daily Activity User, yaitu jumlah halaman yang sudah dibaca dalam bentuk angka dan grafik sebagai penanda pencapaian harian. 
  2. Gamifikasi, yaitu badge yang didapatkan yang jumlahnya bisa naik turun sesuai dengan jumlah halaman yang kita baca. 
  3. Quran Rasm Utsmani standar Indonesia dalam bentuk mushaf (yang ada standar Madinah) 
  4. Fitur-fitur pendukung yang memudahkan kita untuk membaca Al Quran, sebagaimana yang disebutkan di atas. 

Selain dapat memacu semangat membaca Al Quran, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yang akan mempermudah kita dalam beribadah.

Arah Kiblat atau Penunjuk Salat 
Kalau kita sering bepergian, kadang kita kesulitan mencari arah kiblat atau penunjuk salat. Saya pernah menginap di hotel yang tidak ada arah kiblatnya, sehingga harus bertanya ke resepsionis. Nah, di aplikasi QuranBest Indonesia ini disediakan penunjuk arah kiblat yang secara otomatis menunjukkan arah kiblat ketika kita klik fiturnya. 



Pengingat Waktu Salat atau Jadwal Azan
Di bulan Ramadhan ini, jam salat Maghrib pastilah sangat ditunggu-tunggu. Akan tetapi, di daerah saya sendiri musolanya kadang ada azan Magrib, kadang tidak. Lho kok? Yup, sebab di musola saya tidak ada marbotnya. Jadi, yang azan adalah bapak-bapak di kompleks perumahan kami. Kalau hari kerja, mereka masih banyak yang ada di jalan. Alhasil, musola pun terlewat melantunkan azan Magrib. 


Alhamdulillah, aplikasi QuranBest Indonesia ini juga menyediakan pengingat waktu salat yang bisa disetting sesuai lokasi kita. Bukan hanya Jabodetabek seperti azan di televisi ya. Setelah saya buktikan, azannya akurat lho dengan azan di musola saya (kalau sedang ada bapak-bapak yang azan hehe). Insya Allah kita bisa berbuka puasa tepat waktu dan salat 5 waktu dong. 

Bookmark 
Tak hanya itu  QuranBest Indonesia juga dilengkapi fitur Bookmark atau penanda tema tertentu, misalnya ayat tentang larangan riba, jodoh, solusi hidup, dll. Kita juga bisa membuat tema bookmark sendiri sehingga nanti mudah menemukan ayat yang dibutuhkan. Wah, menarik sekali nih kalau untuk saya sendiri. Saya kan sering membuat tulisan bertema agama. Jadi kalau butuh dalil, ya tinggal cari di bookmark.





Jika ingin mengunduh aplikasi QuranBest ini, bisa gunakan link saya ini ya, klik di bawah ini: 






28 comments:

  1. Beberapa kali saya ganti aplikasi Quran karna ada iklannya. Dan yg paling nyebelin kalau ada tanda buat scroll di sisi kanan.Sedikit aja kesenggol langsung puluhan terlewat.Bikin ilang semangat.
    Apa aplikasi ini serupa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belum ada iklannya Mbak. Dan ini ada pembatasnya buat nandain bacanya udah sampe mana.

      Delete
  2. Boleh banget dicoba nih, biar tambah pahala dibulan ramadhan

    ReplyDelete
  3. Penting banget aplikasi Al Quran di hp. Mayan kalau pas nunggu anak atau nunggu apa gitu buat ngebut biar khatam Ramadan.

    ReplyDelete
  4. Dengan aplikasi ini, ibarat Al-quran ada dalam genggaman ya...jadi bisa memanfaatkan waktu untuk disela rutinitas untuk membaca Al-Quran. Dan Insya Allah target khatam Al-Quran akan lebih mudah diwujudjan... Tfs mb..

    ReplyDelete
  5. Fitur dari Quran Best ini lengkap banget ya Mbak, langsung install dech aku. Beberapa kali pernah tuh, pas butuh banget install Al Quran melalui aplikasi, eh hasilnya banyakan ngehanglah, fitur ndak bisa digunakan lah, kalau yang ini fiturnya lengkap dan jalan semua, seneng dech aku

    ReplyDelete
  6. Iyess aku pengen banget bulan ramadhan ini bisa khatam al quran...

    ReplyDelete
  7. makasih remindernya Ela, emang harus diingatkan keutamaannya biar semangat baca Alqurannya. Lahamdulillah teknologi memudahkan mereka yg mau baca Alquran ya

    ReplyDelete
  8. Mbaa, senangnya ada aplikasi ql quran ini karena aku pun jadi sangat terbantukan. Nyaman juga membacanya di layar komputer, mbaa :)

    ReplyDelete
  9. Wah informasi yg sangat berguna. Terima kasih mba..

    ReplyDelete
  10. Semoga ramadhan ini bisa lebih banyak waktu buat baca quran. Makin mudah jaman sekarang ya mbak, apa aja bisa di hp ☺

    ReplyDelete
  11. Aku blm pernah mba khatam pas ramadhan raling dpt berapa juz aja... Hi..hi, pemalas akunya..

    Ntar coba deh. Makasih mbak jurus2nya. Kayaknya niatnya kudu kuat banget ini

    ReplyDelete
  12. Waah lengkap ya aplikasinya. Sangat membantu nih untuk ibadah terutama di bulan Ramadan. Semoga makin lancar ya mbak ibadahnya

    ReplyDelete
  13. Selama ini kalo menemani suami keluar kota, aku bawa Qur'an yang per Juz itu mba. Atau kalo kelupaan baca dari aplikasi bawaan hape. Cuma kadang suka ngehang, kalo kelamaan. Aku jadi penasaran dan pengen donlot aplikasi ini

    ReplyDelete
  14. Aku beralih ni pakai aplikasi ini setelah banyak teman blogger mereviewnya, memang aplikasinya lebih komplet dibandingkan yang kupakai sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Mau dong mengkhatamkan alquran di bln ramadan. Berguna sekali nih tipsnya.

    ReplyDelete
  16. Lengkaaap Quran Best Indonesia ya..sampai ada pembatas bukunya
    Cocok nih buat persiapan Ramadhan

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah banget ya ada aplikasi Quranbest ini jadi membantu untuk kata baca Al-Qur'an di bulan Ramadhan nanti semoga kita mendapat keberkahan dari aplikasi ini

    ReplyDelete
  18. Jd pengen install jg nih. Skrg ga ada alasan lg ya kondisi gak memungkinkan. Krn kita kemana2 pasti bawa hp. Jd baca al-quran bisa dimana aja n kapan aja.

    ReplyDelete
  19. Moga2 bisa lebih baik ngajinya tahun ini. Apalagi skrng udah bisa dunlut aplikasi Al Quran ya mbak. Jadinya bisa ngaji kapan pun dan di manapun. Gak ada alasan lagi menunda ngaji krn aktivitasnya mobile terus.

    ReplyDelete
  20. Setelah banyak yang review, akhirnya aku download aplikasi ini, soalnya fiturnya lengkap

    ReplyDelete
  21. Iya ya, daripada bengong dan mantengin medsos yang penuh kegalauan, lebih baik mengisi hari2 kita dengan membaca Al-Qur'an melalui aplikasi Quran Best ini. Mudah dibawa kemana2 dan ada pengingat udah sampai mana bacaan kita.

    ReplyDelete
  22. Bagus aplikasinya. Aku pakai aplikasi quran juga di hape tapi agak susah ngasih pembatas halamannya

    ReplyDelete
  23. Jadi dimanapun kita tetap bisa membaca Quran ya kak Layla, akupun download aplikasi Quran di handphone namun berbeda. Mau coba ah download yang ini.

    ReplyDelete
  24. Makasi tipsnya mba, semoga dengan tips dari mba, aku bisa khatam quran lagi di bulan Ramadhan tahun ini aamiin ����

    ReplyDelete
  25. Akuuuu juga pakee alhamdulillah sukaaaaa
    Semoga ramadan kita bisa nambah khataman berkat QuranBest ini yaaa

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ya, dengan aplikasi Quran Best kita bisa membaca Al Quran kapan saja dan di mana saja. Supaya cepat khatam.

    ReplyDelete
  27. Quran Best membuat Ramadhan kita jadi lebih total yah, nice...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...