Wednesday, December 4, 2019

Cara Melakukan Pijat Bayi dengan Milon Air Mancur

Memiliki bayi adalah momen yang sangat spesial dalam hidup setiap ibu. Setiap ibu yang berbahagia dengan kelahiran bayinya, akan mempersiapkan kebutuhan bayinya dengan suka cita. Pemandangan Itulah yang saya lihat di IMBEX (Indonesian Mother and Baby Expo) atau pameran produk untuk ibu dan bayi yang diadakan di JCC Senayan minggu lalu.





Saya datang ke IMBEX tanggal 30 November dan takjub melihat antusiasme para calon ibu maupun yang  sudah menjadi ibu, berbelanja kebutuhan si kecil. Lokasi pameran pun dipadati pengunjung hingga sampai berdesakan. Sebab, bukan hanya bisa berbelanja kebutuhan ibu dan bayi tapi juga mendengarkan talkshow-talkshow menarik seputar pengasuhan anak.

Salah satu talkshow yang saya hadiri adalah  talkshow Air Mancur "Manfaat dan Tips dalam Membangun Bonding Ibu dan Anak." Narasumbernya adalah Dr. Diana Chandra Sp. A, Astrid Maria Brand Manager Air Mancur, dan Bidan Tia yang akan mempraktekkan cara melakukan pijat bayi.

Astrid Maria dan Dr. Diana 

Dr. Diana menyebutkan pengertian Bonding Time sebagai aktivitas membangun ikatan emosi antara ibu dan anak yang bisa dilakukan sejak dari dalam kandungan. Ibu yang sibuk bukan berarti tidak bisa melakukan bonding dengan anak. Ada beberapa waktu di mana ibu bisa melakukan bonding dengan anak, yaitu: 
  1. Saat makan bersama, biasanya saat sarapan atau makan malam. Terutama bila ibu bekerja dan dan hanya bertemu dengan anak di waktu pagi dan malam hari.
  2. Saat akan tidur dan bangun tidur. Ibu bisa membacakan cerita sebelum tidur dan berada di sisi anak ketika anak bangun tidur. 
  3. Special Bath Time, saat memandikan anak. Bisa dengan bercerita dan bermain menggunakan bebek mandi, misalnya. 
  4. Mengajak anak bermain. Nah, ibu-ibu jangan hanya memberikan mainan untuk anak tapi harus punya waktu juga untuk mengajak anak bermain. 
  5. Sering menggendong anak. Untuk anak usia bayi sampai 2 tahun, boleh lho sering-sering digendong sebagai sarana bonding dan itu tidak menyebabkan bau tangan.
  6. Pijat bayi. Untuk anak yang masih bayi, bonding juga bisa dilakukan dengan pijat bayi. 
Ibu Astrid Maria, Brand Manager Air Mancur memperkenalkan produk Milon Air Mancur yaitu Minyak Telon Bayi yang digunakan untuk melakukan pijat bayi. Siapa yang belum kenal merk Air Mancur? Ini merk legendaris ya. Pasti semua sudah kenal.

Produk Minyak Telon Air Mancur ini ada 2 Varian yaitu Lavender dan Natural (wangi bayi). Formulanya bebas bahan kimia, aman untuk bayi baru lahir, dan sudah bersertifikasi halal MUI. Fungsinya dapat mengurangi kembung pada perut bayi, menghangatkan tubuh bayi, dan dapat digunakan pada saat memijat bayi.

Minyak Telon Air Mancur 

Untuk varian Lavender, juga ada kandungan essential oil untuk meredam stres dan mencegah gigitan serangga. Sehingga dapat berfungsi sebagai minyak telon anti nyamuk

Sedangkan untuk varian natural ini adalah minyak telon khas wangi bayi. Tahu sendiri kan wangi bayi ini enak banget. Rasanya ingin terus menciumi aroma bayi ya. Jadi, kalau pakai Milon Air Mancur ini, aroma bayinya tetap tercium. 

Saya juga sedia Milon Air Mancur 


Apa sih kelebihan dari Milon Air Mancur?

Hangatnya pas: bahkan untuk bayi baru lahir, sangat aman. Tidak membuat kepanasan.

Aromanya lembut, yaitu aroma essential oil dan tidak mengandung parfum.

Licin dan lembap, tidak lengket saat digunakan untuk memijat dan tidak membuat kulit jadi kering.

Milon Air Mancur ini mengandung minyak Kelapa, minyak Adas, dan minyak kayu putih. Sehingga wanginya agak berbeda dibandingkan minyak telon lainnya.

Selanjutnya, Bidan Tia mempraktekkan cara melakukan pijat bayi dengan Milon Air Mancur.

Bidan Tia 


Pertama, pijat di area wajah, yaitu di kening, pipi, dan di bawah hidung. Lakukan secara lembut ya.

Kedua, pijat di area dada untuk melancarkan jalannya pernapasan. Terutama saat bayi sedang flu dan pernapasannya terganggu sehingga mengeluarkan suara grok-grok. Lakukan pemijtan secara melingkar.

Ketiga, pijat di bagian perut dengan membentuk susunan huruf I L U (I Love U). Hm, saya membayangkan bayi akan nyaman sekali dipijat seperti ini. Udara di perutnya keluar semua deh.

Keempat, lakukan peregangan pada bagian lengan dari bawah ke atas lalu seperti memilin tangan. Kemudian pijat telapak tangannya.

Terakhir, pijat di bagian punggung dengan gerakan memutar. Di bagian kanan dan kiri tulang bayi juga dipijat.

Nah, selesai deh cara melakukan pijat bayi dengan Milon Air Mancur. Mudah sekali, bukan? Insya Allah ibu bisa melakukannya tanpa harus memanggil "paraji" atau dukun bayi. Soalnya saya sendiri trauma memang paraji, karena bayi saya malah diguncang-guncang sampai menangis keras lalu malamnya tidak bisa tidur.

Momblogger Community


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...