Sunday, December 1, 2019

Jalan-Jalan Mewah dengan Taksaka


Foto: @train_photograph

Menggunakan transportasi darat untuk perjalanan lintas kota memang sangat melelahkan. Dengan waktu tempuh yang lama akan membuat badan kita terasa pegal-pegal dan tidak nyaman. 


Namun, untuk perjalanan Jogja ke Jakarta atau dari Jakarta ke Jogja kini bisa dilakukan dengan menggunakan kereta Api Taksaka yang memiliki model yang mewah serta memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan kereta api jarak jauh ini. Anda tidak akan gampang lelah karena anda bisa duduk dengan nyaman disertai berbagai fasilitas yang lengkap agar Anda tidak bosan menunggu perjalanan yang jauh ini.

Kini Anda bisa menikmati perjalanan menggunakan transportasi darat yang aman dan nyaman. Jika Anda ingin menjelajahi Jogja dari Jakarta atau sebaliknya mending naik kereta Taksaka saja yuk. Dengan Taksaka, Anda akan mendapatkan kenyamanan kelas eksekutif dengan harga yang terjangkau. 

Asal Nama Taksaka
Taksaka diambil dari nama suatu yang memiliki sifat baik dan mengayomi yang diambil dari kisah Mahabarata. Nama ini melambangkan kereta api Taksaka yang panjang dan mengayomi masyarakat dalam perjalanan jauhnya.

Gerbong Milik Taksaka
Taksaka memiliki gerbong yang panjang seperti naga yang terdiri dari 1 gerbong bagasi, 8 gerbong kereta eksekutif, 1 gerbong makan, dan 1 gerbong pembangkit. Dengan kapasitas tempat duduk tiap gerbongnya yaitu 50 sampai 52 penumpang, maka  kereta ini dapat mengangkut 400 sampai 452 penumpang.

Kecantikan Taksaka
Karena Taksaka merupakan kereta eksekutif, maka tampilannya pun juga sangat memikat hati. Di balik fungsionalnya sebagai gerbong untuk penumpang, gerbong Taksaka juga didesain unik  yang memanjakan mata. Tempat duduknya yang mewah seperti kursi pesawat terbang membuat duduk menjadi sangat nyaman apalagi di setiap tempat duduknya disediakan meja lipat, bantal, selimut, colokan, dan fasilitas lain.

Meja lipat bisa Anda gunakan untuk makan, membaca ataupun sekadar untuk mengistirahatkan tangan. Dengan fasilitas 2AC tiap gerbong, maka suhu dalamnya sekitar 16 derajat sampai 24 derajat celcius. Jika Anda melakukan perjalanan malam akan terasa dingin. Nah, untuk mengatasi  dingin tersebut, sudah tersedia selimut untuk menghangatkan diri Anda. 

Lalu, jika  bosan dengan perjalanan yang lama, pasti Anda memilih tidur. Anda bisa menggunakan bantal sebagai teman tidur Anda saat perjalanan. Selain itu dengan perjalanan yang panjang dapat membuat Anda merasa bosan sehingga memutuskan untuk bermain hp atau mendengarkan lagu, hal ini dapat mempercepat baterai handphone Anda cepat habis. Namun jangan khawatir, Taksaka memiliki listrik yang bisa membuat hp Anda tetap prima sampai tujuan.

Fasilitas dari Taksaka ini sangatlah menunjang keamanan dan kenyamanan penumpang, memang seperti Taksaka si naga pengayom. Kaca dari Taksaka merupakan kaca duplex yang dilengkapi dengan isolator panas jadi Anda tidak akan terkena panas walaupun melakukan perjalanan pada siang hari yang terik. Jika anda merasa kurang nyaman, Anda bisa menutup tirai yang disediakan. 

Tempat duduk taksaka ini berbeda dengan kereta api ekonomi. Tempat duduk Taksaka tidak saling berhadapan sehingga jika anda tidak kenal dengan orang yang ada di depan tidak salah tingkah atau malu. Tempat duduk yang nyaman memiliki sandaran punggung yang memiliki kemiringan pas serta adanya sandaran tangan dapat membuat perjalanan anda semakin indah.

Harga Tiket Taksaka
Taksaka memiliki tipe kemewahan yang bisa Anda nikmati dengan harga yang cukup terjangkau untuk perjalanan jauh antar kota seperti ini. Untuk harga Eksekutif A Anda bisa membayarnya dengan harga Rp350.000,00 untuk yang Eksekutif H harganya Rp 320.000,00, Eksekutif I sebesar Rp 290.000,00 dan eksekutif J dengan harga Rp 260.000,00.

Jenis Taksaka
Taksaka yang berjalan mengantarkan para penumpang di malam hari,  disebut dengan Taksaka Malam. Taksaka malam berangkat dari Stasiun Tugu Jogja Pukul 20.00 WIB, dengan tujuan Stasiun Jakarta Gambir pada pukul 03.29 WIB.  Taksaka malam yang berjalan dari Stasiun Jakarta Gambir pada pukul 20.45 WIB dan sampai di Stasiun Tugu Jogja pukul 03.24 WIB. 

Taksaka yang berjalannya di pagi hari dinamakan Taksaka Pagi, yang berangkat dari Stasiun Tugu Jogja pukul 08.00 WIB dan tiba di Stasiun Jakarta Gambir pukul 15.42 WIB. Sebaliknya, Taksaka Pagi berangkat pukul 08.30 WIB dari Stasiun Gambir dan sampai di Yogyakarta pukul 16.25 WIB.


1 comment:

  1. kalau ingat-ingat tentang kereta. ini adalah kereta pertama yang saya tumpangi dari purwokerto ke jogja. menyenangkan sekali.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...