Sunday, September 20, 2020

Pengalaman Konsultasi Tumbuh Kembang di Dokter Anak OMDC Healthcare

Di usianya yang sudah 7 tahun, anak bungsu saya, Salim, masih terlihat kecil dan pendek. Saya dan suami sempat mengira ada gangguan tumbuh kembang sehingga penyerapan nutrisinya kurang optimal. Agar tumbuh kembangnya tidak terganggu, saya memutuskan untuk memeriksakan perkembangan Salim ke dokter anak. Siapa tahu nanti ada saran dan masukan juga untuk menaikkan berat dan tinggi badannya. 

OMDC Healthcare

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, saya agak khawatir membawa anak ke rumah sakit. Jadi, saya membawa Salim ke klinik saja. Berdasarkan rekomendasi teman, pilihan saya adalah OMDC Healthcare di Mampang. Mengapa berobat ke klinik kesehatan? Sebab, jumlah pasien di klinik tidak sebanyak di rumah sakit, sehingga meminimalisir risiko penularan virus. Lebih aman untuk anak-anak ya. 

OMDC Healthcare adalah OMDC Dental Clinic yang dulu memfokuskan pada perawatan gigi. Nah, sekarang OMDC Dental Clinic Mampang, salah satu cabang dari OMDC Group telah membuka layanan OMDC baru yaitu OMDC Healthcare. Ada tujuh layanan baru yang tersedia, yaitu spesialis obgyn, spesialis anak, rontgen gigi, instalasi farmasi, OMDC Clear Aligner, Sedasi Dental, dan Laboratorium.

 

OMDC Healthcare

Lokasi OMDC Healtcare berada di Jl Warung Buncit Raya No. 6 RT 4/ RW 5, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Saya berangkat bersama Salim dengan menerapkan protokol kesehatan ya. Saya dan Salim mengenakan masker dan faceshield. Setibanya di klinik, suasana kliniknya sangat nyaman dengan interior yang unik bertema Jepang. Ada hiasan bunga sakura, warna dinding dan furniture didominasi merah jambu, ada hiasan-hiasan dinding berbentuk sushi, ruangannya juga dingin sehingga nyaman untuk menunggu antrian.

OMDC Healthcare

 

Para petugasnya menggunakan masker dan face shield juga. Mereka sangat ramah menyambut saya dan Salim, selalu tersenyum, helpful, dan komunikatif. Sebelumnya, saya sudah daftar untuk antrian jam 13: 30 WIB. Saya sampai di lokasi jam 12:30. Dokternya sudah datang, tapi saya masuk sesuai jadwal antrian. Jadi, antriannya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Kita tidak perlu menunggu lama. Antriannya sudah terjadwal dengan baik.

Saya perhatikan di OMDC Healthcare ini protokol kesehatannya sangat ketat. Selain para staff mengenakan masker dan faceshield, tempat duduk untuk menunggu juga hanya untuk satu orang sehingga tempat duduk di sebelahnya diberi tanda X. Lalu, disediakan juga hand sanitizer di beberapa tempat, sehingga pasien bisa membersihkan tangannya. Sebelum kami masuk pun, ruangan sudah di disinfektan dulu. Para staff menggunakan nametag dengan konsisi kesehatan terkini. Dokter dan perawat menggunakan full APD, sehingga terlindungi dari paparan virus. 

OMDC Healthcare

Kami disambut dengan ramah oleh dokter Harun Albar, M.kes, SpA yang praktek setiap hari Senin, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dokter  spesialis anak ini  ditemani oleh seorang perawat. Ruangan konsultasi tumbuh kembang anak itu sangat ramah anak, dengan berbagai hiasan yang disukai anak-anak. Salim pun sempat tertarik dengan boneka-boneka hewan yang ada di meja dokter. Sebelum konsultasi, Salim ditimbang dan diukur dulu tinggi dan berat badannya. Kemudian, dokter Harun menanyakan permasalahan apa yang membuat saya membawa Salim ke OMDC Healtcare. 

OMDC Healthcare

 

Saya menanyakan tentang tumbuh kembang Salim yang menjadi kekhawatiran saya dan suami, yaitu tinggi dan berat badan Salim sepertinya tidak sesuai dengan usianya. Dokter Harun pun melihat catatan tinggi dan berat Salim. Lalu, beliau menjelaskan bahwa tinggi dan berat badan Salim sudah sesuai standar usianya. Perkembangan anak dan stimulus motoriknya sudah sesuai dengan usianya. Memang untuk tingginya, berada di standar bawah. Yang artinya, masih harus dioptimalkan lagi tumbuh kembangnya. 

Dokter Harun menanyakan apakah di keluarga kami ada riwayat alergi? Sebab, penyerapan nutrisi di dalam tubuh anak bisa kurang optimal jika terdapat alergi. Untuk Salim sendiri, sebenarnya sih tidak ada alergi. Akan tetapi, di dalam keluarga memang ada yang memiliki riwayat alergi. Suami dan dua kakak Salim pernah mengalami alergi. Dua kakak Salim pernah alergi sewaktu usia masih 1-2 tahun. 

OMDC Healthcare

 

Menurut dokter Harun, memang alergi pada anak itu hanya terjadi saat usia 1-3 tahun. Selanjutnya, dapat hilang dengan sendirinya. Salim memiliki kecenderungan alergi hingga 40% karena ayah dan dua kakaknya memiliki riyawat alergi. Alergi itu bisa tampak di kulit, bisa juga mempengaruhi pencernaan. Itulah mengapa penyerapan nutrisinya kurang optimal. Untuk memperbaiki sistem pencernaan dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Salim diharuskan memperbanyak konsumsi protein dan suplemen enzim pencernaan. 

Kemudian, dokter Harun memeriksa kesehatan Salim. Alhamdulillah, semuanya bagus. Mata, gigi, kulit, dan perutnya. Dokter Harun memberikan resep vitamin dan enzim pencernaan yang bisa diminum oleh Salim untuk memperbaiki pencernaannya. Jika pencernaannya sudah bagus, maka penyerapan nutrisinya akan baik. 

OMDC Healthcare

 

Saya puas sekali dengan penjelasan dokter Harun. Dokternya sangat informatif, komunikatif, ramah, dan detil dalam mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya juga diberikan buku catatan tumbuh kembang anak supaya nanti bisa melihat perubahannya. Reputasi dokternya juga oke, karena selain praktik di OMDC Healthcare, beliau juga praktik di rumah sakit besar ternama.

Fasilitas OMDC Healthcare sangat lengkap. Selain peralatan yang digunakan sudah lengkap, tersedia juga apotek dan playground untuk bermain anak. Jadi, kalau anak sedang rewel, bisa diajak bermain dulu di playgroundnya. Salim bisa main mandi bola, perosotan, dan naik mobil-mobilan. Wah, senang sekali dia karena memang sudah lama tidak main di luar akibat pandemi. 

 

OMDC Healthcare

Untuk ibu-ibunya, ada ruangan refleksi juga lho. Kalau sedang menunggu antrian atau menunggu dijemput supir, bisa pijat dulu di kursi pijat. Ruangan refleksinya nyaman sekali. Ada musik yang lembut dan aromaterapi. Ibu-ibu yang suka foto OOTD juga bisa berfoto di dalam klinik ini, karena interiornya sangat instagrammable dengan nuansa Jepangnya. Tidak terasa ya kalau sedang mengantar anak ke dokter. 

Biaya konsultasi dokternya juga terjangkau. Saya dikenakan biaya Rp 415.000, itu sudah dengan biaya APD dokter dan servis. Waktu check up setiap hari dan fleksibel, jadi kita bisa konsultasi kapan saja. Bagi ibu-ibu yang ingin imunisasi anak, juga tersedia layanan imunisasi dan klinik vaksin.

OMDC Healthcare

OMDC Healthcare


Berminat memeriksakan tumbuh kembang anak di OMDC Healthcare?

Info lebih lanjut ke Instagram OMDC Healthcare
Kontak OMDC Mampang:
Jl, Warung Buncit Raya No. 6 RT 4/RW 5, Kalibata, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Untuk reservasi, langsung saja kontak ke nomor telepon:  02179196767 dan 021 79196565, serta nomor hp di 08111108852 dan 081514888063

OMDC Healthcare

 

 

25 comments:

  1. wah ini OMDC Healthcare tuh lengkap banget ya layanannya, ada mini playgroud pula xD
    aku salfok juga tuh sama APD yang dipake dokter dan perawatnya, lucu ya motif gitu, hihi..

    ReplyDelete
  2. Iya aku juga khawatir kalau ke rumah sakit atau klinik skr. Kalau lagi butuh konsultasi atau misalnya imuisasi jadi bingung. Untung deh di ONDZ HEalthare melayani pasien dengan aman ya denagn menjaga prosedur protokol kesehatan. Alhamdulllah gak ada yg perlu dikhawatirkan ya Salim

    ReplyDelete
  3. ASik banget Salim ditangani dr Harun yaa. Trus aku gagal pokus sama APDnya yang unyu2 dan menggemaskan, pas menyesuaikan dengan karakter anak2 yaa.
    Fasilitas OMDC Healthcare lengkap banget, yang menarik ada playground untuk bermain anak, ahhh betah ituu anak2.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun ini tempatnya asyik banget, gak berasa di klinik deh. Fullcolour dan seru euy! Coba aja ada di sini, di Mataram juga. Pasti saya udah ke sana~

    ReplyDelete
  5. dekorasinya keren bet mbak Ley...
    mana nakesnya juga pada pake baju hazmat ucul2. Maksimal deh sbg klinik anak :)

    ReplyDelete
  6. Itu kliniknya enakeun pisan mbaa...
    Anak pasti betah ini mah.
    Colorfull dengan warna2 ceria lengkap lagi fasilitas bermainnya.
    Udah kayak play ground gt suasananya

    ReplyDelete
  7. Ruangan dan fasilitasnya nyaman dan menarik banget deh untuk anak-anak....
    Bahkan dokter dan perawatnya juga pakai baju colorful yang seru banget deh ngeliatnya

    ReplyDelete
  8. dokternya lucuu baju apdnya ceriaa banget jadi inget badutt hehe *ditampol dokternya* :D

    ReplyDelete
  9. Wah, ruang tunggunya kelihatan nyaman sekali ya. Dan ituuuuuu, aku jadi ketawa lihat APD si Dokter dan perawatnya, lucuuuu amaaaat hahaha. Kalau seperti ini mah, anak-anak nggak bakal takut periksa ya, jangan-jangan malah betah di situ gak mau pulang hahaha :D

    ReplyDelete
  10. Ini kok kliniknya lucu banget sih dan aku jadi salfok dengan apd dokter dan susternya. Anak-anak kalau dibawa kesini pasti lebih nyaman ya jadi gak drama, anakku biasanya kalau tau dibawa ke rumah sakit buat cek doang aja suka drama.

    ReplyDelete
  11. Kereeenn. Baru tahu ada klinik sekeren dan senyaman ini. Fasilitasnya juara, APDnya jugaa lucu bangeeet. Pasti nggak pengen pulang ini kalo konsul, haha

    ReplyDelete
  12. langsung membayangkan duduk di kursi pijat aku..sepertinya nyaman sekali. Klinik tumbuh kembnagnya lengkap banget pelayanannya

    ReplyDelete
  13. Wahh enak nih bisa ada kesemoatan perika tumbuh kembang anak di klinik seperti ini, krn kita sbg orgtua emang kudu rajin² ngecek ya, apakah anak kita sudah sesuai kurva atau belum ya.
    Lengkap juga ya, ada vaksin segala disitu :)
    Ada buat ruang tunggu and refleksi pulak, paket super lengkap and nyaman deh :)

    ReplyDelete
  14. Seneng bangett...kliniknya bagus dan dokternya menyenangkan.
    Anak jadi gak kapok untuk periksa.
    Btw,
    Di OMDC bisa tes alergi juga yaa?

    ReplyDelete
  15. Ya ampun APD nya gemes bet, hihi anak jadi nggak takut ya. Alhamdulillah Harun bisa ditangani dokter keren ya kliniknya ramah anak banget Leyla

    ReplyDelete
  16. kliniknya asyik ya mba...cerah ceria, dan sama sekali nggak mbikin anak takut, malah bikin anak betah untuk berlama-lama, sementara si Ortu berkonsultasi. Pelayanannya juga lengkap.

    ReplyDelete
  17. SID kepingin ke OMDC Healthcare juga setelah lihat adiknya ke sana. Lhaaa bukan mau periksa sama dokter tapi mupeng playgroundnya. Hahaha.
    OK banget tempatnya buat periksa tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  18. Kayanya aku mau kesini deh, mau vaksin influenza, sepertinya cukup aman dan terkendali yah disana. Udah lama mau vaksin tertunda terus nih.

    ReplyDelete
  19. Menyenangkan banget ini sih Bun, anak-anak ngggak takut malah nyaman ya kalau gini
    Konsultasinya menyenangkan anak-anak nggak tegang jadnya ada playgroundnya keren

    ReplyDelete
  20. Aku baru tau loh kalau bisa vaksin poli anak kupikir ini klinik gigi saja. Ternyata lengkaaap

    ReplyDelete
  21. Wah bagus ya mba, tanggap covid mereka. anak-anak meski ke RS untuk konsultasi saat pandemi begini jadi ga terrlalu stress ya lihat pak dokter dan bu susternya pake kostum yang ga monoton, play ground ya juga buka ya pasti udah diperhatiin banget tuh kebersihannya...

    ReplyDelete
  22. Itu hazmatnya lucu banget yaa gambar karakter avenger kayaknya ya. Mudah2an kakak Salim bisa makin tinggi yaa, yg penting masih normal. Semangat mama ela..

    ReplyDelete
  23. Markdown Health Card - Buy it when you need it and pay less with an "Reasonable Healthcare" rebate card. Crowdfunding websites for artists

    ReplyDelete
  24. Apart from this, the salary levels may also be affected depending upon the occupational setting (hospitals, blood banks, and private laboratories), experience and state/area of residence. Phlebotomy training course online

    ReplyDelete
  25. Starting in October of 2008, Medicare and Medicaid started restricting installments made to offices for the treatment of preventable nosocomial diseases or conditions.2 week cna classes online

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...