Tuesday, September 1, 2020

Susu Anak untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Tak terasa sudah 7 tahun berlalu sejak Salim lahir ke dunia dengan beberapa drama yang menyertainya. Di antara kelahiran-kelahiran sebelumnya, bagi saya kelahiran Salim ini sedikit menyulitkan. Saya sempat mengalami pendarahan di usia kehamilan 7,5 bulan sehingga harus dirawat di rumah sakit dan diberikan suntikan penguat kandungan. Alhamdulillah, Salim bisa lahir pada waktunya yaitu usia kandungan 38 minggu. Itupun sempat membuat deg-degan, karena pembukaannya tidak bertambah setelah saya menginap di klinik selama 3 hari. Nyaris saja harus operasi caesar, sampai seminggu kemudian Salim lahir melalui proses normal. 

Saya dan suami menyadari bahwa waktu tak bisa kembali, sehingga kami berusaha mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dengan sebaik-baiknya. Pemberian ASI sangat utama dan suami mendukung saya untuk memberikan ASI. Sehingga Salim bisa mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan dan dilanjutkan sampai usia 2 tahun. Setelah lewat 6 bulan, kami juga memberikan MPASI yang bergizi meskipun juga melewati drama-drama seperti GTM (Gerakan Tutup Mulut), Picky Eater (pilih-pilih makanan), dan tidak mau makan sama sekali (hanya mau ASI). Ya, semua harus dilewati dengan sabar ya, sambil berusaha agar si kecil tetap mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Mengapa? Sebab, 1000 hari pertama kelahirannya itu sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jangan sampai si kecil mengalami gizi buruk yang berdampak pada masa depannya. Jika tubuhnya kekurangan nutrisi, maka otaknya juga akan mengalami keterlambatan berpikir. Sudah tentu itu sangat tidak baik untuk kecerdasan dan perkembangan motoriknya. Alhamdulillah, 1000 hari pertama Salim sudah dilewati dengan baik. Sekarang Salim sudah kelas 2 SD. Tumbuh kembang dan kecerdasannya memuaskan. Berat dan tinggi badannya sudah memenuhi standar, juga mampu menerima pelajaran di sekolah dengan baik.

Tentunya itu karena kami memberikan nutrisi terbaik untuk Salim. Tips memberikan nutrisi terbaik untuk Salim, pastikan nutrisi tersebut sudah mengandung gizi seimbang sebagai berikut:

Karbohidrat
Kandungan karbohidrat itu ada di dalam makanan seperti bubur beras merah, bubur beras putih, bubur nasi, nasi, roti, sereal, dan lain-lain. Di antara semua pilihan karbohidrat itu, Salim suka nasi, roti, dan sereal. Kadang-kadang makan bubur ayam juga. Karbohidrat sangat baik sebagai sumber energinya, sehingga Salim bisa aktif berkegiatan dan juga fokus belajarnya. Bagian tubuh yang paling membutuhkan energi adalah otak. Apalagi otak anak sedang berkembang, jadi wajib  ada karbohidrat di dalam menu makanannya.

Protein
Protein juga harus ada di dalam menu sehari-hari Salim, gunanya untuk menyusun sel-sel tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, pembentukan antibodi, dan sumber energi selain karbohidrat. Protein didapatkan dari daging, ayam, telur, susu, seafood, dan lain-lain. Di antara semua menu makanan sumber protein itu, Salim paling suka makan pakai telur dan ayam. Susu sudah pasti Salim suka sekali, sehari tiga kali minum susu pertumbuhan.

Lemak
Kita sering berpikiran negatif tentang lemak, karena kita menganggap lemak itu hanya membuat tubuh jadi gemuk. Padahal, lemak juga harus ada di dalam menu makanan kita, terutama anak-anak. Lemak sangat penting bagi perkembangan otak anak, lemak dapat membantu penyerapan nutrisi terutama vitamin, dan lemak dapat memberikan rasa kenyang sehingga anak tidak makan berlebihan. Pilihlah menu makanan yang mengandung lemak baik, misalnya daging ayam tanpa kulit, ikan, dan buah alpukat.

Serat, Vitamin, dan Mineral
Ketiganya ini sangat penting sebagai sumber antioksidan, meningkatkan imunitas tubuh anak, dan menjaga sistem pencernaan tubuh anak. Sumber utamanya adalah sayuran dan buah-buahan. Anak-anak biasanya agak susah makan sayur dan buah. Salim juga awalnya susah ya makan sayur dan buah. Jadi, kami membiasakan untuk menyediakan sayur dan buah di rumah. Saya juga berikan dalam bentuk jus buah dan dia suka. Buahnya juga kadang masih pilih-pilih. Misalnya, dia suka jus buah mangga, apel, dan jeruk. Ya tidak apa-apa, perlahan saja dikenalkan dengan buah-buahan lainnya.


Untuk melengkapi nutrisinya, saya memberikan susu anak yaitu Morinaga Chil*School Platinum dengan kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal untuk Generasi Platinum Multitalenta. Kandungan Morinaga Chil*School Platinum untuk mendukung kecerdasan multitalenta adalah AA dan DHA yang bermanfaat untuk mempercepat daya tangkap, Alfa Laktalbumin untuk kemampuan berpikir, Zat Besi untuk meningkatkan konsentrasi, Omega 3 dan 6 untuk membentuk AA dan DHA, dan Fofolipid untuk membentuk dan fungsi otak anak.


Sedangkan kandungan Morinaga Chil*School Platinum untuk pertahanan tubuh ganda adalah Nukleotida yang dapat meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit infeksi, Laktoferin untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu melawan infeksi saluran napas dan saluran cerna, Prebiotik GOS yaitu makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna, dan Triple Bifidus yaitu gabungan 3 bakteri baik di dalam saluran cerna. Prebiotik dan Probiotik bermanfaat agar anak tidak mudah diare dan sembelit, jadi penyerapan nutrisinya pun optimal.


Nah, kandungan Morinaga Chil*School Platinum yang bermanfaat untuk tumbuh kembang optimalnya adalah Kalsium, Vitamin D, dan Magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, Whey Protein (Alfa Laktalbumin) sebagai sumber protein, Beta Palmitat atau OPO untuk penyerapan kalsium dan lemak yang lebih baik lagi, serta Vitamin dan Mineral yang mendukung tumbuh kembang optimalnya.

Wah, lengkap sekali kan kandungan dari Morinaga Chil*School Platinum sebagai susu anak yang membantu optimalkan tumbuh kembang anak. Susu bubuk Morinaga Chil*School Platinum ini untuk anak usia 1-12 tahun. Salim meminum susu formula Morinaga Chil*School Platinum 4, sesuai dengan usianya yang sudah 7 tahun. Cara membuatnya mudah sekali:

Susu anak

Susu anak

Susu Anak

  • Siapkan air matang hangat 180 ml di dalam gelas  yang bersih.
  • Masukkan 7 sendok takar Morinaga Chil*School Platinum
  • Aduk hingga larut, lalu berikan kepada anak untuk diminum. Cek  dulu suhunya jangan sampai kepanasan ya. 
  • Susu harus diminum segera. Jika sudah lebih dari dua jam, harus dibuang.
Susu Anak


Info lengkap mengenai Morinaga Chil*School Platinum bisa didapatkan di website: morinagaplatinum.com dan instagram @morinagaplatinum.

Waktu tak bisa kembali. Saya tidak ingin menyesal di kemudian hari, jika anak saya gagal di masa depannya karena saya tidak memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya secara optimal. Keberhasilan seorang anak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik, tapi juga stimulasi dan nutrisi. Yuk, Mom, berikan yang terbaik untuk anak-anak kita ya.


Susu anak

Cara membuat susu Morinaga Chil*School Platinum bisa dilihat di sini ya: 

 




38 comments:

  1. Produk Morinaga mengingatkan anak saya saat usia batuta. Ia minum susu Chilkid dan susu UHT nya Chilgo.

    Dan benar waktu tak bisa kembali. Semua tinggal kenangan. Semoga sehat selalu buat ya Kakak Salim

    ReplyDelete
  2. Luar biasa morinaga chil school banyak banget yah kandungan nutrisinya 😍 semoga sehat terus dek Salim

    ReplyDelete
  3. milih susu buat anak jg gak sembarangan yaaa, karena benar-benar jd nutrisi pendukung :)

    ReplyDelete
  4. Setuju banget. Anak-anak memang sedang dalam masa tumbuh kembang. Jadinya perlu gizi dan nutrisi yang bagus. Kalo cuma ngandelin makanan dan minuman, rasanya gak cukup ya. Ada beberapa zat gizi dan nutrisi yang harus ditambahkan. Nah susu, adalah pilihan yang paling bagus. Biar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

    ReplyDelete
  5. Anakku umur 2 tahun, susunya sekarang Morinaga ChilKid. Mungkin nanti kalau sudah tambah usia dia akan beralih ke ChilSchool untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  6. Wah chilkid ini emg rekomen banyak bu ibu2 sih hehe variannya banyak bgt bisa sampe anak2 usia sekolah.. gizi yg tercukupi akan membuat perkembangan anak semakin maksimal

    ReplyDelete
  7. Morinaga ini emang the best ya, Si Kakak juga suka minum susu Morinaga tapi yang Chil-Go nya, nanti mau bujukin Chil-Kid ini juga ahh, biar nutrisinya juga bisa terpenuhi. Tentu mamaknya gak mau nyesal juta dong karena waktu tak kembali.

    ReplyDelete
  8. Si kecil Alhamdulillah setelah disapih sangat senang minum susu. Sepakat kalau waktu tidak bisa kembali, kita harus memanfaatkan momen-momen si kecil untuk memberikan yang terbaik

    ReplyDelete
  9. jadi inget Darell minum susu Morinaga Chil*Kid Platinum dan Morinaga Chil*School Platinum, dan dia suka banget yang rasanya

    ReplyDelete
  10. wah deg2an banget mba yah, aku sih udah seminggu lebih ga naik2 pembukaannya huhuhu pdhl anak pertama bisa normal apalagi bayinya gedein terus dlm kurun waktu seminggu...tos mba susu ini emang andalan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandungan susunya lengkap dan sedari dulu ya andalan soalna ponakanku juga minum susu ini

      Delete
  11. Kalo anak GTM, entah kenapa suka bikin stress orgtuanya ya, terutama mamanya. Suka worried akan kebutuhan nutrisinya, tercukupi atau gak.
    Dan pemberian susu bisa sbg melengkapi kebutuhan nutrisinya ya.

    ReplyDelete
  12. Awalnya saya tahu susu pertumbuhan yang bagus dari adik saya, sudah terbukti nutrisinya lengkap, si kecil juga jadi doyan makan, sehingga tumbuh kembangnya optimal.

    ReplyDelete
  13. Ehjiyaah, disuguhin senyum manis Salim. Minum susu sesuai dengan umurnya, ahh makin melengkapi tumbuh kembang anak aja ya Mak, apalagi kandungan susu anak ini lengkap banget. Sehat selalu ya Saliim.

    ReplyDelete
  14. baru lihat anaknya mba :) gemes hehee aku juga ngasih anakku morinaga mbak soalnya udha percaya sama nutrisinya

    ReplyDelete
  15. Bener banget mbak, bahwa Keberhasilan seorang anak tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik, tapi juga stimulasi dan nutrisi. Penting banget memang kita memilih nutrisi yg baik bagi anak terutama pada susunya

    ReplyDelete
  16. Salim, masya Allah ... sudah segede ini. Alhamdulillah akan terus tumbuh smart dan sehat dengan konsumsi Morinaga Chil*School Platinum dengan kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal untuk Generasi Platinum Multitalenta.

    ReplyDelete
  17. susunya samaan nih sama salah satu anak sahabatku hihihi, pake susu morinaga cshill scholl juga, katanya enak rasa susunya hihiihih

    ReplyDelete
  18. Masa pertumbuhan anak itu memang penting banget ya, karenanya nutrisinya wajib banget diperhatikan, termasuk dalam pemilihan susu yang bernutrisi dan mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal :D

    ReplyDelete
  19. Anak alergi tetep bisa tumbuh kembang secara optimal ya
    Asalkan didukung nutrisi yg paripurna, serta cinta kasih dari ortunya

    ReplyDelete
  20. Nutrisi susu Morinaga ChilSchool Platinum lengkap sekali ya mba , anakku juga minum susu ini agar tumbuh kembangnya lebih optimal dan baik pertahanan tubuhnya :)

    ReplyDelete
  21. mntap kak, bisa menyusui sampe 2 tahun lamanya.,inspiratif banget. Tentunya dgn mengkosumsi morinaga akan menambah asupan nutrisi utk salim ya

    ReplyDelete
  22. Jadi jangan sampai menyesal ya, Mbak. Karena waktu memang sangat berharga. Jadi berikan yang terbaik untuk anak :)

    ReplyDelete
  23. Iyess setuju banget waktu tidak akan kembali, dan kita sebagai orangtua juga harus cermat ya dalam memilih asupan nutrisi untuk anak anak kita, ngga mau dong tumbuh kembang anak anak kita kurang optimal karena kesalah kita sendiri

    ReplyDelete
  24. Pinter Salim ya, mau minum susu 3x sehari. Waktu kecil aku paling susaah disuruh minum susu, walhasil osteopeni di usia 30an hiks..

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah sehat selalu ya Salim. Anak saya sekarang rada ogah-ogahan kalau disuruh minum susu. Padahal waktu balita dia konsumsi Morinaga juga. Bahkan uht nya ChilGo, suka banget itu...

    ReplyDelete
  26. Kemasannya lucu ya dan dapat tumbler. Trus ditambah senyum Salim yang ganteng begitu. Senang kalau lihat anak suka minum susu karena memang bagus untuk bantu lengkapi kebutuhan nutrisinya. Audiku juga sampai udah kuliah setiap pagi masih minum susu.

    ReplyDelete
  27. Dulu Pascal juga minumnya Morinaga nih. Salim minum susunya sampai merem melek saking enaknya ya :) Dukung terus tumbuh kembangnya ya untuk nutrisi jangan lupa tambah susu

    ReplyDelete
  28. iya susu memang perlu banget ya untuk anak-anak karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan jadi perlu banyak nutrisi untuk pertumbuhan yang optimal. Aku dulu sempat memberi susu ini buat si bungsu dan ternyata ia suka banget dengan rasanya...

    ReplyDelete
  29. Pada masa pertumbuhan gini, asupan nutrisi si kecil memang harus benarbenar diperhatikan yaa mbak. Syukurlah kalau Susu Morinaga ini bisa menjadikan Salim tumbuh optimal~

    ReplyDelete
  30. Jadi susu morinaga ini bisa buat anak usia 7 tahunan ya Mbak. Beberapa teman juga anaknya minum susu ini, saya senim nyoba buat anak saya.

    ReplyDelete
  31. Memang betul ya, menyiapkan kesehatan anak yang baik harus dilakukan sejak dini. Jangan sampai ntar nyesel di kemudian hari ya. Semoga sehat selalu ya Salim berkat asupan nutrisi yang diberikan oleh mama.

    ReplyDelete
  32. Zaman anak sulungku minum susu ini rasanya enak ya anak-anak pasti suka dan orang tua akan nyaman karena nutrisi anak terjamin lengkap

    ReplyDelete
  33. Dulu selepas ASI si kecil langsung dikasih brand Morinaga dan senangnya ada varian soya karena lebih cocok untuk kulit sensitif.

    ReplyDelete
  34. Kalau untuk takaran minum susu sesuai kebutuhan atau harus segitu, kak Leyla...?
    7 takaran kalau gelasnya kecil, bakalan manis banget gak?
    Anakku suka-suka aja siih...susu manis.
    Tapi mamak berhemat. Hehehe~

    ReplyDelete
  35. kalau saat masa pertumbuhan memang kudu selektif ya mbak pilih2 nutrisi dan susu untuk anak, harus yang bisa memenuhi kebutuhan harian mereka.

    ReplyDelete
  36. Masyaallah abang Salim udah gede ya. Pilih sufor tu memang gampang2 susah tp anakku juga cocok bgt sama Morinaga Chil school of Alhamdhulilah pertumbuhannya pun sesuai ekspektasi

    ReplyDelete
  37. Wah susunya enak nih. Pendar dulu juga minum ini, harganya ehmmmm banget dah wkwkkw. Tapi memang bagus nutrisinya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...