Wednesday, September 2, 2020

Tips Mencegah Asam Lambung Datang Kembali

Gejala asam lambung termasuk ke dalam gejala umum yang dirasakan penduduk global. Penyakit ini bisa dialami segala kelompok usia, tetapi semakin tua umur seseorang, semakin tinggi resiko ia mengalami gejala asam lambung. Penurunan fungsi pada esofagus dikatakan menjadi penyebabnya.


 

Asam lambung berlebih ditandai dengan beragam gejala seperti, mual, muntah, perut kembung, nafas tersengal, serta sensasi panas di dada. Beberapa penderita juga merasakan nyeri di ulu hati. Asam lambung kambuh karena cairan asam dalam di lambung bocor dan mengalir kembali ke esofagus. Ada banyak faktor pemicu naiknya asam lambung seperti, makanan dan minuman tertentu, kurangnya aktivitas fisik, dan pola hidup tidak sehat.

Walau termasuk gejala yang umum terjadi, sakit asam lambung tidak boleh disepelekan. Menyepelekan asam lambung bisa berakibat fatal bagi penderita. Lalu, hal mudah seperti apa yang harus dilakukan untuk mencegah asam lambung datang kembali?

Makan teratur dengan porsi kecil

Makan teratur adalah hal yang tidak bisa ditawar oleh penderita asam lambung. Perut yang kosong akan memperburuk kondisi lambung. Porsi makan juga harus diperhatikan. Makan sedikit tetapi teratur membantu lambung bekerja dengan baik dan menurunkan resiko gangguan pencernaan, sedangkan makan.dalam jumlah banyak dalam satu waktu dapat memberikan tekanan berlebih pada dinding abdominal. Jangan lupa makan dengan perlahan, ya!

Perhatikan asupan harian

Kurangi makanan berlemak, sangat pedas, bercita rasa asam dan produk yang menghasilkan banyak kadar gas di dalam perut seperti kol dan minuman  soda berkarbonasi. Selain itu, mengontrol takaran gula dan tepung juga membantu. Gula dan tepung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terserap dalam tubuh sehingga bisa menghasilkan gas intestinal. Produk yang mengandung kafein seperti kopi, minuman beralkohol, dan rokok juga harus dikurangi oleh penderita asam lambung. Sebagai gantinya, penderita bisa mengkonsumsi herbal alami seperti jahe, kunyit, jus aloe vera, daun mint yang terkenal bisa mengurangi radang pencernaan dan dan sensasi heartburn.

Berolahraga secara rutin

Berolahraga sangat berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Olahraga ringan seperti berjalan, jogging santai, yoga, bersepeda dan berenang dapat membakar lemak berlebih dalam tubuh yang dalam hal ini berguna mengurangi gejala asam lambung atau GERD. Mengontrol berat badan sangatlah penting. Berat badan berlebih menimbulkan tekanan pada area perut dan mempengaruhi  otot pengunci esofagus bagian bawah yang akan memperparah gejala asam lambung. Tak hanya itu, berolahraga secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas kebugaran tubuh. Yuk, mulai berolahraga!

Hindari pakaian ketat

Penderita asam lambung harus menghindari memakai celana ketat atau ikat pinggang yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat menimbulkan tekanan berlebih pada bagian abdomen. Hal ini bisa menekan asam yang ada di perut naik kembali ke esofagus. Penderita asam lambung disarankan memakai pakaian longgar yang bisa memberikan ruang pada saluran cerna agar bekerja dengan baik.

Sediakan obat darurat atasi asam lambung

Di tengah kesibukan, penderita juga disarankan menyimpan obat-obatan yang dapat mengatasi gejala asam lambung dengan efektif. Salah satunya adalah Promag. Promag mengandung Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone yang dapat mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, heartburn, dan gejala maag lainnya. Untuk hasil yang maksimal, Promag bisa diminum 30 menit sebelum makan.


2 comments:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...