Thursday, April 15, 2021

Resep Makanan Bergizi Menggunakan Susu Cair Anak

Assalamualaikum, Mom. Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan puasa nih. Gimana kabarnya puasa anak-anak Mama? Ketiga anak saya sudah berpuasa sampai Magrib, termasuk anak yang terkecil. Sudah sejak tahun lalu, Salim berpuasa sampai Magrib.

 

Milkshake Apel Wortel Morinaga
Milkshake Apel Wortel Morinaga Chil*Go!

Ramadan saat masih pandemi membuat kita harus ekstra menjaga asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi untuk anak-anak yang baru berpuasa, seperti anak saya, Salim. Tubuhnya pasti lemas karena berpuasa, tapi jangan sampai imunitasnya berkurang ya. 

Saya takjub juga sih Salim bisa berpuasa sampai Magrib. Bahkan di hari pertama puasa dia berucap, "Rasanya kok seperti nggak lagi puasa ya?" Maksudnya, dia tidak merasa kelaparan dan kehausan. Biasa saja bermain bersama kakak-kakaknya di dalam rumah sampai tiba azan Magrib.

Alhamdulillah kalau begitu, semoga saja Salim bisa berpuasa sampai sebulan. Untuk itulah, saya mempersiapkan nutrisinya dengan menyajikan makanan dan minuman bernutrisi dan bergizi tinggi, sehat, mengenyangkan, dan dapat menjaga daya tahan tubuhnya. Nah, saya akan berbagi resep membuat makanan dan minuman tersebut ya.

Dalam membuat resep makanan bergizi ini saya menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! sebagai salah satu bahannya, yang mengandung serat pangan Inulin untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Pencernaan anak adalah kunci daya tahan tubuh anak. Jika pencernaannya sehat, daya tahan tubuh anak pun meningkat dan anak akan terlindungi dari penyakit. 

Serat pangan Inulin di dalam susu Morinaga Chil*Go! dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus. 

Kelebihan lain dari susu Morinaga Chil*Go! adalah mengandung 9 vitamin dan 5 mineral yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga. Selain itu, kemasannya ramah lingkungan karena bisa didaur ulang dan melalui uji kualitas PT Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. 

Resep makanan bergizi yang saya buat ini juga rendah gula, karena tidak menggunakan gula pasir dan susu Morinaga Chil*Go! Original pun kandungan gulanya sangat rendah hanya 30% dari kandungan gula pada umumnya. Sejak kecil, anak-anak harus dibiasakan mengonsumsi makanan dan minuman rendah gula, karena ternyata terlalu banyak mengonsumsi gula itu bisa memicu penyakit seperti obesitas, diabetes, dan lain-lain. 

Baca Juga: Susu Cair Anak untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Cara membuatnya juga sangat mudah lho, Mom. Bisa langsung dipraktekkan juga bersama anak. 

Milkshake Apel-Wortel 

Minuman ini untuk menyambut berbuka puasa. Buah Apel mengandung banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya. Cocok kan dikonsumsi saat pandemi.

Apel juga memiliki efek prebiotik karena mengandung pektin yaitu serat yang memberi makan bakteri baik di usus, yang melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas. Buah Apel juga dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan mulut. Wah, banyak sekali ya manfaatnya. 

Sedangkan wortel telah dikenal dengan vitamin A-nya yang baik untuk kesehatan mata. Akan tetapi, wortel juga kaya nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk mencegah konstipasi, diabetes, baik untuk otak, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin A, biotin, kalium, dan lain-lain. 

Bahan Milkshake

 

Sekarang, yuk kita buat Milkshake Apel-Wortelnya.

Bahan-bahannya: 

1 buah apel 

1 buah wortel 

1 botol susu Morinaga Chil*Go! Original

1 sendok makan madu 

5 butir es batu 


Bahan Milkshake Apel Wortel
Bahan Milkshake Apel Wortel


Cara membuat: 

Iris buah apel dan wortel. Masukkan ke dalam blender bersama susu Morinaga Chil*Go! Original dan madu. Kemudian blender hingga halus. Berikan kepada anak menjelang berbuka puasa. Rasanya segar sekali. 


Milkshake Apel Wortel


Sebagai pengganti gula, saya hanya menambahkan madu supaya milkshake ini tidak kebanyakan gula. Lagipula sudah ada gula alami dari apel yang manis. 


Macaroni Cheese 

Resep yang kedua adalah Macaroni Cheese. Anak-anak saya sekali dengan makanan ini. Cara memasaknya juga mudah sekali. 

Bahan-bahannya: 

100 gram Makaroni 

2 sendok makan tepung terigu 

Garam secukupnya 

Lada secukupnya 

Keju parut secukupnya 

1 botol susu Morinaga Chil*Go! Original 

2 batang sosis sapi. Bisa pakai kornet atau smoke beef. 

1 sendok makan margarin

1/4 bawang bombay 


Bahan Macaroni Cheese
Bahan-bahan Macaroni Cheese


Cara memasaknya: 

Rebus Makaroni dan tiriskan. 

Tumis sosis yang diiris tipis-tipis. 

Iris tipis bawang bombay, lalu tumis bersama margarin. Tambahkan tepung terigu. Aduk supaya rata. 

Kemudian masukkan susu cair Morinaga Chil*Go! sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak menggumpal. 

Masukkan parutan keju, aduk lagi sampai adonan mengental. Baru kemudian masukkan sosisnya. 

Terakhir, masukkan makaroni, garam, dan lada. Aduk hingga merata. 

Tuangkan ke dalam mangkuk dan bisa langsung dimakan. Kalau mau lebih enak lagi, bisa ditambahkan keju mozzarella lalu dipanggang. 


Macaroni Cheese
Macaroni Cheese Morinaga Chil*Go!


Itulah resep masakan bergizi yang saya buat menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! Mudah sekali kan Mom. Dijamin Mama bisa membuatnya juga. Mama bisa mendapatkan resep makanan bergizi lainnya di website https://www.morinagaplatinum.com/id dan instagram @morinagaplatinum.

Tonton video youtube saya tentang resep makanan bergizi menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! 



11 comments:

  1. thanks for the recipes mba.. aku suka banget buat mac & cheese or macroni Shotel di rumah. Anak - anak seneng bangeet

    ReplyDelete
  2. Macaroni cheese-nya bikin ngileerrr
    daku demen banget masakan yg creamy dan berkeju gini mba
    auto mau re-cook ahhh

    ReplyDelete
  3. Aduh, siang-siang liat milkshake apel-wortel segerr bingiit yaaa.. Apalagi ditambah sama chil*Go! original seger dan bernutrisi jadinyaa..

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, Dek Salim pinter banget udah puasa sampai magrib. Ternyata susu Morinaga Chil*Go bisa dikreasikan menjadi beberapa makanan/minuman, ya, Bun. Mantap, bergizi dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  5. resep simpel dan sehat tapi anak anak pasti suka nih...
    kalau nyetok susu morinaga chilgo di rumah gini enak ya mom, sewaktu waktu anak anak butuh cemilan tinggal bikin resep yang simpel...

    ReplyDelete
  6. kreatif mba, kalau begini rasa sayurannya jadi tersamarkan yaa. kalau anak pertamaku pasti masih ogah kalau ada aroma wortelnyaa haha dia gasuka banget. dia lebih suka susunya diminum langsung aja gitu wkwk

    ReplyDelete
  7. Kalau pilih susu untuk anak memang kudu pilih yang kadar gulanya rendah dan mengandung serat pangan inulin supaya bagus buat kesehatan anak ya.
    Wah macaroni cheese-nya keknya perlu dicoba, enak buat pengganti sarapan nasi

    ReplyDelete
  8. Semakin inovatif, semakin anak-anak semangat menjalani puasa Ramadan.
    Senang sekali melihat anak-anak yang aktif dan pemenuhan nutrisinya dari makanan sehat nan bergizi.

    ReplyDelete
  9. Wuihh ini yang resep makaroni cheese kalau dicobain di rumah anak-anak pasti suka. Tinggal nambahin saus sambal ya karena anak-anakku doyan pedes semua.

    ReplyDelete
  10. wihi seru banget ya morinaga chil*go ini selan bisa diminum gitu aja tapi ternyata bisa untuk berkreasi dijadiin bahan untuk camilan anak yaaa.. pengen juga deh cobain masak macaroni chees nyaa

    ReplyDelete
  11. simple dan enak pastinya kesukaan anak-anak ya mba, ternyata masak gampang dan enak bisa banget ya, makasih resepnya ya, mau cobain jugaaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...