Thursday, April 1, 2021

Susu Cair Anak untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Pandemi belum berakhir nih Mom, meskipun sudah setahun berlalu. Anak-anak juga masih sekolah dari rumah, untuk meminimalisir tertular virus corona. Alhamdulillah, anak-anak saya selama setahun ini jarang sakit. Saya berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh mereka agar tidak mudah tertular virus. Akan tetapi, bukan berarti mereka tidak pernah sakit. Mereka pernah sakit juga, salah satunya diare. Untungnya, tidak terlalu parah. Hanya sakit perut dan beberapa kali BAB. Sejak itu, saya berhati-hati menjaga kesehatan pencernaan anak agar tidak sampai terkena diare lagi.

Susu Cair Anak Jaga Daya Tahan Tubuh
Susu Cair Anak Jaga Daya Tahan Tubuh 


Ternyata kesehatan pencernaan anak itu berpengaruh juga lho terhadap daya tahan tubuh anak. Informasi ini saya dapatkan dari diskusi kesehatan dengan tema "Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi" dan peluncuran Morinaga Chil*Go! Original pada hari Kamis, 25 Maret 2021 melalui Zoom bersama empat narasumber yaitu: dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H (Ketua Umum PB IDI), dr. Muliaman Mansyur (Head of Medical KALBE Nutritionals), Gregorius Daru Smaragiri (Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals, dan Chef Devina Hermawan (Chef/ Penulis/ Model/ Finalis Masterhef Indonesia season 5).


Susu Cair Anak
Narasumber Peduli Gizi Anak selama Pandemi


Dr Daeng sebagai narasumber pertama di talkshow ini memaparkan tentang tips menjaga kesehatan secara umum di masa pandemi ini. Menurut dr. Daeng, dengan adanya virus corona ini ternyata justru meningkatkan kepedulian para orangtua untuk menjaga kesehatan keluarga. Angka kasus aktif virus corona di Indonesia masih tinggi, begitu juga angka kematiannya yang sudah di atas 30 ribu. Anak-anak pun tidak bisa terhindar dari virus corona, bahkan angka kematian anak akibat virus corona mencapai 1,7%. Lebih tinggi dibandingkan dengan di Amerika Serikat dan yang tertinggi di Asia Tenggara. 


Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go!
dr. Daeng M Faqih


Jadi, para orangtua wajib sekali menjaga kesehatan anak-anak dan menerapkan 3 M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan). Akan tetapi, penerapan 3 M kepada anak-anak tidaklah mudah. Tahu sendiri kan Mom, anak-anak sulit diajak disiplin melakukan 3 M karena tidak betah memakai masker terus menerus, sulit menjaga jarak saat bermain bersama teman, dan sering lupa mencuci tangan. Bagaimana dong supaya anak terhindar dari virus corona? Ya caranya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh anak. 

Anak-anak juga memiliki penyakit komorbid yang meningkatkan risiko corona, yaitu diare. Nah, ini dia nih penyakit yang mengenai anak-anak saya. Saluran pencernaan tubuh anak belum berkembang sempurna, sehingga anak-anak mudah terkena diare. Kalau sudah sakit diare, daya tahan tubuhnya pun berkurang dan bisa berisiko terkena corona. Kita harus menjaga daya tahan tubuh anak dengan menjaga kesehatan saluran pencernaannya agar tidak mudah terkena diare. Penyakit lainnya yang juga mengancam anak-anak adalah DBD. 

Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh asupan gizi, yang harus dijaga terutama saat pandemi.  Untuk penyerapan gizi harus dibantu oleh faktor-faktor lain seperti keseimbangan mikroorganisme di dalam usus. Probiotik sangat penting ada di dalam makanan anak-anak, karena dapat mempengaruhi keseimbangan mikroorganisme. Selain itu, anak-anak harus mendapatkan asupan serat karena membantu penyerapan zat-zat gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan antibodi. 

Anak-anak juga harus dihindarkan dari infeksi saluran cerna, seperti diare. Jadi tidak semata memberikan makanan bergizi untuk anak, tetapi harus dipastikan makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh anak agar daya tahan tubuhnya meningkat. Mineral dan vitamin membantu penyerapan zat gizi. Penting adanya probiotik dan serat untuk membantu penyerapan untuk pertumbuhan fisik.

Selain pertumbuhan fisik, pertumbuhan mental anak juga harus diperhatikan ya Mom. Sedangkan pertumbuhan mental sekarang agak terganggu karena anak-anak lebih sering di rumah sehingga kurang banyak bergaul dan bermain di alam terbuka. Kalau orangtua saja bisa stres di rumah terus, anak-anak juga bisa lho. Makanya, orangtua tetap perlu mengajak anak ke ruang terbuka, tapi tidak berinteraksi dengan banyak orang agar pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mentalnya tetap seimbang. 

Nutrisi makro dan mikro sangat berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Selain itu, untuk meningkatkan daya serap makanan ke dalam usus anak, zat-zat lain juga sangat dibutuhkan seperti prebiotik dan serat. Jika tidak terserap, maka zat gizi tersebut tidak bisa membangun jaringan dan organ untuk membangun daya tahan tubuh anak. Pencernaan adalah otak kedua dari tubuh kita karena daya tahan tubuh berasal dari pencernaan. Anak yang kurang gizi, bukan berarti kekurangan asupan gizi. Bisa jadi karena daya serapnya berkurang, sehingga zat gizi terbuang begitu saja.

Selanjutnya dr Muliaman memaparkan pentingnya saluran pencernaan sebagai otak kedua. Saluran cerna memiliki panjang sekitar 7 meter dan 10 ribu saraf. Di saluran cerna juga sangat menentukan kesehatan seorang anak. Makanan yang dikonsumsi oleh anak akan masuk ke saluran cerna. 


Daya Tahan Tubuh Anak
dr. Muliaman Mansyur


Jika saluran cernanya tidak baik, maka penyerapan nutrisinya menjadi tidak baik dan tidak sampai di otak. Saluran cerna juga ditentukan oleh Mikroflora saluran cerna. Anak-anak harus mengonsumsi nutrisi Makro (Karbohidrat, Protein, Lemak) dan Mikro (Vitamin dan Mineral, Prebiotik dan Probiotik). Seorang anak yang mempunyai saluran cerna yang bagus, akan memiliki nutrisi yang baik dan kesehatan otak yang baik.

Saluran cerna adalah sumber daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan nutrisi. Saluran cerna juga perlu distimulasi dengan makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, probiotik, dan prebiotik. 

Untuk memenuhi nutrisi harian tersebut, anak-anak harus mendapatkan 1000-1500 kalori berupa makan pagi, siang, dan malam. Berikan juga snacking, seperti susu, sayuran, dan buah-buahan. Perhatikan juga aktivitas anak. Jika anak sangat aktif, maka pemberian makanan harus lebih banyak melalui snacking

Pilih makanan dengan menu seimbang tiga kali sehari. Susu cair bisa diberikan sebagai snacking, terutama bila mengandung serat inulin seperti Morinaga Chil*Go! Karena Waktu tak bisa kembali, utamakan pemberian nutrisi untuk anak pada usia Golden Period. Hal-hal yang kurang penting bisa ditunda dulu. Apalagi saat ini memang belum terlalu dibutuhkan membeli kebutuhan tersier seperti baju, tas, sepatu, dan lain-lain karena anak-anak belum sekolah offline. Pengeluaran bisa dialihkan ke makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi. 


Jaga Daya Tahan Tubuh Anak
Varian rasa Morinaga Chil*Go!


Begitu juga pengeluaran untuk orangtua nih Mom. Memang sih, Mama juga butuh beli pakaian, skincare, peralatan dapur yang kece-kece, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi tetap utamakan pengeluaran untuk kebutuhan nutrisi anak-anak ya Mom. Mumpung anak-anak masih di Golden Period dan itu waktunya tidak lama kok. Nanti juga ada masanya Mama bisa membeli barang-barang yang disukai tanpa harus berebut anggaran denagn kebutuhan nutrisi anak-anak.

Selain itu, untuk pemilihan makanan juga harus diperhatikan benar ya, Mom. Jangan terlalu banyak menyimpan makanan yang mengandung banyak gula, lemak, instan, dan makanan yang tidak sehat lainnya. Harus dipertimbangkan zat gizi yang ada di dalam makanan tersebut. Termasuk makanan yang membantu saluran cerna menjadi lebih baik. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan manis? Apalagi anak-anak, suka sekali dengan gula-gula. Makanan dan minuman  manis itu banyak sekali dijual di toko dan sangat menggoda.

Bagaimana komposisi makanan yang baik? Di dalam piring harus ada karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Kemudian bisa diberikan tambahan snack seperti susu cair.  Anak-anak juga harus banyak minum air putih. Jika sudah memenuhi komposisi seperti itu, tidak perlu lagi diberikan vitamin atau suplemen makanan. Di dalam makanan yang bergizi sudah terkandung vitamin dan mineral yang lengkap.

Serat pangan Inulin adalah bagian dari karbohidrat yang dicerna oleh bakteri baik di dalam usus agar bakteri baiknya bisa tumbuh dengan baik. Jadi, inulin ini adalah makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Inulin juga berfungsi sebagai serat untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan membantu penyerapan kalsium, laktosa, dan mengikat lemak jahat di dalam usus. Serat pangan inulin mempunyai cara untuk membangkitkan respon imun di tubuh. Inulin ada di dalam makanan seperti bawang, pisang, dll, tapi harus dalam jumlah banyak. 

Meskipun Inulin adalah bagian dari karbohidrat, tetapi tidak mempengarui kadar gula dalam darah karena hanya bekerja di dalam usus. Ada cara mudah nih untuk memberikan makanan yang mengandung serat pangan Inulin ini, yaitu dengan memberikan susu cair anak Morinaga Chil*Go! Anak-anak saya suka dengan Morinaga Chil*Go! terutama rasa cokelat dan melon. Sejak mereka usia 2 tahun, saya sudah menyetok Morinaga Chil*Go! di rumah.

Bapak Daru menyebutkan bahwa Morinaga Chil*Go! memiliki produk yang sesuai untuk kebutuhan anak.  Morinaga Chil*Go! meluncurkan varian baru yang lebih rendah gula sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu Morinaga Chil*Go! rasa Original. Sebelumnya, Morinaga Chil*Go ini sudah ada rasa coklat, vanilla, stroberi, dan melon. Tersedia dalam kmasan single bottle 130 ml, i banded berisi 6 bottle dan 1 karton berisi 36 botol.


Jaga Daya Tahan Tubuh Anak
Gregorius Daru


Kelebihan dari Moriaga Chil*Go! sehingga bisa dikonsumsi anak Indonesia setiap hari, yaitu rasanya yang enak dan bernutrisi. Nutrisinya ada serat pangan inulin yang membantu memelihara kesehatan pencernaan karena dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi bakteri dan virus, ada 9 vitamin dan mineral yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga termasuk si kecil, dan merupakan susu cair steril yang diproduksi dengan teknologi retouch sterilisasi untuk memastikan tidak ada bakteri patogen serta sudah melalui uji kualitas PT Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. Kemasan Morinaga Chil*Go! juga bisa didaur ulang agar ramah lingkungan.


Susu Cair Anak Chil*Go!

Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals dan Lina Sen, Brand Manager Morinaga Chil*Go! Membahas kelebihan Morinaga Chil*Go! Liquid Rasa original yang mengandung serat pangan inulin, 9 vitamin dan 5 mineral yang mampu menstimulus daya tahan tubuh anak



Morinaga Chil*Go! Original lebih rendah gula untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Varian lainnya juga lebih rendah gula sekitar 30%, untuk mendukung gaya hidup sehat. Sekarang ini masyarakat sudah lebih peduli dengan kesehatan, sehingga cenderung memilih makanan dan minuman yang rendah gula.


Susu Cair Anak Chil*Go! Original
Morinaga Chil*Go! Original


Dr Daeng juga menyebutkan pemberian gula harus dibatasi karena bisa memicu gangguan kesehatan. Anak-anak bisa mengalami kegemukan dan diabetes. Selain itu juga perkembangan gigi anak bisa terganggu karena gigi berlubang dan karies gigi akibat makanan manis. Jadi, sebelum membeli makanan dan minuman, bacalah kandungan gula di kemasan. Pilihlah yang kandungan gulanya minimal. 

Morinaga Chil*Go! tidak hanya enak dan bernutrisi, tetapi harganya pun terjangkau. Selain itu, bisa dikreasikan ke dalam resep masakan anak. Tersedia juga dalam bentuk bubuk agar anak Indonesia mendapatkan nutrisi yang berkualitas. Di dalamnya terkandung serat pangan inulin, vitamin, mineral, zink, omega 3, dan lain-lain. 

Chef Devina Hermawan menjadi narasumber berikutnya dalam acara talkshow ini. Chef menceritakan tantangannya mengasuh anak di tengah pandemi covid.  Kedua anaknya masih sangat aktif, tapi harus dijaga agar tidak berbaur keluar rumah. Sehingga di dalam rumah pun harus ada kegiatan menarik untuk anak. 


Susu Cari Anak untuk Daya Tahan Tubuh
Chef Devina 


Chef Devina memaparkan kecemasan yang dialaminya sebagai orangtua ketika anak mengalami gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan. Solusinya, mencuci tangan, menjaga kebersihan rumah, dan memasak dengan higienis. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah: pemilihan bahan makanan, penyimpanan yang steril agar tidak terkontaminasi, dan proses memasaknya yang harus diperhatikan. Perlu kreativitas ibu untuk menciptakan masakan yang menarik dan disukai oleh anak-anak agar tidak bosan.

Morinaga Chil*Go! bekerjasama dengan Kampung Kidz mengadakan kegiatan selama masa pandemi untuk mendukung kesehatan pencernaan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Edukasi diberikan melalui story telling, kreasi resep, lebih cinta lingkungan dengan kreasi botol bekas Morinaga Chil*Go! menjadi barang-barang yang bisa dipakai lagi. 

Morinaga Chil*Go! Original bisa dikreasikan menjadi makanan dan minuman yang mendukung daya tahan tubuh. Resep-resepnya dibagikan di website dan Instagram Morinaga Chil*Go!

Chef Devina juga membuat kreasi resep menggunakan Morinaga Chil*Go! karena memberikan rasa chewy pada makanan, yaitu Baked Broccoli Potato Cheese dan Panacotta with Mixed Berry Sauce. Wow, makanan yang bernutrisi tinggi nih Mom dan rasanya juga enak.

Nah, saya juga akan membuat resep kreasi makanan dengan menggunakan Morinaga Chil*Go! Original ini Mom. Tunggu ya di postingan blog berikutnya. Sebelumnya, saya ingin berbagi juga tentang tips menjaga kesehatan pencernaan anak di masa pandemi ini:

Menjaga Kebersihan Tubuh Anak

Biarpun di rumah saja, anak-anak tetap harus rajin mandi ya Mom. Memang agak sulit nih, karena mereka tidak harus berangkat ke sekolah. Untuk memotivasinya, saya membelikan kolam renang plastik. Kalau diajak berenang, mereka mau. Akhirnya kan mereka jadi mandi juga setelah berenang.  

Rajin Mencuci Tangan

Ini wajib sekali, termasuk anjuran di masa pandemi. Tidak hanya kalau mau makan dan sesudah makan. Sebelum dan sesudah beraktivitas atau setelah memegang mainan pun harus cuci tangan. 

Menjaga Kebersihan Rumah 

Mama juga harus rajin bersih-bersih nih, minimal menyapu dan mengepel lantai. Sekarang sudah banyak kemudahan teknologi untuk membantu urusan kebersihan rumah. 

Menyajikan Makanan Bernutrisi Tinggi  

Sebagaimana anjuran para dokter di atas, tentunya saya berusaha memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi Tinggi. Apalagi anak-anak saya sedang sangat lahap makannya. 

Kreatif Mengolah Masakan 

Nah ini benar juga seperti kata Chef Devina. Berhubung di rumah saja, anak-anak jadi sering makan. Kalau makanannya itu-itu saja pasti bosan kan. Sebisa mungkin saya memilih menu dan mengolah makanan secara kreatif agar anak tidak bosan. 

Menjaga Kehigienisan Makanan dan Minuman 

Dalam mengolah makanan, sebisa mungkin dijaga kebersihannya ya Mom. Memilih bahan berkualitas, membersihkan dengan seksama, termasuk kebersihan peralatan masak dan dapur juga harus diperhatikan. 

Susu Cair Anak dengan Serat Pangan Inulin untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak 

Susu Cair Anak adalah minuman yang selalu tersedia di dalam kulkas saya. Tidak percaya? Coba datang saja ke rumah saya. Saya lebih memilih memberikan susu cair anak untuk snacking daripada minuman-minuman yang mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet. 

Pilihan saya jatuh pada Morinaga Chil*Go! karena harganya terjangkau, ukurannya pas untuk anak, rasanya bervariasi, rendah gula, dan mengandung serat pangan Inulin yang dapat menjaga daya tahan tubuh anak. Alhamdulillah anak-anak juga suka dengan rasanya. Apalagi Morinaga Chil*Go! mudah dibeli di minimarket terdekat. 

Susu Cair Anak Bernutrisi
Salim minum Morinaga Chil*Go!


Yuk, Mom, berikan Morinaga Chil*Go! untuk anak ya. Informasi lebih lengkap, bisa dilihat di 

Website: https://www.morinagaplatinum.com/id 

IG: @morinagaplatinum 




 



22 comments:

  1. anak - anak aku juga sampai sekarang masih seneng banget minum susu cair yang asli praktis dan anak - anak suka

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau ada yang disebut penyakit komorbit.

    Saya sering jadiin Chil*Go ini sebagai bekal anak, soalnya selain praktis, kandungan gizinya lengkap untuk anak seusianya.

    ReplyDelete
  3. Wahini kesukaan anakku juga..rasanya enak dan manisnya pas.. Apalagi sekarang makin lengkap nutrisinya ya.. auto acc nih kalau anakku minta beli ChilGo

    ReplyDelete
  4. Memang bener banget kalo pencernaan sehat, tubuh pun menjadi sehat dan berpengaruh buat daya tahan tubuh. Solusi nih susu cair chil Go buat anak2, apalagi dimasa pandemi begini ya.
    Nanti mau mampir ke rumah Mak leyla, mo disuguhin susu cair plus cemilannya yaa *ngelunjak haha

    ReplyDelete
  5. Bahwa jika saluran cerna anak tidak baik bisa berakibat pada penyerapan nutrisinya sehingga menjadi tidak baik dan tidak sampai di otak, in i belumbanyak yang menyadari. Pdahal urusan pencernaan harus ekstra diperhatikan.

    ReplyDelete
  6. Urusan perut itu emang nggak bisa disepelekan ya. Apa yang masuk ke dalam pencernaan akan mempengaruhi fisik kita dalam jangka pendek maupun jangka panjang. karena itu sejak masih kecil, mesti diberikan asupan makanan yang kaya nutrisi, salah satunya susu morinaga chil go ini

    ReplyDelete
  7. Wah makin tenang nih kalau pilih Chil Go karena ternyata rendah gula yg pas buat anak anak dan bikin orangtua tenang pastinya.

    Btw Chil Go praktis tinggal minum, apalagi harganya terjangkau. Emm ngmg2 Nama Cheff nya sama kayak Bayi Aku hahaha..semoga ketularan smart nya ya

    ReplyDelete
  8. Jaman anakku nomer dua balita nih minumnya Chil Go. Aku lebih suka juga sedia susu cair boar praktis malas buat2 dulu 😁😁

    ReplyDelete
  9. Jaman anakku nomer dua balita nih minumnya Chil Go. Aku lebih suka juga sedia susu cair biar praktis malas buat2 dulu 😁😁

    ReplyDelete
  10. Susu Chil Go ini favorit anak-anak karena rasanya enak dan banyak pilihan rasa, ternyata rendah gula dan kandungan serat inulinnya bagus ya..

    ReplyDelete
  11. Mantap nih si Salim jadi makin kuat daya tahan tubuhnya berkat Morinaga Chil*Go!, ya.

    ReplyDelete
  12. Zaman dulu kata org2 yg namanya susu bikin sembelit tapi morinaga ini beda krn mengandung serat pangan inulin yang justru baik utk kesehatan pencernaan anak ya?
    Kadar gulanya juga gak terlalu tinggi jd gak khawatir anak akan obesitas kalau minum susu ini

    ReplyDelete
  13. Susu Morinaga ini susunya anak anak semua loh mak Leyla,
    mulai dari chil mil - chil kid terus udah pada gede minumnya chil go

    ReplyDelete
  14. Susu nih emang penting ya untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Karena susu punya kandungan kalsium, protein dan fosfor yang baik buat tubuh ya. Ponakan aku juga suka banget nih chil go, rasanya enak, kandungannya oke banget yaaa

    ReplyDelete
  15. Salim sehat deeeh ya minum Chil*Go! Karena ada serat pangan inulin yang bagus buat pencernaan ya?

    ReplyDelete
  16. Bener ya semua penyakit berasa dari saluran cerna alawalny Karena Saluran cerna sumber daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan nutrisi plus susu yg tepat buat anak2 spt morinagachil go

    ReplyDelete
  17. Susu kesukaan anak saya yang pertama sejak usianya 2 tahun
    Sekarang adiknya 6 bulan lagi sudah bisa minum ChilGo demi jaga daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  18. Krucils juga suka beli chil go ini, mba. Dan setuju banget kli masalah pencetnaa anak tuh bukan hal sepele. Apalagi dimasa pandemi hini

    ReplyDelete
  19. katanya anak sehat dari saluran cerna yang sehat kalau semua enak saluran cernanya sehat daya tahan tubuh tumbuh kembangnya pun jadi sehat gak khawatir lagi ya mak
    makanya gizi asupan makanan baik penting buat anak

    ReplyDelete
  20. Enaknya mik susunya ya nak, sehat sehat dan tumbuh jadi anak soleh yang cerdas ya. Formula yang menjaga daya tahan anak, penting banget masa pandemi gini ya mba

    ReplyDelete
  21. Haduh aku tuh langsung cemas saat anak diare. Bulan lalu Sid sempat diare, kan. Jadinya stop main dulu, perbaiki pola makannya, jaga kebersihan. Jangan sampai dia dehidrasi karena bisa berefek ke imunitas tubuhnya. Benar nih, perlu jaga daya tahan tubuh anak.

    ReplyDelete
  22. Kesehatan saluran pencernaan memang modal utama bagi tumbuh kembang anak ya. Ketika saluran cernanya sehat, maka segala macam asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh bisa diolah dengan maksimal dan didistribusikan secara baik ke seluruh tubuh.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...