Thursday, February 17, 2022

Tips Jadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses dan Bahagia

Standar kesuksesan setiap orang itu berbeda. Menjadi ibu rumah tangga bukan pekerjaan sepele lho. Urusan rumah dan keluarga berada di tangan ibu rumah tangga. Kalau tidak ada ibu rumah tangga, stabilitas rumah tangga akan terganggu. Apalagi kalau anak-anak masih kecil dan belum mandiri. Setiap pekerjaan ibu rumah tangga itu sangatlah penting. 

 

tips jadi ibu rumah tangga sukses dan bahagia

Bagaimana menjadi ibu rumah tangga yang sukses dan bahagia? Sukses artinya semua pekerjaan rumah tangga bisa ditangani dengan baik. Bahagia artinya seorang ibu tetap merasakan kebahagiaan meskipun harus melakukan banyak pekerjan rumah tangga. Nah, kali ini saya akan berbagi tips menjadi ibu rumah tangga yang sukses dan bahagia versi saya sendiri. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, menjadi ibu rumah tangga yang sukses dan bahagia itu tidaklah mudah. Orang-orang sering memandang bahwa pekerjaan rumah tangga sangat sepele dan tidak penting. Padahal, kalau tidak ada seorang ibu yang mau melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut, orang lain yang ada di dalam rumah tersebut pastilah tidak bisa berkonsentrasi melakukan pekerjaannya masing-masing.  

Misalnya, anak-anak yang mau sekolah harus siap dengan sarapan, makan siang, baju seragam yang bersih dan rapi, dan lain-lain. Siapa yang menyiapkan semuanya? Ya, ibu rumah tangga dong. Bisa saja didelegasikan kepada asisten rumah tangga, tetapi seorang ibu tetap mengatur agar semua pekerjaan berjalan dengan baik. Tidak semua orang bisa membayar atau memperoleh asisten rumah tangga yang baik. Jadi, sebagian besar pekerjaan rumah tangga itu dilakukan oleh seorang ibu yang bekerja tanpa pamrih dan balas jasa. 

Itulah kenapa perlu juga menjadi ibu rumah tangga yang bahagia, karena mengerjakan sesuatu tanpa pamrih itu sering kali membuat stres. Berikut ini tips jadi ibu rumah tangga yang sukses dan bahagia: 

Lakukan Pekerjaan Prioritas 

Pekerjaan rumah tangga itu banyak sekali, mulai dari memasak, membersihkan rumah, mencuci piring dan pakaian, berbelanja kebutuhan harian, mendampingi anak belajar, dan lain-lain. Waktu 24 jam sangatlah kurang untuk bisa mengerjakan semuanya. Jadi, lakukan pekerjaan prioritas dulu. Kalau saya, pekerjaan yang prioritas adalah memasak, mencuci piring, dan mendampingi anak belajar. Maka, tiga pekerjaan itu yang rutin saya lakukan setiap hari. Sisanya tidak saya lakukan setiap hari. Bisa dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali. 

Turunkan Standar 

Tak perlu memasang standar sempurna untuk pekerjaan kita, karena energi dan waktu kita sangat terbatas. Contohnya, rumah harus bersih sampai tidak boleh ada sebutir debu pun yang terlihat. Wah, pasti akan sangat melelahkan kalau kita bersih-bersih setiap saat. Bersih saja sudah cukup, tidak perlu bersih banget. Apalagi kalau anak-anak masih kecil, sebentar-sebentar mengotori meja dan lantai dengan remahan makanan dan lainnya. 

Memiliki Hobi yang Menghasilkan 

Pekerjaan rumah yang itu-itu saja pasti menimbulkan kejenuhan. Jadi kita perlu memiliki hobi dan kalau bisa hobi itu menghasilkan sebagai bentuk penghargaan. Dunia digital telah memberikan banyak kemudahan bagi ibu rumah tangga untuk tetap berkarya meskipun dari dalam rumah. Misalnya dengan menulis, menggambar ilustrasi, menjadi digital kreator sesuai dengan hobinya, dan lain-lain. 

Memiliki Teman Curhat yang Tepercaya 

Teman curhat itu penting sekali, tetapi harus bisa memilih yang tepercaya ya. Jangan yang bocor dan tidak bisa menyimpan rahasia. Saat kita ada masalah, kita bisa meminta saran dan dia pun bisa memberikan saran yang baik. Bukan malah mengompori sehingga masalah kita tambah runyam. Ibu rumah tangga juga manusia biasa yang tidak bisa menyimpan masalahnya sendirian. Jika kita sering memendam masalah, bisa-bisa suatu waktu akan meledak dan dampaknya merugikan kita sendiri dan keluarga. 

Lakukan Penyegaran 

Di saat tubuh dan pikiran sudah hampir meledak, boleh lho melakukan penyegaran.  Ada beberapa hal yang saya lakukan nih untuk melakukan penyegaran tubuh dan pikiran, diantaranya: berolahraga, meminum segelas kopi dan memakan biskuit sambil membaca media sosial, menonton film dan drama, membaca novel, dan bermain game. 

Yup, bermain game itu bukan hanya boleh dilakukan oleh suami dan anak-anak. Ibu-ibu juga bisa lho main game sesekali untuk penyegaran. Masih ingat game Solitaire yang melegenda? Sampai sekarang game ini masih ada. Tak hanya untuk menyegarkan pikiran, tetapi juga mengasah otak. Games solitaire sekarang bisa dimainkan secara online di websitenya. Cukup buka laptop dan website solitaire, kita sudah bisa memainkan aneka game Solitaire. Ada puzzle, word, mahjong, hidden object, card, match 3 games, dan free online games. 

Solitaire

 

Salah satu game yang saya sukai itu adalah Hidden Object. Gamenya ini meminta kita untuk mencari benda-benda tersembunyi di beberapa tempat, seperti Castle, China, Circus, Garden, Hotel, Kitchen, Pirates, dan Princess. Mudah sekali walaupun butuh kejelian. Cocok deh untuk ibu rumah tangga seperti saya saat disuruh mencari benda-benda tersembunyi di dapur. Dapurnya komplit banget, makanya benar-benar butuh konsentrasi dan kejelian mata mencarinya, tapi seru. 

Namanya ibu-ibu itu kan memang jagonya mencari barang ya. Semua anggota keluarga pasti akan bertanya ke Ibu saat kehilangan barangnya. Ternyata sulit juga mencari barang itu, apalagi kalau barangnya berukuran kecil dan warnanya menyerupai warna di sekitarnya. Pasti ada barang terakhir yang sulit ditemukan dan itu adalah barang yang ukurannya paling kecil. Ya iyalah ya... Bisa terselip di mana pun. Contohnya, hewan bunglon berwarna hijau yang menempel di dedaunan.

Bermain game Solitaire Hidden Object ini membuat kita belajar mencari barang. Setelah mencoba tiga tempat yaitu dapur, hotel, dan taman, saya baru berhasil sampai di level tiga saat mencari barang di taman. Walaupun pusing, tetap saja membuat ketagihan. Ah, hampir saja saya lupa mengerjakan pekerjaan lain-lain gara-gara asyik mencari barang di game Hidden Object Solitaire. 

solitaire hidden object

 

Nah, ibu-ibu kalau sedang butuh penyegaran, segera dibuka saja website Solitaire dan pilih game-game yang disukai. Bisa bermain gratis tanpa harus mengunduh apikasi. Hanya saja internetnya harus aktif, karena Solitaire ini dimainkan secara online. Selamat mencoba dan menjadi ibu rumah tangga yang sukses dan bahagia!


 


 

 


8 comments:

  1. Awalnya aku termasuk yang ingin rumah bersih sempurna,bebas butiran debu,kinclong.Ternyata gak ku-ku kotor-kotor juga,abis tenaga.Setuju nih untuk Turunkan Standar dan sekarang aku tidak memaksakan diri. Semampuku saja membersihkan rumah

    ReplyDelete
  2. Untuk urusan rumah tangga, saya banyak belajar dari mamah mertua. Almarhumah tuh santai. Terkadang rumahnya berantakan. Tetapi, bukan karena malas beberes. Mamah mertua justru tau mana prioritas yang harus dikerjakan. Tetap punya waktu juga untuk bersenang-senang.

    ReplyDelete
  3. aku suka nih main game ini, soalnya mudah banget kayaknya cocok buat hiburan buat yang memang suka game ya, kalau gak biasa orang milih baca buku. Tapi memang ibu rumah tangga harus bahagia dan punya hak untk sukses ya kayak kita wkwkkwk..sukses punya anak banyak dan tetap berkarya

    ReplyDelete
  4. Standart bahagia ibu memang sederhana yaa..
    Cukup dengan semua pekerjaan di rumah lancar, nulis lancar dan anak-anak serta suami terpenuhi segala kebutuhan.
    MashaAllah~
    Me time tipis-tipisnya dengan bermain di website Solitaire.

    ReplyDelete
  5. Aamiin. Semoga sukses, bahagia dan sehat yaa Mbak.

    Sudah lama ndak main game nih. Baca tulisan Mbak Leyla, jadi keinget dan pingin main. Itu games yang ndak bosen aku mainkan di zamannya dulu

    ReplyDelete
  6. Iya dah menurunkan standar aja biar gak sutris2 dewe wkwk
    Sesekali melakukan penyegaran dengan main game juga enak tyaa, apalagi kalau gamenya online aja gak usah download2 aplikasi biar gak menuh2in gadget jg :D

    ReplyDelete
  7. Setuju banget jadi IRT butuh effort banget ya mba, aku pun kalau udah ngebul banget isi kepala pelariannya ya refresing salah satunya nge-game wkwkwk.. Btw, Solitaire emang dari dulu sampe sekarang masih jadi favorit ya kayaknya

    ReplyDelete
  8. Ish bener banget main solitare it bisa bikin rileks yaa.. Makanya hp saya ada 2 aplikasi games. Hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...