Monday, May 30, 2022

Kolaborasi JNE dan UMKM Jember agar Adaptif dan Inovatif


Sebagaimana yang sudah saya ceritakan dalam artikel Oleh-oleh khas Bandung Favorit , siapa pun pasti senang dibawakan oleh-oleh. Kalau punya rezeki lebih, ya kenapa tidak membawakan oleh-oleh untuk keluarga dan teman sepulang dari bepergian jauh? Seperti saya yang sangat bahagia saat suami pulang dari Bandung dengan membawa oleh-oleh.



Setiap daerah di Indonesia itu punya oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah itu. Dengan meningkatnya jumlah orang yang hobi jalan-jalan, produksi oleh-oleh pun ikut meningkat. Pastinya memunculkan para pelaku usaha oleh-oleh yang tergolong UMKM. Sayangnya, pandemi selama dua tahun telah menurunkan semangat berwisata karena adanya pembatasan-pembatasan.

Banyak UMKM yang memproduksi oleh-oleh pun mengalami penurunan penjualan karena berkurangnya kunjungan wisata ke daerah mereka. Kota Jember, salah satunya. Saya sendiri belum pernah berkunjung ke Jember nih, jadi nggak tahu apa sih produk oleh-oleh khas Jember.

Kalau hanya mengandalkan penjualan offline, pastinya tidak akan berkembang karena harus menunggu kedatangan wisatawan. UMKM harus adaptif dan inovatif dalam menghadapi perkembangan zaman. Oleh-oleh tidak hanya bisa dipasarkan secara offline tapi juga online.

Nah, dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan kepada UMKM Jember, tanggal 20 Mei 2022 lalu diadakan kegiatan Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember untuk memberikan edukasi kepada UMKM Jember agar dapat memperkuat branding mereka sehingga usahanya dapat lebih maju dan berkembang.

Acara tersebut tak hanya menghadirkan perwakilan dari JNE tetapi juga dua narasumber dari UMKM Jember yang telah berhasil menguatkan branding produknya. Siapa tahu setelah acara ini, oleh-oleh khas Jember bisa semakin populer dan mudah dipesan melalui online. Tentunya dapat membantu UMKM Jember agar bangkit dari pandemi.

Oleh-oleh khas Bogor di Cibinong sudah banyak yang mencari. Oleh-oleh khas Jember pun jangan mau kalah dong. Ternyata salah satunya adalah Proll Tape kesukaan saya. Wah, saya baru tahu kalau itu termasuk oleh-oleh khas Jember. Makanya perlu digiatkan nih acara semacam Goll...Aborasi Bisnis ini supaya memotivasi UMKM Jember agar menggiatkan pemasaran produk oleh-olehnya.




Bapak Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE menyebutkan bahwa acara ini bukan yang pertama kali diadakan. Ternyata JNE Jember sudah mendatangi komunitas-komunitas UMKM di Jember untuk sharing. Selain itu JNE juga bersinergi dengan pemerintah daerah dan dinas Kota Jember.

Ada yang tahu brand Khadijah Collection? Sama halnya dengan toko baju muslim di Bintaro, Khadijah Collection juga menjual produk baju daster dan dress yang disukai kaum wanita. Bermula dari hanya menjadi reseller, Nesi Septiani selaku owner Khadijah Collection pun memberanikan diri membuka bisnis sendiri. Kuncinya adalah diferensiasi atau membedakan produknya dengan produk lainnya.

Untuk usaha pakaian, Nesi menekankan pentingnya kualitas. Jahitan bajunya harus kuat dan rapi. Nah ini saya setuju sekali. Jangan sampai ya baru sekali dipakai eh sudah jebol jahitannya. Saya bakalan kapok beli brand yang sama kalau kualitasnya nggak bagus.

Narasumber lain yang hadir dalam acara ini adalah Fathurrahman, Owner Musae Chips. Kalau beliau menekankan pentingnya research sebelum meluncurkan produk. Segmen pasarnya siapa. Untuk produknya, Fathurrahman menargetkan kaum milenial yang tertarik dengan hal-hal viral sehingga produknya bisa cepat dikenal karena banyak dibicarakan di media sosial.

Tips penting dari Fathurrahman agar usaha kuliner cepat disukai adalah rasanya. Rasa itu nomor satu. Usaha kuliner harus enak, bukan hanya kemasan yang wah. Setuju banget nih, saya juga pasti bakal beli lagi kalau kuliner itu enak. Apalagi kalau harganya terjangkau.

Agung Fathur mengungkapkan bahwa peran JNE Jember dalam mendukung kemajuan UMKM sangatlah penting, bukan sekadar mengantarkan barang tapi juga Connecting Happiness . Sebab, JNE juga mengadakan kegiatan sosial dan CSR seperti menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam dan memberikan santunan untuk anak yatim.

JNE juga berkolaborasi dengan Bank BNI untuk memberikan bantuan modal kepada para UMKM yang membutuhkan. Sehingga UMKM bisa lebih cepat berkembang dengan bantuan berbagai pihak. Kita juga bisa lho ikut membantu dengan membeli oleh-oleh khas Jember melalui online dan nantinya dikirimkan menggunakan JNE agar pesanannya cepat sampai dengan aman.





No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...