Monday, May 23, 2022

Oleh-oleh khas Bandung Favorit

Oleh-oleh khas Bandung yang jadi favorit saya itu banyak sekali, tapi hanya beberapa saja yang selalu bikin ketagihan. Kemarin suami saya pulang kampung ke Garut lagi untuk urusan bisnis. Saya nitip oleh-oleh, eh malah dibelikan di Bandung.  

Roti Bagelen


Bandung memang jadi surga kuliner di Jawa Barat. Banyak makanan enak di sana. Mungkin karena suami nggak enak ninggalin istrinya seminggu, jadi dia membelikan semua oleh-oleh favorit saya hehehe. Padahal kalau saya ikut jalan-jalan, belum tentu beli oleh-oleh sih wkwkw. 

Nah, ini dia oleh-oleh khas Bandung favorit saya yang tentu saja tidak semuanya. Saya sebutkan yang kemarin dibelikan oleh suami saya saja ya. Walaupun di Bandung juga ada kue bolu kukus seperti Bolu Kukus Nusa Rasa, tapi kali ini saya nggak nitip beli bolu kukus. 

Roti Bagelen Susu 

Roti kering dengan olesan mentega (ada juga yang pakai taburan keju) ini memang bikin ketagihan. Sebenarnya kata suami saya, asalnya roti kering ini adalah roti basah yang hampir kadaluwarsa. Supaya bisa tetap dimakan, maka dikeringkan di oven gitu. 

Tentu saja kalau Roti Bagelen yang ini bukan roti sisa, tapi memang sengaja dikeringkan. Sehingga warnanya juga nggak gosong. Kalau roti sisa yang dikeringkan itu biasanya agak gosong. Biasanya ada di pasar atau mal, kadang saya beli juga. Sisa roti yang tidak laku, lalu dikeringkan.

Roti Bagelen ini kering tapi lembut di dalam. Olesan menteganya itu memanjakan lidah kalau sudah lumer di mulut. Andai nggak bisa menahan diri, pasti langsung saya habiskan setoples. Harganya memang cukup mahal untuk Roti Bagelen Bandung merk terkenal. 

Roti Bagelen ini ada yang premium, ada yang biasa. Tergantung pada bahan yang digunakan. Kalau yang premium, sudah pasti pakai bahan yang premium sehingga rasanya enak sekali. Menteganya harum dan rotinnya renyah tapi lumer di lidah. Sudah bisa dibayangkan rasanya? 

Roti Bolen 

Selanjutnya oleh-oleh Bandung favorit saya adalah Roti Boleh. Masih keluarga roti juga, karena saya memang penggemar roti. Roti Boleh ini terbuat dari kulit pastry yang di dalamnya diisi keju, cokelat, dan potongan pisang. Ada krim atau cokelat lumernya juga di dalam tergantung pilihan rasa. 


Roti Bolen


Seperti Roti Bagelen, Roti Bolen ini pun ada yang premium, ada yang biasa. Kalau yang premium ini kulit pastrynya lembut banget dan isian dalamnya pun lumer. Kejunya enak, pisangnya juga lembut. Kalau yang biasa, bisa jadi pisangnya keras dan kulit pastrynya juga nggak lembut. 

Ada harga, ada kualitas. Buat saya, Roti Bolen yang harganya di atas Rp 35 ribu isi 10 itu sudah cukup enak rasanya. Roti Bolen Bandung yang kemarin dibawa suami itu yang terenak dari yang pernah saya coba, tapi suami saya nggak ingat berapa harganya ya. Kardusnya juga sudah dibuang. Maklum, ini bukan tulisan endorse. 

Roti Bolen Bandung yang kemarin saya makan itu adalah rasa keju dengan potongan keju di dalam, kulit pastry yang lembut, potongan pisang yang nggak keras, dan bagian atasnya mengkilat dengan perpaduan rasa manis dan parutan keju. 

Kue Mochi 

Katanya sih oleh-oleh ini khas Sukabumi, tapi kemarin suami belinya di Bandung dan produknya dibuat di Garut hehehe. Intinya sih kita bisa menemukan Kue Mochi di toko oleh-oleh di Bandung. 


Oleh-oleh khas Bandung


Kue ini terbuat dari beras ketan dengan aneka isian. Asalnya sih dari Jepang, makanya namanya Mochi. Entah kenapa kue ini populer di daerah Jawa Barat. Mungkin karena banyak orang Jawa Barat yang membuat usaha Kue Mochi.

Kue Mochi berwarna-warni dan dilumuri tepung sagu, karena kuenya lengket kalau nggak dilumuri tepung. Pada umumnya, isi bagian dalamnya adalah kacang tanah yang ditumbuk halus dan rasanya manis. 

Makan Kue Mochi ini nggak cukup sebungkus, karena enak banget emang. Tepung beras ketannya itu kenyal-kenyal, kacang tanah tumbuknya juga lumer di lidah. Saya malah hanya kebagian satu biji. Duh, nyesel deh nggak minta dibelikan yang banyak.

Kalau di Sukabumi, umumnya Kue Mochi ini berukuran kecil-kecil sebesar kelereng. Sedangkan kalau di Semarang, ukurannya besar-besar seperti bola bekel yang besar. Di Bandung, ukurannya sedang. Lebih pas dimakan yang ukurannya sedang. 

Itulah oleh-oleh Bandung favorit saya yang harus diutamakan dibeli sebelum yang lainnya. Kalau ke Jogja kita bisa beli Bakpia Kukus Tugu Jogja, kalau ke Bandung jangan lupa beli oleh-oleh seperti di atas. Dijamin nggak nyesel deh. 


3 comments:

  1. Roti bolen favorit di sini juga lumayan banyak yang jual walau gak seenak dan sekhas di Bandung, tapi alhamdulillah bisa rasain. Mochi ini dari Jepang aku mikirnya, di Bandung juga ada? Jadi semakin tinggi keinginan ke kota klasik dan romantis ini, terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Duuuuuh kangen roti bagelan 😍😍😍😍. Ini juga selalu aku beli tiap kali ke Bandung mba. Trus aku juga suka aneka keripik dan kerupuk Bandung. Paling suka yg kerupuk putih tipis, mirip kentang tapi putih, duuuh malah lupa namanya.. talas yaaa... Itu suka bangettttt 😄😄. Roti bagel biasanya dijadiin temen ngopi atau ngeteh.

    Jadi kangen kan ke Bandung lagi 😁

    ReplyDelete
  3. Roti bagelan belum pernah coba, penasaran.
    Kayakny di Jawa tengah juga ada kue moci. Cuman aku nggak ngerti apakah dari segi rasa juga berbeda

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...