Saturday, May 28, 2022

Skincare untuk Kulit Kering

Skincare untuk kulit kering
 

Di usia 40 sekarang ini saya merasa kulit jadi lebih sering kering, padahal dulunya berminyak. Mungkin itu karena berkurangnya collagen akibat pertambahan usia dan menyebabkan kulit jadi kering dan keriput. Meskipun tua itu pasti, boleh dong kalau sebisa mungkin dicegah agar tidak cepat keriput? Selain perawatan di Dermaster Kemang, saya juga melakukan perawatan sendiri di rumah. 


Perawatan wajah untuk kulit kering pun harus rutin saya lakukan agar wajah tetap lembap dan halus. Kalau dibiarkan rasanya seperti ditarik-tarik, karena terutama di seputar mata. Itu yang membuat bagian kulit di sekeliling mata jadi lebih cepat keriput.

Berikut ini skincare untuk kulit kering saya gunakan untuk perawatan kulit kering secara rutin. Untuk merk bisa digunakan merk lainnya. 

Sheet Mask 

Minimal dua kali seminggu saya menggunakan sheet mask. Sheet mask adalah masker berupa serum di lembaran tisu basah yang ditempelkan ke wajah selama 15-20 menit. Bedanya dengan masker lain, setelah tisunya dilepas, wajah tidak perlu dicuci. 

Saya menggunakan sheetmask sebelum tidur, terutama bila kulit sedang sangat kering. Untuk varian harga sheetmask antara Rp 5000 - Rp 20000, tergantung merk dan promo. Beberapa merk sheetmask yang pernah saya pakai adalah Garnier, Pond's, Breylee, Ariul, Herborist Aloe Vera, dan Innisfree. Salah satu sheetmask yang sudah saya coba adalah Pond's Triple Glow Serum Mask

Semuanya enak dipakai, tapi kalau beli merk impor harus hati-hati ya. Tetap pilih yang sudah memiliki label BPOM supaya aman. Kalau saya beli merk impor tapi yang sudah resmi dijual di Indonesia. Lebih baik lagi sih yang merk lokal, karena ukuran sheetmasknya pas sekali dengan wajah kita. 

Khusus untuk sheet mask Herborist Aloe Vera, saya merasakan perih di wajah saat baru dipakai. Tapi lama-lama hilang juga perihnya. Apakah Herborist Aloe Vera bisa memutihkan wajah? Saya tidak tahu ya, karena efek saya rasakan baru sekadar melembapkan. 

Seringkali serum di sheetmask itu masih tersisa banyak, jadi saya oleskan juga di leher, tangan, dan kaki. Setelah tisunya dilepas, saya juga baurkan tisunya ke tangan dan kaki karena masih banyak serumnya. Wajah terasa segar dan lembap sekali setelah memakai sheetmask ini. 

Untuk membelinya, lebih murah di marketplace karena sering ada diskon. Saya utamakan beli di official store, sehingga terjamin keasliannya. 

Serum 

Kalau baru saja memakai sheetmask, saya tidak memakai serum lagi karena sheetmask itu sendiri adalah serum. Serum wajah ini saya pakai setelah membersihkan wajah. Apalagi kalau membersihkan wajah menggunakan facial wash, biasanya kulit jadi terasa lebih kering. 

Saya menggunakan serum wajah ini pada pagi dan malam hari sebelum menggunakan moisturizer. Tekstur serum lebih cair dan mudah meresap ke dalam kulit. Rekomendasi serum yang pernah saya gunakan adalah Y.O.U Golden Age Refining Serum yang cocok untuk kulit usia 40-an.  

Harga serum termurah yang pernah saya beli adalah Hanasui dengan harga hanya Rp 15.000-an. Tapi hanya bisa dipakai kurang dari seminggu, karena isinya sedikit. Sebagai percobaan, bisa beli botol kecil dulu. Kalau cocok, boleh langsung beli yang botol besar. 

Merk serum yang pernah saya coba selain Y.O.U dan Hanasui adalah Rivya Serum, Scarlett Whitening, dan L'Oreal. Semuanya cocok untuk kulit wajah saya.


Serum Loreal


Moisturizer

Setelah menggunakan serum, saya juga mengoleskan moistuzer secara rutin ke kulit wajah untuk mengunci kelembapan. Sesuaikan varian pelembap yang dipilih dengan jenis kulit wajah. Jadi kalau wajahnya masih sering berjerawat sebaiknya pilih pelembap untuk wajah berminyak dan berjerawat ya.

Pelembab ini sangat penting juga untuk membuat bedak lebih rata dan menempel di kulit. Kalau wajah terlalu kering, bedak akan terlihat retak-retak. Pelembap juga digunakan sebelum memakai foundation. Saya pilih pelembap yang teksturnya cair tapi memberikan kelembapan maksimal seperti Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment. Review Avoskin Glow Concentrate Alpha Arbutin juga sudah saya tulis di blog ini. 

Eye Cream 

Nah, untuk perawatan kulit kering di sekeliling mata ini saya gunakan eye cream terutama pada malam hari sebelum tidur. Tekstur eye cream agak berminyak ya, jadi gunakan tipis-tipis saja di sekeliling mata setelah menggunakan tahapan skincare di atas. 

Eyecream Y.O.U


Efeknya sih kulit di sekeliling mata jadi lebih lembap dan tidak seperti ditarik-tarik lagi. Untuk ukuran kecil, harganya memang agak mahal ya tapi semoga bermanfaat mencegah dan mengurangi keriput di seputar mata. Akan lebih baik dipakai sebelum keriputnya muncul. 

Kalau ada pertanyaaan YOU Golden Age untuk usia berapa, ya saya bilang sih mulai usia 30 sudah bisa digunakan ya. Kalau punya dana lebih bisa melakukan Meso Botox Treatment untuk mengencangkan kulit wajah, karena kulit yang kering itu bisa mempercepat penuaan dini. 

Selain itu bisa dilakukan perawatan dari dalam ya seperti meminum banyak air putih, rajin makan sayur dan buah yang mengandung banyak air, dan minum suplemen vitamin E seperti Natur E. Review Natur E Advanced Kapsul juga sudah saya tulis di blog ini. 

1 comment:

  1. Wah cocok untuk kulit kering, nih, gambar maskernya ucul bisa jadi pilihan untuk perbaiki mood. Memang kalau cari yang buat healing masker wajah kayak gini rekomen. Kalau yang bawah baru tahu, bisa dicoba nih buat yang sering begadang, jarang merawat mata sampai kayak panda. Terima kasih rekomendasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...