Friday, June 24, 2022

Berikut Tips Penting Pasang Kamera CCTV di Dalam dan Luar Rumah

 

kamera cctv
Sumber foto: https://pixabay.com/photos/CCTV-cameras-installers-2417559/

Penggunaan kamera CCTV menjadi hal yang penting untuk mencegah kejahatan di mana pun. Bahkan dalam pengintaian tersebut bisa digunakan dalam menjaga kondusif dalam dan luar rumah untuk penjagaan yang ketat. Tidak jarang, masyarakat menggunakan CCTV untuk memantau keadaan rumah agar lebih tenang.


Manfaat pemasangan CCTV di area rumah sangat penting untuk bukti kejahatan yang tidak diinginkan, sebagai pengawasan kinerja pekerja di rumah, hingga mencari barang yang hilang. Ada dua jenis kamera pengintai yang bisa digunakan untuk rumah yaitu kamera CCTV kabel dan kamera CCTV wireless dengan pemasangan yang berbeda. 

Baca Juga: Ketahui Perbandingan CCTV Wireless dan Berkabel

Tips Memasang Kamera CCTV Kabel dan Wireless

 

kursi teras
Sumber foto: https://www.freepik.com/free-photo/view-decoration-chairs-terrace-house_1043771.htm#query=TERRACE%20HOME&position=0&from_view=search

Ada dua macam kamera CCTV yang bisa digunakan untuk mengawasi dalam dan luar rumah. Kedua CCTV tersebut bisa membantu pengawasan menjadi lebih ketat dan membuat perasaan tenang. Pahami tips memasang kamera CCTV kabel dan wireless.

1. Ketahui tempat pemasangan

Kamera CCTV digunakan untuk memantau sekitar rumah agar keamanan tetap terjaga. Tetapi dalam pemilihan tempat pemasangan CCTV tidak boleh asal. Tujuannya agar gambar jelas dan tidak terhalang apa pun.

Pemasangan CCTV bisa digunakan pada area dalam maupun luar rumah. Jika CCTV dipasang diluar gunakan kamera pengintai dengan spesifikasi outdoor. Kamera ini memiliki sifat weatherproof agar kualitas rekaman tetap bagus walau terkena hujan atau panas.

Selain itu, jika menggunakan CCTV untuk bagian dalam gunakan spesifikasi indoor. Pada jenis kamera CCTV ini memiliki banyak tipe yang bisa dipasang di dinding, plafon, atau tempat tersembunyi lainnya. Pastikan dalam pemasangan area memiliki cahaya yang cukup agar kualitas gambar selalu baik.

Baca Juga: Perlukah Area Gudang Pabrik atau Distributor Memiliki Kamera Pengintai?

2. Ketahui CCTV yang akan dipasang

Selain penggunaan CCTV yang bisa dipasang di outdoor maupun indoor, pastikan untuk mengetahui jenis CCTV yang akan digunakan. Ada dua jenis CCTV yang bisa digunakan untuk memantau area rumah selama 24 jam, yaitu kamera CCTV kabel dan kamera CCTV Wireless.

Seperti namanya kamera CCTV kabel memiliki kabel yang cukup panjang. Sehingga bisa terlihat tidak rapi jika memiliki kamera pengintai yang banyak. Tetapi, kelebihan dari CCTV ini adalah kualitas gambar yang stabil. Kamera CCTV ini cocok dipasang di bagian outdoor.

Sedangkan CCTV Wireless adalah jenis kamera pengintai yang tidak memiliki kabel dan cocok untuk digunakan pada area indoor. Kelebihan pada CCTV ini yaitu, lebih rapi dan bisa diletakkan pada area sempit.

3. Pilih tempat yang kondusif

Pemilihan tempat yang kondusif juga bisa membantu untuk memaksimalkan kinerja CCTV dalam menangkap gambar. Hindari tempat sekitar yang memiliki pencahayaan kurang dan lembab, sebab bisa membuat penangkapan gambar pada CCTV berkurang.

Selain itu, bersihkan dahulu area yang ingin dipasang dengan CCTV dan lakukan pengeboran untuk memasangnya. Rapikan kabel agar tidak membahayakan orang lain yang berada di ruangan.

4. Sesuaikan kamera dengan area yang akan diawasi

Setiap kamera memiliki fungsi yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan tempat peletakan. Ada beberapa bentuk kamera yang sering dilihat seperti bulat, lonjong memanjang, dan bisa berputar.

Bentuk dan fungsi kamera yang berbeda harus disesuaikan dengan tempat yang tepat. Tujuannya agar menangkap gambar semakin maksimal. Usahakan untuk kamera yang mengawasi seluruh tempat harus disediakan tempat yang bisa memantau segalanya.

5. Sambungkan ke smartphone

Saat ini, pengawasan menggunakan kamera CCTV semakin canggih karena bisa dipantau melalui smartphone pemilik. Tujuannya, agar pemilik bisa memantau keadaan rumah dimana saja dengan mudah agar memperkecil tindak kejahatan di area terdekat.

Cara pemasangannya dengan menyambungkan DVR dan CCTV menyala. Perhatikan Cloud Access P2P yang digunakan agar bisa melakukan registrasi dan menyambungkan CCTV ke hp dan internet.

Pastikan sebelum menggunakan kamera CCTV harus mengetahui spesifikasi, kualitas, dan letak pemasangannya. Sehingga CCTV bisa bekerja dengan maksimal tanpa halangan dari bangunan atau debu di tempat yang tidak sesuai.

Pantau Rumah dengan Mudah Menggunakan ColorVu dari Hikvision

Kamera CCTV memiliki beragam manfaat untuk keamanan rumah agar keluarga dan harta benda didalamnya tidak hilang atau rusak. Pastikan memantau rumah dengan mudah hanya menggunakan ColorVu yang memiliki keunggulan untuk gambar yang berkualitas.

1. Informasi warna yang sesungguhnya

Setiap gambar yang ditangkap CCTV harus memiliki kualitas yang terbaik dan jelas. Sehingga, bisa digunakan untuk keperluan mendesak. Hikvision ColorVu memiliki render warna yang akurat untuk kualitas gambar yang terbaik.

Selain itu, Hikvision ColorVu juga mampu menangkap cahaya sekitar secara maksimal agar hasil rekaman tetap jernih. Sehingga kualitas gambar akan tetap bagus walau ditempat yang rendah cahaya.

2. Detail lebih banyak

Keunggulan Hikvision ColorVu juga memiliki detail yang lebih banyak untuk merekam informasi lebih jelas. Sehingga lebih baik dari pencitraan hitam dan putih. Detail tersebut akan memberikan gambar yang kaya warna untuk melihat situasi secara detail.

3. Pengalaman visual yang lebih baik

Keunggulan lain dari Hikvision ColorVu yaitu bisa menangkap cahaya secara maksimal di tempat yang gelap bisa membantu untuk mendapatkan visual yang lebih baik. Kecerahan yang seimbang dan fokus bisa membantu menjernihkan gambar yang ditangkap.

Memiliki Aperture super F1.0 dan sensor lanjutan pada Hikvision ColorVu yang bisa membuat perenderan yang realitas. Sehingga gambar semakin baik dengan kualitas yang jernih.

Kamera CCTV ColorVu dari Hikvision bisa memberikan pengalaman terbaik dalam kualitas gambar keamanan rumah yang lebih nyata. Sehingga tidak perlu khawatir dengan cahaya yang minim karena tidak akan merubah kualitas gambar pemantauan. Jadi, jangan sampai salah pilih CCTV guna keamanan rumah Anda. Pastikan jatuhkan pilihan Anda pada produk-produk dari Hikvision.


2 comments:

  1. CCTV sekarang menjadi alat keamanan yang sangat penting ya karena keakuratannya dalam mendapatkan bukti yang kuat. Apalagi kini kabarnya CCTV dimanfaatkan juga untuk menangkap kejahatan dan pelanggaran di jalan raya. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Zaman sekarang pasang CCTV emang harus dikonekin ke smartphone. Biar gampang cek keamanan rumah walau ditinggal pergi lama.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...