Friday, November 25, 2022

Cara Membuat Infografis Menarik dengan Canva

Tak terasa sudah 11 tahun saya menulis di blog ini. Awalnya hanya untuk curhat kegiatan sehari-hari dan menyimpan naskah-naskah cerpen dan novel saya yang sudah lama. Kemudian saya coba ikutan lomba blog. Alhamdulillah, sudah banyak hadiah yang saya terima dari lomba blog itu. Jumlahnya luar biasa untuk ukuran ibu rumah tangga seperti saya. Ada uang jutaan rupiah, smartphone, peralatan rumah tangga, sampai produk dari brand yang mengadakan lomba. 

Membuat Infografis Menarik dengan Canva

 

Ketika pertama kali mengikuti lomba blog, artikel saya hanya dinilai dari isi tulisannya. Bahkan, foto-foto saya pun tidak terlalu dinilai karena saya masih menggunakan ponsel dengan kamera yang hitam dan buram. Mungkin karena saingannya masih sedikit. Jadi saya masih bisa menang dengan hanya mengandalkan tulisan yang menyentuh juri. 

Lambat laun penilaian lomba itu meningkat, tidak hanya dari tulisan. Semakin banyak peserta yang lebih pandai menulis dengan kisah yang mencuri hati juri. Saya pun berpikir untuk mengambil hati juri dengan meningkatkan kualitas foto dan memasukkan gambar-gambar ilustrasi yang menarik. Salah satunya adalah, infografis. Apa sih infografis itu? 

Infografis adalah suatu bentuk komunikasi secara visual dengan menggunakan teks atau tulisan, ilustrasi atau gambar, dan grafis. Setelah menggunakan infografis ini, saya bisa memenangkan lomba blog lagi. Yah, walaupun tidak semua lomba blog bisa saya menangkan. Setidaknya keberadaan infografis itu membuat artikel saya mendapatkan nilai tambah karena lebih menarik. Saya juga menggunakan infografis untuk artikel-artikel biasa yang bukan lomba.

Keuntungan Menggunakan Infografis 

Apa sih keuntungan menggunakan infografis? Berikut ini saya uraikan satu per satu disertai infografisnya, sehingga pembaca mengetahui seperti ini lho bentuk infografis. 

1. Agar Pesan Lebih Mudah Diterima 

Setiap tulisan kita pastinya mengandung pesan yang ingin disampaikan. Infografis akan memudahkan kita dalam menyampaikan pesan secara sederhana dengan mengurutkan poin-poinnya, sehingga pembaca pun bisa lebih mudah memahaminya. 

2. Menyingkat Informasi 

Seringkali pembaca tidak sempat membaca artikel kita secara keseluruhan. Mereka ingin membaca dengan cepat. Keberadaan infografis akan menyingkat informasi di dalam artikel kita, sehingga pembaca pun tetap bisa menangkap intisari dari tulisan kita meskipun tidak selesai membacanya. 

Selain itu juga, penggunaan gambar, ikon, dan ilustrasi di dalam infografis dapat menyingkat penggunaan kata-kata di dalam artikel. Sehingga artikelnya tidak terlalu panjang, karena sebagian isi konten sudah disingkat dan divariasikan oleh oleh infografis yang mewakili pesan yang akan disampaikan.

3. Menarik Pembaca 

Keberadaan infografis akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca, apalagi untuk artikel yang berat dan sulit dipahami. Jika hanya dipaparkan dalam bentuk tulisan, pembaca mungkin akan urung membacanya karena membuat mata sakit dan kepala pusing. Lain halnya kalau ada infografis yang membisa membantu menjelaskan dengan mudah. 

4. Menjelaskan Data 

Di dalam artikel berisi data-data berbentuk angka, keberadaan infografis jadi lebih memudahkan penjelasan data-data tersebut. Kalau data-data tersebut hanya dijelaskan dalam bentuk tulisan, pasti kepala kita pusing ya mencernanya. Lain halnya kalau dalam bentuk infografis berupa grafik atau bagan yang dapat mengilustrasikan data sehingga lebih ciamik. Dijamin jadi lebih mudah dibaca dan dipahami. 

5. Meningkatkan Trafik Artikel 

Infografis yang membuat artikel jadi lebih menarik, sudah tentu akan menarik trafik lebih banyak lagi. Trafik yang tinggi ini tentunya sangat bagus untuk blog kita, karena itu artinya pembaca artikel blog kita sangat banyak. Pesan yang ingin disampaikan pun bisa menyebar secara luas. 

Infografis Canva
Contoh Infografis Menggunakan Canva

 

Selain itu, gambar infografisnya sendiri adalah konten yang sering dishare oleh pembaca bila dinilai sangat bermanfaat. Tidak masalah lho kalau konten infografis kita itu banyak dibagikan oleh pembaca, asalkan kita memberikan watermark berupa logo atau nama kita atau nama blog dan website, sehingga nantinya orang-orang yang melihat gambar infografis itu akan berkunjung ke blog kita. Pastinya itu akan menambah trafik lagi.

Nah, itu dia keuntungan dari infografis dalam artikel. Masih banyak keuntungan lainnya, tapi tidak cukup saya jelaskan di sini ya. Lebih baik langsung saja kita membuat infografis. Cara mudah membuat infografis yang menarik adalah menggunakan Canva. Ada yang sudah tahu apa itu Canva? Di kalangan blogger, Canva sudah cukup dikenal. Tapi barangkali ada yang masih belum tahu Canva dan bagaimana cara menggunakannya. 

Canva adalah sebuah platform yang digunakan untuk mendesain apa pun. Tak hanya bisa mendesain infografis, tapi kita juga bisa membuat desain template untuk blog dan media sosial, gambar menarik untuk video Insta Story, Youtube, Tiktok, dll, desain kartu nama, kartu undangan, poster, dan banyak lagi deh. Bahkan saya juga membuat kover novel dengan Canva lho. Semua kebutuhan desain saya telah dipenuhi oleh Canva.

Andai saja dulu saya sudah mengenal Canva sebelum menikah, pasti saya akan membuat undangan pernikahan dengan Canva juga. Saya mengakses Canva melalui website dan aplikasi yang bisa diunduh gratis di Play Store. 

Cara Membuat Infografis Menarik dengan Canva

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat infografis menggunakan Canva: 

1. Lakukan pendaftaran di aplikasi atau website Canva

Kita bisa mendaftar menggunakan Google, Facebook, dan email. Tinggal klik saja mau mendaftar melalui apa. Cepat dan mudah. 

Cara Daftar Canva

2. Cari kategori infografis 

Setelah mendaftar, kita bisa langsung membuat desain dengan mengklik "create design." Pilih kategori "Infographic." Ada banyak pilihan template infografis sesuai kebutuhan kita. Ada yang gratis, ada yang berbayar. 

Membuat Infografis

3. Pilih salah satu desain yang menarik 

Lalu, pilihlah template desain infografis yang telah disediakan. Banyak pilihan templatenya, apalagi kalau berlangganan. Desain templatenya ini bagus-bagus banget. Bisa kita modifikasi lagi dengan mengubah warna, font huruf, elemen atau gambar ilustrasi, dan lain-lain sesuai kreativitas kita. 

Membuat Infografis

4. Masukkan teks tulisan atau data

Edit tulisan dan datanya, sesuai dengan isi artikel kita. Gunakan kalimat yang efektif dan efisien, jangan panjang-panjang. Sebab, infografis tujuannya untuk menyingkat informasi supaya cepat diterima pembaca.

5. Tambahkan gambar atau grafis 

Agar lebih menarik, tambahkan atau ubah gambarnya dengan gambar yang sesuai isi artikel kita. Bisa memilih gambarnya di bagian element. Klik gambar yang diinginkan, lalu masukkan ke templatenya. Bisa juga dengan menggunakan gambar sendiri. Kita klik "Upload" gambar dari komputer kita, lalu masukkan ke template disainnya.

6. Unduh gambar 

Setelah selesai, infografisnya bisa kita unduh dalam berbagai format dan size. Akan tetapi, pilihan format unduhannya lebih banyak jika menggunakan Canva Pro.

Coba Gratis Canva Pro

Desain-desain infografis dari Canva ini bisa diakses secara gratis maupun berlangganan Canva Pro. Jika ingin mengakses desain yang lebih banyak dan bebas, maka kita harus berlangganan. Semua desain yang gratis maupun yang berlangganan dapat digunakan untuk kepentingan personal dan komersial. Asalkan desain tersebut sudah kita modifikasi sesuai kreativitas kita, tidak sama persis dengan desain awalnya. Kita bisa ubah font, warna, element, dan sebagainya.

Canva Pro

 

Jika kebutuhan kita akan desain ini sangat tinggi, saya sarankan lebih baik berlangganan Canva Pro karena pilihan desainnya itu banyak sekali. Bagus-bagus desainnya dan kita bisa tenang menggunakannya, karena sudah bebas dipakai untuk keperluan komersial selama mengikuti aturannya. Kita bisa coba gratis Canva Pro selama 30 hari dulu lho. Untuk biayanya per tahun Rp 769.000 atau per bulan Rp 95.000. Lebih hemat kalau bayarnya tahunan, karena jadi hanya Rp 64 ribuan per bulannya. 


 
Langganan Canva Pro

Ada cara yang lebih hemat lagi, yaitu patungan berlima yang disebut Canva untuk Tim. Sebab, akun Canva berbayar ini bisa digunakan untuk 5 orang. Jadi, biaya per tahun Rp 1.240.000 bisa dibayar berlima. Per  orangnya hanya Rp 248.000. Nah, tinggal cari 4 teman deh supaya bisa patungan berlangganan Canva untuk Tim. Penasaran? Mending coba gratis Canva Pro dulu selama 30 hari. Ada ribuan template gratis, fitur, dan pustaka konten. Caranya, klik di bawah ini:

COBA GRATIS CANVA PRO

Saya benar-benar terbantu dengan kehadiran Canva. Hampir setiap hari saya menggunakan Canva. Bukan hanya untuk membuat infografis lho, tapi juga bisa untuk membuat ilustrasi postingan di media sosial, bahkan untuk tugas sekolah anak-anak. Nggak salah lagi, memang #CanvaBestienyaBlogger.


 

23 comments:

  1. Aku suka banget ketika mengenal infografis dan canva sebagai lat pembuatnya. Karena sangat membantu menyampaikan info seabrel dengan singkat dan menarik

    ReplyDelete
  2. Aku sedang belajar menggunakan Canva nih, mbak Ley. Dulu awal ngeblog ga pakai infografis sama sekali. Foto2nya juga sederhana banget hehehe. Tapi sekarang aku udah mulai senang, sering pakai kolase Canva. Kepengen sih berlangganan, lagi mencari teman nih siapa tau ada yang mau join :D

    ReplyDelete
  3. Berkat Canva, merasa makin keren wkwkwkwk, yaa meskipun baru bisa desain simpel tapi lumayanlah...dulu perasaan nggak bisa bikin desain yang ciamik,sekarang tinggal sat set aja ahaha. Terima kasih Canva

    ReplyDelete
  4. Mpo suka nih dengan adanya canva patungan .jadi lebih hemat dan bisa gunakan gambar pro buat infografis

    ReplyDelete
  5. Memang, memasukkan ilustrasi dalam tulisan membuat tulisan kita lebih "kaya" saat dibaca. Buat yang hobi bikin foto (bagus) kayak aku, memasukkan banyak foto dalam tulisan, jadi lebih menarik. Karena pembaca kadang ga hanya hanyut pada keindahan cerita, tapi juga keindahan gambar yang disajikan.

    Sekarang tulisan-tulisan lebih kaya rasa dan warna berkat desain-desain dari Canva. Aku kalau sedang menjuri artikel lomba, sering terkagum-kagum dengan infografis pada tulisan para peserta. Selalu jatuh hati pada kreativitas desain ilustrasi yang detail dan menarik.

    ReplyDelete
  6. Jadi blogger ini unik ya mbak Ley, bisa buat Infografis sebagai bentuk komunikasi secara visual dengan menggunakan teks atau tulisan, ilustrasi atau gambar, dan grafis.

    Iya nih dulu sih foto seadanya oke, eh sekarang.... udah minder duluan deh pas ikutan lomba blog

    CANVA membantu banget, banget banget.... udah kenal Canva sejak lama, sekarang tambah canggih

    ReplyDelete
  7. Aplikasi kesukaan sangat membantu sekali dalam.membuat konten atau desain2 lope lopeee to canva

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu ngeblog, gambar B aja udah oke. Sekarang kalau ada infografis, jadi tambah nilainya. Beruntung ada Canva. Bisa banget bantu kita. Template-nya juga oke buat yang gak pintar desain kaya aku

    ReplyDelete
  9. Aku juga selalu pakai Canva sejak mengenal dan menggunakannya untuk desain gambar di blog. Awalnya memang susah, tapi makin kesini Canva makin keren. Template nya juga lengkap banget, ngebantu pokoknya. Tapi aku belum pakai Canva Pro, mau deh langganan tapi nyari yang bisa agak terjangkau gitu, hehehe

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah bulan lalu aku juga sudah pakai canva pro, mba. Tujuannya karena memang ingin lebih mengeksplore kemampuan design dengan canva & jadi lebih leluasa membuat ilustrasi berbagai desain. Menarik banget bermain canva pro ini

    ReplyDelete
  11. Aku sangat mengandalkan Canva. Alhamdulillah langganan Canva Pro juga dengan berlima orang. Dapat promo. Senang banget karena sebagai blog, bikin postingan menari karena adanya infografis atau desain dari canvas

    ReplyDelete
  12. Canva ini memang multifungsi ya. Tergantung siapa yanmg utak-atiknya. Tapinya bisa buat semua orang. Dari anak-anak, ibu-ibu hingga profesional. Bisa bikin apa aja tergantung kebutuhan. Dan pastinya, kalo yang premium aksesnya tak terbatas. Duh jadi inget deh belom perpanjang Canva Premium. :D

    ReplyDelete
  13. Aku pengen cari temen untuk patungan canva. Siapa yang mauuu? hehehe..
    BTW, canva ini memang sangat membantuuu ya mbak, even orang2 yang ga artsy sperti aku juga jadi bisa bikin desain. Meski amatiran, setidaknya uda jadi dan bisa dipakai daripada tidak sama sekali. Mudah-mudahan berkah berlimpah buat para founder dan pengembang canva heheheh

    ReplyDelete
  14. Kerjaan ketolong banget deh sejak dah Canva, karena semua template design udah tersedia di sana

    ReplyDelete
  15. Sekarang guru pun akses Canva biar semua tugas sekolah bisa cepat dan maksimal hasilnya. Alhamdulillah untuk guru ada keringanan ya. Makanya para blogger jangan sampai kalah nih kalau enggak langganan Canva

    ReplyDelete
  16. Dengan menggunakan infografis yang cantik untuk sebuah konten maka pastinya akan semakin mudah dipahami bagi pembaca sehingga senang berkunjung ke artikel atau konten yang dibuat. Menggunakan Canva premium, banyak banget manfaatnya serta kemudahannya.

    ReplyDelete
  17. Jadi bisa membuat karya apa saja yaa dengan Canva ini. Makin puas kalau udah pakai Canva Pro. Saya tuh bikin e-flyer, gambar pendukung blog, konten carrousel untuk IG, ya pakai Canva. Suami malah kapan hari bikin booklet wisata full pakai Canva.

    ReplyDelete
  18. Infografis adalah salah satu konten yang sangat dibutuhkan saat membuat artikel ya
    Bikin infografis makin kece pakai Canva Pro ini

    ReplyDelete
  19. Postingan blog yang ada ilustrasinya memang jauh lebih menarik sih ya kalau dilihat. Berasa enggak bosen gitu mantengin tulisannya sembari menikmati grafis yang oke. Canva ini memudahkan pengguna dari orang yang awam desain sekalipun. Fitur Canva Pro makin makin lagi deehh... semua pilihan menu jadi bisa kita gunakan, pilihannya banyak dan lengkap.

    ReplyDelete
  20. Aku pertama kali bikin infografis di blog maupun di tugas2 lain juga memanfaatkan canva soalnya udah ada templatenya tinggal atur2 aja sesuai kebutuhan.
    Manul abnegt emang Canva Pro, aku udh pakai, jd bisa pakai semua fitur dan templatenya buat bantuin kerjaan jg.

    ReplyDelete
  21. canva tuh keren banget sih, bisa bikin apapun yang berhubungan sama grafis, bahkan bisa juga bikin presentasi! aah, aku suka banget pake canva, makanya sekarang pakai canva pro dan barengan temen2 lain karena ada tim, ihihi. jadi lumayan gak terlalu besar gitu pengeluarannya sebulan, karena dibagi-bagi, hehehe

    ReplyDelete
  22. Banyak untungnya emang pakai canva. Saya hampir semua kerjaan utk design grafisnya dan video pasti pakai canva. Keren emang nih canva. Ga bosenin.

    ReplyDelete
  23. Beberapa waktu lalu pernah jadi freelance untuk konten sosmed sebuah UMKM dan Canva jadi jalan ninjaku buat create content daily dan weekly. Apalagi mau coba juga yg Canva premium nya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...