Monday, December 12, 2022

100 CEO Siap Membuat Terang Indonesia di Tahun Menantang

Tahun 2023 akan terjadi resesi? Sudah dengar kan isu heboh itu yang membuat kita ketar-ketir. Sampai-sampai saya dinasihati orang untuk menyimpan uang dan menahan berbelanja. Tujuannya untuk menabung agar bisa melewati resesi tahun depan. Saya setuju kalau kita harus menabung. Saya sendiri tidak boros dalam berbelanja. Saya hanya membeli barang-barang dan kebutuhan pokok yang memang saya butuhkan. 

 

100 CEO Kompas100 CEO

Kalau harus tidak berbelanja sama sekali ya nggak mungkin dong ya. Justru perputaran uang harus dijaga dengan berbelanja. Bayangkan kalau kita tidak berbelanja, berapa orang lagi yang akan kena PHK? Sekarang saja sudah banyak orang yang di-PHK terutama oleh perusahaan startup karena perusahaannya merugi. Sehari-hari saya menggunakan beberapa perusahaan startup yang berkaitan dengan belanja nih. Belanja sayur mayur, jajanan anak-anak, masakan sehari-hari, sembako, produk elektronik, dan produk fashion.

Jadi, kita tidak harus menyetop berbelanja demi menghadapi resesi ekonomi tahun depan. Tapi bagaimana kita bisa bersiap menghadapi resesi dengan strategi ekonomi yang baik. Tentunya hal ini juga harus dipikirkan oleh para CEO perusahaan yang menjadi otak dari jalannya sebuah usaha. Seringkali kita berpikir menjadi CEO itu enak ya karena jabatan dan gajinya tinggi. Eit, tapi tanggungjawabnya juga tinggi dong. 

Kompas100 CEO Forum

 

Itu kenapa Kompas mengadakan Kompas100 CEO Forum dengan mengundang 100 CEO dari perusahaan-perusahaan yang dianggap memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian nasional dan berada dalam Indeks Kompas100.  Pada helatannya yang ke-13, rangkaian acaranya sudah berlangsung sejak bulan Agustus 2022. Pada acara puncaknya tanggal 2 Desember 2022, dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo yang menyampaikan pesan kepada para pelaku usaha dan masyarakat untuk tetap optimis menghadapi tantangan resesi di tahun depan. 

Sebab, Indonesia itu memiliki modal yang besar baik itu Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia. Kekayaan alam kita luar biasa banyaknya. Jumlah penduduknya yang memasuki usia kerja pun melimpah. Asalkan para perusahaan bisa mengelola semua itu, perekonomian kita akan kuat. Peran CEO perusahaan sangatlah penting untuk memajukan perusahaannya sehingga bisa ikut meningkatkan perekonomian nasional. 

Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan di Hari Pelanggan Nasional 2022

Kompas100 CEO Forum adalah forum diskusi antar perusahaan. Pada gelaran yang ke-13 ini, mengelaborasikan tiga generasi penggerak ekonomi dari berbagai sektor industri. Berbagai topik pun diangkat mulai dari kondisi perekonomian, energi, pangan, transformasi layanan kesehatan, sampai digitalisasi era metaverse. 

Presiden Direktur JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto juga ikut menghadiri Kompas100 CEO Forum di Istana Negara Jakarta ini. Dalam acara tersebut diadakan diskusi panel dengan tema "Membuat Terang di Tahun Menantang." Isinya adalah 7 langkah menavigasikan pemulihan 2023. Selain dihadiri oleh para CEO, juga dihadiri oleh Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI), Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI), serta Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI). 

Presiden Direktur JNE

 

Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan di HUT JNE ke-32

JNE sebagai salah satu perusahaan logistik di Indonesia memang telah memiliki rekam jejak yang baik dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Melalui tagline "Connecting Happiness", JNE tidak hanya mencari keuntungan bisnis melainkan juga memberi manfaat melalui program-program CSR-nya dalam berbagai bidang. 

Contohnya dalam bidang ekonomi, JNE telah mengadakan pemberdayaan untuk para UMKM melalui webinar Go-Digital untuk mengedukasi dan menyiapkan UMKM memasuki pemasaran digital. Di bidang pendidikan, JNE memberikan beasiswa-beasiswa untuk para pelajar berprestasi dari kalangan tidak mampu. JNE juga memberikan umroh gratis kepada ribuan karyawannya. 

Para pelanggan JNE juga diberikan banyak keuntungan seperti diskon, hadiah, dan lain sebagainya. Kehadiran JNE juga telah membantu para UMKM dalam mendistribusikan produk yang dijualnya ke seluruh Indonesia. Jangkauan JNE sangat luas bahkan sampai ke pelosok Papua. Jadi, JNE telah ikut berkontribusi dalam perekonomian nasional. 

Bahkan, JNE ikut memajukan atlet Indonesia melalui klub Cosmo JNE FC yang telah menorehkan prestasi di bidang olahraga Futsal. Dalam bidang budaya, JNE memiliki program pelestarian budaya melalui ekspedisi budaya. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk perekonomian desa, karena pelestarian budaya ini menjadi salah satu daya tarik wisata. 

Baca Juga: Motivasi Semangat Sekolah dari JNE Medan Goes to School

Semoga JNE terus konsisten menerapkan taglinenya "Connecting Happiness" sehingga dapat ikut serta membuat terang Indonesia di tahun yang menantang. Dengan begitu, kita bisa mengempaskan kekhawatiran terhadap resesi ekonomi serta yakin Indonesia bisa melewatinya dengan baik. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui berita terbaru mengenai sepak terjang JNE dalam meningkatkan perekonomian Indonesia dan berbagi kebahagiaan, bisa dibaca di https://jnewsonline.com/.

 

 

27 comments:

  1. Di dunia bisnisyang semakin melejit, pastinya Indonesia membutuhkan CEO yang bisa diajak berpartisipasii dalam persaingan ekonomi dunia. Mantep ini sudah ada 100 CEO terbaik, salah satunya CEO JNE yang luar biasa. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Bahagianya kalau ada yg dukung UMKM gini. Apalagi untuk JNE, yg ga pernah bosen connecting happiness. Sukses terus JNE!

    ReplyDelete
  3. UMKM memang udah seharusnya didukung yah, Mbak. Apalagi zaman digital gini, sebagian besar UMKM masih kurang paham. Nah, kalau ada program webinar Go-Digital dari JNE ini, UMKM jadi bisa lebih paham dan memaksimalkan pemasarannya.

    ReplyDelete
  4. wah mantap Pak Feri... semoga dengan 7 langkah menavigasikan pemulihan 2023 Indonesia semakin baik ke depannya. Sukses buat Pak Feri dan JNE.

    ReplyDelete
  5. Keren ya acaranya mba apalagi hadir dalam acaranya para petinggi perusahaan semoga tahun depan makin terang Indonesia dan peran CEO yang hadir untuk terus menguatkan serta memajukan perekonomian Indonesia

    ReplyDelete
  6. Para CEO kaya Dirut JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto pasti lagi berpikir keras, nyusun strategi biar tahun depan semuanya bisa strong menghadapi resesi. Menarik banget pertemuan ini

    ReplyDelete
  7. Para CEO kaya Dirut JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto pasti lagi berpikir keras, nyusun strategi biar tahun depan semuanya bisa strong menghadapi resesi. Menarik banget pertemuan ini

    ReplyDelete
  8. Berita resesi ini emang jadi bikin parno dan panik ya, aku sih agak santai nih, tapi ya ga tau juga, mudah2an sih aman3 aja ya kondisi kita semua, amiinn

    ReplyDelete
  9. Soal resesi 2023 ini memang banyak bikin orang2 ketar-ketir ya mbak.. Meski ada silang pendapat juga sih. Bersyukurnya, selalu ada orang-orang yang tidak hanya peduli pada diri sendiri tetapi juga peduli pada bangsa, bagaimana sih menghadapi kemungkinan resesi itu. Semoga hasil dari Kompas100 CEO Forum yang diikuti JNE bisa diimplementasikan utk kemanfaatan orang banyak.

    ReplyDelete
  10. luarbiasa pencapaian JNE di tahun 2022 ini, semoga selanjutnya JNE tetap bisa berjaya dan makin maju

    ReplyDelete
  11. lagi heboh kabar resesi tahun depan ya mbak.. Sejauh ini saya percaya kalau sdm di negeri ini selalu bergerak, berkreativitas, dan berdaya. Dari masa pandemi terlihat kalau banyak survivor yg bisa bangkit. Yah, biar bagaimana pun semoga kita gak mengalami keterpurukan apa pun. Semoga tetap tekoneksi dengan happiness macam taglinenya JNE

    ReplyDelete
  12. Iya semakin tinggi jabatan, maka tanggung jawabnya makin besar, ini yang nggak dilihat oleh banyak orang. Lihatnya juga gajinya tambah banyak.

    Salut sama JNE, emang perusahaan yang berpengaruh di Indonesia dalam bidang logistik, layak kalau masuk dalam Kompas100 CEO Forum

    ReplyDelete
  13. Semoga perekonomian Indonesia semakin baik lagi dan pulih cepat pasca pandemik ya mba. Wah ada CEO JNE yg udah nggak diragukan lagi oleh masyarakat. Pakeeet ku slalu lewat JNE, sukses barokah selaluuu

    ReplyDelete
  14. Langsung deh auto browsing dengan keyword "Membuat Terang di Tahun Menantang"

    Sebuah liputan dari media online ternama menyita perhatianku.

    Terutama ketika sampai di bagian ini:

    ”Kita tetap membuka ekonomi kita, keterbukaan ekonomi. Tetapi sekali lagi, kita harus bisa mendesain negara lain bergantung pada kita. Harus! Jangan sampai kita ini hanya menjadi cabang,” katanya.

    Iyes!
    Semua harus proaktif menghadapi tahun 2023!

    Termasuk Blogger, ne.
    Yihaaa!

    ReplyDelete
  15. CEO di Indonesia makin banyak dan keren - kereeen ya. JNE juga banyak program yang bagus dan pastinya membantu Indonesia

    ReplyDelete
  16. Aduh, denger kata resesi emak emak auto panik ya. Kalau dari diskusi aku dan suami, sebenernya nggak perlu panik berlebihan, justru kita tetep harus stay calm, tetap melakukan perputaran uang sehingga ekonomi nasional bisa terus bergerak. Semoga tahun depan kita bisa melewatinya dengan gemilang.

    ReplyDelete
  17. Wah keren sekali 100 CEO ini
    Dengan kepiawaiannya bisa membuat Indonesia tetap terang di tahun yang menantang ini ya mbak

    ReplyDelete
  18. Keren banget sih inovasi JNE sekarang Dan juga pelayanannya juga semakin dekat di era digital ini memang banyak sekali persaingan tapi JNE telah membuktikan bertahan dan terus maju

    ReplyDelete
  19. Semogaa tidak terjadi resesi tahun 2023 melihat antrian pengajuan visa turis ke eropa daftar skrg jadwal masukin berkas baru maret 2023 saking antri, visa2 lain jg samaa nah auto mikirr masyarakat kitaa tajirr dunk yaa (gusti yeni)

    ReplyDelete
  20. Tetap semangaaatt walo bnyk yg nakut2in resesi dll.
    Bismillah, yg penting kita usaha. Doa, tawakkal.

    ReplyDelete
  21. Berharap tahun depan tetap strugle dengan resesi ekonomi global yang katanya bakal terjadi. Aslinya kita udah beberapa kali ngalamin resesi ya mba, pandemi juga ekonomi merosot. Alhamdulillah tetap bisa bertahan. Semoga diskusi panel dalam Forum 100 CEO Kompas bisa menjadi penentu banyak terobosan agar tahun depan tetap terang perkembangan ekonomi kita

    ReplyDelete
  22. keren banget yaa JNE ini. aamiin untuk harapannya mbak, semoga kita bisa mengempaskan kekhawatiran terhadap resesi ekonomi serta yakin Indonesia bisa melewatinya dengan baik.

    ReplyDelete
  23. JNE ini termasuk korporat yang konsisten menjadi bagian dari kemajuan bangsa lo menurutku. dan CSRnya itu benar-benar hadir di masyarakat

    ReplyDelete
  24. Kompas CEO Forum ini jadi ajang silaturrahim 100 CEO di Indonesia supaya bisa bersinergi, yaa. Semoga Indonesia makin kuat secara perekonomian. Walau ada resesi di luar sana, bismillah lebih siap menghadapinya.

    ReplyDelete
  25. Semoga ya tahun depan enggak segelap berita yang sering digembor-gemborkan yaaa. Jujur loh, berita tentang resesi tuh bikin gelisah. Padahal kan yaa, kalau kita fokus tentang saving dan investasi, terus bagaimana roda perekonomian bisa jalan?

    ReplyDelete
  26. Semoga saja pemikiran dari para pemangku kebijakan dan masukan dari para CEO ini bisa mengarahkan Indonesia ke hal-hal baik. Resesi 2023 bisa saja terjadi, namun bila sudah menyiapkan trik untuk mengatasinya, semoga saja negara kita tetap aman dan sejahtera.

    ReplyDelete
  27. Wow forum 100 CEO kebayang kerennya. Salut sama jne yang kasih program ke umkm dan ksih diskon ke pelanggan

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...