Saturday, December 9, 2023

Bisnis Baju Daur Ulang, Apakah Punya Potensi Cuan yang Besar?

Bisnis Baju Daur Ulang
https://www.freepik.com/free-photo/smiling-businessman-showing-green-t-shirt-with-recycle-symbol_2544010.htm

 

Di era kesadaran lingkungan yang semakin berkembang, bisnis baju daur ulang semakin mendapatkan sorotan. Tidak hanya sebagai upaya untuk mengurangi jejak karbon dan limbah tekstil, tetapi juga sebagai potensi cuan yang besar di pasar yang terus bertumbuh. Di balik inovasi kreatif dari baju daur ulang tersebut, ternyata ada sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Namun, tahukah kamu, kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya terletak pada kreativitas design maupun kualitas produk daur ulang saja. Akan tetapi manajemen keuangan bisnis yang bijak juga menjadi kunci utama. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengelolaan keuangan bisnis daur ulang yang kamu jalankan. Pemanfaatan QRIS dalam bisnis dapat membawa berbagai keuntungan, terutama dalam hal pembayaran dan pelacakan transaksi keuangan.   

Potensi Bisnis Baju Daur Ulang Dijamin Cuan

Kreativitas perancang busana lokal memang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai ide kreatif muncul dengan tidak hanya menggunakan kain baru yang dipotong sesuai pola, tapi juga memanfaatkan bahan kain bekas untuk didesain ulang. Tidak sedikit kain dengan kualitas baik sudah tidak digunakan lagi dan hanya berakhir menjadi limbah.

Sisa bahan pakaian tersebut bisa didesain ulang di tangan para desainer kreatif menjadi pakaian yang bernilai jual tinggi. Berikut ini beberapa potensi bisnis baju daur ulang yang mungkin belum kamu ketahui, antara lain :

1. Harga Jual Tinggi

Proses produksi baju daur ulang tidak mudah. Perancang busana harus memikirkan bagaimana potongan-potongan kain tersebut bisa dibentuk serta dipadupadankan menjadi baju yang memiliki estetika, sehingga tak heran jika memiliki nilai jual tinggi.

2. Bukan Hanya Bisnis Semata

Bisnis baju daur ulang memiliki peluang besar dalam dunia fashion, namun tidak semata-mata sebagai bisnis yang menjanjikan. Bisnis baju daur ulang memiliki value, menjadi bagian dari menjaga lingkungan yang harus disadari dan dilakukan. Perancang harus memiliki keterampilan dalam olah produk sesuai dengan target pasar dan value yang ditawarkan.

Penting sekali menghasilkan produk yang berdaya pakai dan daya jual tinggi. Selain itu juga perlu menjaga konsistensi dan kesinambungan produk dalam jumlah terbatas, namun tetap muncul produk atau desain baru.

3. Keterbatasan Konsumen

Bisnis baju daur ulang semakin meluas dan produknya semakin diminati, namun konsumennya masih di dominasi kelompok urban, anak muda dan kelompok terdidik yang sadar akan isu lingkungan.

Adanya keterbatasan konsumen ini, tentunya menjadi peluang pasar yang menjanjikan. Sehingga bisa disimpulkan ketika kamu memiliki manajemen bisnis dan keuangan yang bagus dalam mengelola bisnis daur ulang ini, pasti dijamin bakal cuan.

4. Bisa Diproduksi Secara Massal

Baju daur ulang bisa ditingkatkan kapasitas produknya atau diproduksi secara massal. Meski keseragamannya berbeda dengan produk massal pada umumnya, kekurangan ini bisa dijadikan kekuatan dengan branding yang tepat. Produk yang tidak memenuhi standar kualitas atau tidak layak jual, didesain ulang dan diolah menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah pada produk.

Tips Mengembangkan Bisnis Baju Daur Ulang Agar Cuan

 

Baju Daur Ulang
Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/photos/gantungan-baju-pakaian-belanja-1850082/

Proses pengembangan ide kreatif atau inovasi dalam sebuah bisnis perlu disertai perencanaan yang matang. Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan dalam mengelola bisnis baju daur ulang agar terus bertahan dan berkembang, yaitu :

1. Meluncurkan Produk yang Unik

Walaupun diproses menggunakan bahan daur ulang, produk yang kamu hasilkan tidak boleh ketinggalan zaman sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Target akan tercapai ketika kamu mengikuti tren fashion atau pakaian yang sedang viral. Caranya, kamu bisa mengunjungi website media fashion atau mengikuti media sosial selebgram yang fokus pada fashion.

2. Upcycling Fashion

Proses upcycling fashion merupakan metode pemanfaatan sisa kain bekas atau pakaian yang sudah rusak menjadi produk baru, seperti jaket, kemeja atau lainnya. Proses pengolahan produk yang sudah parah atau sisa bahan produksi menjadi produk baru menjadi bernilai tinggi tanpa menghancurkan produk tersebut.

3. Gunakan Digital Marketing

Sekarang ini, belanja online tak lagi menjadi sebuah kemewahan tapi kebutuhan. Sehingga pemanfaatan pemasaran secara online atau digital marketing menjadi sebuah inovasi yang harus dilakukan jika ingin bisnisnya berkembang.

4. Membuka Virtual Store

Cara ini dilakukan untuk memberikan pengalaman belanja pada konsumen yang maksimal. Konsumen bisa tetap berbelanja meski tidak mengunjungi lokasi bisnis secara langsung.

5. Manfaatkan Online Marketplace

Penjualan kamu akan lebih maksimal jika bekerja sama dengan beberapa platform marketplace. Target marketmu akan lebih luas, karena marketplace merupakan tempat berkumpul para konsumen. Proses pembayarannya pun semakin mudah dengan memanfaatkan layanan QRIS dari digibank by DBS.

Kelola Keuangan Bisnis Semakin Mudah dengan digibank QRIS

Semua pelaku bisnis baju daur ulang pasti menginginkan keuntungan yang maksimal. Kamu bisa mempercayakan pengelolaan keuangan bisnis, mulai dari pemantauan transaksi real time, pelacakan pengeluaran dan pemasukan efisiensi administrasi serta transaksi pembayaran yang mudah bisa memanfaatkan digibank QRIS.

Dengan memanfaatkan kemajuan layanan perbankan seperti digibank QRIS, pastinya akan sangat menguntungkan bagi bisnis baju daur ulang yang sedang kamu rintis. Kamu bisa belanja keperluan bisnis daur ulang kamu secara Sat-set dengan memanfaatkan digibank QRIS.

Tak hanya itu saja, Agar keuangan bisnis terpantau dengan baik, kamu bisa memanfaatkan digibank calculator untuk simulasi keuangan bisnis di masa depan. Bahkan,  dengan digibank QRIS, kamu juga bisa mendapatkan Limit 10juta/transaksi/hari sekaligus nikmati promo menarik di merchant pilihan, lho.

Banyak sekali keuntungan menggunakan layanan digibank QRIS. Pastinya layanan perbankan satu ini sangat cocok untuk kelola keuangan bisnis baju daur ulang kamu, sehingga dipastikan keuangan bisnis lebih sehat.

Yuk, kepoin informasi lengkap tentang bank digital dari digibank by DBS, dengan klik di sini.

2 comments:

  1. Berkat kemajuan teknologi dan infrastruktur komunikasi, mengembangkan bisnis jadi kian mudah dan gak perlu ribet lagi. Semua jadi semakin mudah dan hemat tentunya. Apalagi dengan adanya QRIS dari digibank by DBS ya Mbak, jadi makin efisien proses pembayarannya.

    ReplyDelete
  2. Aku belum Nemu nih seller yg menjual baju daur ulang. jadi tertarik juga. Kalo memang modelnya malah semakin bagus, dan mengikuti zaman, kenapa ga kan. Malah harus dukung, setidaknya mereka membantu mengurangi sampah kain yg semakin banyak skr ini

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...