Thursday, March 16, 2017

Cara Kirim Uang Lewat Kantor Pos



Assalamualaikum. Ada yang masih ingat dengan wesel pos? Saya punya kenangan manis dengan layanan pengiriman uang dari PT. Pos Indonesia ini. Yup, dulu waktu saya baru mulai menulis cerpen dan mengirimkan ke majalah, honor pemuatannya dikirim dengan menggunakan wesel pos.


Setelah cerpen saya dimuat, saya tinggal menunggu Pak Pos mengirimkan wesel pos ke rumah. Begitu wesel posnya sampai, saya langsung ke kantor pos untuk mencairkan uang tersebut. 

Sekarang bagaimana? Dengan banyaknya ATM, honor ditransfer melalui ATM. Kalau dulu honor cerpen, sekarang honor menulis di blog atau royalti buku. Lalu, bagaimana dengan wesel pos? Apakah masih ada orang yang memakainya? 

Eit, jangan salah. Si bibi yang pernah kerja bantu-bantu di rumah saya, sampai sekarang belum punya ATM dan rekening bank. Jadi, dia menerima kiriman uang melalui wesel pos. Wesel pos juga berguna untuk orang yang tinggal di daerah terpencil dan belum ada layanan perbankan. Sebab, layanan pos itu menjangkau semua daerah di Indonesia, termasuk yang terpencil sekalipun. 

Layanan wesel pos sekarang juga bisa instan. Tak perlu lagi menunggu Pak Pos mengantarkan wesel pos, baru bisa mencairkan uangnya. Asal sudah mendapatkan dua nomor kuncinya dari pengirim uang, kita sudah bisa mendatangi kantor pos dan mencairkan uang kita. 

Barangkali di antara Anda banyak yang belum tahu bagaimana cara kirim uang lewat kantor pos, dan siapa tahu saja kelak dibutuhkan karena harus mengirim uang kepada orang yang tidak punya rekening bank dan tidak ada layanan perbankan di daerahnya. 

Berikut ini cara mengirim uang melalui kantor pos: 

  1. Pergi ke ke kantor pos yang ada di dekat daerahmu. Kantor pos sekarang mudah sekali ditemukan, karena ada di mana-mana. Kalau mau mengirim uang, ya berarti harus membawa uang sejumlah yang akan dikirimkan.
  2. Jangan lupa bawa juga uang tambahan untuk biaya pengiriman uang yang besarnya bervariasi, tergantung jumlah uang yang dikirim, antara Rp 15.000 sampai Rp 45.000.
  3. Dapatkan formulir wesel pos dari petugas di kantor pos, isi identitas pengirim, penerima, dan jumlah uang yang mau dikirim.
  4. Petugas akan memberikan Nomor Transaksi Pusat (NTP) dan Personal Identification Number yang akan digunakan oleh penerima untuk mengambil uangnya. 
  5. Beritahukan kedua nomor tersebut kepada orang yang akan kamu kirimi uang melalui SMS atau telepon, jika ingin uangnya sampai secara instan. Kalau tidak, ya tunggu sampai wesel posnya sampai di rumah orang yang kamu kirimi uang. 
  6. Orang yang dikirimi uang bisa langsung mendatangi kantor pos dengan menyebutkan kedua nomor tersebut tanpa harus menunggu wesel posnya sampai. Jadi uangnya bisa diterima hari itu juga.
Kalau dulu saya harus menunggu sampai Pak Pos mengirimkan wesel pos ke rumah saya, sekarang wesel posnya bisa lebih instan asal sudah tahu kedua nomor di atas, sudah bisa langsung mendatangi kantor posnya untuk mengambil uang. 






7 comments:

  1. Kalau dulu, suka nunggu lama. Sekarang wesel pos pun bisa cepet.
    Kemajuan dan perkembangan yg baik untuk PT Pos Indonesia, semoga semakin keren

    ReplyDelete
  2. oalah gitu toh, maklum gak pernah kirim uang lewat POS sih, langsung transfer. .
    coba deh mbak kirim uang ke saya, nanti kalau saya terima akan saya hubungi hehe

    ReplyDelete
  3. Hahaha mengingatkan saya mbak ketika menggunakan wessel pos dulu.

    ReplyDelete
  4. saat ini saya masih menerima uang lewat wesel pos mba hehe... tepatnya wesel pos utk anak saya sih...

    ReplyDelete
  5. dulu kalau orangtua kirikm uang ke kampung, pasti pakai wesel pos mba..

    ReplyDelete
  6. cara pengiriman uang yang masih bertahan sampe sekarang, ya :)

    ReplyDelete
  7. Sekarang spt nya jarang y mba,, lbh memakai atm

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...