Wednesday, June 13, 2018

Lotek SO GOOD Chicken Nugget Original



Assalamualaikum. Tak terasa besok sudah lebaran. Alhamdulillah, saya dan anak-anak saat ini sudah ada di kampung halaman suami, di Garut. Senang sekali bisa merasakan berpuasa di Garut karena itu artinya kami akan berbuka dan sahur dengan masakan Nenek yang dirindukan. Masakan Nenek memang enak banget. Bahkan, anak-anak pun lahap makannya kalau sedang di rumah Nenek. Masakan mamanya, kalah deeeh….


Tahun ini juga, kedua anak saya, Ismail dan Sidiq yang usianya 9 dan 10 tahun, bisa berpuasa penuh hampir sebulan ini tanpa rewel. Yah, paling sesekali bilang minta buka di tengah hari, tapi mereka sukses berpuasa sampai Magrib. Berbeda dengan tahun lalu ketika mereka baru belajar berpuasa dan sering merengek sampai menangis minta buka. Syukurlah, sekarang mereka sudah tak ada drama. Bahkan, mereka jarang sekali tidur siang. Sepanjang hari tetap aktif bermain meskipun sedang berpuasa. Di awal bulan Ramadan, mereka juga masih sekolah dan menjalani Ujian Akhir Semester.

Apa tipsnya? Hm, kalau diingat-ingat sih sepertinya karena saya berusaha menyiapkan makanan bergizi dan makanan kesukaan mereka saat berbuka dan sahur. Jadi, selain makanan bergizi, juga harus ada makanan kesukaan seperti snack dan es krim. Makanan kesukaan itu hanya saya belikan menjelang buka puasa. Jadi, mereka harus tahan berpuasa sampai Magrib kalau mau memakannya. Sedangkan makanan bergizinya harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat, supaya esok harinya mereka bisa kuat kembali berpuasa.

Saya juga selalu mengajak mereka makan sahur. Alhamdulillah, kami bisa makan sahur tanpa terlewat sehari pun. Tahun lalu pernah satu kali tidak makan sahur karena kami kesiangan, sehingga terpaksa anak-anak tidak berpuasa karena kasihan kalau tidak sahur. Makan sahur pun harus dengan gizi seimbang agar kuat berpuasa. Terutama karbohidrat dan protein yang bisa bikin kenyang lebih lama. Alhasil, mereka tidak mengeluh kelaparan di siang hari.

Di rumah Nenek, masakan rumah tradisional khas Garut menghiasi menu buka puasa dan sahur kami. Salah satunya adalah Lotek. Yup, Lotek ini semacam Gado-gado kalau di Jakarta. Beberapa jenis sayur yang dikukus dan dicampurkan dengan bumbu kacang. Perbedaannya ada pada campuran bumbunya. Di Garut, Lotek sangat mudah ditemui tapi buatan Nenek tetap yang terenak. Lotek mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang bisa bikin kenyang lebih lama.

SO GOOD Chicken Nugget Original

Nah, kali ini Loteknya ditambah dengan Chicken Nugget Original dari SO GOOD supaya anak-anak lebih berselera. SO GOOD Chicken Nugget Original adalah salah satu produk siap masak dari SO GOOD yang dibuat dari olahan daging ayam berselimut tepung roti yang renyah. Ada 3 rasa, yaitu Original, Hot & Spicy, dan Spicy Garlic.

SO GOOD Chicken Nugget Original yang saya gunakan ini adalah kemasan 400 gram. Mengandung total lemak 11 gram, protein 13 gram, karbohidrat 18 gram, dan natrium/ sodium 580 gram. Jadi di dalam SO GOOD Chicken Nugget Original ini juga sudah lengkap nutrisinya dari Karbohidrat, Protein, dan Lemak. Tinggal ditambah serat dari sayuran nih.

Kehalalan SO GOOD Chicken Nugget Original juga sudah tidak diragukan lagi karena sudah ada label halalnya. Kemasannya higienis dan disimpan di dalam mesin pendingin khusus produk SO GOOD di setiap supermarket yang menjualnya. Sehingga sesuai dengan cara penyimpanannya yaitu di suhu kurang dari -18 derajat celsius.

Label Halal dan Cara Simpan

Anak-anak kurang suka makan sayur, jadi harus disiasati. Bumbu kacang yang ada pada Lotek, disukai oleh anak-anak karena mereka juga suka makan lontong atau somay dengan bumbu kacang.

Berikut ini bahan-bahan membuat Lotek SO GOOD Chicken Nugget Original ala Nenek:
4 buah kentang mini
1 ikat kangkung
1 ikat selada
¼ kg tauge
1 buah labu siam
2 buah cabai merah
¼ kg kacang tanah
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
1 ruas kencur
2 siung bawang putih
½ gelas air putih matang
SO GOOD Chicken Nugget secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara Memasak
Kukus semua sayuran.
Rebus dulu kentang mini hingga setengah matang.
Goreng kacang tanah.
Siapkan ulekan. Ulek bawang putih, kencur, cabai, gula merah, dan kacang tanah yang sudah digoreng.
Kupas kentang mini, lalu ulek bersama bumbu-bumbu.
Tambahkan air matang setengah gelas ke dalam bumbu.
Masukkan sayuran ke dalam bumbu, lalu aduk dengan merata.
Goreng SO GOOD Chicken Nugget Original di dalam minyak panas sampai keemasan.

Susun Lotek dan SO GOOD Chicken Nugget Original di atas piring. Taburi dengan bawang goreng. Sederhana saja kan masakan rumah saat Ramadan ini dengan SO GOOD Chicken Nugget Original yang kaya protein.

Lotek SO GOOD Chicken Nugget Original

Pentingnya Protein saat Berpuasa
Sekarang saya mau membahas soal pentingnya protein saat berpuasa. Sudah tahu belum kalau protein bisa bikin kenyang lebih lama? Jadi, menurut pakar gizi, protein itu salah satu bahan makronutrien yang berperan untuk membentuk biomolekul dari sumber energi. Protein juga lebih lama diolah oleh organ pencernaan. Saat sahur, sebaiknya kita banyak makan makanan yang mengandung protein agar bisa kenyang lebih lama.

Protein itu ada dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bisa kita dapatkan dari daging sapi, daging ayam, telur, dan ikan. Sedangkan protein nabati dari kacang-kacangan, tempe, tahu, dan lain-lain. Saat sahur juga sebaiknya kita banyak makan sayuran dan buah karena kandungan seratnya lebih lama dicerna tubuh. Otomatis bikin kita kenyang lebih lama dong. Sama seperti protein.

Lotek SO GOOD Chicken Nugget Original ini sudah komplit sekali mengandung protein hewani, nabati, dan sayuran. Rasanya juga disukai oleh semua anggota keluarga sehingga sekali dibuat langsung habis. Kami sekeluarga bisa kenyang seharian walaupun siang hari masih jalan-jalan ke mall mencari baju lebaran. Anak-anak tetap bertahan puasa sampai Magrib karena kandungan protein dalam makanan saat sahur membuat kami kenyang lebih lama.



Tonton cara membuatnya di channel Youtube saya ya:


14 comments:

  1. hmmm ...

    pasti enak dan baunya sedapppp pas udah disajikan di meja makan..

    sungguh So good salah satu teman bunda dalam memasak di dapur hehehe..

    terima kasih tips masak nuggetnya ya kakak

    ReplyDelete
  2. Simpel banget ya..cara bikin koreknya..hmmmm lebih lezat pake nugget...

    ReplyDelete
  3. Wah kalau ngulek kacang bisa agak siangan, nanti sahur atau buka tinggal tuang aja di kasih Air panas . Jarang soalnya yang jual gado gado pas puasa.

    ReplyDelete
  4. Miss jadi ingat masakan sepupunya Duo none yang Pinter bikin lotek. Sampai ia jualan lotek, laris manis.

    ReplyDelete
  5. kreatif banget mbak leyla bikin lotek pun bisa pakai chicken nugget

    ReplyDelete
  6. Menarik nih lotek pakai chicken nugget :D

    ReplyDelete
  7. so good chickennya menggoda sekali bikin ngiler deh :)

    ReplyDelete
  8. Udah lama ga nemuin yg jualan lotek. Bisa kali ya bikin ala rumahan, save dulu deh resep2nya

    ReplyDelete
  9. Endeusss! Menu komplit sayuran lotek diberi protein dari so good. Btw, lotek itu seperti Gado-gado?

    ReplyDelete
  10. yang masak So Good pinter-pinter amat, jadi lapar lihatnya. lotek itu belinya dimana, mau masak males, takut ngk enak. nunggu dikasih sama mba leyla aja deh

    ReplyDelete
  11. Mamaku nih dulu suka banget bikin lotek, sekarang udah jarang. Jadi pengen bikin euuyy

    ReplyDelete
  12. Duuh loteknya jadi bikin aku kangen waktu jaman kuliah dulu, sering banget beli lotek deket kampus dan kost2an. Aku dah liat videonya keren mbak..jadi bikin ngiler hehehe.

    ReplyDelete
  13. Pertama kali nyobain lotek itu pas pernah tinggal di Padang sebentar. Buat saya ini makanan yang enak banget, tapi belum pernah nyoba bikin. Tertanya pakai kencur juga ya. Dicampur nugget So Good pastinya loteknya jadi makin enak :)

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen nyobain lotek nugget buatan mba leyla deh. Mumpung masih lebaran nih main kerumah mba leyla ahh

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...