Saturday, June 9, 2018

Paket Perawatan Kulit Wajah Berjerawat dan Rambut Berketombe dari Erha



Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang halus dan mulus tanpa noda. Sayangnya, tidak semua wanita bisa mendapatkannya. Contohnya saya. Jerawat menjadi musuh besar saya sejak remaja. Seingat saya, wajah saya mulai berjerawat saat duduk di kelas 1 SMA. Awalnya, jerawat itu tidak begitu mengganggu karena bisa dihilangkan dengan masker dan obat jerawat. Lama-lama, jerawat itu seperti kebal. Obat dan masker jerawat yang dulu tidak lagi mempan.


Kini, meskipun usia saya sudah 36 tahun yang katanya kadar minyak di wajah sudah berkurang. Kenyataannya, jerawat masih setia menghinggapi. Beberapa penyebab mengapa jerawat di wajah saya sulit dihilangkan, diantaranya sebagai berikut:

Faktor Genetik
Saya menyadari bahwa faktor genetik ini berperan besar pada munculnya jerawat-jerawat yang menyebalkan ini. Ayah saya sewaktu mudanya juga berjerawat sehingga wajahnya dihiasi dengan parutan bekas jerawat. Begitu juga dengan om dan tante saya, yaitu adik-adik dari ayah saya. Makanya saya merasa akrab dengan jerawat ini karena hampir semua anggota keluarga dari ayah saya memiliki wajah yang berjerawat.

Wajah Berminyak dan Pori-pori Besar

Sejak kelas 1 SMA dan mengalami menstruasi, wajah saya menjadi berminyak. Kadar minyak berlebih itu membuat kotoran mudah menempel dan menyebabkan jerawat. Ditambah lagi dengan pori-pori kulit yang besar, kotoran pun terperangkap di dalam pori-pori dan bercampur dengan kadar minyak di wajah sehingga menggumpal menjadi sebum dan komedo. Jika didiamkan, komedo itu menjadi jerawat. Rasanya tak cukup membersihkan wajah 2 kali sehari, karena kadar minyak di wajah hanya hilang sebentar.

Sering Memencet Komedo

Ini kebiasaan sejak SMA juga, ketika tangan saya gatal melihat komedo-komedo bermunculan di wajah. Bermula dari iseng mencoba mengeluarkan komedo itu, saya malah jadi ketagihan karena bisa menjadi salah satu sarana mengisi waktu luang hehehe…. Akibat kebiasaan ini, komedo malah semakin meradang dan menjadi jerawat yang besar, merah, dan bernanah. Bahkan, kulit saya jadi berbekas karena lubang yang tercipta setelah komedo dikeluarkan itu tidak bisa kembali menutup.

Suka Makanan Berlemak dan Berminyak
Kebiasaan makan saya juga tidak bagus, karena dulu saya jarang makan sayur dan buah. Sebaliknya, saya suka makanan pedas, gorengan, dan semua makanan berminyak yang sudah tentu berpengaruh juga pada kesehatan kulit. Makanan berminyak juga memicu timbulnya jerawat. Sekarang, saya mencoba untuk rajin makan sayur dan buah agar kulit lebih segar dan mengurangi kadar minyak di wajah.

Malas Membersihkan Wajah
Sebenarnya saya membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari dengan menggunakan Facial Wash atau sabun pembersih wajah. Saya menyadari bahwa itu tidak cukup. Sebab, walaupun saya sudah membersihkan wajah, jerawat tetap saja muncul. Kesibukan mengurus rumah dan melakukan pekerjaan sampingan sebagai penulis dan blogger membuat saya tidak sempat melakukan perawatan ekstra seperti menggunakan peeling wajah dan maskeran.

Jerawat dan bekas jerawat di pipi

Ada kalanya saya rajin melakukannya dan jerawat tidak muncul, tapi belakangan ini dengan padatnya pekerjaan, saya mulai malas lagi. Minimal saya sudah membersihkan wajah dengan Facial Wash. Nyatanya, saat ini wajah saya kembali ditumbuhi jerawat karena Facial Wash yang saya gunakan tidak efektif membersihkan dan mencegah jerawat. Belum lagi saya sering bepergian dan menggunakan make up, yang membuat wajah semakin membutuhkan pembersihan optimal tapi saya tidak melakukannya.

Faktor Hormonal
Faktor hormonal juga berpengaruh di mana hormon saya tidak stabil saat sedang menstruasi dan hamil. Setiap menjelang menstruasi, pasti wajah saya berjerawat. Begitu juga saat hamil dulu. Wajah saya mengalami jerawat yang sangat parah sampai saya malas menatap cermin. Saya hamil 3 kali dan 3 kali pula wajah saya terlihat sangat buruk. Kini, bekas jerawat itu masih ada di wajah saya.

Penggunaan Moisturizer yang Tidak Tepat
Wajah yang berjerawat itu katanya sih sudah tidak perlu lagi menggunakan pelembap wajah karena sudah lembap. Pelembap wajah justru akan membuat wajah semakin berminyak. Akan tetapi, di usia yang sudah 36 tahun ini, saya perlu menggunakan pelembap wajah karena kandungan collagen di kulit sudah berkurang. Masalahnya, kalau pelembap yang saya gunakan tidak tepat, saya jadi berjerawat. Serba salah ya?

Setidaknya, itulah beberapa penyebab mengapa jerawat suka tumbuh di wajah saya dan bekasnya sulit dihilangkan. Selain masalah jerawat, saya juga mengalami masalah pada rambut. Sebagai seorang hijaber atau pemakai hijab, rambut saya memang lebih banyak tertutup hijab. Belakangan ini, saya mengalami ketombean yang cukup parah dan sangat menganggu. Mengapa? Ya, karena ketombe itu sangat gatal dan membuat saya sulit fokus saat beraktivitas karena harus menggaruk kepala.

Ada beberapa penyebab mengapa rambut saya berketombe:

Malas Mengeringkan Rambut setelah Keramas
Saya ini paling malas mengeringkan rambut setelah keramas. Saya membiarkan rambut tersebut kering dengan sendirinya. Padahal, kadang-kadang setelah keramas itu saya harus langsung bepergian. Alhasil, rambut saya yang basah harus langsung ditutup dengan hijab dan menjadi lembap. Kelembapan itu membuat kulit kepala tidak sehat dan ditumbuhi ketombe.

Jarang Keramas
Nah, ini dia kebiasaan buruk yang sering dikritik suami saya, hahaha… Saya suka malas keramas. Biasanya, saya keramas kalau rambut sudah terasa berminyak dan kotor. Itu memang sangat buruk. Seharusnya saya rajin membersihkan rambut. Berhubung saya malas mengeringkannya sehabis keramas, saya jadi malas keramas juga.

Mudah Berkeringat
Aktivitas saya sehari-hari sangat padat karena saya mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri, belum ditambah dengan pekerjaan sampingan. Otomatis, kulit kepala saya pun banyak berkeringat. Keringat di rambut tersebut membuat rambut mudah kotor. Harusnya sih kalau kepala sudah berkeringat begitu, saya membersihkannya dengan shampoo. Nyatanya, saya suka menundanya. Ya sudah deh, ketombe pun dengan jeleknya tumbuh di kulit kepala saya.

Selain berketombe, rambut saya juga mudah rontok. Suami sampai sering protes karena rambut yang rontok itu memampatkan saluran pembuangan di kamar mandi. Saya jadi harus memungutinya setelah berkeramas supaya tidak menghalangi jalannya air. Rambut saya pun jadi tipis karena sering rontok. Sepertinya rambut saya mulai sering rontok setelah melahirkan.

Untuk mengatasi permasalahan kulit dan rambut tersebut, suami saya pernah menyarankan supaya saya mendatangi klinik kecantikan saja seperti Erha Clinic. Beberapa waktu lalu saya membaca postingan Instagram seorang @lylaandalucia, selebgram yang memperkenalkan paket perawatan wajah dan kulit dari ERHA. 

Instagram @lylaandalucia

Menariknya, paket perawatan wajah dan kulit itu bisa dibeli tanpa resep dokter. Waw, saya tertarik dong. Saya tinggal menyebutkan saja permasalahan wajah dan rambut yang saya alami, kemudian saya akan diberikan rekomendasi produk Erha yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Saya bisa mendapatkan produk tersebut di pusat-pusat perbelanjaan seluruh Indonesia,  cabang-cabang Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Derma Center. 


Jadi begini, ERHA memiliki rangkaian produk Over The Counter (OTC) yang dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter dan bisa digunakan untuk sehari-hari.  Rangkaian produk OTC ini dihadirkan dalam konsep ERHA APOTHECARY.

Erha Apothecary. Foto: Erha

Ada 11 Personalized Category yang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan permasalahan kulit kita.  Nah, kalau kita membelinya di  setiap cabang ERHA APOTHECARY, disediakan juga konsultasi dengan tenaga ahli dan dokter agar dapat mengetahui permasalahan kulit dan rambut kita supaya bisa disarankan produk yang cocok untuk kita.  

Produk OTC ERHA ini sudah dermatologist formularies, yang diformulasikan oleh para dermatolog bekerja sama dengan para scientist, formulator, dan pharmacist. Jangan khawatir juga karena sebelum produk ini diluncurkan, ERHA juga melakukan uji klinis yang dilakukan oleh badan riset terpercaya terhadap setiap produknya. 

Jadi, insya Allah produk OTC ERHA ini dipastikan aman dan mengandung formula yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit wajah dan rambut kita.

Alhamdulillah, saya akan mencoba paket perawatan wajah dan rambut dari ERHA yang sesuai dengan permasalahan saya. Sebelumnya, saya perkenalkan dulu ya apa saja produknya:

Erha21 Acne Care Lab ACSBP
Yaitu Acne Cleanser Scrub Beta Plus with Salicylic Acid and Sulphur. Ini adalah facial scrub atau pembersih wajah dengan scrub yang lembut. Mengandung Salicylic Acid untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Kandungan Sulphurnya berfungsi sebagai anti acne agar wajah bebas jerawat dan segar.


Erha21 Acne Care Lab Clarifying Gel
Berfungsi untuk mengurangi kadar minyak di wajah. Mengandung Salicylic Acid, Nacinamide, dan AHA Complex. Ini nanti digunakan setelah wajah dibersihkan dengan Facial Scrub. Dioleskan ke wajah yang berjerawat, dibiarkan hingga kering, dan jangan dibilas.

Erha21 Truwhite Activator Day Cream
Ini adalah krim yang digunakan pada pagi sampai sore hari. Mengandung Active Whitening System dan Sunscreen SPF 25 PA++. Tyrosinase Inhibitor dan Niacinamide yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menghambat pigmentasi berlebih. Ada juga kandungan Oil Absorbance yang dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah. Jadi, ini diklaim aman untuk wajah berjerawat.

Sebagai seorang wanita yang juga aktif berkegiatan di luar rumah, saya memang sudah seharusnya menggunakan krim siang ini. Saya berharap krim siang dari Erha ini cocok untuk kulit saya yang berjerawat. Jadi, wajah saya tetap terlindungi dari sinar matahari, tapi juga terhindar dari jerawat. Seperti yang saya sebutkan di atas, wajah yang berjerawat harus berhati-hati memilih pelembap wajah. Krim siang ini juga mengandung moisturizer untuk melembapkan wajah tapi tidak membuat wajah berminyak.


Erha21 Truwhite Activator Night Cream
Krim malam juga wajib digunakan untuk regenerasi kulit, terutama untuk wanita dengan usia 35 tahun lebih seperti saya ini. Krim mala mini mengandung Arbutin, Vitamin C, Cromabright MFF, dan TegoCosmo C 250 yang berfungsi sebagai whitening complex untuk mencerahkan kulit. Ditambah lagi dengan kandungan Glycosphere Papain untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah wajah kusam.

Erhair Scalp Care Shampoo for Dandruff & Scalp Problem
Nah, ini dia shampoo dari Erha yang katanya dapat menghilangkan ketombe dan mencegah kerontokan rambut. Mengandung Climbazole, Piroctone Olamine, Aloe Vera, dan Pro Vit B5. Saya akan menggunakannya untuk membuktikan benarkah ketombe di rambut saya akan lenyap setelah menggunakan shampoo ini.



Erhair Hair Loss Tonic
Ini adalah hair tonic dari Erha yang bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rontok. Digunakan setelah keramas dalam keadaan rambut yang sudah setengah kering dan tidak usah dibilas lagi. Mengandung vitamin, mineral, dan asam amino untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Diformulasikan juga dari Kopexil dan Extrak Panax Ginseng untuk merawat kekuatan rambut.

Saya akan mencoba ke semua produk di atas selama kurang lebih satu bulan. Setelah itu, saya akan menulis ulasannya di blog ini. Apakah benar produk perawatan wajah dan rambut dari Erha akan membantu mengatasi permasalahan saya seperti di atas? Tunggu ya ulasannya nanti.

ERHA sendiri adalah klinik kecantikan yang sudah lama berdiri di Indonesia digagas oleh dr. Ronny Handoko, SpKK(K) melalui praktek pribadi di tahun 1999. Klinik ERHA yang pertama didirikan di Kemanggisan Jakarta tahun 1999. 

Kini, Erha sudah memiliki 90 Cabang di 39 Kota. Jadi pastinya mudah sekali ya menemukan klinik Erha. Rencananya akan menjadi 100 cabang di akhir tahun 2018 ini. 

Simak unboxing paket perawatan kulit wajah berjerawat dan rambut berketombe dari Erha di channel youtube saya: 


Informasi lebih lanjut mengenai Erha bisa dilihat di: 

www.erha.co.id
Instagram: @erha.dermatology

24 comments:

  1. Kuat mulai dari akar rambut. Makin sering di pakai makin sehat

    ReplyDelete
  2. Bisa buat cowok enggak ya, bekas jerawat di wajah suami semoga bisa nipis kalau pakai ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mba. Gak ada tulisannya di kemasan kalau produk ini hanya boleh utk cewek 😙

      Delete
  3. yang soal males keramas kok aku kesentil haha. apalagi kalau 24 jam di rumah ya mba haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ya karena kita sering di rumah, jadi males keramas

      Delete
  4. Alhamdulillah rambutku ga berketombe tapi rontok parah. Perlu coba hair tonic dari erha. Thank you infonya

    ReplyDelete
  5. Coba juga ah. Rambutku rontok oarah soalnya.

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget ya produk perawatan kecantikannya. Dan kualitasnya pun terbilang bagus

    ReplyDelete
  7. Aku pakai growth serum rambut erha mbak waktu rontoh parah pas menyusui dan beneran cepat numbuh rambut baru. Hihii. Sekarang lagi pakai eye serum nya karena udah mulai ada kantung mata :(

    ReplyDelete
  8. Aku juga pake mba. Tapi untuk yag wajah aja. Bagus banget produknya emang

    ReplyDelete
  9. Produk yang paling bagus yang mana mba? Udah coba semua kah?

    ReplyDelete
  10. aku udah lama banget mbak pakai erha, sejauh ini paling ampuh menaklukann jerawat

    ReplyDelete
  11. Paket perawatan Erha lengkap banget ya. Aku kayaknya butuh buat pemeliharaan rambutku nih mba

    ReplyDelete
  12. Oh oh sepertinya aku pun jerawatan karena faktor keturunan, alm ayah juga jerawataan waktu mudanya. Semoga cocok kalau pake Erha ini

    ReplyDelete
  13. Aku juga problemnya sama dari masa puber. Berminyak, pori besar, dan berjerawat. Harus ekstra perawatan dan gak boleh males bebersih wajah yak biar ga makin parah masalah kulitnya

    ReplyDelete
  14. Paket perawatan wajah dan rambut Erha lengkap nih. Penasaran harganya berapa ya? Hihihi. Aku juga berminyak nih kulit wajah sejak remaja. Kadang males membersihkannya. Itu dia yg bisa bikin muncul jerawat ya. Jera merawat wajah hehehe.. Kepoin dulu ah siapa tau cocok. Tq infonya mbak Leyla ��

    ReplyDelete
  15. Aku smpet pake rangkaian wajahnya mba, tapi skarang pake anti agingnya sja

    ReplyDelete
  16. Papih udah gak bisa waktu ke Erha udah telat kebotakannya haha atau kalau bisa cangkok dan mihil haha. Tapi temenku bisa kebotakan dini krna bukan hormonal sih. Awalnya aku agak gimana gtu liatcowo yang ke erha kirain gimana gimana ekh gak taunya masalah botak. Tapi banyak jiga yang kinclong karena hari gini banyak cowo lebih mulus.

    ReplyDelete
  17. Hahaha.. kebiasaan sama tuh males berkeramas. Memang seharusnya tiap hari atau minimal 2 hari sekali keramas ya.

    ReplyDelete
  18. Baru tau klo erha bisa perawatan rambut karena selama ini banyak orang ke erha rata-rata untuk mengatasi jerawat dan perawatan wajah lainnya

    ReplyDelete
  19. Udah keliatan belum perubahannya? Ini aku seneng sama shamponya nih, moga2 bisa mengatasi masalah rambutku. Jd pengen ke Erha buat perawatan yg lbh intensif.

    ReplyDelete
  20. Lengkap juga nih Erha, ada produk perawatan untuk kulit dan rambut. Selain itu produknya bisa langsung beli tanpa resep dokter.

    ReplyDelete
  21. Lengkap dan bagus ya produknya, klo sudah paska hamil mau coba ah biar tambah cling

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...