Monday, June 11, 2018

Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan

Talkshow BPJS Kesehatan

Assalamualaikum. Alhamdulillah saat ini saya sudah ada di kampung halaman suami di Garut, alias sudah mudik. Sengaja berangkat lebih awal dari puncak arus mudik supaya perjalanannya lancar dan tidak kena macet. Kalau sudah macet, wuih bisa 12 jam di jalan padahal cuma Bogor-Garut. Kalau lancar, hanya 5 jam. 


Mudik itu sebenarnya sesuatu yang mulia, karena kita akan bersilaturahim dengan keluarga besar yang bisa jadi hanya setahun sekali. Tak heran kalau sebagian besar warga Indonesia bersikeras berangkat mudik menjelang dan setelah lebaran untuk memanfaatkan momen lebaran itu agar dapat berjumpa dengan sanak saudara yang hanya bisa setahun sekali bertemu. 

Namun, ada kalanya kita mengalami gangguan kesehatan di saat mudik. Misalnya saja kalau kita kena macet di jalan, lalu kecapaian dan akhirnya sakit. Saya sendiri sudah pernah mengalami sakit saat mudik. Begitu juga anggota keluarga yang lain. Iya, saya pernah sakit saat lebaran. Hari Lebaran, saya masih bisa merayakannya. Hari kedua, langsung menginap di rumah sakit. 

Namanya juga sakit kan nggak ada yang tahu kapan datangnya. Lalu, bagaimana membayar biaya rumah sakit kalau selama ini kita bergantung pada BPJS Kesehatan? Bukannya BPJS Kesehatan itu hanya bisa digunakan di Fasilitas Kesehatan tempat kita mendaftar, yaitu di sekitar domisili rumah kita? 

Tentu nggak enak dong keluar uang di saat lebaran karena kebutuhan lain juga melonjak. Alhamdulillah, ini kabar baik untuk kita semua. Perlu diingat bahwa, saat mau berangkat mudik: Jangan Lupa Membawa Kartu BPJS Kesehatan! 
Walah, buat apa dibawa-bawa? Memangnya terpakai di tempat mudik? Hm, kalau nggak mau repot bawa kartu BPJS Kesehatan, coba unduh saja Mobile JKN di Playstore dan masukkan nomor BPJS-nya. Jadi nanti tinggal tunjukkan saja kartu digitalnya. Saya sudah unduh juga lho, karena kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk cetaknya terselip entah di mana.

Unduh Mobile JKN

Tapi, buat apa kita tetap membawa kartu BPJS Kesehatan selama mudik? Ya untuk dipakai dong. Tanggal 4 Juni 2018 minggu lalu di The Hook, saya mendapatkan informasi dari Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari dalam Konferensi Pers bertema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan." 

Ibu Andayani

Ini dia nih kebijakan terbaru BPJS Kesehatan yang bikin kita bernapas lega. Kini, pada H-8 sampai H+8, kartu BPJS Kesehatan dapat digunakan juga di tempat mudik. Tentunya sesuai prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 

Para pemudik yang kebetulan sakit saat mudik, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FTKP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan meskipun tidak terdaftar di FTKP tersebut. Ingat ya, ketentuan ini hanya berlaku mulai H-8 dan H+8. Jadi, kalau melewati periode itu ya tidak berlaku lagi. 

Pelayanan Khusus BPJS Kesehatan selama libur lebaran

Pelayanan kesehatan selama periode itu tidak dikenakan biaya. Kewajiban melayani peserta luar wilayah di hari libur lebaran ini juga berlaku bagi FTKP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang menerima BPJS Kesehatan. Dalam kondisi darurat, yaitu bila tidak ada FTKP yang bisa memberikan pelayanan di hari libur lebaran atau peserta butuh pelayanan di luar jam buka FTKP, maka peserta JKN KIS dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar. 

Jenis Pelayanan Khusus selama Mudik

"Pelayanan tersebut hanya berlaku untuk peserta JKN KIS dengan status kepesertaan aktif. Jadi pastikan Anda sudah melunasi iuran BPJS Kesehatan sebelum berangkat mudik," imbau Andayani.

Nah, buat yang masih menunggak iuran BPJS Kesehatan, segera dilunasi. Kita kan tak pernah tahu kapan kita sakit. Daripada biaya kesehatan menggerus biaya jalan-jalan di hari lebaran, lebih baik membayar iuran BPJS Kesehatan secara rutin. 

Untuk mengecek apakah kita sudah membayar iuran, bisa dilakukan di aplikasi Mobile JKN. Jadi mendingan lekas unduh juga aplikasinya karena akan mempermudah semua informasi berkenaan dengan BPJS Kesehatan. Kita juga bisa mengetahui fasilitas kesehatan mana saja yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di tempat mudik kita. 

Selain itu, unduh juga aplikasi Mudik BPJS Kesehatan di Playstore untuk android karena memuat telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info, tips, lokasi penting, dan media sosial BPJS Kesehatan. 


Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan

Termasuk di antaranya kita bisa mengetahui info lokasi Posko Mudik BPJS Kesehatan. Iyap, BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik di 8 titik padat pemudik yaitu di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rrsy Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten. 

Posko Mudik itu akan digelar dari tanggal 9-14 Juni 2018 dan menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, dan pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada pemudik. Wah asik juga nih bisa mampir posko mudik kalau pusing-pusing atau minta dipijat hehe....

Jika membutuhkan informasi lagi, selama 24 jam termasuk di hari minggu dan libur, kita bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400. Layanannya meliputi: pengaduan, administrasi peserta JKN KIS, konsultasi kesehatan, pendaftaran peserta, pendaftaran bayi baru lahir untuk anak pertama sampai ketiga, serta perhitungan denda kalau terlambat membayar iuran. 

Kontak BPJS Kesehatan

Daaaan... kantor cabang BPJS Kesehatan tertentu akan tetap beroperasi pada tanggal 11-14 dan 18-20 Juni dari pukum 08.00 -12.00. 
Buat teman-teman yang akan mudik, semoga sehat dan selamat sampai kembali lagi ke rumah yaaa.... 

6 comments:

  1. Cobain apa ya, kebetulan besok aku mudik, dan ini main dulu kesini lah..he

    ReplyDelete
  2. BPJS kesehatan juga lagi sibuk2nya mempersiapkan antisipasi membludaknya pasien karena arus mudik/balik.. :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah membantu sekali ya kalau BPJS bisa digunakan saat mudik. Tapi semoga keluarga kita diberikan kesehatan selalu ya. Aamin

    ReplyDelete
  4. Sejak jadi peserta JKN hidup jadi lebih tenang, apalagi udah merasakan manfaatnya yang gede banget pas Pewe sakit tahun kemarin. Pokoknya kartu KIS mesti dan wajib dibawa ke mana pun deh buat berjaga-jaga

    ReplyDelete
  5. Praktis ya sudah ada aplikasinya :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...