Monday, July 9, 2018

7 Senjata Blogger Event, Nomor 5 Jangan Sampai Ketinggalan



Hidup terus mengalami perubahan. Kalau dulu saya jarang ke luar rumah jauh-jauh, sekarang minimal seminggu sekali saya mengikuti event blogger. Maksimal 3 kali seminggu, karena tahu diri juga kondisi tubuh tak bisa diforsir terus menerus. 

Saya salut kepada teman-teman blogger event yang hampir setiap hari mengikuti event. Apa sih Blogger Event? Itu cuma sebutan dari saya untuk blogger yang sering diundang menghadiri event, biasanya peluncuran produk dari sebuah brand atau merk.

Selain yang bersifat komersil, banyak juga event yang bersifat edukasi seperti yang diadakan oleh pemerintah dan lembaga sosial. Dulu, Blogger Event cukup dibayar dengan makan siang dan goodiebag. Sekarang mulai ada ongkos pengganti transport yang cukuplah untuk menutupi biaya transportasi plus sedikit sisa untuk belanja belanji. 

Itu karena untuk menjadi Blogger Event juga butuh modal yang tak sedikit. Apalagi seorang blogger tak bekerja dengan instansi atau perusahaan media mana pun, jadi tak ada yang menggaji. Kalau hanya dibayar dengan makan siang dan goodiebag, dari mana ongkos untuk berangkat ke event, beli pulsa supaya bisa update di media sosial, dan menghidupi keluarga? 

Tak sedikit lho Blogger Event yang mencari nafkah dari meliput kegiatan sponsor. Nah, berikut ini adalah 7 senjata Blogger Event yang harus dibawa setiap meliput event dari sponsor: 

Dresscode
Kadang-kadang ada sponsor yang meminta Blogger mengenakan baju dengan warna atau tema tertentu. Misalnya, Casual Red atau Gaun Putih. Pengalaman saya sih, sponsor brand kecantikan dan parenting dan paling sering mensyaratkan Dresscode ini. Itu kenapa Blogger Event juga butuh modal untuk membeli baju atau kerudung yang sesuai Dresscode. 

Kamera
Tak mau kalah dengan wartawan, Blogger Event juga sudah banyak yang dibekali dengan kamera canggih sehingga hasil fotonya lebih bagus. Jadi, kata siapa Blogger itu pekerjaan semau gue? Semakin profesional, tentu semakin tinggi bayarannya dong. 

Tape Recorder 
Alat perekam seperti tape recorder juga terkadang dibutuhkan jika materi yang disampaikan sangat panjang dan penting, sehingga perlu didengarkan lagi dengan sungguh-sungguh. Kalau hanya mengandalkan ingatan, boleh jadi lupa lagi setelah sampai di rumah. 

Kartu E-Money 
Alat transportasi yang digunakan oleh Blogger Event sebagian besar adalah kereta listrik, ojek online dan bus Transjakarta. Ada juga yang naik motor sendiri, tapi jarang yang naik mobil pribadi atau sewa mobil sendiri (kecuali patungan). Mengapa? Karena fee transport yang biasa disediakan oleh pengundang sering kali hanya cukup untuk naik ketiga moda transportasi di atas. Nah, untuk naik kereta dan bus transjakarta itu akan lebih praktis kalau memakai E-Money. 

Smartphone
Blogger Event tidak membawa smartphone? Bisa mati kutu deh saat meliput. Apa bedanya Blogger Event dan Wartawan? Ini yang sering ditanyakan oleh orang-orang awam. Bedanya adalah, Blogger Event melakukan update di media sosialnya masing-masing yang disebut juga promosi dari mulut ke mulut (Word of Mouth Marketing). Tapi tidak dengan wartawan. Mereka hanya menulis di media yang mempekerjakan mereka, tapi tidak melakukan update di media sosial pribadi. 

Itu mengapa, Blogger harus selalu membawa Smartphonenya. Biasanya pengundang meminta Blogger untuk update di 3 media sosial: Facebook, Instagram, dan Twitter mengenai kegiatan tersebut yang sudah tentu menyampaikan pesan sponsor. Blogger akan mengiklankan produk sponsor dengan nama pribadi. 

Powerbank
Ketersediaan daya Smartphone juga hal yang utama. Kalau baterainya habis, Blogger akan sulit melakukan pekerjaannya untuk update di media sosial. Jadi, Blogger juga seharusnya membawa dan memiliki Powerbank sebagai cadangan daya untuk smartphonenya. 

Kabel Charging 
Satu lagi nih yang penting untuk dibawa: kabel charging. Ya masa bawa Powerbank tapi kabel chargingnya tidak dibawa. Eh, tapi itu pernah dialami oleh temannya teman saya. 

Saat saya dan teman saya sudah dalam perjalanan pulang dari suatu event, teman saya baru ingat kalau kabel chargingnya terbawa oleh temannya. Jadi, temannya itu bawa powerbank tapi lupa bawa kabel chargingnya. 

Kabel itu baru akan dikembalikan esok hari karena mereka sudah terpisah jauh. Untungnya, teman saya memakai smartphone Xiaomi Redmi 3S yang baterainya awet meskipun sudah seharian belum perlu dichas. 

Memang, Smartphone Xiaomi terkenal awet baterainya. Selain itu, harganya juga bersahabat. Tak heran jika teman-teman blogger saya banyak yang memakai Xiaomi. Intinya, kalau sudah bawa powerbank, jangan lupa juga bawa kabel chargingnya. Kasihan kan kalau pinjam ke teman, lalu lupa mengembalikan karena ada beberapa tipe smartphone yang tidak bisa menggunakan kabel charging aspal (asli tapi palsu). 

Sebenarnya masih ada banyak lagi senjata Blogger Event yang perlu dibawa setiap meliput event. Yang pasti, jangan lupa jaga kesehatan dan jangan terlalu memforsir diri dengan mengikuti banyak event tapi akhirnya malah ambruk karena kelelahan. Belum lagi tugas menulis yang berderet-deret dan cara kerja Blogger tak secepat wartawan karena isi tulisannya sering kali harus ada sentuhan personalnya. 

Seperti saya ini sekarang sedang terkena flu karena kelelahan. Sudah dulu ya menulisnya. Byee....





13 comments:

  1. kalau saya, dresscode yang kadang suka bikin mati gaya nih. hihi. baru kepikiran juga soal tape recorder. biasanya saya mencatat bahan tulisan lewat tweet aja soalnya

    ReplyDelete
  2. Kalau saya tape recorder sama kamera jadi satu sama smartphone ya hehe

    ReplyDelete
  3. Sepertinya seru juga jadi blogger event ya, hehe

    ReplyDelete
  4. Wah terimakasih tipsnya, pingin jadi blogger event juga nih

    ReplyDelete
  5. Dresscode juga jadi hal yang penting ya, jangan sampai salah kostum hehehe

    ReplyDelete
  6. Kabel charging itu memang penting banget, kadang juga susah cari kabel charging yang sama.

    ReplyDelete
  7. Aku rekam suaranya pakai hp jadul, Mbak. Tapi ya tergantung acaranya juga sih, Mbak. Nggak selalu bawa.

    Ngomong2 soal HP Xiomi iya ya, itu harganya miring banget. Teman sejawat di sekolah banyak tuh yg pake merk ini.

    ReplyDelete
  8. Sekalinya datang event ga tau apa2 akhirnya HP metong hahhaa kelupaan bawa charger

    ReplyDelete
  9. Wah luar biasa ya ada yang datang ke event tiap hari :D

    ReplyDelete
  10. hikks, Kendari masih minim event.
    huaaa, jadi pengen coba punya HP Xiomi juga ini :D

    ReplyDelete
  11. benerrr buat event yang paling wajib itu adalah BAWA CHARGER! pernah banget kejebak di event dan lupa bawa charger...pulangnya bingung mau naik apa karena berangkatnya pake ojol hahaha. kalo tape recorder aku jarang pake (biasanya pake hp juga) tapi kalo lagi mager biasanya aku minta press release acara buat guide nulis (biasanya kalo pematerinya namanya panjang dan gelarnya banyak hehehe takut salah nulis)

    ReplyDelete
  12. nomor satu itu yaaaaa PR buat blogger yg rajin datang ke event, hari ini DC biru, besoknya biru pink, besoknya lagi pink biru XD saat ini buatku, hengfon masih number one banget buat kerja di dunia maya, yg lain bisa menyusul

    ReplyDelete
  13. Xiaomi Redmi emang bagus banget. Sudah harganya terjangkau, ram dan memori yang besar, fiturnya OK, batreinnya pun tahan lama. 😊

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...