Monday, July 30, 2018

Montessori Haus Asia: Pelatihan Montessori untuk Semua Orang Tua




Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Di usia emasnya, anak-anak membutuhkan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan otaknya. Sayangnya, orangtua banyak yang menginginkan hasil daripada menjalani prosesnya. 


Ada benturan juga antara perkembangan anak dan kurikulum di Sekolah Dasar. Walaupun pemerintah tidak menyarankan memberikan pendidikan membaca, menulis, dan berhitung untuk anak usia dini, tetapi kurikulum di sekolah kelas 1 SD mau tidak mau memaksa anak untuk sudah harus menguasai Calistung.

Akibatnya, anak-anak usia dini dipaksa untuk belajar Calistung dengan metode hapalan dan teori yang tak semua anak bisa menyerapnya dengan mudah. Anak usia dini semestinya belajar dengan memegang langsung obyeknya. Bukan semata membayangkan. Makanya, anak-anak perlu waktu lama untuk menerima konsep belajar secara teori. Misal, guru menyebutkan 1 + 1 = 2. 

Lain halnya jika proses belajar itu menggunakan benda-benda sebagai obyek. Anak-anak akan lebih mudah menyerap pembelajaran. Misal saat berhitung diberikan benda-benda untuk dihitung. Itu akan lebih mudah diserap oleh anak. Proses belajar semacam itulah yang disebut dengan metode Montessori, ditemukan oleh Maria Montessori. Akan tetapi, itu hanyalah salah satu dari konsep pembelajaran Montessori.

Sayangnya, beberapa sekolah yang menggunakan konsep Montessori ini menerapkan biaya pendidikan yang sangat mahal sehingga para orangtua pun ragu menyekolahkan anak mereka di sana. Oleh karena itulah, Montessori Haus Asia menciptakan program pendidikan Montessori untuk para guru dan orangtua agar mereka nantinya bisa mengajarkan anak-anak dengan biaya terjangkau. Orangtua bisa melakukan Montessori di rumah kepada anak-anaknya. 

Tanggal 22 Juli 2018, saya bersama Momblogger Community menghadiri workshop Montessori Made Simple oleh Montessori Haus Asia di Multivision Tower Kuningan Jakarta bersama Miss Rosa dan Mr. Allan. 

Sebelum acara dimulai, kami makan siang dulu dengan Ayam Gepuk Mpok Oneng. Pas sekali karena memang sudah jam makan siang, jam 12. Acaranya sendiri dimulai jam 1 siang. Ayam Gepuk Mpok Oneng ini sekilas terlihat sederhana karena isinya hanya nasi, ayam, lalapan, dan sambal. Tapi setelah dikunyah, nyaaam... tak terasa sudah habis dalam sekejap karena ayamnya empuk dan sambalnya mantap. 


Ayam Gepuk Mpok Oneng
Untuk minumannya, saya mendapatkan sebotol Oatmilk Matcha Moringa dari Toru. Ini tuh minuman kesehatan dengan biji-bijian oat yang memiliki serat larut dan unik bernama Beta-Glucan untuk menurunkan kolesterol jahat, gula, dan insulin dalam darah. Mengandung antioksidan untuk membantu menjaga dan menstabilkan berat badan. Sebotol ini harganya Rp 25.000 dan ada 5 rasa yaitu Honey Chia, Originial, Matcha Moringa, Arabica Blend dan Black Charcoal.


Saya minum yang Matcha Moringa dari daun kelor yang rasanya seperti dedaunan dan tidak terlalu manis. Walaupun rasa daun tapi tetap enak dinikmati. Khusus untuk area BSD, Alam Sutera, dan Gading Serpong min. Pembelian 5 botol FREE ONGKIR. Berminat? Cuss ke Instagram @toru.id

Setelah Ice Breaking dari Miss Rosa, kami mendapatkan pemaparan mengenai metode Montessori dari Mr. Allan Ang, pendiri Montessori Haus Asia Singapura. 

Allan Ang

Menurut metode Montessori, kehidupan dapat mendahului kita tetapi tetaplah penting untuk menghargai dan mengejar hal-hal yang kita sukai. Pengalaman saangatlah penting, dan Montessori adalah gaya hidup untuk memfasilitasi cara hidup ini. Pada dasarnya, Montessori adalah pelajaran dengan menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk melatih kemandirian anak. 

Peralatan Montessori

Memang, Montessori terlihat mahal dengan adanya fasilitas benda-benda pendukung itu. Tetapi, Montessori Haus Asia dengan #MontessoriMadeSimple akan mengajarkan para orangtua dan guru untuk menerapkan pembelajaran Montessori di mana saja. Sebab sebenarnya alat-alat Montessori itu dapat kita temukan di sekitar rumah.

Montessori memiliki 3 konsep penting yang berhubungan dengan lingkungan yaitu: 

Segala sesuatu yang ada di lingkungan memiliki nama.
Segala sesuatu yang ada di lingkungan memiliki kegunaan. 
Segala sesuatu yang ada di lingkungan memiliki tempat.

Montessori Haus Asia menyediakan Montessori for Everyone, berupa paket pelatihan Montessori untuk para orangtua, guru, sekolah, maupun pengusaha yang tertarik menggunakan metodologi Montessori. Jadi, di Montessori Haus Asia ini yang belajar adalah para orangtuanya ya Mom. Nanti orangtua yang akan mengajari anak-anaknya.

Ada 3 program pembelajaran Montessori di Montessori Haus Asia: 
  1. Professional Diploma in Early Years Montessori & Entrepreneurship.
  2. Professional Certificate in Earlt Years Montessori & Entrepreneurship.
  3. Certificate Basic Montessori. 
Montessori Haus Asia Indonesia atau Jakarta Montessori ini didirikan oleh Miss Rosa (Rosalyn) tahun 2017 dan dalam waktu 4 bulan telah memiliki 3 pusat pelatihan serta banyak kemitraan. Tertarik ingin belajar metode Montessori bersama Montessori Haus Asia? Langsung saja hubungi: 

PT Montessori Haus Asia Indonesia 
Multivision Tower 25th Floor 
Jl. Kuningan Mulia Lot 9B 
Jakarta Selatan.
Telp: 081398674378
IG: @montessorihausasia 

Miss Rosa juga mengajari cara berhitung dengan metode Montessori kepada para mom yang hadir. Ternyata memang lebih mudah berhitung dengan metode Montessori lho. Dijamin anak-anak cepat mengerti. Saya saja yang lelet mikir hitungan, bisa cepat paham dengan metode Montessori ini. Ah, andai dulu saya belajar pakai metode Montessori. 

Miss Rosa

Pulang dari acara ini, saya mendapatkan oleh-oleh Trial Box dari Game Montessori yang isinya ada 3 aktivitas yaitu Planting Green Beans, Life Cycle of Green Beans, dan Number Games. Anak-anak seru banget memainkannya di rumah walaupun untuk Planting Green Beans kebetulan sudah didapat di sekolah karena masuk kurikulum. Untuk Number Gamesnya sesuai untuk Salim yang sedang belajar angka-angka. 

Trial Box dari Game Montessori

Senangnya dapat Trial Box 

Isinya ada 3 aktivitas 

Belajar yang mana dulu ya?

Belajar Number Games 
Dengan adanya Trial Box ini, saya bisa belajar Montessori bersama anak yang ternyata memang aplikatif dan practikal banget. Anak tak hanya disuruh menghapalkan periode perkembangan kacang hijau, tapi langsung praktik menanamnya. Begitu juga dengan Number Games, anak melihat jumlah benda yang sesuai dengan angkanya.

Untuk para orangtua, manfaat metode montessori ini adalah:

Orangtua ikut aktif mendidik anak 
Banyak orangtua yang menyerahkan pendidikan anak 100% kepada guru dan sekolah. Bila orangtua mempraktekkan metode montessori ini di rumah, maka orangtua ikut terlibat mendidik anak.

Menguatkan ikatan anak dan orangtua
Dengan ikut mendidik anak, maka hubungan antara anak dan orangtua pun jadi lebih dekat. Interaksi antara anak dan orangtua semakin banyak dan meminimalisir risiko anak bermasalah, karena banyak anak yang bermasalah di lingkungan akibat tidak dekat dengan orangtua.

Orangtua mengetahui perkembangan anak
Sudah tentu dengan aktif terlibat, orangtua pun dapat mengetahui perkembangan anaknya secara langsung. Bidang-bidang pelajaran apa yang disukai anak dan yang tidak disukai anak (kurang dikuasai).

Dalam metode Montessori juga diajarkan bagaimana orangtua memposisikan dirinya di hadapan anak saat mengajari anak-anak yaitu berdiri sama rendah, sehingga orangtua harus berlutut saat berbicara dengan anak. Gunakan suara yang lembut dan tidak membentak-bentak. Jika anak dibentak, dia akan trauma dan tidak mau belajar.

Wow, ini PR sekali buat saya. Saya jadi ingin serius mempelajari metode Montessori ini supaya bisa mendidik anak dengan baik karena memang saya juga masih banyak kekurangan.

Saya juga mendapatkan cemilan sehat D’Granola, Healthy Food Partner yang katanya bisa bantu diet nih.  Rasa yang ada: 
Banana Rp. 50.000
Original Rp. 45.000
Cokelat Rp. 70.000
Cemilan ini bisa dibeli melalui instagram @healthy.food.partner atau melalui Shopee di account officialnya *healtyfoodpartner*.

D'Granola 

Terakhir, ada paket kecil dari Interlac yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Produk impor dari BioGaia Swedia ini adalah pemimpin pasar Probiotics. Interlac aman dikonsumsi bayi baru lahir hingga dewasa. Manfaatnya telah teruji di lebih dari 13.000 orang pada 160 uji klinis. Formulanya bebas laktosa dan cukup diminum 1x sehari. Informasi lebih lanjut, cuss ke www.interlac-probiotics.com

Interlac

Akhir kata, terimakasih untuk Momblogger Community dan Montessori Haus Asia yang telah berikan ilmu-ilmu baru tentang pendidikan anak. Saya berharap sekali bisa lebih dalam mempelajari tentang metode Montessori ini agar anak-anak bisa lebih mudah belajar tentang kehidupan dengan cara yang asyik.

Momblogger Community. Foto: MBC


57 comments:

  1. Keren banget ya buat mengajak anak bermain dan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kereen.. aku jadi pengen serius belajar ini

      Delete
  2. Alhamdulillah sekarang ada konsep montesorry dengan harga terjangkau, ya

    ReplyDelete
  3. Aku minat nih montesori tapi belum nyari bahan info yang lebih lagi, soalnya sibuk ngurusin anaknya, belum sempet googling atau baca buku.

    ReplyDelete
  4. Bener juga ya kalau ngitung benda konkrit dan bisa dipegang anak2 bakal lebih mudah nangkep :)

    ReplyDelete
  5. Memang sekarang banyak banget anak usia dini dikasih pelajaran calistung melulu, membosankan. Tetapi dengan metode Montessori ini anak belajar dari menyenangkan ya. Oleh-olehnya banyak juga ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Pokoke seneng deh kalo mainan montessori

      Delete
  6. Asiiik banget dapat trial box Montessori.. Jadi bisa dicoba-coba sama anak-anak di rumah ya mba El.. Aku pernah baca bukunya dan memang menarik ya Montessori ini.. Ada pelatihan Montessori buat orang tuanya juga ya di sana.. Biayanya berapa ya Mak El? Bisikin akuuu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas Profesor 19 juta Jeng tapi bisa dipake buat ngajarin beberapa anak kan hehe

      Delete
  7. Saya masih kurang ngeh nih ama montessori, tapi pengen belajar buat diterapkan ke bayi saya.
    Liat temen2 yang praktek kayaknya simple aja.
    Pakai benda yang ada di sekitar rumah pula

    ReplyDelete
  8. Tdnya aku sempat bingung Montrssory itu apa. Tempat pendidikankah atau apa. Namun setelah ada bbrp tulisan ttg montessori, aku jd tau klo montessori adalah sebuah metode pengajaran

    ReplyDelete
  9. Seruuu acaranya. aku pun jadi banyak belajar, ternyata banyak ya cara efektif untuk mengarahkan anak mencapai suatu pengetahuan..

    ReplyDelete
  10. Waah manfaat banget acaranya ya mbak, memang anak itu lebih mudah belajar dengan menggunakan alat peraga langsung nempel di otaknya😊

    ReplyDelete
  11. Mentossori ini metode baru ya mbak? Soalnya baru tau. Kerennya metode ini ada tempat belajarnya jg y mbak. Jadi buat ibu muda yg ingin belajar metode ini jadi bisa belajar

    ReplyDelete
  12. Aku tertarik sama minuman sehat dari daun kelor itu mbak. Jadi pengen beli nih. Hehehe.

    ReplyDelete
  13. Trial box-nya kesukaan anak2ku banget. Dimainin tiap hari haha. Itu jepitan kudu dijagain biar awet hihihi :D

    ReplyDelete
  14. Montessori metode yang pooukpo dan efektif ya. Anak belajar dengan tidak merasa harus mencapai target, karena belajarnya menyenangkan

    ReplyDelete
  15. Montessori metode yang populer, anak belajar tanpa dibebani target.
    Belajar dengan senang

    ReplyDelete
  16. Babam udah dari setahun sih dikenalin Montessori dirumah disekolah sampai sekarang pindah ke Depok betahnya di sekolah dengan Montessori

    ReplyDelete
  17. Bagus banget ya ilmunya buat kita para ortu. Bisa diterapkan ke anak

    ReplyDelete
  18. Bagus juga ya konsep pembelajaran di Montessori hal ini bisa lo ditiru dirumah kita diterapkan pada anak-anak di rumah pasti keren keluarga kita

    ReplyDelete
  19. Anak bahagia dan menyenangkan saat belajar. Apalagi sikap bunda membuat anak cepat nangkep .

    ReplyDelete
  20. Kemarin dikasih tahu bagaimana membuat jadwal atau agenda per harinya nggak Mbak? Kalau saya jujur di konsistensi itu masalahnya. Kumpulan ide kegiatan udah banyak. Tapi sering nggak konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dikasih tau. Harus daftar dulu pelatihannya hehe

      Delete
  21. Wah pasti banyak sekali ya ilmunya yang diambil ketika datang ke sana, melebihin apa yang dituliskan. Keren. Aku suka montessori mba dan suka konsepnya. Berharap punya banyak alat peraganya hahaha

    ReplyDelete
  22. Wah, selain dapat wawasan baru tentang montessori, ditambah pula asupan enak makanan ayam gepuk dan Matcha Moringa. Pasti semangat nih ikutan acaranya

    ReplyDelete
  23. menyenangkan bangettt ini pasti acaranya. nggak pake bosen. anak2 juga pasti antusias belajar sambil bermain gini

    ReplyDelete
  24. wah pengin ikutan acara seperti ini
    bagus banget ya sepertinya
    apalagi saya punya anak yang baru berumur 6 tahun
    itu abang dan adik senang banget ya dapat paket trialnya
    pasti seru tuh praktek langsung

    ReplyDelete
  25. Waah enak yaa mba kalo punya 'objek' buat dipraktikkan metode montessori sevara langsung hehe kalo Ahnaf masih tahap sensory play nih :D

    ReplyDelete
  26. Trial boxnya simple, tapi sangat mempengaruhi belajar montessori anak-anak. Aku belum coba tuh yg biji kacang hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo biji kacang ijo udah diajarin di sekolah anak2ku

      Delete
  27. Jamannya Mada bayik dan batita sering bebikinan montessori, bagus buat stimulasi anak.

    Btw, sering makan sayur daun kelor tapi belum nyobain versi minumannya, enak kayaknya.

    ReplyDelete
  28. Duh, itu ada eykeh kejepret juga di foto saat miss rosa ngajarin berhitung loh, muahahahaha. Montessori ini memang bikin penasaran ya, filosofinya indah dan aplikatif banget

    ReplyDelete
  29. Betul mba dilem ya, kurikulum di awal sekolah dasar secara tidak langsung memaksa anak untuk siap calistung di usia dini atau pra sekolah. Jadi orangtua zaman now kudu smart tingkat dewa.

    ReplyDelete
  30. Busui lihat Granola langsung komat-kamit pengen juga euy. Duh mamak gagal fokus nih. Tapi menarik juga yaa mencari tau lebih banyak tentang metode Montessori ini.

    ReplyDelete
  31. Hihi seruu banget langsung main trial box! :D

    ReplyDelete
  32. Ternyata ada pelatihannya ya. Selama ini aku cuma belajar otodidak dari google.

    ReplyDelete
  33. Aku kok malah membayangkan ibu-ibu di event itu belajar gaya Montessori sambil ngitung oatmilk dan kacang-kacangan yang ada di meja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha oatmilknya udah diminum sebelum acara

      Delete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...