Wednesday, August 1, 2018

BPJS Ajak Peserta JKN-KIS Ikuti Senam Sehat Kolosal 18.8.18



Hari minggu pagi, apa yang Anda lakukan?Tidur sampai siang dan bermalas-malasan? Mumpung hari Minggu dan libur kerja atau sekolah. Padahal, kita bisa manfaatkan waktu di pagi hari saat libur itu dengan... olahraga! Kalau hari biasa kan sulit. Makanya manfaatkan hari libur.


Seperti hari Minggu kemarin di tanggal 29 Juli 2018, saya berangkat ke Monas setelah salat Subuh untuk mengikuti senam sehat kolosal 18.8.18 yang diadakan oleh BPJS Kesehatan. Setidaknya 2 kali sebulan saya luangkan waktu untuk ikut senam massal begini karena lebih seru kalau dilakukan bareng-bareng. Selebihnya ya olahraga di rumah. 

Monas 

Berolahraga adalah salah satu cara mudah dan murah untuk sehat. Mengapa? Karena ikut senam di Monas kemarin gratis tis. Nggak bayar sama sekali. Olahraga di rumah juga gratis, tinggal lihat VCD senam atau panduan senam di Youtube. Memperbanyak aktivitas fisik dapat mengurangi risiko terserang penyakit seperti kanker, diabetes, stroke, dan lain-lain.

Nah, senam sehat kolosal 18.8.18 yang diadakan oleh BPJS Kesehatan di Monas kemarin itu dalam rangka menyambut Asian Games XVIII dan merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50. Tak tanggung-tanggung, peserta yang ikutan berjumlah 18.818 orang mulai dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, fasilitas kesehatan, mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait, dan para Duta BPJS Kesehatan.

Peserta Senam

Sebagai blogger, saya juga kebagian diajak untuk mengikuti senam tersebut agar dapat memberitahukan kepada Anda semua mengenai kampanye hidup sehat itu mudah dan murah dari BPJS Kesehatan. Jangan mentang-mentang ada BPJS Kesehatan, lalu kita abai menjaga kesehatan lho. Lebih baik mencegah sakit daripada mengobati sakit kan? Siapa sih yang mau sakit? 

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menyebutkan bahwa melalui senam sehat kolosal ini, BPJS Kesehatan ingin mempromosikan tentang mudah dan murahnya pola hidup sehat. Lakukan senam secara rutin setiap hari minimal 30 menit dengan gerakan sederhana sudah cukup menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan nggak gampang sakit, tentunya jumlah peserta JKN-KIS yang sakit dapat menurun dan biaya pelayanan dapat dialihkan ke program pencegahan dari penyakit. Misalnya seperti kegiatan senam sehat kolosal ini. Peserta senam mendapatkan kaus dan konsumsi lho. 

Bisa jadi ke depannya senam sehat kolosal ini diadakan rutin oleh BPJS sebagai bagian dari tindakan preventif. Pastinya lebih enak mengikuti kegiatan seperti ini kan daripada antri di rumah sakit karena terserang penyakit? 

Di lokasi ini juga ada Anjungan Mobile JKN dan Layanan Customer Service BPJS Kesehatan. Sudah tahu kan kalau layanan BPJS Kesehatan itu bisa lebih mudah diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Jadi, unduh sekarang aplikasinya di Playstore dan AppStore.

Anjungan Mobile JKN

Customer Service 

Senam yang dipandu MC Indra Bekti dan Oky Lukman ini sukses membuat para peserta JKN-KIS bersemangat mengikuti gerakan senam dari instruktur. Senam ini juga diikuti oleh Wapres JK lho. Pak JK saja yang sudah sepuh masih semangat senam dan terlihat sehat lho. Masa kita yang muda-muda kalah? Yuk ah semangat senam! 

Wapres JK

Kegiatan senam sehat kolosal ini juga diadakan serentak di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia. Sebab, setiap tahunnya jumlah penyakit katastropik ini meningkat. Tahun 2017 saja, biaya yang dihabiskan oleh BPJS Kesehatan untuk mengobati pasien penyakit katastropik mencapai Rp 18,4 triliun atau 21,8% dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan.

Senam Sehat Kolos 18.8.18 

Apa sih penyakit katastropik itu? Ya itulah penyakit yang sebenarnya bisa kita cegah dengan pola hidup sehat. Di antaranya penyakit diabetes, serangan jantung, stroke, hipertensi, dan sebagainya. So, yuk mulai rutin berolahraga supaya terhindar dari penyakit tersebut. Tulisan ini juga untuk menasihati diri sendiri sih karena masih malas-malasan berolahraga.

Dan jangan lupa bayar iuran JKN-KIS sebelum tanggal 10 setiap bulannya agar status kepesertaan kita tetap aktif. Supaya nggak ketinggalan berita terbaru dari BPJS Kesehatan, pantau terus informasinya di: 


Twitter: @BPJSKesehatanRI 
Instagram: @bpjskesehatan_ri
Facebook: BPJS Kesehatan
Youtube: BPJS Kesehatan
Kompasiana: BPJS Kesehatan
Kaskus: bpjskesehatan

4 comments:

  1. Saya suka mager kalau disuruh senam. Tetapi, kalau rame-rame begini biasanya agak semangat karena suka lebih seru

    ReplyDelete
  2. Ngajak2 dong mbak Ley kl senam. Moga kinerja BPJS makin baik ya mbak dan pelayanannya makin meluas.

    ReplyDelete
  3. Seru sekali senam bersama pak JK harus rajin olahraga agar selalu sehat. Selalu makan sayur dan buah juga kan.

    ReplyDelete
  4. BPJS Kesehatan sedang rajin ngajak nasabahnya senam. Supaya nasabahnya nggak sampai jatuh sakit. Sebab kalau semua nasabah sakit, BPJS Kesehatan mungkin nggak sanggup bayarin pengobatannya. Sekarang aja nggak semua nasabah BPJS yang katarak boleh dioperasi kok, tapi dijatah.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...