Monday, August 20, 2018

Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan dengan Sharp Airpurifier



Ada yang pernah terkena asma? Saat bernapas, terdengar suara ngik ngok. Seumur-umur, alhamdulillah saya baru sekali terkena asma. Asma yang mengenai saya itu bukan alergi yang sering muncul saat ada pemicu. Rasa sakit dan berat saat bernapas itu saya rasakan ketika sedang silaturahim lebaran ke rumah saudara yang ada di Jakarta. 


Kejadiannya sudah lama saat saya SMA. Kami ke Jakarta naik bus dan sepanjang jalan itu saya mencium bau asap knalpot kendaraan yang menyebabkan saya terkena asma. Oh rupanya seperti itu rasanya terkena asma, seperti yang saya lihat di film-film Indonesia. Memang sangat tidak enak saat mengambil napas. Dada sakit dan keluar suara yang mengganggu dari tenggorokan. 

Untung saya hanya sekali terkena asma. Coba kalau sering. Nggak bisa dibayangkan deh. Itu kenapa kita perlu menjaga kesehatan pernapasan, sama seperti menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita berolahraga, makan dan minum yang sehat, dan menjaga pola hidup sehat. Akan tetapi, masih banyak yang belum peduli pada kesehatan pernapasan. 

Polusi udara adalah pemicu terganggunya kesehatan pernapasan. Di luar rumah sudah pasti banyak polusi udara, terutama bila kita beraktivitas di Jakarta. Asap knalpot kendaraan, asap rokok, debu, dan banyak lagi. Tak heran kalau kita mudah terkena flu kalau sering beraktivitas di luar rumah. Sayangnya, virus flu itu kemudian dibawa pulang dan menularkan anggota keluarga yang ada di rumah.

Apakah rumah kita juga bebas dari polusi udara? Eit, belum tentu. Bila anggota keluarga ada yang merokok, tentulah itu akan menimbulkan polusi udara. Debu-debu juga mudah hinggap pada semua benda yang ada di rumah. Coba kibaskan saja bantal-bantal kasur dan kursi di bawah sinar matahari pagi, pasti akan terlihat debu-debu yang beterbangan yang bisa menyebabkan asma dan gangguan pernapasan lain.

Belum lagi virus flu yang dibawa dari luar rumah. Suami saya yang setiap hari keluar rumah untuk bekerja, dulu paling sering membawa pulang virus flu saat anak-anak kami masih kecil. Akibatnya, seisi rumah ketularan. Suami saya pun membeli Sharp Airpurifier untuk membersihkan udara. Kami menaruhnya di dalam kamar. Hasilnya memang udara jadi bersih dan virus flu tak menular.

Itu awal mula perkenalan kami dengan Sharp Airpurifier yang menjadi salah satu cara menjaga kesehatan pernapasan. Cara lainnya adalah:

Mengenakan Masker 
Saat beraktivitas di luar rumah, usahakan mengenakan masker agar partikel debu, asap, dan virus penyakit tak terhirup. Kebiasaan ini seperti yang dilakoni oleh orang Cina, Korea, dan Jepang sejak menyebarnya virus flu babi dan SARS. Memang mengenakan masker akan meminimalisir penularan penyakit gangguan pernapasan.

Rajin Membersihkan Ruangan 
Rajin membersihkan rumah dan ruang kantor adalah cara menjaga kesehatan pernapasan sehingga debu-debu tak menempel, meskipun ini membutuhkan usaha yang tak sedikit dan tak setiap hari juga kita sempat membersihkan ruangan. Ya paling nggak rumah atau kantornya nggak kotor-kotor amat karena kebersihan sebagian dari iman.

Ruangan Cukup Ventilasi Udara
Saat membangun rumah atau kantor, pastikan ada ventilasi udara yang cukup untuk keluar masuh udara. Ruangan tanpa ventilasi udara yang cukup akan menghambat sirkulasi udara sehingga udara kotor menetap di dalam dan udara bersih tidak masuk.

Jauhi Merokok
Merokok itu sudah jelas ya mestinya memang kita jauhi karena asapnya akan mengganggu kesehatan, bukan saja si perokok tapi juga orang di sekitar yang tidak merokok. Asap rokok adalah salah satu polusi udara yang berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan.

Sharp Airpurifier, Solusi Bebas Polusi Udara 
Seperti yang disebutkan tadi, polusi udara tak hanya ada di luar ruangan tapi juga di dalam ruangan. Meskipun kita sudah menjalankan tips-tips di atas, belum tentu terbebas dari polusi udara. Sebagai contoh, asap rokok. Sulit untuk melarang orang agar tidak merokok apalagi kalau sudah kecanduan.

Para perokok yang berada di dalam kantor dalam gedung bertingkat, pasti kesulitan kalau mau merokok harus keluar kantor dulu. Sehingga mereka nekat merokok, meskipun di dalam ruangan ber-AC. Padahal kita tahu di dalam ruangan ber-AC dilarang merokok karena udara tidak keluar.

Debu-debu yang menempel pada benda-benda di dalam ruangan juga sulit dibersihkan 100% karena partikelnya amat kecil. Terutama bagi orang yang sibuk dan tak sempat membersihkan rumah sering-sering.

Kita tentu menginginkan udara yang bersih dan sehat. Sharp Airpurifier mengeluarkan produk pembersih udara yang mampu membersihkan udara dengan praktis dan efisien, menggunakan teknologi Plasmacluster satu-satunya di dunia.

Ini 5 kelebihan Sharp Airpurifier, sebagaimana yang dijelaskan oleh Bapak Darma Effendi selaku Product Marketing Manager di Kedai Tjikini tanggal 16 Agustus lalu.

Bapak Darma Effendi

Teknologi Plasmacluster 
Yaitu teknologi ion positif dan negatif yang dapat memurnikan udara, menghancurkan dan membersihkan debu dan jamur, serta menekan perkembangbiakan jamur. Hal ini dibuktikan dengan demo produk Sharp yang dilakukan oleh Pak Dharma yaitu menyemprot cairan amoniak ke tisu yang baunya tidak enak. Kemudian tisu itu diangin-anginkan di dekat Sharp Airpurifier dan terbukti bau amoniaknya hilang.

Ini artinya teknologi Plasmacluster dari Sharp Airpurifier akan dapat menghilangkan bebauan di sekitar kita seperti bau asap, apek, dan bau tidak enak lainnya. Termasuk bau ketiak juga bisa hilang kalau baju yang ada baunya itu didekatkan ke Sharp Airpurifier.

Diperlihatkan juga bagaimana Sharp Airpurifier dapat menekan pertumbuhan jamur pada roti. Roti yang tidak terkena Sharp Airpurifier lebih cepat ditumbuhi jamur setelah dua hari. Sedangkan roti yang ada di dekat Sharp Airpurifier, belum ditumbuhi jamur setelah dua hari.

Teknologi Plasmacluster ini mirip seperti yang ada di sekitar air terjun, sehingga udara di sekitar air terjun pun terasa sejuk, bersih, dan sehat. Begitu juga ruangan dengan Sharp Airpurifier yang aktif akan terasa sejuk seperti sedang berada di dekat air terjun.

Teknologi Plasmacluster ini hanya dimiliki oleh Sharp dan telah dipatenkan. Jadi tidak akan ada pada produk airpurifier merk lainnya ya. 

Mengumpulkan 99,97% partikel kecil di udara untuk disaring (Complete Filtration)
Di udara ada banyak partikel debu dan tungau yang mengganggu pernapasan. Sharp Airpurifier dapat mengumpulkan semua partikel itu hingga 99,97% untuk kemudian difilter sehingga udara pun bebas partikel tersebut. Udara jadi lebih bersih dan sehat. Polusi udara? Jauuuh....

Complete Filtation yang ada pada Sharp Airpuirifier ini melalui 3 tahapan filter yaitu:

  1. Pre Filter, memfilter partikel yang besar-besar seperti bulu binatang dan lain sebagainya.
  2. Deodorizing Filter, di filter berikutnya akan menyaring segala macam bau seperti bau asap rokok, gas, dan lain-lain. 
  3. Electrostatis Hepa Filter, menyaring partikel-partikel yang lebih kecil lagi. 

Memiliki 7 Sensor Otomatis
Produk Sharp Airpurifier ini memiliki 7 sensor otomatis yang akan langsung bekerja saat dinyalakan dan berhadapan dengan ketujuh hal ini: partikel mikro 2,5, debu-debu biasa, asap rokok, temperatur, kelembapan, cahaya, dan pergerakan.

Memiliki Sistem Kelembapan
Sharp Airpurifier akan menjaga kelembapan di sekitar ruangan. Misalnya di ruangan ber-AC atau udara dingin, kelembapannya berkurang sehingga kulit jadi kering. Nah, kalau pakai Sharp Airpurifier ini, ruangan tetap lembap sehingga kulit tidak kering.

Memiliki Coanda Airflow Effect
Sistem yang akan menyebarkan ion plasmacluster ke seluruh ruangan secara merata, memiliki daya hisap 2 kali lebih kuat, dan 99,7% menonaktifkan virus.

Selanjutnya Darma Effendi memperkenalkam produk-produk terbaru dari Sharp Airpurifier beserta fungsi dan harganya yang sudah tentu membuat saya ingin memilikinya. Apa sajakah itu?

Intelligent Airpurifier KC-G50/60Y-W 
Kelebihan dari varian ini adalah memiliki Double Deodorizing Filter yang mana bagian putihnya dapat menguraikan senyawa kimia sedangkan bagian hitamnya dapat menguraikan senyawa yang terkandung dalam kabut asap.


Produk yang terbaru memiliki Fine Dust Block Pre Filter yang 1/5 lebih kecil dari produk sebelumnya dan dapat menyaring 30% lebih banyak. Juga ada Spot Mode yang menghasilkan tiupan lebih kencang serta louver depan dapat diatur secara manual hingga 20 inchi ke bawah.

Airpurifier with Humidifying series ini tentu juga menjaga kelembapan udara di sekitarnya sehingga kulit kita juga tidak kering meskipun udara sedang dingin. Harga berkisar Rp 5 jutaan.

Sharp Airpurifier with Mosquito Catcher
Keistimewaaan dari varian produk yang ini adalah dilengkapi dengan penangkap nyamuk. Ada 3 ukuran sesuai dengan luas ruangan,


Small Coverage, dengan daya jangkau 21 meter persegi cocok untuk kamar anak, ruang tamu, dan dapur. Memiliki HEPA Filter, anti dust mode, dan sleep mode.

Medium Coverage, daya jangkaunya hingga 30 meter persegi dan dapat digunakan di ruang kantor, ruang sekolah, kamar tidur utama yang luas, dan ruangan yang lebih besar lainnya. Ditambah dengan fitur Deodorizer Filter.

Larger Coverage, daya jangkau hingga 40 meter persegi dan dapat digunakan di aula sekolah, aula pertemuan, klinik dan rumah sakit, ruang keluarga, dll. Mendapatkan fitur tambahan seperti dust & odor sensor dan honeycomb deodorizer.

Harga varian ini dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan.

Sharp Car Purifier 
Pernah naik mobil yang bau sampai ingin muntah? Saya sering. Ternyata polusi udara juga ada di dalam mobil. Misalnya dari debu di karpet yang belum dibersihkan atau udara kotor yang masuk ke dalam mobil saat pintu mobil dibuka. Solusi untuk mengatasi polusi udara di dalam mobil adalah Sharp Car Purifier.

Ukurannya kecil dengan daya jangkau 3,6 meter persegi. Dapat membersihkan udara di dalam mobil dan memiliki kabel USB sehingga dapat dipindahkan ke dalam kantor dan dicolokkan kabelnya ke colokan komputer atau laptop.


Ada 3 pilihan warna yang cantik-cantik yaitu Silky Gold, Hitam, dan Pink. Harganya hanya sekitar Rp 1,2 juta saja.

Itulah dia cara menjaga kesehatan pernapasan dengan Sharp Airpurifier. Bebas polusi udara di dalam ruangan? Kenapa tidak? Tonton juga video youtube saya di sini ya....


28 comments:

  1. Kifah asma ni, kudunya di rumah punya alat ini supaya udara bebas debu sm penyakit

    ReplyDelete
  2. Sharp car purifier ini unik banget ya bentuknya.. aku fikir tumbler loh.. tetapi si imut yang punya banyak manfaat untuk kesehatan pernafasan manusia. Harganya juga masih terjangkau ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Sering banget liat vlogger LN dirumahnya pada pake airpurifier. Sempet mikir di Indo udah ada belum ya? Eh nemu ini, ternyata udah ada. Aku aja yang kudet.

    ReplyDelete
  4. Ukurannya juga tidak terlalu banyak memakan tempat ya. Harganya juga terjangkau dan udara jadi bersih dari debu ya ...

    ReplyDelete
  5. Sharp Purifier idaman banget. Demi udara yang lebih sehat.

    ReplyDelete
  6. Wah ini bagus ya. Adikku juga pake. Ada plasmaclusternya buat menekan berkembangbiaknya jamur dll. Emang sih kita kudu rajin bebersih rumah biar meminimalisasi debu. Tq infonya.

    ReplyDelete
  7. Cocok ini buat kamar anak-anak yah, kalau kamar sudah ada ac nya, trus dipasang ini bisa ga ya?

    ReplyDelete
  8. Sharp Airpurifier with Mosquito Catcher pas banget buat yang rumahnya banyak nyamuk apalagi sekarang musim kemarau bikin banyak nyamuk

    ReplyDelete
  9. Iyaa perasaan rumah udah rajin dibersihin teteup yah debu masih ada dimana-mana.. Bagus banget produknya.. Kalo baca plasmacluster memang ingetnya langsung ke Sharp.. :D Yang ada penangkap nyamuknya pas nih buat rumah ortu di Sawangan.. :D

    ReplyDelete
  10. Produk-produk Sharp tuh emang terkenal keren keren banget. Duh jadi pengen punya juga mba karena pengen selalu menghirup udara segar, mba. Oh ya mba, aku juga slalu pakai masker kalau aktifitas luar.

    ReplyDelete
  11. Penting banget ya punya airpurifier kayak gini, harganya juga ngga terlalu mahal ya.... langsung korek uang belanja dulu nihhh :)

    ReplyDelete
  12. Wah....ternyata di dalam rmh blm tentu aman dari polusi udara ya, tapi untung ada solusinya, Sharp Air Purifier, wajib beli nih...biar udara rmh jd segar dan sehat

    ReplyDelete
  13. Udah lama pengen punya Plasmacluster, anakku gampang banget batuk pilek kalau ruangan lembab. Sharp emang keren..

    ReplyDelete
  14. Kayaknya hrus punya ya mba.. akupun kpingn ada d rumah ini.. mudahan bisa kebeli penting bnget sptnya

    ReplyDelete
  15. Ini kayaknya solusi banget buat anak2ku yg suka ngik ngok kalau abis kena ACE. Adahal udah dibersihin tapi tetep aja, huhu.

    ReplyDelete
  16. Anakku tingkat alerginya tinggi. Debu sedikit saja lgsg berefek pada dirinya. Dari yg ruam kulit, demam, bersin bersin sampai sesak nafas. Mknya aku sll utamain kebersihan lingkungan dan udara sekitar rmh. AC ku juga merk Sharp eh bkn cm AC aja sih. Kulkas juga tp yg jaman dulu wkwkwk

    ReplyDelete
  17. Nah aku tuh masih galau margalau antara beli humidifier atau air purifier. Kalau air purifier nggak bisa ditambahin aromaterapi ya mbak Leyla? Beberapa saudara aku yang punya asma dan pakai air purifier bilang sangat membantu untuk menjaga kesehatan pernapasan (asmanya jadi jarang kambuh). Duuh mudah-mudahan rejeki bisa beli air purifier.

    ReplyDelete
  18. Kesehatan pernapasan emang mesti dijaga mbak. Air Purifier kayanya cocok nih buat saya, soalnya rumah ada di pinggir jalan mbak

    ReplyDelete
  19. Cucok nih buat yang rumahnya di kota, pinggir jalan dan punya asma atau alergi debu

    ReplyDelete
  20. Aku kalau inget air purfier emang ingetnya Sharp, krn setauku yg punya duluan ya Sharp ini. Trus teknologi plasmacluster emang bikin dia unik dan beda ya :D

    ReplyDelete
  21. Asma tidak mengalami. Tapi orangtua mempunyai masalah tersebut dan itu yang membuat kita khawatir karena orangtuaku suka merokok dan susah berhenti. Makanya bila orangtua sedang merokok, mpo kabur aja

    ReplyDelete
  22. Aku pernah coba pakai air purifier di rumah. Berasa deh debu-debu berkurang dan udara lebih segar. Tapi ya tetap kudu rajin rapikan rumah.

    ReplyDelete
  23. Asap rokok salah satu yg membuat ruangan jadi ga enak ya,apalagi kalo masih ada bayi. Membantu sekali nih Air purifier dari Sharp ini.

    ReplyDelete
  24. Dengan ukurannya yg fleksibel begini jadi lebih mudah penempatannya ya..alat
    Dgn tekno Plasmacluster saat ini memang cukup dibutuhkan

    ReplyDelete
  25. Bagus juga ya air purifier bisa mengatur suhu rumah dan menghilangkan bau tidak sedap.
    Ada promo gak ya kaka.

    ReplyDelete
  26. Aku punya dirumah mba emang bagus banget produk sharp airpurifier sangat membantu yg alergi debu jadi debu ga langsung masuk keruang kamar hehehe

    ReplyDelete
  27. Aku takjub sih sama 7 sensor yang dimiliki. Salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi yang tepat fungsi banget buat rutinitas masyarakat Ibu kota.

    ReplyDelete
  28. Sharp Air Purifier solusi atasi udara tidak sehat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...