Monday, July 16, 2018

Tur ke MNC Vision: Asyiknya Punya Bioskop Pribadi di Rumah dengan Tayangan HD dan Dolby Audio


Foto: Nur Said

"Maaa... kapan kita ke bioskooop??!" 

Halo Bu Ibu, ada nggak yang anaknya sering ribut minta diajak nonton ke bioskop? Anak-anak saya nih contohnya, liburan sekolah kemarin ribut minta diajak ke bioskop. Memang banyak film anak-anak yang tayang saat liburan. Apalagi liburan kenaikan kelas tahun ini amat panjang.

Kami juga nggak liburan ke mana-mana setelah pulang kampung karena anggarannya untuk daftar ulang sekolah yang nominalnya lumayan... Jadi sabar dulu ya anak-anak. Liburan di rumah saja. Terbayang kan bosannya mereka di rumah saja selama hampir satu bulan? 

Untuk menyenangkan mereka, saya pun mengajak mereka ke bioskop menonton Incredibles 2. Walaupun mereka sering minta diajak ke bioskop, saya nggak sering-sering juga memenuhinya karena sayang uangnya wkwkwk.... Ya iyalah, anak saya ada 3. Tiket bioskop harus beli 3 dengan kisaran harga Rp 35 ribu - Rp 50 ribu per tiket. Itupun cuma bisa untuk menonton satu film.

Supaya lebih murah, saya dan ayahnya anak-anak nggak ikut menonton. Jadi mereka nonton bertiga saja. Usia anak-anak saya: 6 tahun, 9 tahun, dan 10 tahun. Awalnya sih was-was ya melepas mereka di dalam bioskop bertiga saja. Kami menunggu di bangku luar. Kami mewanti-wanti supaya mereka jangan berisik sehingga nggak mengganggu penonton lain. Alhamdulillah sih selama ini aman-aman saja mereka bisa anteng menonton.

Masalahnya, di mana kebersamaannya kalau saya dan suami nggak ikut menonton? Kami juga nggak bisa menjelaskan pertanyaan mereka yang biasanya ada saat sedang menonton film. Bisa nggak sih kita membuat bioskop sendiri di rumah? Menonton film dengan suasana seperti di bioskop? Audio Dolby dan Visual HD? 

Saya di MNC Vision

Ternyata bisa! Jawaban ini saya dapatkan setelah mengikuti tur bersama blogger di gedung MNC Vision tanggal 7 Juli 2018 lalu. Lokasi gedungnya sendiri ada di Kedoya Jakarta Barat. Whoaaa... saya nggak sabar diajak jalan-jalan keliling gedung MNC Vision untuk mengetahui fasilitas apa saja sih yang ada di MNC Vision demi memberikan tayangan berkualitas untuk keluarga Indonesia? 

Gedung MNC Vision

Mengenal MNC Vision 
Ramadhani, Perwakilan dari PT MNC Sky Vision Tbk memberikan sambutan yang pertama kalinya dengan memperkenalkan MNC Vision yang dulunya bernama Indovision dan Okevision. Per Desember 2017 berubah namanya menjadi MNC Vision. MNC Vision adalah pelopor teve berlangganan di Indonesia yang terus meningkatkan kualitas layanannya melalui fitur unggulan dan fasilitas yang lengkap. 

Ibu Ramadhani

"Tayangan MNC Vision juga bisa diakses melalui aplikasi MNC Now, sehingga pelanggan bisa menikmati hiburan televisi di mana pun dan kapan pun," demikian ungkap Ibu Ramadhani. Saat ini sudah lebih dari 2,4 juta pelanggan MNC Vision yang terlayani di seluruh Indonesia. 

Tahu nggak sih, anak-anak saya tuh suka banget kalau diajak menginap di hotel. Mereka bahkan nggak masalah kalau cuman menginap di hotel dan nggak jalan-jalan. Kenapa? Karena di hotel ada tayangan teve berlangganan yang bikin mereka betah di kamar dengan variasi acara yang nggak ada habisnya. Tentunya channel khusus anak-anak ya. Ya masa nginap di hotel cuma mau numpang nonton teve kabel? 

Kurang dari setahun yang lalu, saya pernah juga mencoba berlangganan teve kabel. Sayangnya, setelah setahun berlangganan kok ya acaranya nggak ada yang baru. Diulang-ulang terus. Belum lagi kalau hujan deras dan petir, tayangannya hilang. Padahal saya tinggal di Bogor yang mana sering banget hujan kan. Ya masa acara tevenya hilang terus kalau hujan dan cuaca buruk? Akhirnya, saya berhenti berlangganan. 

Apakah MNC Vision bisa menjawab pertanyaan saya mengenai tayangan teve kabel berkualitas yang tahan cuaca? Setelah perkenalan dari Bu Ramadhani, para blogger pun dibagi ke dalam beberapa grup untuk diajak tur keliling gedung MNC Vision guna mengetahui apa aja sih fasilitas operasional MNC Vision yang diklaim terlengkap dan berstandar tinggi sehingga bisa menyiarkan tayangan teve berkualitas?

Bu Ramadhani berharap rekan-rekan blogger mendapatkan jawaban dari slogan "MNC Vision, Bukan yang Lain," dari hasil tur di gedung MNC Vision ini. Saya pun semakin dibuat penasaran dengan kelebihan dari MNC Vision, sehingga bisa saya rekomendasikan ke suami supaya berlangganan MNC Vision. Ini dia #CeritaDiMNCVision versi saya.

Antenna Farm: Pusat Pengendali Satelit
Saya bergabung dengan grup dua dan kami menuju ke luar gedung MNC Vision. Rupanya kami akan dibawa ke Antenna Farm yaitu Pusat Pengendali Satelit di MNC Vision. Jujur, kalau urusan teknis begini saya agak roaming tapi saya berusaha mencerna penjelasan Bapak Angky. Saat tiba di lokasi, saya dibuat tercengang dengan banyaknya parabola berukuran besar. Uwowww.....

Bapak Angky pun menjelaskan tentang Pusat Pengendali Satelit ini, yaitu Sistem Komunikasi Satelit yang memiliki 3 segmen: Ground Station, Antenna Penerima Pelanggan, dan Satelit. Satelit berfungsi sebagai repeater, meneruskan sinyal dari Ground Station ke Broadcast (pelanggan di seluruh nusantara).

Ground Station

Antenanya memiliki beragam diameter, 4,5 meter, 3,5 meter yang berfungsi sebagai TVRO (Television Received Only) untuk mengumpulkan dari berbagai macam provider seperti Chinasat, Koreasat, satelit Palapa dll. Setelah diterima sinyalnya oleh antena, kemudian dikumpulkan dan dikirim ke Broadcast. Sinyal itu masih mentah, belum ada translate, logo, kejernihan gambar, dll. Bagian Broadcast yang akan mengolahnya dengan menambahkan translate, logo, gambar lebih jernih, dan sebagainya.

Dari Broadcast dikirimkan lagi ke Ground Station menggunakan Fiber Optik yang berguna untuk mempersingkat delay. Kemudian ditransmisikan lagi dengan frekuensi S-Band yang tahan cuaca. Selanjutnya dikirim lagi ke Satelit untuk kemudian di Broadcast ke pelanggan. Hm, panjang juga ya prosesnya. Frekuensi S-Band ini yang bikin layanan MNC Vision tak terganggu oleh buruknya cuaca. Jadi, nggak ada tuh sinyal hilang gara-gara hujan lebat. Acara menonton tetap asyik dong.

Blogger di Antenna Farm. Foto: Nur Said

Walk in Center (WIC)
Setelah kepoin Antenna Farm, selanjutnya kami ke lobi MNC Vision dan memasuki ruangan Walk in Center. Ruangan ini berfungsi untuk menerima para  pelanggan MNC Vision, termasuk juga calon pelanggan dong. Di sini, saya mendapatkan informasi mengenai layanan dan biaya berlangganan paket MNC Vision.

Petugas di Walk in Center 

Jumlah WIC MNC Vision ini sudah ada 10 Kantor Pembantu Utama di seluruh Indonesia dan setiap harinya ada belasan pelanggan yang datang. Hm, jadi memang makin banyak ya yang tertarik ingin menikmati layanan MNC Vision.

MNC Vision memiliki channel terlengkap, yaitu sampai 140 channel. Ditambah lagi gratis fitur MNC Vision Plus, yaitu nonton di mana sana dan kapan saja selama terkoneksi internet, melalui aplikasi mobile streaming TV dan Video on Demand berbasis Over The Top dengan konten premium. Paket berlangganan teve kabelnya bervariasi, yaitu:

PAKET VENUS, biaya berlangganan Rp 179.900 per bulan.
PAKET GALAXY, biaya berlangganan RP 209.900 per bulan.
PAKET SUPER GALAXY, biaya berlangganan Rp 279.900 per bulan.
PAKET GOLD, biaya berlangganan Rp 149.900 per bulan.
PAKET SILVER, biaya berlangganan Rp 109.900 per bulan.

Jika ingin menambah layanan, ada paket tambahan VENUS, GALAXY, dan SUPER GALAXY dengan harga mulai dari Rp 12.500 sampai Rp 139.000. Begitu juga dengan paket GOLD dan SILVER, ada paket tambahannya tentu dengan tambahan biaya. Informasi mengenai paket-paket tersebut, bisa langsung datang saja ke WIC terdekat yaaa.

Blogger bertanya biaya berlangganan MNC Vision

Menariknya, ada tawaran diskon 25% juga untuk pengguna kartu kredit Mandiri, HSBC, Bank BRI, Bank Bukopin, OCBC NISP, PaninBank, CIMB Niaga, MayBank, dan BNI. Biaya langganan per bulannya jadi lebih murah 25%. Cara untuk berlangganan juga mudah saja, cukup dengan menandatangani formulir aplikasi berlangganan dilengkapi dengan fotokopi KTP dan kartu kredit (jika membayar pakai kartu kredit).

MNC Vision juga memiliki layanan MNC Now, yaitu dengan menyambungkan ID Pelanggan di aplikasi MNC Now, lalu layanan MNC Vision bisa kita tonton di smartphone. So, bisa nonton saat sedang di kendaraan juga dong. Ya iya, bisa. Seru, kan. Aplikasi ini diunduh di Google Play dan PlayStore.

Eh, bisa berlangganan internet juga nggak sih via MNC Vision? Bisa dong. Saat ini sedang ada promo Super Bundle MNC Vision + XL 4G LTE Internet Super Cepat 80 GB, yaitu layanan teve berbayar yang bebas gangguan cuaca dari MNC Vision + akses internet cepat 4G hanya dengan menambah biaya mulai dari Rp 239 ribu per bulan. Wow, murah banget ini mah. Untuk layanan internetnya, yang disediakan adalah Home Wireless Broadband kecepatan up to 150 Mbps.

Jadi, contohnya kalau kita mau berlangganan teve berbayar Paket Venus plus internet cepat XL, kita membayar biaya Rp  179.900 +Rp 239.000. Totalnya Rp 418.900 per bulan. Hm, worth it kan. Bisa menikmati tayangan seperti di bioskop plus internet cepat selama sebulan.

Customer Care (CC)
Selanjutnya, saya dan rombongan blogger diajak memasuki ruangan Customer Care yang pada hari Sabtu itu ternyata masih diisi oleh sebagian besar karyawan lho! Wow, luar biasa ya di hari Sabtu mereka masih semangat bekerja melayani pelanggan. Petugas Customer Care-nya nggak cuma satu dua lho ya, tapi banyak.

Ruangan Customer Care 

Para petugas CC ini menerima panggilan telepon dari pelanggan yang mau tanya-tanya, komplain, dan segala macamnya, asal jangan ngajak kencan lho ya. Mereka setia melayani selama 24 jam lho! Luar biasa dedikasinya. Jadi, kalau malas ke WIC, ya telepon saja ke CC. Intinya, MNC Vision berusaha memudahkan para pelanggannya untuk menikmati layanan yang terbaik.

Studio
Kemudian kami memasuki studio tempat siaran MNC Vision untuk program-program khusus seperti komentator siaran bola. MNC Vision juga menerima kerjasama untuk menyiarkan kegiatan training atau seminar dari perusahaan-perusahaan. Misalnya, perusahaan yang ingin memberikan training kepada karyawannya di seluruh Indonesia. Daripada didatangi satu per satu ke daerahnya, ya mending siaran aja di studio MNC Vision dan disiarkan ke seluruh daerah.

Apakah perjalanan kami telah berakhir? Beluuum.... Kami diajak menikmati contoh tayangan yang menggunakan Dolby Audio dan HD Visual di Movie Room bersama Cherryl dan Jerry, perwakilan Dolby Singapura. Eh, ternyata memang nggak bohong ya layanan suara Dolby dan tayangan jernih HD membuat kita serasa menonton film di bioskop.

Jerry jelaskan tentang Dolby Audio

Fitur Dolby Audio ini memang menyajikan suara berkualitas yang kaya dan super jernih, mampu mengenali seluruh dialog, suara-suara dentuman, dan suara-suara lain yang bikin kita seolah masuk ke dalam film tersebut. Dolby Audio juga memiliki surround sound, automatic volume control, dan kualitas audio yang disesuaikan dengan film dan kontennya seperti games, musik, dan broadcast.

Sedangkan Fitur High Definition (HD) membuat kita dapat menyaksikan tayangan dengan kualitas gambar super tajam. Ada 20 saluran HD, salah satunya RCTI. Jadi, yang suka nonton RCTI, nggak bakalan deh layar tevenya dipenuhi semut berbaris kalau pakai MNC Vision karena gambarnya jernih dengan HD Visual.

Penasaran seperti apa? Tonton saja di video youtube saya ya. Tonton sampai habis lho supaya yakin sebelum berlangganan MNC Vision.



Fitur lain yang dimiliki oleh MNC Vision adalah, teknologi satelit S-Band yang tahan cuaca, Parental Lock agar anak tidak dapat menonton tayangan dewasa dan orang tua dapat memantau acara yang ditonton anak-anak, Electronic Program Guide, dan Multi Decoder. Multi Decoder adalah fitur dari MNC Vision yang memungkinkan para pelanggannya dapat memiliki dekoder tambahan di satu alamat dengan maksimal 3 dekoder (termasuk dekoder utama).

Nah, kalau berlangganan selama periode 7 Mei sampai 31 Juli, ada program Nonton Premier League langsung di Inggris bekerjasama dengan Dolby, HBO, dan beIN Sports. Hadiah utamanya, ya nonton Liga Premier Inggris langsung di Inggris bila mengupgrade paket berlangganan basic dan menambah paker berlangganan HD dengan membayar secara advance payment.

Menariknya, bagi para pelanggan MNC Vision dapat mengikuti program MNC Vision Priority, yaitu mendapatkan penawaran spesial dari merchant-merchant pilihan dan kesempatan mengikuti nobar (nonton bareng) film terbaru di bioskop secara gratis, plus promo dan keuntungan lainnya.

Informasi selanjutnya, klik saja di:
www.mncvision.id
Fanspage: MNCVision
Instagram: @MNCVisionID
Twitter: @MNVisionID
Call Center: 021-21500900





35 comments:

  1. Senang ya mengunjungi MNC Vision dengan branding sistem dolby audionya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng donk.. jadi tau Dolby itu apa

      Delete
  2. Saya masih penasaran, harganya murah yah untuk sekelas tv satelit. Kalau misal pasang ini ada berapa channel yang didapatkan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2 channelnya tergantung paket yg dipilih Pak.

      Delete
  3. keren banget ya bisa mengunjungi MNC Vision..

    ReplyDelete
  4. wah,untuk para pencinta sepak bola harus berlangganan MNC Vision nih ...

    ReplyDelete
  5. banyak banget nih keuntungan kalau berlangganan MNC Vision...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuupp.. biaya langganannya jg terjangkau

      Delete
  6. pasti pengalaman yang sangat mengesankan bisa berkunjung ke MNC Vision..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkesan bangeet.. jadi pengen berlangganan lho

      Delete
  7. pasti keren nih fitur dolby nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul keren..Bikin ketagihan nonton

      Delete
  8. Asiknya touring ke MNC Vision Tower ya mbak. Banyak ilmu yang kita dapatkan dan bisa merasakan langsung nonton menggunakan fitur Dolby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup. Jadi tau teve berlangganan yg berkualitas ya

      Delete
    2. Iya mbak. Selama ini saya taunya tinggal nonton aja, kirain udah tayangan yg paling bagus ternyata nggak ����

      Delete
  9. Replies
    1. Alhamdulillah mba.. jadi tau kualitasnyaa

      Delete
  10. wih, kualitas suara Dolby kan bening banget. Keren nih terobosan MNC Vision

    ReplyDelete
  11. Biaya berlanggananan MNV Visiion termasuk terjangkau ya, mba. Pengen deh langganan MNC juga karena kualitasnya keren banget. Apalagi ada fitur DOlby ya.

    ReplyDelete
  12. Asik banget ya kalau kita nonton tv tanpa gangguan cuaca. Seru deh nonton film2 bioskop di tv sendiri ya pakai paket plus internetan. Udah Dolby juga dan fiber optik. Pasti kualitas gambar dan suaranya oke bingiiits. Boleh juga nih hhhmm.. :D

    ReplyDelete
  13. Seneng ya di ajak keliling studio dan jadi tau harga langganannya ni ...mksih mba sharingnya

    ReplyDelete
  14. Aku udah 3 kali kesana mba. Dulu pernah ikutan syuting. Satuny lg event. Hehe blum keliling sih amaze y bisa keliling ruangan mnc

    ReplyDelete
  15. Ulang lagi yuk mba.. kemarin kurang puas sebenarnya.. belum explore lebih banyak.. semoga pelanggan MNC Vision semakin banyak ya dengan inovasi fasilitas dan fitur canggih MNC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga besok kita diundang siaran yaa

      Delete
  16. Aiihhh seru banget bisa tur keliling MNC Vision... Btw tur semacam ini hanya untuk blogger seperti mbak saja kah? Atau ada waktu nya juga masyarakat unum bisa ikut tur semacam ini mbak...? Andaikan bisa kan pasti banyak tuh yang tertarik ya... Hehehe

    ReplyDelete
  17. Lebih hemat juga kalau pakai tv berbayar mb.. bisa nonton byk box office.. ga kena macet.. Dan bisa makan aneka cemilan.. kalau nonton di rumah

    ReplyDelete
  18. Jadi lebih hemat ya bun. Serunya tetep sama kok dengan dolby dan tayang HD. Jadi pengen langganan nih

    ReplyDelete
  19. Efek dolby audio emang bikin bergetar ya..suaranya clear dan jelas..sampe gesekan daun aja berasa kayak beneran..

    ReplyDelete
  20. Antena Farmn, kebon antena hehe. Dulu suamiku kerja di kebon kayak gtu :D
    Wah seru turnya jadi tahu bagaimana siarannya sampai ke kita ya?
    Paling enak tu tahan cuaca jd kalau ujan tetep oke ya siarannya?
    Kalau di area kabupaten Bogor udah masukkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya kebonnya banyak antennanya

      Delete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...