Monday, December 16, 2019

Cara Masak Nasi Sehat dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

Lebih baik berat badan turun drastis tapi sakit-sakitan atau berat badan turun perlahan tapi tetap segat? Saya memilih yang kedua, karena sudah merasakan yang pertama. Berbagai cara diet sudah saya tempuh, salah satunya tidak makan nasi. Apa yang terjadi? Dua minggu kemudian, saya sakit. 


Beberapa kali mengalami kejadian seperti itu, saya menyimpulkan bahwa saya tidak bisa lepas dari nasi. Memang banyak yang berhasil diet tanpa nasi, tapi rupanya itu tidak berhasil di saya. Setelah kembali makan nasi, fisik saya pun membaik. 

Nasi disinyalir menjadi penyebab kenaikan berat badan karena mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi indeks glikemik sehingga meningkatkan gula darah secara cepat dan menyebabkan diabetes. Itulah alasan mengapa beberapa cara diet menyingkirkan nasi dari menu makanan sehari-hari dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lain.

Memang ada banyak sumber karbohidrat lain, tapi sayangnya saya tidak terbiasa memakannya. Akibatnya, saat diet, saya tidak mendapatkan asupan karbohidrat sehingga fisik pun drop. Ternyata, nasi itu termasuk makanan yang menyehatkan lho justru karena mengandung karbohidrat kompleks sehingga lama dicerna dan membuat kenyang lebih lama. 

Jadi, untuk sehat dan memiliki berat badan ideal itu bukan dengan menyingkirkan makanan yang sudah sesuai dengan pola makan sehat Kementerian Kesehatan, salah satunya nasi. Melainkan mengurangi takaran porsinya, alias jangan makan berlebihan. Sesuai sunah Rasul, makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Kalau belum lapar, ya tidak usah makan. Apalagi banyak ngemil makanan dan minuman ringan yang mengandung gula. Ganti dengan konsumsi serat dari buah. Kalau makan pun jangan kemaruk (rakus) sehingga isi piring sangat penuh sampai menggunung. Contohnya saat kondangan. Semua makanan harus dicicipi sampai perut begah. Itu saya, dulu. Hehehe..... 

Proses memasak nasi juga harus diperhatikan nih, karena ternyata ada kesalahan memasak nasi yang sudah dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Saya juga termasuk ibu-ibu yang salah memasak nasi dengan rice cooker. Kini terjawab mengapa nasi yang saya masak cepat basi. 

Bagaimana cara memasak nasi sehat? Berikut ini caranya: 

Simpan Beras di Tempat Penyimpanan Beras 
Setelah lebih dari 10 tahun menjadi ibu rumah tangga, baru sekarang saya punya tempat penyimpanan beras. Dulu saya merasa tidak perlu memilikinya karena toh hanya beli sedikit beras. Saya hanya membeli beras antara 2-5 liter. Setelah habis, baru beli lagi. 

Saya pikir cukup disimpan di dalam karung atau plastik tertutup rapat. Ternyata tidak lho. Setelah menemukan kutu beras dan tahi tikus di dalam beras, saya pun memutuskan menggunakan tempat penyimpanan beras. Nanti di akhir artikel ini akan saya ulas tempat penyimpanan berasnya ya. 

Cuci Beras dengan Bersih 
Sudah pasti ya beras harus dicuci dengan bersih setidaknya 2 kali cuci. Tapi juga jangan kebanyakan mencucinya karena bisa menghilangkan nutrisi pada beras.  

Aduk Nasi 5 Menit setelah Matang 
Ternyata ini lho rahasia nasi enak dan tidak cepat basi. Lima menit setelah nasi matang, aduk-aduk nasinya untuk mengeluarkan air yang terperangkap di dalam nasi. Cara ini bisa menjaga nasi agar tidak cepat basi, kering, dan tahan lama.

Aduk Nasi 5 Menit setelah Matang 


Colok Rice Cooker 30 menit sebelum makan 
Rice cooker tidak perlu dicolok seharian. Cukup 30 menit sebelum makan. Setelah nasinya hangat, lepas lagi colokannya. Ini untuk menjaga agar nasi tetap enak, sehat, dan tidak kering.

Gunakan Rice Cooker Cosmos Harmond
Saya menggunakan rice cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 ukuran 2 liter untuk memasak nasi. Berbeda dengan rice cooker lain yang menggunakan teknologi anti lengket, Cosmos Harmond ini menggunakan teknologi anti gores.

Harmond adalah teknologi anti gores yang ada pada panci (innerpan) rice cooker. Yaitu panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0 derajat celsius. Panci rice cooker pun menjadi anti gores, lapisannya tidak mengelupas, dan nasi jadi lebih sehat serta tahan lama.

Perbedaan Cosmos Harmond Anti Gores dan rice cooker anti lengket yang sudah terkelupas

Maksudnya gimana sih kok nasi jadi lebih sehat dan tahan lama kalau dimasak menggunakan rice cooker Cosmos Harmond? Jadi begini, kalau kita masak pakai rice cooker anti lengket, lapisan anti lengketnya itu lama kelamaan akan mengelupas. Lapisan anti lengket itu mengandung zat kimia PFOA yang beracun (karsinogen).

Lapisan anti lengket yang mengelupas itu kalau mengelupas saat proses pemasakan dan bercampur ke dalam nasi, sudah tentu akan termakan oleh kita. Zat karsinogennya yang masuk ke dalam tubuh itu bisa menyebabkan penyakit serius, bahkan kanker.

Makanya, Cosmos mengeluarkan rice cooker dengan teknologi Harmond ini supaya jaga nasi sehat. Apa benar anti gores? Saya pun mencoba menyikatnya dengan sikat besi. Wow, amazing! Lapisan anti goresnya tidak tergores sedikit pun. Apalagi kalau sekadar dicuci dengan spons ya.

Anti Gores 

Selain anti gores, Cosmos Harmond juga punya kelebihan lain yaitu:

Inner Pan Handle
Ada pegangan di sisi pancinya, jadi kalau kita mau memindahkan nasi ke meja makan, tidak perlu pakai serbet.

Tongolan
Ada pengatur sirkulasi panas agar nasi lebih pulen.

Dew Collector
Fungsinya untuk menjaga nasi agar tetap bersih.

Comfortable Handle
Memiliki pegangan yang nyaman sehingga mudah dibawa-bawa.

Kelebihan Cosmos Harmond

Cosmos Harmond CRJ-6288 ada 3 pilihan warna yaitu merah, biru, dan hijau. Saya memilih yang warna hijau supaya senada dengan dapur saya hehe. Oh ya, daya masukan hanya 400 watt jadi tidak akan membuat listrik anjlok. Dilengkapi juga dengan gelas ukur, pengukus, dan sendok nasi.

Nah, selanjutnya tentang tempat penyimpanan berasnya agar aman dari kutu dan tikus. Saya menggunakan Cosmos 007-Pundi. Menggunakan teknologi FIFO (First In First Out), sehingga beras yang pertama masuk atau ada di bawah akan keluar lebih dulu sehingga terhindar dari apek.

Simpan Beras di dalam pundi 

Kemudian, kapasitasnya 7 kg. Tidak makan tempat tapi juga memadai untuk menyimpan beras. Apalagi saya kalau beli beras kan kisaran 2-5 kg. Pundi ini juga pull and dispense di mana sekali tarik susah tersedia 130 gram. Cukup deh untuk sekali masak.

Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi


Kelebihan lainnya adalah anti slip (tidak bergeser), anti karat, dan memastikan beras bebas kutu apalagi tikus. Saya merasa aman menyimpan beras di dalam pundi ini. Tidak takut lagi dengan serangan kutu dan tikus.

Ternyata mudah sekali ya jaga nasi sehat dengan rice cooker sehat? Rice Cooker Cosmos ini bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, dan marketplace Cosmos Official Store seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli. Informasi lebih lengkap, kunjungi saja website www.cosmos.id. Banyak resep masakan yang enak juga lho.

Jangan lupa kunjungi juga media sosial Cosmos:

Instagram: @cosmosonline
Facebook: @mycosmos
YouTube channel: https://www.youtube.com/BelanjaCosmos

Yuk, #JagaNasiSehat dengan Rice Cooker Cosmos




26 comments:

  1. aku naksir wadah berasnya mbak, biar kualitas beras tetap terjaga, kalau rice cookernya emang udah pakai cosmos sih :)

    ReplyDelete
  2. We need to properly cook the main staple for our family. I use similar one at home

    ReplyDelete
  3. Saya pemakai cosmos juga sudah sejak lama, Alhamdulillah berarti nasi yg saya berikan pada keluarga adalah nasi sehat selama ini, cosmos emang selalu menjaga kualitas dan kuantitas ya... Salut

    ReplyDelete
  4. Baru tau rahasia agar nasi ga cpt basi , btw dirumah ak jg pake cosmos. Kualitasnya emg bgus bgt nih. Apalagi yg baru ini anti gores jadi aman dr zat kimia

    ReplyDelete
  5. Keluargaku juga pakai cosmos mbak . Kualitasnya dari jaman dulu gak diragukan lagi. Aku paling seneng liat wadah berasnya nih mbak

    ReplyDelete
  6. Yuhuuu..solusi untuk ibu-ibu nih yg suka komplain masalah rice cooker dalam nya suka mudah kebaret². Cosmos makin keren saja

    ReplyDelete
  7. Tempat penyimpanan berasnya warna tosca, cerah jadi buat semangat masak nasi kak. Bisa jadi rekomendasi buat kado pernikahan untuk temen jg rice cookernya

    ReplyDelete
  8. Wadah berasnya menarik untuk dibeli ya hehe kebetulan dirumahku belum pakai pundi gitu. kayaknya penting juga ya pakai pundi biar berasnya terjaga dan gak mudah rusak.

    ReplyDelete
  9. Antigoresnya bikin tenang ya ngasih nasi ke keluarga. Alhamdulillah sih, aku udah sejak 9 tahun lalu pake Cosmos Harmond ini. Antigoresnya beneran gak lepas walopun udah 9 tahun

    ReplyDelete
  10. Aku naksir penyimpanan berasnya nih. Bisa menjaga kebersihan beras ya, daripada ditaruh di tempat terbuka gitu. Tips memasak nasinya oke banget nih. Kadang-kadang masih aja lupa nyolokin kabel terus-terusan sepanjang hari, makanya nasi kok cepet bau gitu.

    ReplyDelete
  11. Aku naksir tempat berasnya nih, selama ini aku naruh beras ya di karung berasnya hha. Ternyata kudu disimpan baik2 terutama di wadah penyimpanan kyk gtu ya biar beras gak gampang rusak.

    ReplyDelete
  12. Aku suka banget pakai Cosmos, kak..
    Rasanya smeua masalah yang selama ini aku alami bisa terpecahkan dengan inovasi Cosmos.

    ReplyDelete
  13. Produk Cosmos emang Top Markotooppp!! Banyak yg cocok dan emang recommended banget buat ibu2

    ReplyDelete
  14. Saya juga nggak punya penyimpanan beras Mba, tapi saya simpannya di sebuah wadah yang tertutup sih, kalau disimpan di karung doang, selalu parno ama semut atau bisa juga tikus.

    Btw, rice cookernya juara banget ya si Cosmos ini, anti gores banget dong, ini mah sehat banget karena nggak bakal terkelupas dan bercampur dengan nasi :)

    ReplyDelete
  15. Saya juga pemakai setia Cosmos nih, pake rice cooker anti gores harmond awet banget sampe bertahun-tahun

    ReplyDelete
  16. Kalau pakai penanak nasi anti gores saya jamin bertahun tahun bakalan awet ya. Malah mungkin bisa diturunkan ke anak cucu. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Jadi sehat nasinya ya Mbak kalau masaknya pakai rice cooker Cosmos harmond. Teknologi harmond emang keren, banyak kelebihannya :)

    ReplyDelete
  18. Kalo udah kebiasaan emang susah lepas sama nasi. Sebetulnya bisa diganti nasi kaya serat seperti nasi merah atau nasi hitam. Rice cooker Cosmos emang terkenal kulitasnya dan awet

    ReplyDelete
  19. Wah aku kudu cek nih tempat nasiku apa ada goresan. Ternyata membahayakan ya mba, makasih ini infonya. Btw, Rice Cooker Cosmos punya Ibuku juga awet nih mba. Tekhnologinya keren ya :) anti gores.

    ReplyDelete
  20. Warnanya bagus dan terlihat segar ya, sudahlah anti lengket, anti gores pula

    ReplyDelete
  21. Aku abis masak nasi juga selalu dicabut colokannya mbak dan juga diaduk udah kebiasaan gtu :D
    Rice cooker dengan teknologi harmond gini bikin lapisan gak gampang lepas dan nasi kita gak terkontaminasi yaa

    ReplyDelete
  22. Pas banget momennya, aku sudah mau ganti rice cooker tapi masih bingung mau merek yang bagus. Syukurlah dapat segera info di sini

    ReplyDelete
  23. Dari dulu keluargaku juga pake Cosmos, mbak.. Terbukti awet dan tahan lama.

    ReplyDelete
  24. Akhirnya aku ya ganti Cosmos setelah lihat tetanggaku pake penanak nasi ini dan anti lengketnya lebih awet dari penanak nasi yang kupakai. Serem euy kalau anti lengket terkelupas trus masi aja dipakai. Kan pastinya ikut termakan dong ya.

    ReplyDelete
  25. Senangnya dapat rice cooker
    Saya pas butuh tetapi belum rezeki
    Jadi pengen segera punya sebelum adik bayi MPASI

    ReplyDelete
  26. Sama banget nih Mbak, saya juga nggak bisa lepas dari nasi. Kalau makan harus ada nasi kalau nggak rasanya nggak makan saja. Btw bagus ya produk rice cooker terbaru dari cosmos ini. Bisa membantu kita memasak masih dengan cepat, praktis dan sehat.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...