Sunday, December 27, 2020

Lindungi Diri dari Penyakit Kanker bersama FWD Cancer Protection

Keluarga saya sangat dekat penyakit kanker. Ibu saya meninggal dunia akibat kanker nasofaring. Sepupu saya pun meninggal dunia akibat kanker payudara. Penyakit kanker masih menjadi penyakit mematikan nomor 2 di dunia, setelah penyakit kardiovaskular. Ada berbagai jenis penyakit kanker, tetapi yang paling banyak menyumbang kematian tertinggi adalah kanker paru, kanker lambung, dan kanker usus besar. Penyakit kanker memang tidak bisa dianggap  sepele, apalagi kehidupan kita saat ini semakin mendekatkan diri dengan risiko terkena penyakit kanker. 


Lindungi Diri dari Penyakit Kanker


Namun, jangan khawatir. Penyakit kanker bisa dicegah asalkan kita menerapkan pola hidup sehat. Seseorang terkena penyakit kanker ketika muncul sel-sel abnormal di dalam tubuhnya yang tumbuh dengan cepat. Sel-sel abnormal ini dapat menyebar ke organ-organ tubuh lainnya dan menyebabkan kematian. Tingginya tingkat kematian akibat kanker disebabkan oleh keterlambatan diagnosa, sehingga penyakit ini baru diketahui setelah stadium lanjut. Kanker memang salah satu penyakit the silent killer.  

Tak hanya itu, penyakit kanker juga bisa menyebabkan kebangkrutan finansial dikarenakan biaya pengobatannya yang mahal. Pengalaman ibu saya sewaktu terkena kanker, kami sampai harus menjual aset-aset berharga untuk biaya pengobatan. Jadi, selain menjalankan pola hidup sehat, kita memang harus sehat finansial agar memiliki perlindungan finansial dari penyakit kanker. 


Cara Cegah Kanker


Pola hidup sehat seperti apa yang harus diterapkan untuk mencegah penyakit kanker? Berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber:

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat itu sebenarnya sangat mudah, tetapi sayangnya makanan-makanan lezat di sekitar kita sangat jauh dari kandungan sehat. Kita dikelilingi oleh makanan-makanan yang berkalori tinggi, mengandung pemanis buatan dan pengawet, lemak jahat, dan tinggi garam. Semua itu adalah makanan-makanan yang dapat mengubah sel-sel tubuh menjadi abnormal.  

Solusinya sangat mudah. Kita harus mengubah jenis makanan yang kita konsumsi dengan memperbanyak makan sayur dan buah, kurangi asupan garam, kurangi makanan berlemak dan daging olahan, serta menjauhi makanan dengan pemanis buatan dan pengawet. Kembali mengonsumsi makanan alami yang disediakan oleh alam tanpa pengolahan berlebihan, adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker. 


Pola Makan Sehat


Berhenti Merokok

Bagi para perokok, sebaiknya mulai mengurangi merokok atau berhenti sama sekali. Jika belum pernah merokok, jangan coba-coba merokok karena nikotin menyebabkan kecanduan. Banyak perokok yang berdalih bahwa dirinya tetap sehat meskipun suka merokok. Faktanya, merokok bisa memicu penyakit kanker terutama kanker paru-paru dan nasofaring. Selain itu, asap rokok juga bisa memberikan dampak negatif pada para perokok pasif atau orang-orang yang terpaksa ikut mengisap asap rokok karena berada di sekitar perokok aktif. 

Tidak Minum Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga harus dijauhi karena dapat merusak organ-organ tubuh dan memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya. Tidak hanya penyakit kanker, tetapi  juga kardiovaskular, stroke, dan lain-lain. Minuman beralkohol juga bisa menyebabkan kecanduan, sehingga sulit berhenti minum kalau sudah mencobanya. Untuk itu, sebaiknya hindari minuman beralkohol demi kesehatan kita.

Jaga Berat Badan Ideal

Obesitas adalah pintu beraneka macam penyakit, termasuk penyakit kanker. Jaga berat badan ideal dengan membatasi asupan kalori. Kalori yang masuk sebaiknya sama dengan kalori yang dikeluarkan, agar tubuh tidak menyimpan banyak lemak.

Tidur yang Cukup

Tidur bermanfaat untuk mengistirahatkan dan meregenasi organ-organ tubuh. Tidurlah yang cukup seperti anjuran dokter yaitu antara 8-10  jam sehari. Sebaiknya jangan sering-sering begadang. Tidur tepat waktu sebelum jam 10 malam, sangat baik untuk kesehatan.

Jauhi Stres

Berusaha tetap bahagia di tengah tekanan hidup memang tidak mudah. Jauhi stres dengan mengatur beban kerja agar tidak berlebihan, juga selalu berpikir positif agar tetap bahagia. Seringlah bergaul dengan orang-orang yang bisa menularkan kebahagiaan, bukan orang-orang yang malah membuat kita stres. 

Rutin Berolahraga

Banyak manfaat berolahraga di antaranya agar dapat menjaga berat badan ideal dan juga mengurangi stres, karena olahraga dapat melancarkan peredaran darah. Usahakan berolahraga minimal 30 menit sehari. Tidak perlu olahraga yang berat-berat dan mahal. Kita bisa berolahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan. 

Deteksi Dini

Beberapa penyakit kanker misalnya kanker payudara, bisa disebabkan oleh faktor keturunan.  Jika di keluarga besar kita ada yang pernah terkena kanker, maka perlu sekali buat kita untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up, agar dapat diketahui lebih awal saat ada gangguan kesehatan yang tidak terlihat secara kasatmata.

Itulah sebagian dari pola hidup sehat yang dapat kita terapkan untuk mencegah kanker. Selain itu, kita juga harus sehat finansial. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, pengobatan penyakit kanker sangatlah mahal. Bahkan bisa menghabiskan aset-aset berharga yang telah kita tabung selama ini. Kita memerlukan perlindungan finansial, salah satunya dengan FWD Cancer Protection dari FWD Insurance. 

Asuransi Kanker Online ini adalah produk asuransi khusus kanker online yang sangat terjangkau dan menggunakan proses digital end-to-end dari mulai proses pembelian hingga klaim dapat dilakukan secara online. Asuransi ini memberikan perlindungan pada risiko penyakit kanker sampai tertanggung berusia 70 tahun. 

Jenis kanker yang ditanggung oleh FWD Cancer Protection adalah kanker payudara, rahim, saluran tuba, vulva, vagina, serviks utari, usus besar, rektum, alat kelamin pria, testis, paru-paru, hati, perut, nasofaring, dan kandungan kemih. 

Sedangkan kanker kulit non melanoma, leukimia limfositik kronis, dan kanker yang terdiagnosis sebelum atau dalam masa tunggu, tidak termasuk yang ditanggung oleh FWD Cancer Protection. Jadi, penyakit kanker yang ditanggung itu harus terdiagnosis pertama kali selama masa asuransi. 

Semua orang yang berusia antara 18-64 tahun, boleh membeli FWD Cancer Protection dari FWD Insurance. Harga preminya terjangkau mulai dari Rp 10.000 per bulan dan mendapatkan manfaat 100% uang pertanggungan jika didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal. 

FWD Insurance


Ada 4 langkah mudah dalam prosesnya, dari mulai pengajuan online melalui website e-commerce FWD Life dan ifwd.co.id, hingga proses klaimnya secara online juga di FWD Max. 

  1. Mudah Ketentuannya: nasabah langsung mendapatkan 100% manfaat uang pertanggungan jika didiagnosis kanker di tahap awal, meskipun sudah memiliki perlindungan lainnya. 
  2. Mudah Belinya: nasabah cukup melakukan 4 langkah pembelian secara online dengan menjawab 3 pertanyaan kesehatan saja. Sangat mudah dan tidak ribet, kan.
  3. Mudah Bayarnya: nasabah cukup membayar mulai dari Rp 10.000 per bulan  dan bisa memilih uang pertanggungannya. Uang sebesar ini biasanya hanya untuk jajan bakso ya, itupun masih kurang. Di tempat saya, bakso seporsi Rp 15.000.
  4. Mudah Klaimnya: nasabah dapat mengajukan klaim secara mudah dengan menyerahkan dokumen yang lengkap. 

FWD Cancer Protection ini adalah solusi asuransi terbaik untuk nasabah, karena menghadirkan solusi mudah beneran agar para nasabah dapat terlindungi dari kanker.  Dengan begitu, kita tetap bersemangat meraih mimpi dan menjalani passion tanpa khawatir dengan ancaman penyakit kanker yang tidak hanya menggerogoti kesehatan tubuh tetapi juga finansial.

Penyakit kanker telah merampas mimpi ibu saya yang ingin memiliki butik sendiri. Jangan sampai itu terjadi juga kepada saya, karena saya juga masih memiliki mimpi. Tak hanya ingin menyaksikan anak-anak tumbuh dewasa, tetapi juga mewujudkan cita-cita sendiri. 

FWD Cancer Protection, Asuransi Mudah Beneran dari FWD Insurance. Untuk pembelian selama periode tanggal 21-31 Desember 2020, nasabah bisa mengikuti undian berhadiah sepeda Brompton, iPhone 12, dan iWatch 6. Buruan beli sekarang deh di ifwd.co.id!









11 comments:

  1. Ya Allah Mbak, turut berduka sebelumnya soal Ibu dan sepupu. Enggak nyangka ternyata kanker begitu mudah menyerang orang terdekat apalagi keluarga inti. Bukan tidak mungkin suatu hari juga kita bisa kena. Aku kadang parno dikit sakit aja di payudara apakah mungkin kanker? Ah, semoga kita sehat-sehat saja aamiin

    ReplyDelete
  2. Kanker jadi salah satu penyakit yang menakutkan, mencegahnya sejak dini bisa jadi langkah awal agar terhindar dari penyakit kanker. Salut banget sama FWD yang terus berinovasi dengan produk-produknya dan perhatian banget dengan kesehatan bahkan sampai ke penyakit kanker.

    ReplyDelete
  3. Faktanya walopun lagi pandemi, kanker tetap penyakit paling mematikan di Indonesiadan pastinya membuat kantong juga kering, so harus banget punya asuransi apalagi ada fwd yang terjangkau gini

    ReplyDelete
  4. Sehat itu emang mahal ya Mbak.
    Jadi emang harus jaga kesehatan dengan baik, jangan coba yang aneh-aneh deh ya.
    FWD ini care banget ya
    Meskipun ada perlindungan seperti ini semoga saja kita selalu sehat ya

    ReplyDelete
  5. Emang kuncinya di pola makan sehat ya, buat mereka yang khusunya gak ada turunan penyakit ini.
    Serem soalnya penyakit ini tu gak cuma bikin skit diri sendiri tapi semua keluarga kena imbasnya, makanya kudu punya proteksi juga sih

    ReplyDelete
  6. Kalau dengar penyakit "kanker" langsung terbayang penyakit yang sangat berat dan pengobatan yang mahal. Oleh karena itu kita harus punya proteksi diri ya Mba serta menerapkan gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  7. Healthy Life Style tuh penting bgt biar ga kena penyakit2 kritis. Proteksi jg penting bgt, asuransi khusus kesehatan yg bisa cover semua penyakit itu jg penting bgt.

    ReplyDelete
  8. Wah kanker ini memang jd banyak variannya ya, hampir semua organ berpontensi :( Memang sdh harus menjalani hidup yg lebih sehat nih! ;)

    ReplyDelete
  9. Preminya terjangkau bgt ya mba, klo dlu waktu kerja bsa rutin medchek tpi smenjak IRT blum prnah lgi

    ReplyDelete
  10. Innalillahi, turut berduka untuk ibunya ya mba.. Kanker ini membuat khawatir ya, kadang unpredictable serangannya. Jaga pola makan yg sehat dan rutin berolahraga salah satu pencegahan, tapi menjaga konsistensinya agak sulit juga ya xD semoga kita selalu diberi kesehatan ya mba.. Aamiin..

    ReplyDelete
  11. Sedih kalau denger cerita mb ela tentang alm ibu. Semoga dirimu sehat selalu ya..ingat jaga pola makan, jangan bandel dengan ter-paksa makan lemak or karbo. Btw Asuransi penting ya, karena bea obat kanker guede

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...