Wednesday, December 30, 2020

Sukses Belajar dari Rumah dengan Situs Belajar Online

Tidak terasa sudah hampir satu tahun anak-anak belajar dari rumah karena pandemi virus corona. Kemendikbud telah memperbolehkan sekolah untuk mengadakan pembelajaran tatap muka kembali, tetapi agaknya untuk daerah Depok masih belum bisa dilakukan karena penyebaran virus corona semakin menjadi-jadi. Setelah liburan semester akhir tahun ini, ibu-ibu masih harus mempersiapkan pembelajaran jarak jauh nih. Termasuk saya, tentu saja.


Belajar dari Rumah


Selama hampir setahun ini saya mencoba beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang sangat merepotkan para orangtua. Apalagi anak saya ada tiga dan ketiganya masih membutuhkan pendampingan belajar dari orangtua karena duduk di bangku SD dan SMP. Banyak kendala pembelajaran jarak jauh yang saya hadapi, diantaranya:

Waktu

Saya seperti dikejar oleh waktu karena harus menjadi guru bagi tiga orang anak yang jam belajarnya bersamaan. Mereka tidak bisa disuruh belajar sendiri tanpa pendampingan, tapi saya juga kesulitan mengajari ketiganya secara bersamaan.

Otomatis, kalau anak yang satu sedang saya dampingi, maka anak yang lain harus belajar sendiri. Biasanya mereka bukannya belajar malah main game. Setelah anak yang satu selesai saya ajari, saya pun beralih mengajari anak yang lain. Begitu terus sampai malam menjelang. Banyak pekerjaan saya yang harus tertunda karena hanya fokus menjadi guru anak-anak.


Tidak Menguasai Materi

Meskipun guru di sekolah sudah memberikan materi, rasanya tetap saja anak-anak harus belajar sendiri. Itu karena pembelajaran hanya dilakukan melalui grup whatsapp dan google classroom di mana guru sekadar memberikan materi melalui video atau powerpoint. Anak-anak kesulitan bertanya jika ada materi yang susah, karena guru juga slow response dan hanya berfokus pada hasil. Yang penting anak-anak mengerjakan tugasnya, entah benar atau salah.

Sudah tentu ibunya yang harus mengajari dan ibu tidak selalu menguasai semua materi pelajaran itu. Memang, ibu pernah belajar di sekolah dasar dan menengah pertama, tetapi bukan berarti masih menguasai materi-materi pelajarannya karena tidak pernah dipelajari kembali. Berbeda dengan guru mata pelajarannya yang selalu mengulang-ulang pelajaran tersebut.

Anak Bosan Belajar

Anak-anak menunjukkan keengganan belajar, karena bosan berada di dalam rumah terus dan tidak bertemu dengan teman-temannya. Rasanya berbeda belajar sendiri dengan belajar bersama teman-temannya. Hal ini berimbas pada penyelesaian tugas-tugas yang tidak tepat waktu bahkan tidak selesai semuanya. Malah ada teman sekolah anak saya yang sudah tidak mau lagi mengerjakan tugas-tugas.

Kondisi ini tentunya membuat orangtua juga ikut stres. Banyak orangtua yang akhirnya membiarkan saja anaknya belajar sesukanya. Sehingga tidak semua tugas dapat dikerjakan. Otomatis, anak pun kurang maksimal belajarnya.

Nilai Anak Menurun
Semestinya nilai tidak menjadi hal yang penting selama masa pembelajaran jarak jauh ini. Nyatanya, sekolah masih menargetkan nilai yang bagus. Akibat dari kendala-kendala di atas, nilai anak-anak pun menurun. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena pembelajaran jarak jauh masih akan berlangsung sampai tahun depan. 

Salah satu solusi sukses belajar dari rumah adalah memanfaatkan situs belajar online dengan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dan dapat menyampaikan materi pelajaran kepada anak-anak secara memuaskan. Misalnya situs belajar online Kelas Pintar. Apa bedanya situs belajar online ini dengan pembelajaran jarak jauh yang diberikan oleh sekolah formal? Toh sama-sama belajar via online? 

Kelas Pintar menggunakan metode yang pintar, lebih personal, dan terintegrasi sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Harapannya, siswa mendapatkan nilai akademis yang baik dan tidak ketinggalan pelajaran. Pendekatan personal dilakukan dengan menyampaikan materi yang sesuai karakter anak, melalui visual, audio, dan kinestetis.

Agar semua kurikulum pendidikan di Indonesia dapat diserap oleh anak, Kelas Pintar juga menggunakan metode PINTAR yaitu Learn, Practice, dan Test. Untuk mencobanya, ada free trial selama 7 hari. Anak juga bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan atau soal yang sulit dalam waktu cepat, karena ada fitur tanya.


Kelas Pintar


Biaya berlangganan juga sangat terjangkau, yaitu Rp 75.000/ bulan/ mata pelajaran atau Rp 625.000 untuk semua mata pelajaran selama sebulan. Bisa juga berlangganan 3, 6, dan 12 bulan dengan harga lebih murah.

Kelas Pintar bisa menjadi solusi belajar online untuk para orangtua bahkan para guru yang kesulitan melakukan pembelajaran jarak jauh. Beberapa sekolah juga telah bekerjasama dengan Kelas Pintar ini. Kehadiran situs belajar online ini semoga dapat menghilangkan hambatan pembelajaran jarak jauh yang selama ini dirasakan oleh siswa, guru, dan orangtua.

18 comments:

  1. Iya banget mba, anakku udah jenuh belajar dengan sendiri atau tatap muka melalui zoom dia butuh interaksi makanya sampe pernah anakku udah ga mau kerjain tugas wkkwk..btw kelas pintar ini terjangkau yah jadi pengen cobain juga deh

    ReplyDelete
  2. Saya setunu, ibu tak harus meng-handle semuanya. Kalau ada kelas belajar online yang bisa dipercaya, mengapa tidak?

    ReplyDelete
  3. selama belajar online di rumah memang kadang membuat anak jadi sedikit jenuh yah mbak, kayaknya butuh bantuan dari Kelas Pintar juga nih biar bisa jadi semangat kembali

    ReplyDelete
  4. Oiya, baru ingat kalau saya mau cari bimbel baru untuk anak. Semester lalu udah bimbel juga. Tetapi, mau ganti lagi untuk yang sekarang

    ReplyDelete
  5. Yup, nggak semua materi pelajaran kita paham ya mbak, akupun gitu, jadi aku sering mbuka mbuka google, berusaha memahami materi trus mumet mumet sendiri hahayyy, tapi kalau ada situs belajar online gini pasti bakal membantu kita banget ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Iya nih ada kelas pintar jadi solusi banget buat guru, orang tua dan juga para siswanya ya....Saya juga pernah nulis nih tentang kelas pintar ini... hehe

    ReplyDelete
  7. Udah mau ikut kelas pintar ini buat anakku tapi eh kok lupa terus ya. Jadi ingat lagi pas baca review Mbak Leyla ini.

    ReplyDelete
  8. Ngajarin anak belajar di rumah itu gak gampang apalagi kalau udah di kelas tinggi ya,kitanya haru sbelajar dulu baru deh transfer ilmunya. Salah satu cara mending pakai bimbel ya kaya di kelas pintar

    ReplyDelete
  9. PJJ ini memang jadi tantangan tersendiri ya mba.. kalau ada bantuan lainnya kenapa ngga? Semoga anak - anak kita tetap semangat yaa

    ReplyDelete
  10. Bener banget kak Leyla..
    Anak-anak paling lemah malah Bahasa Indonesia. Kayanya seru yaa...dapat tambahan dari Kelas Pintar.

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu mba, karena belajar di rumah ini ngga cuma ngandelin buku dari sekolah dan tugas dari guru aja, butuh juga sumber lainnya ya.

    ReplyDelete
  12. Enak sekarang ada bimbl online. Keinget dulu sejak SMP aku bimbel pulang malam mulu haha.
    Masa kyk skrng manfaatin aja apa yang ada, lagian bimbel online biaya lbh muranh dan gak pakai biaya transport dan jajan ya

    ReplyDelete
  13. PJJ bikin emak2 dirumah kelimpungan menghadapi pelajaran anak2nya. kadang emak2 suka percaya sekali dengan mbah google. ini bikin anak jadi malas belajar dan rasa keingintahuan berkurang.

    Dengan adanya kelas pintar pastinya sangat membantu anak, orang tua dan guru dalam mencerdaskan mereka.

    ReplyDelete
  14. Anak yg SFH, aku juga ikutan belajar lagi jadinya mba. Kayanya oke juga nih ikut Kelas Pintar 😍

    ReplyDelete
  15. Aku udah pernah nyoba ulik nih fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh Kelas Pintar. Pengin ikutan yang khusus pelajaran Matematika kayaknya. Anakku lemah banget di pelajaran itu, ibunya pun lemah banget ga bisa ngajarin hehehee...

    ReplyDelete
  16. Solusi jitu buangeettt
    Situs belajar online kayak gini yg bisa bikin Ibu sehat jiwa raga
    Cuss markicuss

    ReplyDelete
  17. Wah kelasnya terjangkau dan lebih interaktif ya? Bisa jadi tambahan buat anak juga agar tak bosan kelas online. Ini anak-anak tetangga sini juga sudah mulai jenuh banget kelas online yang stagnan. Coba nanti aku referensikan deh kelas pintar ini

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran aku sama Kelas pintar ini dan untuk paketnya juga bisa dibilang cukup terjangkau ya dibanding kelas online lainnya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...