Tuesday, January 31, 2023

Obligasi Tanpa Kupon - Pengertian dan Keuntungannya

 

Obligasi
Sumber foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-tanaman-memberikan-kontrak-kepada-perempuan-untuk-ditandatangani-3760067/

Memilih instrumen investasi harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satu yang paling utama adalah keuntungannya. Begitu pun dengan obligasi yang memiliki keuntungan bagi investor.


Investasi jenis obligasi kini mulai dilirik oleh investor, baik itu investor lama atau investor baru yang belum lama terjun di dunia investasi. Adapun alasannya tidak lain adalah demi mendapatkan keuntungan melimpah untuk menjaga masa depan terjaga dari banyak risiko. 

Baca Juga: Jalani Hobi, Berburu Spot Diving di Luar Negeri

Pengertian Obligasi Tanpa Kupon yang Perlu Dipahami

Sebelum memutuskan untuk memilih investasi pada instrumen yang Anda inginkan, terlebih dahulu Anda harus tahu tentang pengertiannya. Salah satu instrumen yang bisa Anda coba adalah obligasi.

Pada pengertiannya, jenis investasi ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau entitas atau negara. Surat utang ini diperdagangkan dan nantinya investor akan mendapatkan imbal hasil.

Bila Anda melihat perkembangan pasar surat utang, tidak sedikit investasi jenis ini bermunculan dan bertindak sebagai opsi skema pembiayaan dan disesuaikan dengan kondisi arus kas. Tentu saja hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk investor, tapi bila Anda perhatikan juga memberikan keuntungan maksimal untuk para investornya.

Adapun jenis surat utang yang banyak dicari adalah obligasi dengan skema tanpa kupon atau sering juga disebut zero coupon bond. Dimana pengertian dari instrumen ini adalah sebagai surat utang tanpa bunga sampai surat utang tersebut jatuh tempo, tetapi masih tetap dibeli oleh investor tentunya dengan harga diskon. Kemudian menerima pembayaran dengan nilai yang penuh pada saat instrumen ini jatuh tempo.

Walaupun sekarang diversifikasi surat utang sudah mulai berkembang, pada kenyataannya pasar belum sepenuhnya menerimanya. Karena masih harus diadakan penyesuaian dan informasi kepada investor untuk mampu mengenal dengan perbedaan-perbedaan dari instrumen tersebut.

Dibutuhkan kondisi pasar yang stabil untuk menerbitkan zero coupon bond agar laku keras di kalangan pemodal. Meski begitu tidak cukup kestabilan pasar yang menjadi faktor untuk membuat zero coupon bond akan dapat diserap investor. 

Baca Juga: Dana Darurat, Asuransi atau Investasi?

Begini Cara Kerja Obligasi Tanpa Kupon

Obligasi Tanpa Kupon
Sumber Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-smartphone-buku-catatan-pena-4386324/

Cara kerja dari instrumen investasi ini cukup mudah untuk dipahami oleh awam. Berikut cara kerja yang bisa Anda pahami sebelum memutuskan untuk memilih berinvestasi pada instrumen ini.

Penerbitan Surat Utang

Hal pertama dari proses obligasi adalah penerbitan surat utang tersebut. Surat ini akan diterbitkan ketika perusahaan membutuhkan dana untuk mengerjakan projek ataupun membayar utang. Pihak yang menerbitkan surat utang harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Termasuk didalamnya adalah tanggal jatuh temponya.

Pembayaran Imbal Hasil

Pembayaran ini dilakukan saat pengembalian dana dari investor sebagai bentuk imbalan karena telah meminjamkan dana kepada penerbit.

Imbal hasil ini sesuai dengan ketetapan awal antara investor dan perusahaan penerbit. Mekanisme ini dinilai memberikan keuntungan yang cukup besar bagi investor. Meski tidak ada kupon, hasil yang diberikan tetap sesuai dengan harapan para investor. Bahkan mungkin lebih besar lagi dari yang diperkirakan.

Harga Pasar Teraktual

Harga ini sesuai dengan ketetapan di awal. Dibayarkan mengikuti berapa persen yang ditawarkan. Misalnya jika penerbit memberikan Harga sebesar 60% dari surat utang sebesar 100 juta rupiah yang diinginkan. Maka investor hanya perlu membayar 60 juta rupiah saja.

Baca Juga: Cara Memilih Sepeda Roadbike Favorit

Keuntungan Investasi pada Instrumen Obligasi Tanpa Kupon

Ada banyak keuntungan dari memilih obligasi tanpa kupon. Berikut beberapa keuntungan yang bisa investor dapatkan.

Selisih dari Harga Obligasi Awal dan Akhir

Hal utama yang akan didapatkan investor tentu saja keuntungan dari selisih harga awal dan akhir. Meski tidak ada bunga, hasil yang diberikan tetap besar. Selisih harga ini menjadi hal yang sangat ditunggu oleh para investor. Pembelian di awal hanya beberapa puluh persen saja, tetapi bisa mendapatkan hasil 100%.

Kemudahan bagi Investor

Investor mudah dalam melakukan mekanisme investasi pada instrumen ini. Tidak perlu membutuhkan berbagai analisis maupun prosedur untuk bisa membeli surat utang. Perdagangannya pun tidak terlalu rumit dan cenderung mudah untuk dilakukan.

Bisa untuk Dijaminkan

Instrumen ini bisa dijadikan sebagai jaminan agunan. Hal ini bisa Anda rasakan ketika memilih investasi pada surat utang negara. Sehingga hal ini menjadi keuntungan lainnya bagi investor. Meski begitu, tetap harus dipergunakan sebagaimana mestinya.

Memiliki Keamanan yang Baik

Keamanan dalam berinvestasi tidak perlu diragukan lagi, hal ini karena sudah dijamin oleh negara. Bahkan sudah tercantum dalam UU Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara atau UU Nomor 24 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

Cari Obligasi Tanpa Kupon? Digibank by DBS Solusinya

Kalau Anda perhatikan, sekarang ini kegiatan investasi tidak lagi harus dilakukan secara monoton, melainkan bisa dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kondisi investor.

Hal tersebut tentunya disebabkan oleh kehadiran aplikasi investasi online yang tidak hanya jadi yang terbaik tapi juga terpercaya, yakni Aplikasi digibank by DBS.

Anda bisa beli obligasi dengan sangat mudah dan pastinya dengan harga yang menarik. Tidak sampai disitu saja, ternyata masih ada banyak kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini, antara lain:

  • Instrumen obligasi bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1 juta dan $1000 US dollar.
  • Jenis produk obligasi sangat lengkap serta tersedia pada pasar perdana dan sekunder
  • Semua transaksi bisa dilakukan menggunakan satu aplikasi.

Bila melihat potensi keuntungan yang ditawarkan, tentu saja bisa jadi pilihan yang tepat bagi investor muda. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara beli obligasi dan fitur investasi lainnya dari Aplikasi digibank by DBS.



1 comment:

  1. Sering dengar tentang obligasi, banyak juga yang mengandalkan ini sekarang. Masih belum paham sama sistemnya sih, tapi informasi ini cukup menambah wawasan tentang ekonomi. Mantep banget digiBank selalu memberikan bantuan, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...