Saturday, June 2, 2018

Belajar Perencanaan Keuangan dari Keluarga Surya



Assalamualaikum. Tak terasa sudah dua minggu kita berpuasa ya. Sebentar lagi lebaran nih. Ada yang sudah dapat THR? Hayoo.... mau diapain THR-nya? Dihabiskan semua atau ditabung? Tunggu, sebelum membuka amplop THR-nya, mendingan intip dulu sitkom Keluarga Surga di Youtube Sun Life Financial Indonesia yang episode pertamanya berkisah mengenai THR.


Saya sudah nonton  lhoo... Kocak banget. Keluarga Surya ini terdiri atas ayah, ibu, anak laki-laki, dan anak perempuan. Semua namanya masih berhubungan dengan matahari. Bapaknya bernama Surya, ibunya bernama Mentari, si anak laki-laki bernama Fajar, dan anak perempuannya bernama Cahaya. Aisshh, kok ada hubungannya dengan matahari semua ya? Iya dong, karena sitkom Keluarga Surya dibuat oleh Sun Life Financial Indonesia berhubungan dengan kampanye edukasi keuangan dengan cara menarik dan menyenangkan. 

Buat kamu yang penasaran mau nonton sitkom Keluarga Surya, langsung klik saya video youtube di bawah ini: 



Hari Kamis tanggal 31 Mei 2018 lalu, saya menghadiri Press Conference Peluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang oleh PT Sun Life Financial Indonesia di Lounge XXI Plaza Indonesia. Ibu Elin Waty, selaku Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia memaparkan alasan mengapa Sun Life memproduksi sitkom Keluarga Surya yang berupa web series dan ditayangkan di channel Youtube Sun Life Financial Indonesia ini setiap dua minggu sekali.

Ikutan launching Keluarga Surya

Siapa sih yang tidak ingin hidup mapan? Semua orang pasti ingin terjamin hidupnya di masa depan. Kemapanan itu bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk anak-anak kita. Kita pasti menginginkan kehidupan yang baik untuk mereka, dimulai dari memberikan pendidikan yang terbaik. Sayangnya, meskipun cita-cita itu ada, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan edukasi literasi perencanaan keuangan agar dapat menggunakan uangnya secara bijak. 

Ibu Elin Waty

Otoritas Jasa Keuangan tahun 2017 melansir survey tahun 2016 yang menunjukkan indeks literasi asuransi hanya 15,76%  dan itu mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 17,84%. Jadi, dari 100 orang penduduk Indonesia, hanya 15-16 orang saja yang  menggunakan jasa asuransi. Itu mengapa PT Sun Life Financial Indonesia berkomitmen dan konsisten melakukan kampanye edukasi literasi keuangan #LebihBaik Sekarang yang salah satunya diresmikan tanggal 31 Mei ini. 

Mengapa #LebihBaik Sekarang? Ya, kalau bisa sekarang, mengapa harus nanti? Kalau ditunda terus nanti malah tidak jadi-jadi. PT Sun Life Financial Indonesia sudah 23 tahun beroperasi di Indonesia dan masih terus berupaya mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan masa depan yang diinginkan melalui perencanaan keuangan yang cermat. Kampanye ini ditujukan untuk keluarga muda dan keluarga muda pada umumnya. Sebab, setiap tahunnya di Indonesia ada banyak pasangan muda yang menikah. 

Yang namanya menikah dan berkeluarga sudah tentu membutuhkan perencanaan keuangan. Apalagi generasi muda sekarang ini sedang dibombardir dengan tren traveling dan kuliner, sehingga kalau punya uang, pikirannya mau jalan-jalan saja. Apakah itu salah? Tentu tidak. Boleh saja kok jalan-jalan dan liburan, tapi ingat, harus juga diperhatikan perencanaan keuangannya agar uangnya tidak habis hanya untuk jalan-jalan dan makan. 

Terutama kalau sudah berkeluarga, punya tanggung jawab untuk memberikan kehidupan yang baik kepada keluarganya. Minimal mereka mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang baik agar taraf hidupnya kelak juga lebih baik daripada orangtuanya. Itu mengapa Sun Life giat mengampanyekan perencanaan keuangan kepada keluarga muda di Indonesia agar dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik untuk anak-anaknya kelak. 

Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc, seorang Sosiolog dan guru besar Sosiologi Universitas Indonesia memaparkan persoalan kurangnya perencanaan keuangan di dalam keluarga ini karena nilai yang dianut oleh individu tersebut dan diturunkan secara turun temurun di dalam keluarganya masih cenderung menabung hanya untuk jangka pendek, bukan jangka panjang. 

Pak Paulus dan Bu Shierly

Istilahnya adalah, hidup untuk hari ini. Hari esok, ya pikirkan nanti saja. Akibatnya, mereka kurang memiliki perencanaan keuangan sehingga ke depannya nanti serba mendadak. Untuk membiayai pendidikan anak, harus jual harta benda atau meminjam keluarga. Kalau tidak mendapatkan pinjaman, terpaksa deh anak hanya sekolah seadanya. Pada masa lebaran begini dapat THR, langsung dibelanjakan semuanya sampai tak tersisa. Padahal, anak-anak juga akan masuk tahun ajaran baru. Nah, lho.....

Nah, makanya Sun Life Financial Indonesia tak henti memberikan literasi keuangan salah satunya dengan cara yang menarik dan menghibur, yaitu sitkom Keluarga Surya. Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia memaparkan alasan di balik pembuatan sitkom Keluarga Surya. Generasi muda sekarang ini kan malas membaca. Maunya menonton. Apalagi Youtube sudah dekat sekali dengan kehidupan mereka sebagai Gen Z. 

Video Web Series Keluarga Surya dibuat untuk memberikan edukasi literasi keuangan dengan cara menarik. Berkisah mengenai satu keluarga modern yang kocak tapi terselip pesan perencanaan keuangan. Contohnya dalam episode pertama tentang THR, diceritakan pemanfaatan THR yang sesukanya membuat Keluarga Surya terpaksa deh hanya makan hidangan lebaran berupa nasi goreng. 

Aktor dan aktris yang memerankannya ada: 

Edo Borne sebagai Ayah Surya
Karina Nadila sebagai Ibu Mentari
Bima Azriel sebagai Fajar
Sandrina Michelle sebagai Cahaya

Rencananya akan ada 8 episode dengan durasi 5 menit dan ditayangkan setiap 2 minggu sekali. Tonton terus ya di channel Youtube Sun Life Financial Indonesia. Untuk episode pertama ini, ada kuisnya lho. Berhadiah THR dengan total Rp 5 Juta. Cukup meninggalkan komentar  di sini ya.

Sudah nonton "Keluarga Surya" Episode 1? Mau dapat tambahan THR dengan total 5 juta rupiah dari Sun Life Indonesia?
Ini caranya: 

1. Pilih salah satu hashtag antara THR #TeamHabisin atau #TeamTabungin,
2. Ceritakan kenapa kamu memilih hashtag tersebut.
3. Tag teman-teman kamu untuk bisa bergabung dalam kompetisi ini.
4. ‎Mention akun Sun Life Financial Indonesia di Facebook & @sunlife_id di instagram.
5. Gunakan hashtag #KeluargaSurya #LebihBaikSekarang #SunLifeTHR #BagiBagiTHR

Penentuan pemenang merupakan hak mutlak dari Sun Life Indonesia. Seluruh keputusan dari Sun Life Indonesia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Pengumuman pemenang diumumkan pada 4 Juni 2018.

Saya juga sudah ikutan kuisnya lho. Saya termasuk #TeamTabungin, karena dari dulu sampai sekarang, THR memang selalu ditabung sebagian. Untuk beli baju lebaran secukupnya saja, dan harganya juga tidak mahal-mahal. Ongkos pulang kampung, alhamdulillah kampungnya dekat di Garut, jadi uang transportasinya juga tidak banyak. Beli kue dan hidangan lebaran juga tidak berlebihan. Secukupnya saja. Kemudian ada juga yang diberikan untuk orangtua dan keponakan. 

Sisanya? Sudah tentu ditabung. Oya, jangan lupa juga memiliki asuransi terutama asuransi kesehatan dan pendidikan karena itu penting sekali. Pemeran Mentari dalam sitkom Keluarga Surya juga berbagi mengenai pentingnya asuransi sebagai bagian dari perencanaan keuangan. Terutama asuransi yang juga berfungsi sebagai investasi. Walaupun uangnya baru bisa diambil 10 tahun kemudian, tetapi kelak akan bermanfaat untuk masa depan kita. 

Contohnya, biaya pendidikan yang berkualitas sekarang ini mahalnya minta ampun. Pasangan suami istri yang baru menikah, harus benar-benar memikirkan biaya pendidikan untuk anak-anaknya kelak. Supaya bisa dapat edukasi keuangan yang lebih baik, ikuti terus deh sitkom Keluarga Surga. Di episode berikutnya nanti ada edukasi mengenai pentingnya memiliki wakaf asuransi sebagai tabungan di dunia dan akhirat. Penasaran? Segera subcribe Youtube Sun Life Financial Indonesia.

Bareng teman-teman blogger di lauching Keluarga Surya. Foto: Dito

Informasi lebih lanjut:
Fanspage: Sun Life Financial Indonesia
Instagram: @sunlife_id
Twitter: @SunLife_ID

 

20 comments:

  1. udah nonton, suka videonya :D
    namanya bagus ya, pak surya, bu mentari juga fajar dan cahaya

    ReplyDelete
  2. Thr keluar suka khilaf, mungkin karena kebutuhan dan hasrat lagi diskon banyak di mall

    ReplyDelete
  3. Lagi simpan uang gaji dari suami, suami 'kan kerjanya jadi kuli bangunan jadi penghasilan pas-pasan. Alhamdulillah, baju lebaran untuk Palung sudah. Mamah dan bapak dapat baju lungsuran dari sepupu. Masih bagus. Karena suami tak dapat THR jadi simpan uang untuk keperluan sekolah Palung. Soal lebaran seadanya saja karena tak ke mana-mana, tinggal di kampung jadi gak kenal istilah mudik, he he. Rencana untuk makan lebaran cuma bikin opor ayam. Wih, gak bisa ngebayangin hari itu mesti makan nasi goreng karena jor-joran belanja. :D

    ReplyDelete
  4. aku #teamtabungin mbaaak, udah dr kecil uang THR emang selalu ditabung untuk nanti kalau sewaktu-waktu butuh uangnya untuk keperluan sekolah. Alhamdulillah ibu sudah mengajarkan sejak kecil untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, penasaran aah nonton video keluarga surya, btw makasihh ya sharingnyaa mbak :D good luck jugaa semogaa dapet kejutan THR nya. aamiin :)

    ReplyDelete
  5. Programnya bagus niy Mba, jadi penasaran Aku pengen nonton Video keluarga Surya. Apalagi berhubungan dengan masalah pengaturan uang THR, PR banged khan! Bawaannya pengen diabisin ajah. Hehehhe

    ReplyDelete
  6. Boleh dong mba saya ikutan kuis nya, ngomong2 sekarang udah episode yg ke berapa ya,, apa ketinggalan ya saya.

    Pengen juga dapat THR aku klik ya !

    ReplyDelete
  7. saya mah tim habisin thr mba setiap lebaran, nggak tahu lebaran sekarang. THR cm numpang lewat aja, assalammu'alaikum trus habis, wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. wahhh berarti saya salah satu dari 15-16 orang itu dong mbak, heheh soalnya pakai jasa asuransi.

    THR saya kali ini banyak digunkan untuk ongkos mudik, soalnya tiket pesawat mahal sekali bahkan hampir 2 kali lipat.

    Harus sebisa mungkin mengatur keuangan dengan baik, saya sudah melakukannya sejak tahun 2014 lalu, sekarang alhamdulillah mulai banyak insturmen investasi saya.

    ReplyDelete
  9. Pengennya sih jadi #TimTabungin tapi realitanya #Timhabisin, penting bgt nih utk mulai manage keuangan biar ga menyesal kemudian hari

    ReplyDelete
  10. Aku jg #teamtabungin krn THR yang kepake setiap tahun itu cuma 40 persen Dr yg dikasih sama kantor. Itu udah bisa buat keperluan Hari Raya, tiket pesawat PP mudik, Dan angpao, 20 persennya buat Hari Raya idul adha Dan beli qurban. Nah 40 persen lagi ditabung. Maklum blm Ada anak yg nangis minta beliin baju sih. Jd bisa berhemat

    ReplyDelete
  11. Web seriesnya punya konsep menarik banget, menghibur tp berisi makna pesan yg ingin disampaikan juga dapet di terima dgn baik

    ReplyDelete
  12. Udah rahasia umum sih di masyarakat tuh klw dapat THR kebanyakan dihabiskan. Dan menurut saya keluarga surya ini datang di momen yang pas untuk mengedukasi masyarakat mengelola THR nya ��

    ReplyDelete
  13. Edukasi keuangan selalu penting, apalagi metodenya berbeda dan menyasar usia keluarga muda.... Keren

    ReplyDelete
  14. Nama keluarganya tata surya semua ya mba, kalo edukasi tuh paling enak ada contohnya sepdrti difbikin film berseri ini, kalo hanya materi aja suka boring

    ReplyDelete
  15. Nama keluarganya tata surya semua ya mba, kalo edukasi tuh paling enak ada contohnya sepdrti difbikin film berseri ini, kalo hanya materi aja suka boring

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THr itu harus diapakan agar ga menyesal.

    ReplyDelete
  17. Kalau aku tim tabungin mbak, krn kebutuhan pas lebaran banget. Keluarin dana yg butuh, selebihnya tabungin.

    ReplyDelete
  18. Aku belum sempet nonton nih, malah baru tau kalo ada. Siap meluncur nih...

    ReplyDelete
  19. Saya sudah baca hashtag #KeluargaSurya ini di Instagram semenjak beberapa minggu yang lalu. Menurut saya, ini inovasi bagus dari Sun Life Financial untuk menyampaikan pendidikan tentang perencanaan keuangan dengan cara yang menarik. Meskipun saya pikir, bikin sinetron berseri kayaknya akan makan biaya banyak, tetapi untuk branding Sun Life, ini bagus sekali.

    Orang Indonesia memang buruk sekali tabiat perencanaan keuangannya, dan banyak sekali orang yang terpaksa bergantung kepada THR. Saya ini tidak setuju adanya THR karena mental orang Indonesia yang langsung ngabisin THRnya untuk kesenangan sesaat. Tetapi kalau Sun Life ngajariin bahwa THR itu mestinya dipakai untuk subsidi tambahan biaya sekolah anak, saya setuju banget.

    Mudah-mudahan setelah adanya sitkom ini, orang Indonesia jadi lebih melek literasi keuangan lagi.

    ReplyDelete
  20. Hiks... Emang harus mulai mikir jangka panjang nih.. apalagi udah ada Alula, biaya sekolah mahal bingitss, harus nabung dari sekarang.. btw suka deh sm sitkom ini mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...