Wednesday, June 6, 2018

Stimulasi, Nutrisi, dan Bebelac 3 untuk Perkembangan Sosial Anak



Hai Mom, beberapa waktu lalu saya sudah menulis tentang pentingnya stimulasi dan nutrisi untuk mendukung anak tanggap yang lengkap. Stimulasi yang saya berikan kadang-kadang tidak saya sadari. Contohnya, anak tetangga saya di sebelah rumah, sering main ke rumah saya. Mereka sering melakukan permainan anak laki-laki bersama-sama, walaupun akibatnya rumah saya berantakan karena di rumah ada 4 anak laki-laki. Tak apalah, toh positifnya Salim jadi mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. 


Saya biasa membeli snack untuk teman bermain anak-anak dan jumlahnya pas untuk 3 orang karena anak saya ada tiga. Kalau ada anak tetangga yang sedang main ke rumah, saya akan melebihkan jumlahnya. Salim yang sudah bisa berhitung 1-20 pun penasaran. “Mah, ini yang satu lagi buat siapa?” Saya pun menjawab,”buat Moses. Ini kasih ke Moses ya,” kata saya, sembari menyebut nama anak tetangga. Salim dengan suka cita memberikan snack untuk Moses. 

Rupanya itu salah satu stimulasi yang membentuk karakter positif pada Salim. Saya baru menyadari belakangan ini. Untuk bekal di sekolah, saya membelikan sejumlah snack yang cukup banyak. Tadinya saya pikir kalau tidak habis ya nanti dimakan di rumah. Saya heran karena Salim menghabiskan semua snacknya. Penasaran, saya pun menanyakan ke anak itu. “Salim, itu semua snacknya habis dimakan?” Salim menjawab, "Iya, kan aku makannya sama teman-teman aku.” 

Saya sedikit terkejut karena tidak menyangka Salim mau berbagi kepada teman-temannya. Yang saya lihat di sekitar saya, anak-anak itu tidak mau berbagi dan cenderung mempertahankan miliknya. Tak ingin diambil oleh orang lain. Alhamdulillah, Salim sebaliknya. Semua snacknya ludes dimakan bersama teman-temannya. 

Saya juga melihat sendiri bagaimana teman-teman Salim ikut gembira melihat Salim membuka tas dan mengeluarkan bekalnya. Rupanya mereka senang karena tahu akan dibagi makanan oleh Salim. Bahkan, kakak Salim sendiri saat ditanya apa kebaikan Salim? Dia jawab, “Salim suka bagi-bagi makanan.” 

Tentunya ada rasa bahagia dan senang karena punya anak yang suka berbagi.  Ternyata anak-anak mendapatkan stimulasi dari orangtuanya salah satunya dengan melihat hal-hal yang dilakukan oleh orangtuanya. Itu membuat saya selalu berusaha melakukan sesuatu yang positif dan meminimalisir perbuatan negatif agar anak-anak tidak mengikutinya. 

Karakter positif seperti suka berbagi makanan itu juga membuat anak kita disukai oleh teman-temannya sehingga dia memiliki banyak teman. Hal itu juga menjadi salah satu cara mengajari anak bicara. 

Alhamdulillah, Salim tak mengalami kesulitan dalam berbicara. Dia dapat menangkap kosa kata baru dengan cepat. Meskipun tetap harus berhati-hati karena ada saja kosakata baru yang negatif yang diserap dari teman-temannya. Biasanya saya kasih tahu kalau kata-kata itu tidak baik untuk diucapkan..

Selain stimulasi, tentu saja saya juga berupaya memberikan nutrisi yang terbaik. Saya memberikan ASI Eksklusif untuk Salim, kemudian dilanjutkan dengan MPASI dan susu tambahan Bebelac. Susu Bebelac ini dulu juga saya berikan untuk kakak Salim. 

Suami memilih susu Bebelac karena  kandungan nutrisinya lebih lengkap. Apalagi susu Bebelac baru yang semakin disempurnakan komposisinya. Ada Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan. Sudah pada tahu belum sih manfaat Omega 3 dan 6 bagi anak? Baca deh Pentingnya Omega 3 & 6 Sebagai Nutrisi Otak Anak. 

Salim suka sekali minum susu, selain makan makanan bergizi. Apalagi susu Bebelac baru ini rasanya enak dan tidak terlalu manis sehingga saya tidak khawatir dengan kandungan gula yang berlebih. Saya bersyukur Salim tumbuh sehat dan cerdas, juga bisa bersosialisasi dengan mudah.


Mau tahu tips lebih lengkap mengenai parenting anak agar anak menjadi tanggap yang lengkap termasuk dalam hal perkembangan sosial anak? Baca saja di website Bebelac.

14 comments:

  1. Salim, Raissa juga bagi dong makanannya.. :)

    ReplyDelete
  2. Kontes Seo 2 VipQiuQiu99 akan diperpanjang dari tanggal 25 januari 2018 - 25 juni 2018, Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    Link: http://vipqiuqiu99seo.net

    ReplyDelete
  3. Minyak ikan sangat penting untuk akselerasi pertumbuhan otak anak. Selain nutrisi gizi seimbang dan simulasi. Anak anak juga membutuhkan edukasi. Membereskan mainan anak setiap hari itu seperti replay mengulang kegiatan yang sama. Kita bisa ajaka anak anak membereskan nya bersama sama. Amu biasanya sambil main masuk kandang. Thanks for sharing mbak. Bebelac is also my daughter favorite milk.

    ReplyDelete
  4. Nanya dong, Mbak. Gimana cara mengajari anak senang berbagi, tapi sekaligus melindungi anak ini supaya anak ini tidak mudah diperalat orang lain karena senang berbagi?

    ReplyDelete
  5. anakku juga senang berbagi makanan di sekolah, tapi kadang malah membuat dia nggak kebagian. Sekarang dia berlatih untuk adil, maksudnya adil untuk dirinya dan teman-temannya, jadi semuanya senang.

    ReplyDelete
  6. kk Salim pinter bgt deh jadi tumbuh sehat, cerdas dan juga bisa bersosialisasi dengan mudah psti karena mamanya memberikan nutrisi dan gizi yang tepat

    ReplyDelete
  7. Wah Salim pinter udah bisa bagi2 sendiri snacknya ke teman2. Btw susunya Salim sama kyk anakku, aku jg pilih Bebelac krn nutrisinya lengkap mbak.

    ReplyDelete
  8. Wah salim hebat ya suka berbagi makanan. Berarti salim anak yang tanggap sosial nih

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya, Salim tumbuh jadi anak yang punya kepedulian dan mau berbagi, terutama makanan. Semoga ke depan ia jadi anak yang punya rasa empati tinggi :).

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ya salim suka susu Bebelac. tumbuh pintar dan sehat ya salim <3

    ReplyDelete
  11. Salim rasa sosialnya kuat banget,dia rela berbagi dengan temannya. Hal yg susah didapatkan pada anak-anak lain.

    Salam sayang dari Lamongan

    ReplyDelete
  12. Nah ini yang masih jadi peer banget buat saya, mengajari anak berbagi

    ReplyDelete
  13. Omega 3 dan 6 ternyata sangat penting untuk tumbuh kembang anak ya, Mbak, ditambah lagi dengan stimulasi yang tepat maka anak bisa tumbuh dengan baik, cerdas, punya kepekaan emosi dan sosial juga.

    ReplyDelete
  14. Asik, Salim suka berbagi makanan. Jadi ingat dulu ketemu SID, Salim bawa sekresek jajan dan ia rela membagi jajannya ke SID. Terima kasih ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...