Saturday, November 5, 2022

Motivasi Semangat Sekolah dari JNE Medan Goes to School

Hai, Mom, gimana nih kabar anak-anaknya yang sudah sekolah tatap muka? Semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat ya. Selain virus covid masih ada, sekarang juga sedang musim hujan. Nggak heran kalau anak-anak agak malas berangkat ke sekolah. Apalagi anak-anak saya sekolah sampai sore, lalu dilanjut dengan les. Sebagai ibu, saya harus pandai-pandai memotivasi mereka agar tetap semangat sekolah. 

Anak Sekolah

 

Sering sih mereka mengeluh tentang capeknya sekolah dan les. Pulang sekolah, wajah mereka terlihat muram dan tubuh lemas. Yah, apa boleh buat. Saya pun dulu saat sekolah juga terkadang merasakan kelelahan dan kebosanan. Demi masa depan, sekolah tetap harus dijalani. Terbukti kan sekarang saya sudah merasakan manfaat sekolah. Ilmu dan latar belakang sekolah yang saya miliki bisa membentuk karakter dan sikap lebih baik, serta menjadi modal untuk kehidupan yang berkecukupan. 

Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan di Hari Pelanggan Nasional 

Saya harap usaha saya dan suami untuk memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak juga nantinya akan berguna untuk masa depan mereka. Mereka kan tidak bisa bergantung terus kepada orangtua. Ketika sudah dewasa nanti mereka harus mandiri dan membentuk keluarga sendiri. Sudah tentu dong mereka harus bertanggungjawab pada kehidupan masing-masing. Jadi, selelah apa pun bersekolah, jangan pernah menyerah. 

Itu baru anak-anak saya yang sekolah sampai sore. Pulang ke rumah masih bisa main game dan nonton youtube. Bagaimana dengan anak-anak yang sekolah di pesantren? Meskipun saya belum pernah sekolah di pesantren dan anak-anak saya juga tidak ada yang di pesantren, tapi dengar-dengar sekolah di pesantren itu lebih ketat. Anak-anak nggak boleh pegang hape, apalagi main game dan nonton youtube. Tidur pun hanya sedikit, karena tengah malam sudah dibangunkan lagi untuk solat malam dan kegiatan lainnya. 

Belum lagi para santri itu nggak bisa bertemu keluarganya setiap hari. Ada yang bisa pulang seminggu sekali kalau rumahnya dekat, banyak juga yang hanya pulang saat liburan semesteran karena rumahnya jauh. Orangtua nggak boleh menjenguk terlalu sering, karena nanti anak-anaknya malah jadi cengeng. Sepupu saya pernah mencoba sekolah di pesantren, tapi hanya tahan satu tahun. Luar biasa ya, pastinya membutuhkan fisik dan mental yang tangguh untuk sekolah di pesantren. 

Nggak heran kalau JNE Medan memberikan motivasi kepada santri-santri di Pesantren Darularafah dalam rangka program CSR JNE Goes to School. Kegiatan ini sudah berlangsung selama lima tahun lho. Pada hari Kamis 27 Oktober 2022, kegiatan ini diadakan di Pesantren Darul Arafah yang berlokasi di Jl Raya Berdikasi No 1A Desa Lau Bakeri, Sampe Cita, Kutalibaru, Deli Serdang. 

JNE Medan

 

Kegiatan itu diapresiasi secara positif oleh pihak pesantren, diwakili oleh Misdan, Musyrif Pesantren Darularafah Raya yang mengatakan bahwa para santri sangat bersemangat mengikut kegiatan JNE Goes to School ini dan semoga materi yang disampaikan para narasumber dapat memotivasi dan membuat mereka dapat terus mengembangkan diri. 

Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Alhaq Fachriyana yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan itu menyatakan bahwa para siswa kelas tiga memang sudah harus menetapkan visi, menyusun misi, dan membangun target-target dalam hidup agar bahagia di masa depan. Ucapan Pak Fikri ini mengingatkan saya pada saat SMA. Saya pun sudah berpikir untuk masa depan, apa tujuan dan cita-cita saya, dan apa yang boleh dan tidak boleh saya lakukan agar tidak mengganggu tujuan dan cita-cita tersebut. 

Banyak remaja yang tidak memiliki target-target untuk masa depannya, sehingga menempuh jalan yang salah. Akibatnya, sudah tentu masa depannya pun suram. Seperti terjebak dalam pergaulan bebas yang membuatnya berhenti sekolah karena hamil di luar nikah, terjerat narkoba, balapan liar, tawuran, dan kenakalan remaja lainnya. Mereka perlu mendapatkan bimbingan, semangat, dan motivasi dari orang dewasa terutama orang-orang yang sudah sukses agar kelak meniru kesuksesannya.

Sementara itu, pemateri lainnya, Muhammad Arif Taufik, Human Capital JNE Medan menyampaikan bahwa untuk menjadi siswa yang bahagia diperlukan kecerdasan intelektual (IQ), spiritual (SQ), dan emosi (EQ). Jadi, tak hanya pintar otaknya melainkan juga harus memiliki karakter dan sikap yang baik serta mampu mengelola emosi. Sehingga kelak mereka bisa bekerja dan berinteraksi dengan baik. 

Wah, menarik juga ya motivasi yang diberikan oleh narasumber dalam acara JNE Goes to School ini. Selain memberikan motivasi ke sekolah-sekolah, JNE Goes to School juga memiliki program lainnya seperti Rumah Tahfiz JNE-DT Peduli Sumut, program 12 Sanggar Genius JNE - Yatim Mandiri untuk Yatim dan Dhuafa, program Pelatihan Design Grafis JNE - IZI Sumut, Program Tanggap Bencana Tagana JNE Medan, Program Sekolah Bisnis UMKM, dan JNE Goes to School dan Campus. 

Baca Juga: JNE dan Komitmen terhadap UMKM

Semoga saja kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah-sekolah lainnya supaya para siswa semakin semangat dan termotivasi belajar. Siapa tahu nanti juga mampir ke sekolah anak-anak saya. Salut dengan JNE yang konsisten menebarkan kebahagiaan sesuai dengan taglinenya "Connecting Happiness" tak hanya yang berhubungan dengan bisnisnya, tetapi juga ke bidang-bidang lainnya seperti sosial, budaya, dan pendidikan. 

 

23 comments:

  1. Salut terhadap JNE dengan berbagai program CSR yakni JNE Goes to School :) Memang deh bagi anak2 yang bersekolah di pesantren maupun boarding school lainnya, ada hal2 penting yang mesti diperhatikan. Misalnya penggunaan gadget dan perintilan lainnya. JNE memberikan semangat belajar tentu ya... Semoga berkesinambungan program2 yang telah dilakukan aamiin.

    ReplyDelete
  2. Seneng saya membacanya, alhamdulillah JNE memiliki program CSR JNE Goes to school dan memberikan motivasi pada anak-anak. Iya, suatu saat anak-anak sekolah ini harus bertanggungjawab terhadap hidupnya sendiri, jadi selelah apapun pulang sekolah harus tetap semangatnya di jaga

    ReplyDelete
  3. program JNE memang oke banget yaaa, banyak banget deh yang aku baca. keren semua dan bermanfaat pula. semoga JNE goes to school ini makin membuat para siswa semangat dan maksimal dalam menempuh pendidikan mereka yaa

    ReplyDelete
  4. Iya bener mba. Motivasi terbaik untuk anak semangat sekolah harus kita berikan terus ya. Kadang ya sama mengeluh capek, tapi tetap aja kita harus support. Bagus apa yang dilakukan oleh JNE

    ReplyDelete
  5. Selalu ada cerita yang menarik yan mbak kalo urusan anak sekolah, mulai dari bosan, capek sampai nggak betah. Ini kadang PR besar orangtua ya.. Keren banget ini program JNE goes to school, anak-anak butuh banget motivasi biar makin semangat menuntut ilmunya

    ReplyDelete
  6. Masuk pesantren memang membutuhkan kesiapan mental yang bagus. Bukan saja mental ortunya yang harus tega anaknya nyantri tapi juga mental anak yang dituntut mandiri. Salut sih buat ortu yg masukin anak-anak di pesantren.

    Program JNE goes to school dan memberikan motivasi kepada sabtri pesantren di Darul Arafah Raya ini patut diapresiasi.

    ReplyDelete
  7. Menjadi orang tua, memang harus jadi motivator paling enggak untuk anak kita sendiri ya mbak.
    Seperti JNE dengan program CSR Goes to School yang memiliki kegiatan berkunjung ke sekolah dan pesantren. Motivasi yang dibagikan semoga menjadi pencerahan untuk siswanya bisa selalu bahagia, tentunya dengan bekal kecerdasan emosi dan spiritual selain IQ nya

    ReplyDelete
  8. Anak-anak juga kadang turun semangat ya, itulah peran ortu gimana bisa bikin mereka semangat lagi.. senang banget JNE bisa hadir langsung ke dunia pendidikan untuk menginspirasi..

    ReplyDelete
  9. Memang menjaga nyala semangat dan motivasi anak tuh tugas yg luar biasa.
    Yg jelas, bahagia bgt karena JNE punya kepedulian yg awesome bgt ya

    ReplyDelete
  10. Semoga anak-anak terus semangat belajarnya ya Mbak..sehat selalu juga
    Btw, keren sekali ini JNE Medan memberikan motivasi kepada santri-santri di Pesantren Darularafah dalam rangka program CSR JNE Goes to School juga di sekolah lainnya. Sukses untuk kegiatan baiknya JNE!

    ReplyDelete
  11. Anak perlu memang di motivasi untuk terus belajar ya, Mba. Soalnya kan mereka selama 11 tahun harus pergi ke sekolah mulu. Belum lagi pas mahasiswa mereka harus belajar. Jadi perlu motivasi biar mereka bahagia dalam belajar. Macam yang dilakukan oleh JNE nih kasih motivasi di pesantren Darulfalah ya

    ReplyDelete
  12. Mantap sekali JNE, membantu di tanah pendidikan memang oke sekali karena salah satu yang diupayakan dalam kemajuan bangsa. Semoga sukses selalu JNE

    ReplyDelete
  13. Sungguh berbeda kehidupan sekolah fullday dengan pesantren yaa..
    Dengan semangat yang diberikan JNE dalam program CSR-nya JNE Goes to School, semoga bisa semakin meningkatkan prestasi dan semangat belajar juga keteguhan dalam menimba ilmu anak-anak.

    ReplyDelete
  14. Keren sekali CSR JNE ini
    Memang kadang anak anak butuh motivasi untuk tetap rajin belajar di sekolah ya mbak
    Semoga makin banyak sekolah sekolah yang menggelar acara seperti ini

    ReplyDelete
  15. JNE kereen ada program csr masuk.ke sekolah sekolah supaya amak2.sudah py jabaran kuliah apa yg kau pakai

    ReplyDelete
  16. Keren ya programnya JNE menyasar siswa siswi untuk diberi motivasi. Semoga kegiatannya berkesinambungan & bisa menjangkau daerah lain

    ReplyDelete
  17. wow, anak kelas 3 udah diajak mikir visi misi dan target kehidupan
    memang penting yaa walau kayak berat, supaya hidup lebih terarah, enggak hanya mengikuti arus saja
    keren nih CSR JNE!

    ReplyDelete
  18. Jne kereeen semoga makin banyak kerjasama JNe dengan panti atau langsung di bagikan sangat berguna buat orang lain...

    Happy traveling mak (gusti yeni)

    ReplyDelete
  19. Program CSR yang keren. Menyasar para pelajar untuk wawasan dan skill yang baru. Pastinya ini bisa bermanfaat untuk para siswa. Semoga semakin banyak nih sekolah yang didatangi. Biar semakin banyak juga para pelajar yang termotivasi dan punya skill baru. Semoga dicontoh juga nih oleh korporat lain. Bikin CSR yang menyasar anak muda juga.

    ReplyDelete
  20. Tinggal di pesantren emnag berat ya Mak. Anak-anak kalau nggak bener-bener pengen ke pesantren akan berat buat mereka. Masyaa Alla program CSR JNE goes to scool. Tujuannya langsung ke pesantren. Baagia banget pasti anak-anak di sana. BIsa mendapatkan motivasi yang bikin mereka semangat menuntut ilmu di pesantren.

    ReplyDelete
  21. Iya benar. Harusnya anak sudah mulai diajarkan untuk membuat visi-misi dan target ke depan agar mereka lebih terarah. Salut dengan JNE dan kipahnya di masyarakat. Terutama di dunia pendidikan

    ReplyDelete
  22. Mendidik dan membesarkan anak jaman now memang susah2 gampang ya mba, yang penting kita sebagai orangtua selalu mendoakan yang terbaik untuk anak. Salut banget sama JNE, CSR nya di semua aspek kehidupan

    ReplyDelete
  23. Bagus juuga nih program CSRnya JNE. Makin banyak manfaatnya untuk masyarakat terutama para siswa agar terus semangat sekolah. Penting loh ini agar menjaga generasi muda Indonesia.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...