Sunday, June 3, 2018

Kids Republic Bekasi, Sekolah dengan Metode Montessori



Assalamualaikum. Apa kabar Bu Ibu? Sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru. Buat Bu Ibu yang punya anak usia 2-6 tahun dan mau disekolahkan, terutama yang rumahnya di sekitar Bekasi, ini saya kasih tahu deh Kids Republic cabang Bekasi, sekolah pra SD yang menggunakan metode Montessori.


Minggu lalu tanggal 27 Mei 2018 saya berkesempatan mengikuti launching Kids Republic Bekasi yang dihadiri oleh para calon orangtua murid. Mereka mendapatkan 1 kali frre trial metode Montessori yang digunakan di Kids Republic Bekasi ini. 


Bangunannya sendiri ada 3 lantai dan belum sepenuhnya selesai karena sekolah ini memang baru dibuka. Kids Republic Bekasi ini adalah cabang dari Kids Republic Cipinang Bali 1 No. 5A Jakarta Timur 13420. Buat yang sudah tahu kerennya Kids Republic Cipinang, nah yang di Bekasi ini nantinya juga akan sekeren di Cipinang. 
Ada 6 tahapan kelas yang disediakan tapi di Kids Republic Bekasi ini hanya ada 5, yaitu: 

Kelas Mayor untuk anak usia 2-3 tahun
Kelas Governor untuk anak usia 3-4 tahun 
Kelas Minister untuk anak usia 4-5 tahun 
Kelas Presiden untuk anak usia 5-6 tahun
Kelas Academy untuk anak usia 6-16 tahun

Program pendidikannya adalah edukasi, olahraga dan kesehatan, fun creative. Khusus untuk kelas Academy, hanya tersedia kelas olahraga dan kesehatan seperti bela diri dan balet.       

Di kegiataan free trial ini, anak-anak diajak belajar oleh guru-gurunya yang dipanggil dengan sebutan "Miss" dengan menggunakan 2 bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Jadi nantinya anak-anak akan terbiasa mendengar dan mengucapkan bahasa Inggris. Miss-missnya juga lembut-lembut dan ngemong, sehingga anak-anak bisa lamgsung akrab. 


Oya, di ruangan depan pintu masuk sudah playground untuk bermain anak-anak. Jadi mainnya di dalam ruangan. Anak-anak kelas Mayor belajar di lantai 1. Sedangkan untuk kelas berikutnya, belajar di lantai 2 dan 3. Saya pun diajak naik ke lantai 2. Mungkin kita akan berpikir, bagaimana keselamatan anak-anak kalau naik ke lantai 2 dan 3? Mereka kan masih pra sekolah? 


Jangan khawatir karena nantinya di ujung tangga atas akan dibuat pagar dan dikunci. Sehingga anak-anak tidak bisa naik turun tangga. Lalu, berdasarkan pengalaman di Kids Republic Cipinang, anak-anak akan belajar tertib dan mandiri sehingga tidak ada yang naik turun tangga. Mereka akan memakai dan membuka sepatu sendiri, membereskan mainan sendiri, makan sendiri, bahkan saat sekolah tidak boleh ditemani oleh ibunya atau pengasuhnya. 

Omong-omong, metode Montessori itu apa sih? Digagas oleh Maria Montessori sekitar 100 tahun lalu. Beliau adalah seorang dokter yang banyak berhadapan dengan anak-anak sehingga menemukan metode pengajaran Montessori. Dengan metode ini, anak-anak tidak hanya diajarkan secara akademis tapi juga praktek dengan menggunakan perlengkapan yang menunjang pengajaran. 

Penunjang Pelajaran

Anak diajari mandiri dan aktif berkegiatan. Anak akan belajar mengenali kebiasaannya sehari-hari merapikan tempat tidur, mengancing baju sendiri, memakai dan membuka sepatu sendiri, mencuci piring dengan piring dan gelas asli tapi ukuran mini, dan lain-lain. Jadi anak-anak tak sekadar belajar calistung seperti di TK lain ya. 

Penunjang Pelajaran

Dengan begitu, ada banyak peralatan mendidik yang disediakan di Kids Republic ini seperti permainan dari kayu dan piring serta gelas asli. Wow, saya ngebayangin sih ya anak-anak nantinya bisa bantuin ibunya cuci piring. Mereka juga bisa pakai baju dan sepatu sendiri. Hal-hal seperti itu justru yang bikin ibunya bertanduk kalau sampai besar tak bisa melakukannya sendiri. 

Intinya sih ya, buat Bu Ibu yang tak mau anaknya sekadar belajar Calistung dan belajar dengan konsep seperti bermain, di Kids Republic Bekasi inilah tempatnya. Harapannya sih sekolah.

Selain ada free trial juga ada lomba mewarnai untuk anak-anak berhadiah uang tunai. Wow, anak-anak yang dapat hadiah pasti senang sekali. Sudah begitu, semua anak yang ikut free trial juga mendapatkan hadiah. 

Pemenang Lomba Mewarnai

Kalau ada yang penasaran berapa biaya masuk dan SPP-nya? Kisarannya Rp 10 juta untuk 1 tahun pertama dan itu sudah mencakup seluruh biaya termasuk biaya jalan-jalan ya. Jadi Bu Ibu tidak perlu keluar biaya lagi selama 1 tahun itu. 

Informasi lebih lengkap, langsung saja ke alamat: 
Kids Republic Bekasi Jl. Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia Blok Bd 111, 112, 115 Grand Galaxy City, Bekasi. Telp. 021-29827245.

Video youtube:


Baca juga: Singapore Intercultural School Bona Vista Lebak Bulus 

16 comments:

  1. Montessori ini bagus banget mbaak menurut saya program dan konsep ngajarnya. jd langsung praktik dan mengasah kemampuan motorik serta kreativitas anak :D

    ReplyDelete
  2. Jauuuh.. kisaran depok ada ga ya? Harganya juga lumayan ya. Nunggu ada di depok deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. khayangan montessory school di dalam komplek pesona khayangan margonda depok mba. konsep sekolahnya hommie, jadi ga ada bangunan besar. tp secara kualitas OK. karena banyak anak2 lulusan TK int' lain yg lebih bagus sekolahannya tp pas sdh masuk SD malah Les di guru2 KMS situ.

      Delete
  3. Metode Montessori itu populer ya, kayanya banyak yang menggunakan metode ini

    ReplyDelete
  4. Wihhh anak-anak udh dilatih kemandirian yaa disini, keren nih jika dari kecil udah ditanamkan seperti ini.

    Belajar menggunakan metode montessori bisa jadi pilihan ya ��

    ReplyDelete
  5. huwow, 10 juta ya, tapi kalau sudah incluede semuanya ya enak juga sih

    ReplyDelete
  6. Kapan buka cabang di Depok yaa? :) Bagus sekolahnya.. Aku juga suka metode Montesorri ini, anak jadi bisa lebih mandiri.. Meski ada lantai 2 dan 3 tapi tetap terjaga keamanannya ya Mak Ela..

    ReplyDelete
  7. Metode ini terkenal ya mba da hingga kini masih relevan untuk diterapkan. Harga Rp 10 juta untuk setahun pertama, menurutku masih terjangkau karena metodenya emang bagus

    ReplyDelete
  8. Waaah, di Depok ada gak ya yg model gini sekolahnya. Tertarik banget nih buat Alfath kayaknya bagus ya Mba sistemmya, anak2 juga bakal fun :*

    ReplyDelete
  9. Sayangnya jauh banget di Bekasi ya. Padahal Gie suka di sekolah ini. Metode Montessori bisa buat bekal

    ReplyDelete
  10. Yaah jauh euyy di Bekasi. Semoga pas mbul udah mulai sekolah ada cabangnya ya di Depok. 10 juta/tahun udah include semua ya relatif murah nih, soale aku pernah dapat brosur lebih mahal dari ini, tapi standar aja dan masih ada tambahan biaya lain-lain..

    ReplyDelete
  11. Kalau di Depok ada langsung Babam masuk sini. sayangnya belom ada kan, baru di Cipinang dan ini juga ramah dengan ABK. Pokoknya aku tahu banget sekolah inu kece serius kece guru-gurunya latar belakang kenal psikologi perkembangan anak sampai disleksia juga mengerti

    ReplyDelete
  12. suka banget kalau baca-baca sekolahan untuk anak anak usia pra sekolah dan TK, jadi punya referensi masukan kemana untuk TK Saki nanti :-)

    ReplyDelete
  13. Suka sama preschool yang ada montessorinya gini. Mana biayanya udah all in ya di tahun pertama, mayan banget :)

    ReplyDelete
  14. Maaf mau nanya, kebetulan kalau rumah saya lbh dekat ke kids republic cipinang bali. Kalau 10 juta itu untuk kelas yg mana ya? Apa semua kelas sama? Peekiraan biayanya? Kalau kelas president? Apakah kids republic di kalimalang jg perkiraan biayanya sama?terima kasih

    ReplyDelete
  15. If you are looking for more information about flat rate locksmith Las Vegas check that right away. Best Percolator Bong

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...