Friday, August 24, 2018

Optimasi Media Sosial untuk Kesuksesan Bisnis Online




Saat ini, bekerja tak perlu sering-sering ke luar rumah. Ada banyak pilihan pekerjaan dari dalam rumah dan hanya perlu sesekali saja keluar rumah. Bisnis online adalah rahasia bagaimana kita memiliki penghasilan dengan berkantor di rumah sendiri. 


Untuk kesuksesan bisnis online diperlukan promosi. Salah satu media promosi adalah media sosial. Banyak pilihan media sosial yang bermunculan dan menjadi sarana promosi yang baik. Akan tetapi, memerlukan strategi agar pemanfaatannya dapat maksimal. 

Website 
Salah satu ciri bisnis online yang terpercaya adalah memiliki website pribadi. Keberadaan website yang menjadi tempat transaksi bisnis memberikan nilai tambah kepercayaan konsumen. Untuk membuat sebuah website pribadi, sangatlah mudah. Kita bisa membeli domain di jasa penyedia domain seperti Niagahoster

Berapa sih harga sewa domain per tahunnya? Ternyata mudah saja mendapatkan domain murah dengan harga sewa per tahun hanya Rp 120.000-an. Setelah memiliki website dengan domain pribadi, kita ibarat memiliki etalase bisnis di dunia maya. Di website tertera profil pengusaha bisnis online beserta alamat dan nomor kontaknya sehingga konsumen dapat dengan mudah menghubungi. 

Facebook
Facebook adalah platform media sosial yang masih populer di Indonesia. Menurut survei, sebagian besar pengguna facebook adalah ibu rumah tangga dan mereka sangat suka berbelanja. Facebook juga menyediakan tempat untuk berbisnis yaitu fanspage, tetapi fanspage hanya berfungsi untuk mempromosikan bisnis kita. 

Fanspage memberikan layanan iklan dengan tarif terjangkau, untuk menjangkau calon konsumen yang lebih banyak lagi meskipun mereka tidak menyukai halaman fanspage. Iklan itu akan muncul di linimasa mereka sehingga dapat menarik perhatian mereka. Yang kemudian untuk transaksi jual beli, diarahkan ke website.

Di fanspage, kita juga bisa menjalin interaksi dengan konsumen. Tak sekadar membuat status tentang barang yang dijual, tetapi status-status inspiratif yang bisa membuat konsumen berkomentar. Untuk membuat calon konsumen menyukai halaman fanspage, sesekali adakan kuis atau giveaway berhadiah produk atau uang tunai. Mereka pasti tertarik.

Instagram
Banyak yang berjualan di Instagram tetapi sebaiknya instagram juga hanya sarana mempromosikan bisnis. Di biodata profil instagram tetap lebih baik tertera alamat website karena marak penipuan jual beli jika hanya melalui instagram. 

Sama halnya dengan fanspage, Instagram juga menyediakan layanan iklan sehingga dapat menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi. Iklan akan muncul di lini masa calon konsumen meskipun mereka tidak mengikuti akun instagram kita. Layanan iklan ini terhubung dengan fanspage sehingga iklan bisa muncul di fanspage maupun instagram.

Untuk menambah pengikut, juga bisa dengan mengadakan kuis dan giveaway berhadiah. Jangan lupa untuk aktif memposting foto dan membalas komentar yang masuk sehingga konsumen mempercayai akun instagram kita. Buatlah foto yang bagus dan profesional untuk diposting di Instagram. Bisa juga dengan menyewa fotografer, banyak yang menawarkan jasa foto produk dengan harga terjangkau. 

Youtube
Berpromosi melalui youtube juga bisa dilakukan berupa video promosi yang kreatif. Video bisa berupa tips-tips bermanfaat yang nantinya dikaitkan dengan produk dan jasa yang dijual. Saat ini, orang-orang juga sudah banyak yang mencari informasi mengenai barang dan jasa melaluo youtube karena mereka bisa melihat langsung video demonya.

Youtube juga menyediakan layanan iklan jika ingin video menjangkau banyak calon konsumen. Tentunya membutuhkan usaha yang lebih untuk membuat video promosi sehingga memerlukan orang-orang kreatif di balik layar. Video harus diupdate secara rutin minimal seminggu sekali agar mendapatkan perhatian dari mesin pencari dan nantinya mudah ditemukan di google saat orang mencari dengan keyword khusus. 

Agar orang tertarik untuk mensubscriber youtube kita, juga bisa dilakukan kuis dan giveaway berhadiah yang dipromosikan di media sosial lain. Misalnya dengan syarat harus subscribe youtube dan berkomentar di salah satu postingan video. 

Twitter 
Kini banyak yang tertarik kembali menggunakan twitter. Twitter memiliki trending topic setiap harinya yang bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan produk dan jasa, meskipun twitter sendiri juga menyediakan layanan iklan. Jika ingin mencapai trending topic, lakukan buzzing atau update status di twitter dengan minimal 20 akun twitter menggunakan hastag khusus.

Berbeda dengan instagram yang membutuhkan foto-foto cantik untuk mempromosikan barang dan jasa, di twitter kita cukup sering berceloteh. Kita juga bisa mengadakan kuis dan giveaway agar banyak yang mengikuti akun twitter dan melakukan retweet dan reply di status kita.

Materi twitter juga jangan hanya berisi iklan produk atau jasa, tetapi sesekali menyangkut tema kekinian yang tak sensitif (tidak bermuatan politis dan sara). Kutipan-kutipan motivasi dan inspiratif dapat menjadi materi tweet yang bermanfaat untuk para pengikut twitter.

Optimasi media sosial untuk kesuksesan bisnis online juga bisa dibantu dengan kehadiran para buzzer yang dibayar dengan nominal tertentu. Misalnya untuk membagikan postingan di fanspage, meninggalkan komentar di instagram, atau membuat trending topic di twittter.

Berbisnis secara online justru lebih hemat karena tak memerlukan toko fisik. Coba bayangkan berapa harga sewa toko fisik per bulan? 

3 comments:

  1. Biasanya sih saya kalau mau promosi secara online lebih sering menggunakan facebook atau Ig :)

    ReplyDelete
  2. Kalau saya lebih mudah menggunakan Ig :')

    ReplyDelete
  3. Instagram dan You Tube sepertinya sekarang lagi banyak diminati :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...