Thursday, March 31, 2022

Tips Memilih dan Rekomendasi Pelatihan Prakerja untuk Pengembangan Diri

Seleksi kartu prakerja gelombang ke-25 telah dibuka pada tanggal 29 Maret 2022 kemarin. Bagi para pencari kerja, tentunya tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas diri. Sudah pernah mendaftar tapi belum lolos, ups jangan patah semangat. Apakah lolos seleksi kartu prakerja itu termasuk 5 keinginan yang belum tercapai? Kalau iya, coba lagi ikut seleksinya. Siapa tahu kali ini lolos. Jangan lupa untuk memperhatikan syarat kartu prakerja, karena menjadi salah satu penentu seleksi. Cari tahu juga cara daftar prakerja agar dapat melengkapi persyaratannya. 

pelatihan prakerja


Manfaat kartu prakerja itu sangat terasa untuk para pencari kerja. Kita bisa mendapatkan insentif prakerja dan pelatihan prakerja. Pelatihan prakerja itu berupa online learning, belajar online, e-learning. Jika berhasil menyelesaikan pelatihan prakerja, maka akan memperoleh tambahan keterampilan kerja dan sertifikat yang akan bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan atau bahkan menciptakan lapangan kerja. Pelajari juga cara daftar prakerja.

Nah, biasanya nih penerima kerja tidak hanya menyeleksi calon pekerjanya dari nilai akademis dan persyaratan standar lainnya. Bila ada sertifikat kursus itu bisa menjadi nilai lebih, karena pelamar memiliki keterampilan yang mendukung pekerjaannya. Jadi, manfaat kartu prakerja itu besar sekali kan untuk meningkatkan kemampuan dan nilai tambah kita. Makanya jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi kartu prakerja.

Jika telah lolos seleksi kartu prakerja, jangan sampai salah memilih pelatihan prakerja ya. Coba deh tips memilih pelatihan prakerja dan cara mengikuti pelatihan prakerja berikut ini: 

Pelajari Platformnya 

Pelatihan prakerja nantinya akan diadakan di platform e-learning di Indonesia  yang telah bekerjasama dengan kartu Prakerja. Kita bisa memilih kelas pelatihan prakerja yang disediakan oleh platform-platform tersebut. Sebelum memilih, pelajari dulu setiap platform itu mencakup materi pelatihan prakerja yang tersedia, biaya pelatihan, waktu pelatihan, kemudahan mendapatkan sertifikat, dan sebagainya.

Pilih Kelas Pelatihan Prakerja yang Sesuai 

Ada banyak kelas pelatihan prakerja yang tersedia dan itu bisa kita ikuti dengan menggunakan kartu prakerja. Pilihlah kelas pelatihan prakerja yang sesuai dengan bakat, minat, dan bidang yang kita kuasai. Jangan asal memilih kelas ya.  Intinya ya jangan hanya iseng saat mengikuti kelas pelatihan prakerja ini. Gunakan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan skill kerja kita, sehingga kita bisa mendapatkan pekerjaan yang kita sukai. 

Harga Pelatihan Prakerja 

Tentunya untuk mengikuti pelatihan prakerja itu ada biayanya. Saldo yang disedikan di kartu prakerja ada batasnya, misalnya Rp 1 juta. Jadi, kita tetap harus memilih kelas pelatihan prakerja yang biayanya bisa tercover oleh saldo pada kartu prakerja. Dengan saldo sebesar Rp 1 juta, berapa kelas pelatihan prakerja yang bisa kita ikuti? Itu yang harus kita pertimbangkan sebelum memilih kelas pelatihan prakerja. Sekalian belajar cara kelola keuangan dengan bijak.

Mendapatkan Sertifikat

Untuk pencairan insentif prakerja sebesar Rp 600 ribu per bulan, maka kita harus mengikuti pelatihan prakerja dan mendapatkan sertifikatnya. Dengan kata lain, carilah kelas pelatihan prakerja yang memberikan sertifikat secara cepat setelah menyelesaikan pelatihan.

Baca Ulasan dan Rating

Setiap kelas pelatihan prakerja itu ada bagian ulasan dan ratingnya. Sama seperti kita belanja barang online di mana kita bisa menilai kualitas barang dari ulasan dan rating pengguna. Begitu juga dengan kelas pelatihan prakerja ini. Kita bisa mengetahui kepuasan penggunanya dari membaca ulasan dan ratingnya. Bisa dengan membaca ulasan dan rating bintang 1 dulu ya, jika ada. 

Itu dia 5 tips memilih pelatihan prakerja bila kita telah lolos seleksi prakerja. Mumpung masih ada  terus nih seleksi kartu prakerjanya, buruan deh pelajari cara mengikuti pelatihan prakerja, cara mendaftar prakerja, dan syarat kartu prakerja supaya bisa mempersiapkan diri dengan baik. Bersyukur sekali lho kalau bisa mendapatkan insentif prakerja yang lumayan itu, apalagi kartu prakerjanya juga bisa digunakan untuk mengikuti online learning, belajar online, e-learning di platform e-learning di Indonesia

Rekomendasi Kelas untuk Pengembangan Diri 

Kelas pengembangan diri itu termasuk kelas pelatihan prakerja yang harus diikuti lho, karena manfaatnya sangat besar. Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi, kemampuan, bakat, dan minat kita dalam bidang yang kita geluti. Nantinya kita bisa lebih mengendalikan emosi dan piawai membawa diri dalam pekerjaan, sehingga hubungan dengan rekan kerja pun berjalan lancar. 

Salah satu kelas pelatihan prakerja untuk pengembangan diri yang perlu diikuti adalah kursus komunikasi. Kemampuan berkomunikasi akan memberikan banyak peluang bagus dalam pekerjaan. Sangat bermanfaat untuk orang yang introvert maupun ekstrovert. Jadi, bukan hanya orang introvert yang perlu belajar berkomunikasi. Orang yang suka terus terang berbicara pun memerlukannya. Kursus komunikasi ini akan meningkatkan citra diri kita, karena mampu melakukan komunikasi yang efektif. Itulah cara agar komunikasi menjadi lancar.

cara mendaftar prakerja

 

Saya berikan rekomendasi kursus komunikasi di QuBisa nih, yaitu kursus Belajar Cara Berkomunikasi Profesional untuk Tenaga Perkantoran Umum. Cocok buat kamu yang mau bekerja di kantor atau nantinya membuka kantor sendiri. Instrukturnya adalah Mikael Minghoa Murtaba, S.E, M.M, PNLP, CE. Kursus ini bisa diikuti mulai dari level pemula dan diakses seumur hidup. Jadi, hanya satu kali bayar, bisa diakses selamanya. Instrukturnya seorang yang berpengalaman dan berkualifikasi. Profesinya sebagai praktisi Sales & Marketing, Business Coach & Trainer, Hypnotherapist, dan Book Writer. 

online learning, belajar online, e-learning

 

Fasilitas kursus yang bisa didapatkan meliputi konten kursus sejumlah 57 pembelajaran dengan durasi 7 jam 53 menit. Ada pre-test sebanyak 20 soal sealam 10 menit. Beberapa materi kursusnya yaitu: lingkup umum berkomunikasi secara efektif, ciptakan personal grooming yang menarik, teknik berkomunikasi efektif pada business writing, mahir dan cerdas dalam presentasi, tips membangun komunikasi efektif di era new normal, dan membangun hubungan kerja efektif dengan interpersonal skill di era milenial.   

Kemudian nanti peserta akan diberikan tugas praktik selama 15 menit dan post test berisi 20 soal selama 10 menit. Biaya kursusnya hanya Rp 400.000 yang bisa dibayar menggunakan kartu prakerja. Untuk bisa mengikuti kursusnya sudah tentu kita harus mengunduh aplikasi QuBisa melalui Aplikasi QuBisa untuk iOS dan Aplikasi QuBisa untuk Android

Hayuk, cari tahu cara mendaftar prakerja siapa tahu kelak lolos seleksinya! 












18 comments:

  1. Jadi teringat kartu prakerja yang manfaatnya itu banyak banget apalagi buat yang baru lulus SMA maupun kuliah dan ingin bekerja. Membantu banget sih mengingat dunia kerja sekarang semakin sulit, mencari pekerjaan pun ga gampang. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Wah program prakerja ini masih ada ya ternyata. Bermanfaat banget sih menurutku untuk masyarakat yang mau upskill biar bisa naju dan tidak ketinggalan zaman.

    ReplyDelete
  3. ingin rasanya aku nambah skill lagi di bidang digital tapi rasa2nya untuk 2022 masih belum memungkinkan semoga tahun 2023 bisa maksimalkan potensi

    ReplyDelete
  4. Qubisa memang jadi solusi ya mbak untuk lebih mengembangkan potensi diri. Apalagi memiliki banyak manfaat untuk yang ingin mencari pekerjaan. Pelatihannya cocok banget karena banyak webinarnya juga dan ada yang free dan berbayar tapi terjangkau.

    ReplyDelete
  5. Pelatihan prakerja ini bermanfaat banget ya mbak untuk menambah pengetahuan dari calon tenaga kerja spya mereka ga bingung ketika sdh terjun kelapangan kerja

    ReplyDelete
  6. Wah nambah lagi referensi platform belanja online. Maki menguatkan bahwa belajar bisa dimana saja dan oleh siapa saja, ga perlu ke sekolah atau ada bangunan fisiknya hehe

    ReplyDelete
  7. Jadi untuk mereka yang ingin mencari pengembangan diri bisa ikutan kelas Prakerja ini ya mbak. Karena lumayan banget loh kalau kita nambah ketrampilan itu, jadi lebih punya pengalaman juga.

    ReplyDelete
  8. Banyak kelas menarik dan bermanfaat ya untuk peserta kartu prakerja. Infonya bermanfaat banget nih untuk para peserta kartu prakerja yang bingung ingin memilih kursus apa dan kelas apa.

    ReplyDelete
  9. Saat ini mencari kerja tidak cukup modal ijasah tetapi harus didukung dengan skill.Bagus nih skill yang diberikan aplikasi QuBisa mendukung banget untuk yang sedang mencari kerja

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah saya juga kemarin dapat manfaat dari Kartu Prakerja ini, bisa ikutan belajar pelatihan prakerja secara berbayar dan dibayarin sama Prakerja, bisa upgrade ilmu dan skill plus dapat intensif bulanan juga yang bisa digunakan beli kelas lagi atau juga sebagai modal usaha :)

    ReplyDelete
  11. Rupanya sekarang kalau mau mengikuti pelatihan prakerja, sudah bisa diikuti melalui platform QuBisa juga. Selain ada aplikasinya sehingga nggak mengharuskan belajar menggunakan laptop dan bisa dimana saja kapan saja, pilihan kelasnya juga banyak.

    ReplyDelete
  12. Aku udah bbrapa kali dftar gk lolos terus nih padahal pingin banget nambah skill dan kemampuan dengan program2 pelatihan yang ada di prakerja

    ReplyDelete
  13. Baca rating dan ulasan dari yang pernah mengikuti, jadi rekomen pastinya, siapa tahu memang pas nih sama yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  14. Semakin banyak ya platform prakerja seperti ini bikin masyarakat dapat mengupgrade diri agar diterima di lapangan pekerjaan yang diinginkan

    ReplyDelete
  15. Wah, jd inget saat pertama kali dpt bantuan PRAKERJA,bingung mo ikut pelatihan. Qubisa bs jd refrensi nih buat pelatihan selanjutnya ..

    ReplyDelete
  16. Kapan hari pernah lihat di Tiktok, bahwa saat berkomunikasi khususnya untuk urusan pekerjaan, dari gesture, pemilihan kata, dan vokal itu ternyata ada tata caranya sedangkan di internet gak banyak yang bahas. Emang baiknya kalau emang mau kerja di bidang yang butuh komunikasi ambil kursus aja daripada belajar pada sumber yang gak tepat. Dan Rp 400 ribu untuk 57 pembelajaran itu worth it banget menurutku.

    ReplyDelete
  17. QuBisa recommended banget ya Mbaa,, di kampus tempat saya kerja ada kerjasama juga bagi alumni yang menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja, top deh QB

    ReplyDelete
  18. Tidak cuma mereka yang lolos prakerja, kitapun jika ingin reskill and upskill di platform pelatihan prakerja juga ada ya, banyak pilihan kelas dari Qubisa ini

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...