Thursday, March 29, 2018

Saat Emak Ikut Mewarnai bersama Goldfaber dari Faber-Castell



Siapa yang masih berpikiran bahwa mewarnai gambar itu hanya pekerjaan anak-anak? Dalam sebuah drama Korea berjudul Queen Seondeok, saya melihat adegan tokoh utamanya yang seorang wanita dewasa sedang mengisi waktu dengan melukis. Tokoh itu adalah Mishil, penjaga segel pada masa Raja Jinpyeong yang memiliki otak cerdas dan strategi cemerlang dalam usahanya untuk menjadi Ratu meskipun akhirnya kalah oleh Ratu Seondeok.



Mishil bukan seorang pelukis, tapi dia mengisi waktunya dengan melukis. Terbukti, hobi melukisnya itu membuat pikirannya fokus dan cemerlang sehingga menjadi tokoh kuat di dalam dunia politik Kerajaan Silla dari zaman Raja Jinheung sampai Raja Jinpyeong.  Kalau mau tahu kisahnya ya tonton saja drama korea itu. Pasti terkesan deh dengan tokoh Mishil ini, meskipun sebagai tokoh antagonis tapi inspiratif.

Mishil melukis, episode 17 drama korea
Queen Seondeok

Lukisan Mishil

Kegiatan melukis sebenarnya memang bukan hanya pekerjaan anak-anak dan pelukis profesional. Emak-emak pun boleh banget punya hobi melukis, malah harus deh. Ketika masih kecil, saya suka menggambar kartun dan mewarnai. Rasanya memang menyenangkan walaupun hanya sebatas hobi. Setelah jadi emak-emak, ternyata melukis semakin diperlukan karena salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan stres. Tidak percaya? Ini dia beberapa manfaat melukis yang saya simpulkan dari berbagai sumber:

Melatih Otak agar Fokus
Saat sedang mewarnai, pikiran harus fokus ke gambar supaya warnanya tidak keluar garis. Apalagi kalau kita menerapkan teknik-teknik dalam mewarnai. Kita diajak berpikir bagaimana agar padanan warnanya menjadi cantik dan gambarnya lebih hidup.

Kalau dihubungkan dengan tokoh Mishil di atas, karakternya memang cerdas, fokus, sampai-sampai bisa membaca pikiran musuh. Jika saya simpulkan, bisa saja itu karena hobi melukisnya sehingga pikirannya selalu fokus.

Meredakan Stress
Pekerjaan emak itu banyak banget, setuju kan. Terutama emak-emak yang menangani semuanya sendiri. Rasanya kepala mau meledak. Eh sebelum marah, coba mengunci diri di kamar dan mulai mewarnai. Mewarnai gambar juga bisa meredakan stress, terlebih setelah kita melihat hasilnya yang berupa warna-warni cerah ceria. 

Selain meredakan stres, mewarnai juga bisa meredakan kesedihan dan trauma. Dalam tes-tes psikologi pun kerap kali diminta menggambar dan mewarnai untuk melihat kondisi psikologis kita. Karena lukisan memang bisa merefleksikan kondisi kejiwaan seseorang.

Menajamkan Mata 
Saat kita mewarnai, kita perlu melihat dengan sungguh-sungguh sehingga tanpa disadari dapat menajamkan fungsi penglihatan.

Melatih Motorik 
Gerakan tangan saat melukis dapat melatih jemari tangan agar gemulai (tidak kaku).



Hari Sabtu tanggal 24 Maret di Plaza Senayan, tepat di samping outlet Faber-Castell, saya mengikuti workshop watercolor pencil Goldfaber Aquarelle bersama Kumpulan Emak Blogger. Sekitar 20 Emak berkumpul dengan dibekali kertas gambar yang sudah ada gambarnya dan siap diwarnai, serta seperangkat pensil warna Goldfaber kemasan biru dari Faber-Castell. 

Waaah... mata saya langsung berbinar-binar tak sabar mau mewarnai. Sebelumnya, Ibu Fransiska Remila sebagai Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia memperkenalkan 3 jenis pensil mewarnai untum 3 segmen pengguna. Kemasan merah untuk anak-anak, kemasan hijau untuk pelukis profesional, dan kemasan biru untuk orang dewasa yang melukis sekadar untuk hobi.

Goldfaber Kemasan Biru dan Hijau

Kemasan biru dan hijau adalah Goldfaber Aquarrel Waterproof Pencil Color. Perbedaan antara keduanya ada pada pigmen warna. Kemasan hijau untuk pelukis profesional harganya Rp 325.000. Mahal? Iya donk. Kenapa mahal? Karena pensil warna ini akan digunakan untuk mewarnai lukisan yang kelak dijual. Lukisan tersebut bisa tahan sampai ratusan tahun. Justru semakin lama lukisan, semakin mahal harganya.

Bekal Mewarnai

Nah, pensil warna yang akan dicoba oleh emak-emak dalam workshop mewarnai ini adalah Goldfaber Aquarrel Waterproof Color warna biru yang harganya Rp 223.500. Jika diberi air, maka akan menjadi car air. Jadi, apa kelebihan dari pensil warna ini?

  1. Pigmen Tinggi dengan Lead 3,3 mm
  2. Daya tahan warnanya memuaskan 
  3. Lembut, tapi warnanya tegas
  4. Tahan air
  5. Ada 48 warna
  6. Buatan Jerman dan menggunakan teknologi termutakhir.
Memang untuk kemasan biru dan hijau ini masih dibuat di Jerman, sedangkan yang merah sudah diproduksi di Indonesia. Bukan berarti buatan Indonesia kurang bagus tapi memang teknologinya baru ada di luar negeri. 

Faber-Castell memang berasal dari Jerman, yaitu Lothar von Faber (1817-1896) mengembangkan bisnis keluarga Faber di Kota Franconian Stein Jerman dengan memproduksi pensil. Produksinya menggunakan perpaduan grafit dari Siberia dan kayu cedar Florida. 

Workshop Mewarnai Faber Castell

Setelah Ibu Fransiska memperkenalkan Goldfaber Aquarrel, Bapak Rizal dari Divisi Creative Development Faber-Castell pun memulai workshop mewarnai untuk para emak blogger. Senangnya karena kami mendapatkan seperangkat Goldfaber 12 Biru, produk terbaru dari Faber-Castell dan gambar yang siap diwarnai. Produk ini adalah salah satu produk Creative Studio yang ditujukan untuk orang dewasa yang hobi menggambar. 

Bapak Rizal

Bapak Rizal memperkenalkan 3 teknik mewarnai yang bisa digunakan: 



Blending 
Yaitu teknik mewarnai dengan mencampur dua warna: gelap dan terang. Teknik ini untuk menegaskan antara bagian benda yang terkena cahaya dan yang tidak..Bagian yang terkena cahaya, warnanya lebih terang. Jadi sebelum mewarnai, kita lihat dulu arah datangnya cahaya pada suatu benda. 

Hatching 
Teknik mewarnai dengan cara mengarsir menggunakan dua arah berlawanan.

Cross Hatching 
Mewarnai dengan teknik silang. Biasanya digunakan untuk mewarnai sosok manusia. 

Sambil memperhatikan Pak Rizal, emak-emak blogger juga diajak untuk langsung mewarnai kertas gambarnya masing-masing. Saya sendiri awalnya merasa kesulitan menggunakan teknik di atas karena membayangkan arah datangnya cahaya. Tetapi arahan dari Pak Rizal sih bebas saja mau mewarnai seperti apa. Yang penting hobi mewarnai ini jadi hal yang menyenangkan. 

Asyik mewarnai

Pengalaman saya menggunakan pensil warna Goldfaber ini, pensilnya kuat dan tidak mudah patah meskipun tangan saya masih kaku dan menggenggam pensil kuat-kuat. Ujung pensilnya tajam tapi lembut, tidak merusak kertas. Warnanya tajam dan tidak terpengaruh paparan cahaya. Jadi kalau terkena cahaya, warnanya tetap tajam. 

Sekitar 30 menitan kami berjuang menyelesaikan tugas mewarnai meskipun tetap saja tugas saya tak selesai. Yang penting senang dulu yaa.. dan memang saya ketagihan jadinya. Alhamdulillah pensil warnanya boleh dibawa pulang. Yeaayyy senang sekali rasanya. Terima kasih untuk Faber-Castell dan Kumpulan Emak Blogger yang sudah mengundang saya. 

Hasil mewarnai saya

Hasil mewarnai Pak Rizal 

KEB dan Faber-Castell

Informasi lengkap di: 
www.faber-castell.co.id
Instagram: @fabercastell_id
Twitter: @fabercastell_id
Facebook: Faber-Castell International Indonesia


42 comments:

  1. iya ya lama juga kemarin tuh , ini cuman mewarnai loh ya belum lagi kalo melukis

    ReplyDelete
  2. Biasanya pake faber castell yang warna merah krn paling gampang ditemukan & harganya lebih murah :D ternyata ada juga kemasan biru yg khusus orang dewasa dan lebih bagus pigmen warnanya, mewarnai jadi lebih enak & bikin ketagihan pake goldfaber ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya jg baru tau ada yg untuk dewasa lebih tahan lama ya warnanya

      Delete
  3. mewarnai memang bisa bikin hepi mak :)

    ReplyDelete
  4. Kebetulan baru bulan lalu beli pensil warna Faber Castell. Niatnya sih cuma buat kegiatan mewarna bareng anak-anak SD. Tapi setelah tahu teknik ini, jadi pengen belajar mewarnai deh :D

    ReplyDelete
  5. Suka sama semua produk Faber-Castell.... Bagus2 dan berkualitas y mbak.

    ReplyDelete
  6. Bagus bgt hasil mewarnainya , Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    ReplyDelete
  7. Faber Castell memang produk yang berkualitas, saya suka produk ini sejak duduk di bangku SD dulu hhee

    ReplyDelete
  8. Yay, emak senang punya pensil warna sendiri. Ga rebutan sama krucils. Hihihi.

    ReplyDelete
  9. Aku juga mewarnai untuk melatih motorik, mba. Tapi udah lama nih aku nggak mewarnai

    ReplyDelete
  10. Mewarnai banyak manfaat yaa mba, untuk kelancaran motorik

    ReplyDelete
  11. Dari SD suka pakai pensil warna merk ini

    ReplyDelete
  12. Baru tahu klo faber castel ada bbrp jenis buat mewarnai mau beli buat anakku yg cewe,,,

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran sm drakornya hehheh. Btw menggambar/mewarnai bikin rilek juga ya

    ReplyDelete
  14. Pensil faber castel juara banget deh. Buat ujian saat sekolah dulu merek pensil ini yang paling dicari.

    ReplyDelete
  15. wah memang mewarnai itu banyak manfaatnya , membuat kita konsentrasi dan fokus

    ReplyDelete
  16. Rafa demen gambar dan mewarnai nih. Di runah ada juga Faber castel. Halus.. banyak warnanya bagus2. Harga ga bohong. Kualitas jempol deh.

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah nyobain yg pencil colornya. Tapi sering banget palai pensil 2Bnya. Itu saja sudah bagus. Jadi mau coba deh pensil warnanya. Dikasih air dikit udah kayak cat air ya. WajR lah harganya sampai 300an.

    ReplyDelete
  18. Aku sdh lama suka mewarnai karena bikin relaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga nyangka mamak sempat mewarnai jg

      Delete
  19. ada yang betuknya segitiga gak mba ??? gridnya gituu. cocok nih kalau ada yang segitiga anaku suka

    ReplyDelete
  20. urusan mewarnai gambar aku moodya-an, kecuali mewarnai hati abang aku mah siap sedia setiap saat *ehhh

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget mewarnai apalagi pakai faber castell hhe

    ReplyDelete
  22. Mupeng bangettt pengen ikutan. Saya juga suka banget mewarnau bareng anak anak. Kalau lagi mewarnai bareng jadi kayak temen aja. Saling klaim paling bagus hihi

    Fabel castel emang andalan buat temen mewarnai ya mbak. Top banget.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...