Friday, March 15, 2019

5 Manfaat Bermain di Luar bagi Anak


5 Manfaat Bermain di Luar bagi Anak. Saya ingat sewaktu masih kecil dulu, hal yang paling sering dikeluhkan oleh orangtua saya adalah: "Ela, jangan main mulu!" Yang dimaksud "main" adalah keluyuran atau main di luar. Saya memang sering main di luar bersama teman-teman. Entah itu main di kali dekat rumah, berenang di rawa-rawa yang ditanami kangkung di sebelah sekolah adik saya, bahkan berlarian di gundukan tanah merah yang kini sudah menjadi komplek perumahan. Seru sekali rasanya.


Efeknya memang kulit saya jadi hitam dan sering terkena biang keringat akibat kepanasan. Zaman dulu, aman-aman saja. Tak ada bahaya yang mengintai meskipun saya bermain jauh dari rumah dan tanpa pengawasan orangtua. Sekarang? Saya was-was kalau membiarkan anak-anak bermain jauh dari rumah. Berita penculikan anak membuat saya melarang anak-anak bermain jauh dari rumah. Akibatnya, mereka hanya bermain di dalam rumah dan jadi kecanduan gadget. 

Sebenarnya, anak-anak masih bisa bermain di luar tanpa harus jauh dari rumah dan tetap dalam pengawasan saya. Itulah yang sekarang saya biasakan, karena ada 5 manfaat bermain di luar bagi anak: 

Anak Jadi Lebih Mudah Bersosialisasi
Di zaman internet ini, banyak anak yang menjadi antisosial akibat jarang main di luar. Mereka tak bermain dengan teman sebaya dan hanya main gadget. Akibatnya, mereka sulit bergaul di sekolah. Itulah mengapa orangtua perlu membiarkan anak-anak bermain di luar rumah bersama rekan sebayanya agar bisa lebih mudah bersosialisasi dan bergaul.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak 
Bermain di luar rumah dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar anak, karena anak lebih bebas dan aktif bergerak. Permainan yang dilakukan di luar rumah memang lebih banyak menggunakan gerakan, misalnya saja bermain bola, sepeda, lompat tali, bahkan sekadar berlari-larian dan itu bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan gerakan fisik melalui kegiatan syaraf dan otot yang terkoordinasi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Salah satu yang membuat ibu khawatir sehingga melarang anak main di luar adalah karena takut anak sakit. Di luar rumah memang banyak sumber penyakit seperti kuman dan virus. Anak dilarang main tanah karena takut cacingan, anak tak boleh main hujan karena takut terkena flu, dll. Padahal, justru dengan sering terpapar kuman itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena sel darah putih akan terpacu untuk memproduksi pasukan penjaga tubuh anak. Anak yang dilarang main di luar dan tak pernah terpapar kuman, justru kekebalan tubuhnya rendah. Begitu sekali terkena kuman, anak jadi sakit parah. 

Baik untuk Pertumbuhan Tulang Anak
Di luar rumah pada pagi hari, anak akan terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D dan bagus untuk menguatkan tulang. Kegiatan fisik di luar rumah yang membutuhkan banyak gerakan juga melatih tulang agar lebih kuat. Misalnya, bermain sepeda dapat menguatkan tulang kaki anak karena aktivitas mengayuh sepeda. 



Mengurangi Risiko Obesitas pada Anak 
Anak zaman sekarang banyak yang terkena obesitas akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Anak lebih banyak diam di rumah bermain gadget dan menonton televisi sehingga energinya tidak banyak terbuang. Miris sekali kalau masih kecil sudah obesitas, bahkan diabetes. Bermain di luar membutuhkan lebih banyak energi, karena banyak bergerak. Sehingga anak terhindar dari risiko obesitas dan diabetes.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bermain di luar untuk perkembangan anak. Bermain di luar membuat tubuh anak lebih aktif bergerak dan #AktifItuSehat. Saya biasanya mengajak Salim bermain bola dan sepeda di luar rumah, apalagi halaman rumah kami sangat luas. Jadi semakin menyenangkan. Di sebelah rumah kami ada lapangan bola yang sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain bola. 

Sambil menemani bermain, tak lupa saya berikan susu Indomilk UHT Kids Full Cream sebagai penambah tenaga dan pelepas dahaga. Pastinya bermain di luar itu akan mengeluarkan banyak keringat. Kalau tidak banyak minum, anak akan dehidrasi. Syukurnya, susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini tidak bikin haus karena tidak ada tambahan gula dan garam. Ditambah dengan vitamin dan mineralnya yang menambah asupan nutrisi untuk anak sehingga anak tumbuh sehat dan cerdas. Susu ini juga tinggi kalsium, yaitu 30% per kemasan 115 ml. Tentunya mendukung pertumbuhan tulang anak selagi beraktivitas. 



Setelah minum susu #IndomilkUHTKidsFullCream, Salim jadi tambah bersemangat mainnya. Tentu saja saya juga ikut menemani bermain dan mainnya tidak jauh dari rumah, sehingga saya tidak perlu was-was. Saya memilih waktu bermain di luar yaitu sore hari saat matahari sudah tidak terlalu panas sehingga tidak menyebabkan anak sakit. Kalau hari libur, kami bisa bermain di luar pada pagi hari agar mendapatkan manfaat Vitamin D dari sinar matahari. Jadi, yuk segera dapatkan 5 manfaat bermain di luar bagi anak dengan mengajak anak bermain di luar. 




46 comments:

  1. Sehat terus Salim. Keren nih Salim abis minum susu semangat nya langsung kembali, sama kayak anaknya tante Tian kalau udah minum susu suka seger lagi nih. moodbooster emang minum susu uht indomilk ini yah.

    ReplyDelete
  2. Asyik banget Mbak kalau punya halaman yang luas yah, anak-anak jadi bisa main di luar sepuasnya. Bisa melatih otot dan jadi lebih aktif daripada bermain virtual hanya dari gadget saja.

    ReplyDelete
  3. Beda zaman beda cara bermain ya, Mbak. Anakku juga gitu kok. Banyak main di dalam rumah. Mainan disebar ke mana-mana. Rumah berantakan mah makanan setiap hari. Wkwkwk. Pokoknya biarlah capek beres-beres asal nggak main gadget mulu. Seminggu tiga kali kuajak keluar rumah, main di TK dekat rumah. Kalau pas nggak hujan ya sepedaan tuh sambil lihat ikan di kilam tetangga RT.

    ReplyDelete
  4. Senengnya kalo anak dibiarin bebas bermain di luar. Asal aman dan masuk batas kesopanan, iyain aja deh hehe. Btw, Luigi juga suka maen di luar mbak, biasanya sepedaan di taman dan ke museum. Sekarang kosa katanya makin banyak diusia 36 bulan :)
    Susunya samaan nih, tos ah :D

    ReplyDelete
  5. susu Indomilk Kids full cream memang cocok untuk menemani aktifitas di luar ruangana. Karena susu ini tanpa gula dan garam sehingga rasanya tawar dan gak bikin haus kalau diminum anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Iya yah, penyebab obesitas pada anak karena dia nggak banyak main di luar dan beraktivitas

    ReplyDelete
  7. Apalagi di zaman aku kecil dulu,mba, sekitar tahun 80an, bermain di luar rumah adalah kecanduanku!

    ... karena tak ada TV

    ... tak ada radio

    ... tak ada gadget

    Dan tingkat kriminalitas juga masih rendah.

    Berbeda banget saat Yasmin lahir, godaan untuk bermain di luar rumah justru tak ada, karena semua hiburan tersedia di rumah.

    Untunglah Yasmin termasuk anak yang suka bersosialisasi, jadi saat sekolah bisa mengembangkan kecerdasan interpersonal.

    Susu Indomilk varian coklat juga pernah menjadi pilihannya.
    Apalagi kalau pas ada acara di sekolah.
    Simpel dan praktis, katanya

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan anak yang banyak main di luar, daripada banyak di rumah. Terutama di usia 10 tahun ke bawah ya. Karena banyak bergerak memang mengoptimalkan fungsi otak dan kesehatan fisiknya ya. Kalau di dalam rumah terus, biasanya larinya ke gadget.

    ReplyDelete
  9. Asyik bgt memang bermain di luar. Ditunjang dengan gizi yg lengkap, jadi sehat dan cerdas, deh ��

    ReplyDelete
  10. Bermain diluar memang menyenangkan bagi sikecil ya bund, apalagi untuk menunjang pertumbuhan anak serta mencegah obesitas . apalagi ditambah pelebgkap susu UHT Indomilk mantul

    ReplyDelete
  11. Anak jaman sekarang justru harus banyak aktif bermain supaya banyak gerak ya, maklumlah udah masuk dunia teknologi apa2 pakai gadget. Gak perlukhawatir lagi main di luar kalau nutrisinya terpenuhi habis main lgs minum susu seger ya

    ReplyDelete
  12. Iya kak Leyla...
    Bahagia banget bisa menikmati alam yang masih segar dan indah kaya di foto.

    Kami juga mulai membiasakan diri olahraga tiap weekend.
    Ples jajannya siih...hahahha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saliim...
      hebat banget siih...mainnya.

      Di sekitaran rumah begini, ada anak kecil teman bermainkah, kak Leyla?

      Delete
  13. Wah Kakak Salim semangat ya sepedaannya! Adik Kevin juga suka banget sama susu UHT gini. Praktis dan sehat

    ReplyDelete
  14. Cerita ini nunjukin kalau nggak semua anak zaman now itu males main di luar ya mba :D asalkan permainannya oke dan cuacanya kondusif, main di luar bakal nyenengin banget :)

    ReplyDelete
  15. Ayyas juga suka banget mba main di luar. Biasanya jadi makin banyak teman dan anak juga makin percaya diri :)

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kalo anak aktif itu sehat, demi tumbuh kembang anak, sebagi Ibu yang paling punya waktu banyak bersama anak memang harus ekstra ya mba.. termasuk keringetan, panas panasan diluar bermain berasama anak.. item item deh hehe demi anak sih apa aja dilakukan ya mbak

    ReplyDelete
  17. Anak-anakku beruntung tumbuh besar ketika smartphone belum menjamur. Jadi kenalnya masih hape jadul, belum ada sosmed macam wa waktu itu, mba. Mereka masih mainnya PS, itu pun dijadwal seminggu sekali, hihii

    Kayak Salim, mainannya sepedaan gitu, jadi aktif di luar rumah

    ReplyDelete
  18. Asik... Kelar main diluar minum susunya uht dari Indomilk, anakku juga suka nih sama susunya. Apalagi kalau diajak main diluar kayak gini pasti girang banget dia anaknya.

    ReplyDelete
  19. Manfaatnya emang banyak ya mba Ela, anakku ya main di rumah aja karena lingkungan rumahnya ya bgeini agak rawan dan sepi ya kekebalan tubuhnya agak kurang dibanding anak-anak lain karena memang kuakui di rumah aja kan ya terlindungi xixixi

    btw susu uht-nya sama anakku juga minum itu mba yang rasa stroberi tapinya dan aku juga stock yang uht 1 liter kemarin beli harga diskon langsung borong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pengen ajakin main di taman atau luar gitu seru y mba :) apalagi manfaatnya banyak

      Delete
  20. Susu uht emang udah yang paaing pas ya buat bekal main di luar, praktis bgt sih...

    ReplyDelete
  21. Untung anak-anakku masih sering main di luar dengan temannya. Terutama anak lanang nih, kadang pas cuaca panas ya nekat aja main badminton di halaman rumah. Udah tak terkira deh habis itu keringetan dan legam badannya. Alhamdulillah, dengan banyak beraktivitas di luar rumah dia jadi jarang terkena penyakit. Kuat dan lincah, ga bisa diem sama sekali :))

    ReplyDelete
  22. iya mbak, anak-anak memang sebaiknya lebih banyak main di luar.. bosen juga kalo di rumah doang xD di luar rumah anak jadi lebih banyak berkeringat, bisa main sama temennya, bisa menghirup udara yang lebih segar dan kena cahaya matahari langsung ^^ anak saya juga minum Indomilk UHT Kids Full Cream mbak, dia suka rasa cokelat..

    ReplyDelete
  23. Mbak rumahku itu di gang buntu..jadi ada enaknya, enggak banyak lalu lalang kendaraan. Sehingga anak-anak bisa main sama tetangga di jalan depan rumah..., main sepeda, main bilutangkis, bola,..Dan aku setuju kalau bermqin di luar banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Apalagi jiga didukung pemenuhan gizi lewat susu Indomilk UHT Kids seperti ini. Makin lengkap pasti!

    ReplyDelete
  24. bermain diluar ini pentinggg banget sihhh, meski kadang secara logika, banyak virus, debu dll di luar, tapi makin bikin kebal ya mak. Ibarat ayam kampung sama ayam potong, wkwkwk, analoginya jd ayam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa penting banget. Tapi tetep PR-nya ortu kudu ngawasin anak supaya mainnya enggak kejauhan hehe

      Delete
  25. Jaman dulu anak diomelin suruh jangan main mulu. Sedangkan jaman sekarang anak diomelim suruh main keluar rumah. Secara pada betaaah banget ngendon di rumah nonton TV sama gadget doang. heu~

    Emang harus kaya Mba Ela sih, ortu harus ikutan ya Mba. Nggak cuma nyuruh² doang, hihi. Sehat terus ya Salim ganteng :*

    ReplyDelete
  26. Anakku juga hobby banget main di luar. Krbetulan halamn rumah itu lumayan jadi sering buat tempat kumpul anak se-kampung

    ReplyDelete
  27. Aku juga seneng banget kalo main sama keponakan. Banyak ilmu yang didapat dari luar rumah ya Bun. Apalagi ada susu UHT ENAKKK

    ReplyDelete
  28. Banyak juga manfaat bermain di luar bagi anak yaa. Dan anakku termasuk salah satu anak yang suka bermain di luar rumah dibanding main dalam ruangan :)

    ReplyDelete
  29. Anakku bahagia banget saat main di luar rumah bersama teman-temannya, Mba. Dia merasa lebih leluasa bergerak dan bereksplorasi :)

    ReplyDelete
  30. Setuju bun. Aktif itu sehat. Mengajak anak beraktifitas fisik ini memang bagus sekali buat anak. Pemberian nutrisinya juga harus baik, supaya anak tetap aktif.

    ReplyDelete
  31. Setuju banget, kalau anak sering dibiarkan main di luar (tentunya dengan diawasain) biasanya anaknya lbh aktif dan lbh bagus imunnya, jika dibandingkan sama anak yang "dikurung" aja di rumah.

    ReplyDelete
  32. Waktu kecil juga saya lebih suka main di luar rumah mbak. Ternyata manfaatnya banyak juga ya mbak apalagi mainnya sambil ditemani susu indomilk. Nanti klu si kecil udah bisa jalan dan main bakal saya biarkan juga main di luar rumah. Yang penting tetap di pantau aja ya mbak.

    ReplyDelete
  33. Senengnya kakak mainn sama bunda di luar rumah. Main dan belajar banyak hal tentang alam

    ReplyDelete
  34. Aku waktu kecil kerjaannya mbolang mbaak. Bisa dibilang maiiin mulu. Makanya di rumah, yang paling item tuh aku deh. Sekarang kalo anaknya sering main, ya maklum aja, hihi.

    ReplyDelete
  35. Seru banget dhek salim mainnya... bener mbak.. aku punya ponakanbyang satu ama ortunya dibebasin main diluar yg penting aman dan ponakanku lagi satunya gak pernah diijinin ortunya main diluar... alasnya banyak ini itulah takut ini itulah ehhhh malah anaknya kasian sakit2 an. Ponakanku yg sering main diluar mahbaktif dan sehat aja

    ReplyDelete
  36. Memang banyak manfaat ketika anak main di luar ya mom💙😍 krn fitrahnya anakaya di alam

    ReplyDelete
  37. Saya juga seneng kalau lihat anak-anak main di luar. Seru, happy, lucu, dan mereka kelihatan sehat dan aktif. Apa lagi kalau main petak umpet, duh seneng deh, bisa ikutan ngerjain hahaha.

    ReplyDelete
  38. Aku juga wajibin anak ada waktu main di luar kayak Pendar, tapi kalau Pijar dah hampir setiap hari ngebolang. Aku kasih jadwal main sih, klo ga lupa dia keasyikan main bola terus wkwkkw

    ReplyDelete
  39. nah iya nih mbak, aku juga gitu nih, setiap hari (kalau gak hujan) pasti ngebiarin anak anak main diluar ruangan.. udahannya, mereka langsung bau matahari dan mandi keringet hihihi..

    ReplyDelete
  40. Pasti Salim seneng banget ya mbak diajak bermain di luar, apalagi dijarin bersepeda. Semoga sehat terus ya buat Salim. Jadi ingat masa kecil dulu, diajatin sepedaan juga

    ReplyDelete
  41. sekarang anak suka main di dalam mbak
    jadi main di rumah sangat penting dan banyak manfaat yang bisa diambil

    ReplyDelete
  42. saya malah mengijinkan anak main keluar asal jelas dan ijin dulu mau kemana. Supaya mereka lebih mengenal lingkungan meski kalau udah di rumah bosan pasti mereka larinya ke gadget (pinjam hp saya tentunya).

    ReplyDelete
  43. Waaah Ibunya juga minum! Hihihi. Rio belum nyobain yang ini nih. Nanti deh aku coba beli, semoga cocok di Rio hihi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...