Thursday, March 21, 2019

Mengenal Investasi Produktif di KoinWorks



Bulan ini ada berita pernikahan selebritis yang cukup menghebohkan, yaitu pernikahan Syahrini dan Reino Barack. Syahrini adalah seorang penyanyi Indonesia yang lekat dengan gaya hidup glamor, sedangkan Reino Barack adalah seorang pengusaha sukses keturunan Jepang-Indonesia. 


Terlepas dari kontroversi pernikahannya yang dikaitkan dengan Luna Maya, sebuah tayangan wawancara di youtube menjelaskan bagaimana Reino Barack membangun bisnisnya. Ketika orang-orang membeli iPhone, Reino justru membeli sahamnya dan menjualnya lagi saat harganya naik tinggi. Dari uang penjualan saham itu, Reino membuka bisnis restoran.

Usia Reino kini 34 tahun tapi dia sudah memiliki  kerajaan bisnis yang membuat semua orang terpukau. Terlepas dari peran serta ayahnya yang juga seorang pengusaha sukses, ada perbedaan dari caranya mengalokasikan pendapatan dibandingkan dengan anak muda- anak muda lainnya. Jika diberi uang oleh orangtua, sebagian besar anak muda akan langsung menghabiskannya untuk kebutuhan konsumtif atau berfoya-foya. Mereka membeli gadget canggih, kongko-kongko di restoran mahal, pelesiran ke tempat-tempat yang jauh, dll. 

Sedangkan Reino Barack memilih membeli saham dari perusahaan gadget itu, sebagai bagian dari investasi. Setelah mendapatkan keuntungan dari penjualan saham, dia pun membuka bisnis restoran. Kini, setelah bisnisnya menggurita dan sukses besar, dia menikmati hasilnya dengan melakukan semua yang diinginkannya dulu. Investasi yang dilakukan oleh Reino ternasuk ke dalam investasi produktif. 

Anak muda berinvestasi? Mengapa tidak? Jangan tunggu sampai  lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan perusahaan. Ciptakan lapangan pekerjaan dengan berinvestasi sejak dini, bahkan hanya dengan uang Rp 100.000. Melakukan investasi merupakan gaya hidup para pengusaha sukses seperti Reino Barack. Jika dilakukan selagi muda, hasilnya pun sudah bisa dinikmati selagi muda. 

Investasi Mulai Dari Rp 100.000
Berapa uang saku anak muda zaman sekarang per harinya? Rp 100.000, cukup? Agaknya uang Rp 100.000 saat ini memiliki nilai yang rendah karena hanya dapat dibelikan makanan dan minuman untuk satu hari. 

Nah, uang Rp 100.000 kini bisa dijadikan modal untuk berinvestasi di KoinWorks. Siapa pun bisa berinvestasi secara mudah. KoinWorks adalah platform P2P Lending yang menjadi perantara antara investor dan kreditur. Seluruh kegiatan investasi dilakukan secara online dengan teknologi RoboLending, sehingga investor dapat langsung mengetahui berapa keuntungan investasi yang telah diperolehnya. 

Kreditur KoinWorks 
Dana yang ada di KoinWorks hanya disalurkan untuk 3 jenis Kreditur: 

KoinBisnis
Kreditur adalah orang-orang yang melakukan bisnis UKM Online dan memiliki prospek yang baik. Untuk ini, KoinWorks bermitra dengan online marketplace besar di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, Berrybenka, Doku, dll. 

Kreditur telah lulus penilaian kelayakan kredit dan standar 4 C Perbankan yaitu Character, Capacity, Capital, Condition. Bisnis onlinenya haruslah memiliki penjualan yang baik dan menguntungkan, sehingga terhindar dari kredit macet. Jadi, investor berinvestasi pada bisnis online yang dilakukan oleh kreditur, sehingga dapat memajukan UKM.

KoinPintar 
Pendidikan adalah hal yang penting, tetapi biaya pendidikan di institusi pendidikan yang berkualitas terus meningkat. Kreditur dalam KoinPintar ini adalah orang-orang yang mendapatkan pendanaan untuk biaya pendidikan, sehingga dapat menghadapi persaingan global dengan bekal pendidikan yang mumpuni. Beberapa institusi pendidikan yang bekerjasama dengan KoinWorks, diantaranya: English First (EF), Binus University Online Learning, EduMor, Algoritma, WallStreet English, dll. 

KoinSehat 
Organ tubuh yang sehat sangat diperlukan untuk mendukung pekerjaan. Salah satunya, mata. Jadi, kalau sudah ada gangguan pada mata, seperti mata minus atau silinder, harus segera diperiksakan ke dokter dan menggunakan alat bantu kacamata. KoinWorks bekerjasama dengan Klinik Mata Nusantara dan Rumah Sakit Premiere Bintaro untuk menyediakan pendanaan dalam mengakses layanan kesehatan yang terjangkau, khusus penyakit non kronis seperti mata minus. 

Oleh karena itu, tak sembarang orang bisa menjadi kreditur di KoinWorks apalagi jika dananya hanya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak menghasilkan. Ada sistem kelayakan kredit yang diterapkan oleh KoinWorks secara ketat yang dilakukan oleh para ahli berpengalaman dengan menggunakan algoritma matching learning. 

KoinWorks menggunakan tolak ukur penilaian calon kreditur dengan menggunakan: keuangan terkini, dokumentasi pendukung, riwayat dan laporan keuangan, reputasi pribadi, reputasi merk dan interaksi dengan pelanggan, koneksi media sosial  data dari mitra KoinWorks, vendor dari pihak ketiga, dan logical analysis. 

Calon kreditur juga akan menjalani wawancara melalui telepon, pemeriksaan melalui mitra, kunjngan lapangan, tren industri, dan portofolio pinjaman. Jadi, kreditur yang sudah pernah terkena kasus kredit macet tidak akan bisa mendapatkan dana dari KoinWorks karena Koinworks ingin memastikan para investor tidak merugi. Jikapun terjadi kredit macet, maka KoinWorks memiliki Dana Proteksi.

Dana Proteksi, Jamin Investasi Aman
Jika kreditur mengalami gagal bayar atau kredit macet, maka KoinWorks akan memberikan Dana Proteksi kepada investor sehingga uang yang diinvestasikan tidak hilang. Besarannya tergantung grade yang sudah ditentukan. Misal, jika memilih Grade A dan telah berinvestasi Rp 10 juta untuk 12 bulan dengan pengembalian per bulan Rp 1 Juta, tapi kemudian kreditur gagal bayar di bulan ketiga, maka investor tetap mendapatkan dana proteksi sebesar Rp 8 juta. Jadi, uangnya tidak hilang dan akan kembali 100%. 

Jumlah Investor KoinWorks 
Saat ini sudah ada kurang lebih 110.000 investor di KoinWorks, dengan minimum pendanaan Rp 100.000. Kepercayaan investor disebabkan karena KoinWorks terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mendapatkan penghargaan sebagai Fintech paling inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, dan Gunung Sewu. Cara kerjanya juga mudah di mana investor dapat memilih sendiri krediturnya dengan memeriksa factsheet kreditur serta dapat memantau keuntungan investasinya melalui sistem teknologi yang hanya dimiliki oleh KoinWorks yaitu RoboLending. 

Jika tertarik ingin investasi online di KoinWorks, gunakan kode KOINWORKS150 di sini untuk mendapatkan koin sebanyak 150.000. 


23 comments:

  1. Keren ya ada anak muda berpikiran jauh ke depan, nggak mementingkan gaya Hedon dulu dan foya-foya, mau coba ni koinworks

    ReplyDelete
  2. wah menarik nih infonya, biasanya suami yg suka investasi..tapi kalau mulai dari 100 ribu kayaya saya juga bisa ya mulai berinvestasi

    ReplyDelete
  3. bisa mulai investasi sejak usia muda itu hebat banget. apalagi terus dapat hasilnya dan dinikmati kemudian hari. koinworks untuk investasi online boleh juga buat dicoba :)

    ReplyDelete
  4. keren banget dengan nilai uang 100.000 kita bisa berinvestasi di koinwork. Kepingin juga seperti Reino barack dan para pebisnis lainnya. Di usia muda mereka telah memiliki bisnis yang menggiurkan.

    ReplyDelete
  5. Kayaknya perlu dicoba ini, yang penting halal.
    Terimakasih infonya
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
  6. Perlu ditiru nih sikapnya Reino Barack, aku kira mau investasi besar tuh harus dg biaya besar ternyata dengan 100rb bisa ya mbak hhee
    Makasih sharingnya Mbak 😍😍😍

    ReplyDelete
  7. Investasi di koinworks kayaknya aman ya Mbak? Sudah terjamin OJK dll, ditambah krediturnya juga jaminan.

    ReplyDelete
  8. Ketat juga ya jadi kreditur di KoinWorks. Tapi memang harus gitu biar jelas kan ya apalagi udah terjamin OJK

    Terlepas dari kontroversinya, usaha Reino dari muda emang patut diacungi jempol

    ReplyDelete
  9. Makin banyak ya pilihan untuk p2p lending gini. Semua aman asalkan pastikan dulu statusnya di OJK. Jadi pengin juga nih berinvestasi di koinworks.

    ReplyDelete
  10. Semakain penasaran sama investasi P2P semacam koinworks ini. Mau coba mulai masih maju mundur cantik. Sebagai orang yang punya profil risiko rendah, saya terlalu hati-hati dalam berinvestasi.

    ReplyDelete
  11. Investasi sekarang banyak macamnya yah termasuk di koinworks ini , jadi penasaran saya sama investasi ini, baca - baca lagi ah

    ReplyDelete
  12. Biasanya kalau sudah dijamin OJK, kita bisa investasi zero was-was ya
    Namun tetap kudu menggali informasi dengan membaca syarat dan ketentuan, resiko yang timbul dan lain-lain

    ReplyDelete
  13. Baru denger ini aku ada investasi namanya koin work mengingatkan aku pada menabung..

    ReplyDelete
  14. Baru tahu cara Reino membangun bisnisnya.
    Yang pasti, orang usaha ada jatuh bangunnya. Namun, yang kita ketahui saat ini adalah kesuksesan para pengusaha tersebut.
    Hihii~

    Jadi ngebayangin usaha yang diawali modal 100 ribu bersama KoinWorks.

    ReplyDelete
  15. Mbak aku udah baca-baca sih sebelumnya tentang P2P Lending ini dari blogger yang sudah menulis terlebih dahulu, dan aku tertarik banget. Ini bisa jadi investasi bisnis masa depan. Tapi ada yang mengaganjal nih buatku, soal laba apakah diperoleh melalui bunga atau bagi hasil?

    ReplyDelete
  16. Wah semaikn mudah saja kita untuk berinvestasi yaa.. dimulai dr 100rb terjangkau sekali

    ReplyDelete
  17. Makin banyak pilihan namun kita pun harus cermat memilihnya. Mbe udah coba juga di platform ini?

    ReplyDelete
  18. Apalagi ini Koin Works? Aku baru dengar, apakah ini semacam investasi gitu ya? Sekarang jadi semakin mudah ya kalau mau melakukan investasi.

    ReplyDelete
  19. yesss gak ada alasan menunda berinvestasi, apalagi sekarang pilihan investasi makin banyak, tinggal disesuai dg pendapatan dan kebutuhan kita aja yaa :)

    ReplyDelete
  20. Wow... perasaan baru-baru aja denger dan baca ulasan mengenai koinwork ini, tapi investornya dah mencapai 100 ribu lebih.

    ReplyDelete
  21. Baru kenal KoinWorks.
    Mau tak pelajari dulu dengan seksama supaya paham

    ReplyDelete
  22. Saya juga suka ikutin berita mereka, tapi lebih ke arah bagaimana mereka mendapat kesuksesan di usia yang relatif muda. Saya udah mulai coba2 berinvestasi juga nih mbak. Sedikit2 kalau rutin juga bakal banyak kan.

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  23. Saya seneng banget lho sekarang ini mulai banyak info-info soal investasi, bahkan gerakan untuk mendukung orang-orang supaya mau melakukan investasi. caranya pun beragam dan dipermudah. Sebab kalau cuma ngandelin tabungan aja kayaknya nggak bisa mencukupi kebutuhan hidup di masa depan, ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...