Friday, March 1, 2019

Tanda-Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Koroner



Penyakit jantung koroner sendiri terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri. Artinya aliran darah jadi tidak lancar, akibatnya otot jantung tidak menerima asupan oksigen dan juga nutrisi lainnya. 


Jika kondisi ini dibiarkan, maka otot jantung tidak berfungsi dengan baik, dan juga tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, akan muncul beberapa komplikasi, seperti serangan jantung, atau bahkan penyakit gagal jantung. Lalu bagaimana gejala penyakit jantung koroner sendiri, yang harus Anda waspadai :

Nyeri di bagian dada
Nyeri di bagian dada atau yang kerap disebut dengan angina, akan terjadi pada seseorang yang menderita penyakit jantung. Seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak mempunyai cukup oksigen. Seseorang yang menderita angina ini, akan merasakan tekanan di daerah dada, terutama ketika Anda melakukan banyak aktivitas. 

Selain rasa nyeri di bagian dada, rasa nyeri ini juga bisa menjalar ke bagian tubuh atas lainnya, seperti rahang, leher, bahu, punggung atas atau bahkan lengan. Berdasarkan catatan dari American Heart Association, beberapa wanita cenderung merasakan rasa sakit di bagian perut bawah dan juga di bagian dada.   

Walaupun demikian, Anda juga sebaiknya memperhatikan, bahwa tidak semua nyeri di bagian dada termasuk gejala penyakit jantung koroner. 

Keringat dingin dan mual
Adapun gejala lain yang juga muncul pada seseorang yang menderita jantung koroner adalah munculnya keringat dingin dan rasa mual. Ketika pembuluh darah mulai menyempit, otot-otot jantung kekurangan oksigen, maka akan menimbulkan sebuah kondisi yang disebut dengan iskemia. Kondisi ini, membuat seseorang mengeluarkan keringat berlebih dan juga penyempitan pembuluh darah. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, akan muncul sebuah sensasi keringat dingin. Dalam kondisi lainnya, iskemia juga akan memicu reaksi mual dan juga rasa muntah.    

Sesak nafas
Ketika seseorang mempunyai ritme jantung yang tidak normal, secara tidak langsung kondisi ini akan berimbas pada kelancaran pada sistem pernafasan. Ketika kondisi ini terjadi, hasilnya penderita akan mengalami sesak nafas. Gejala penyakit jantung seperti ini, biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri di bagian dada.    

2 comments:

  1. Takut sendiri kadang mbak kalau dada bagian kiri uda nyeri banget karena punya riwayat penyumbatan pembuluh darah jantung :" padahal masih muda :| gak mengenal usia skrng penyakit mbak ya, makasih banyaak sharingnyaa ~

    ReplyDelete
  2. ada beberapa cerita, dari orang yang biasanya bugar bahkan rajin olahraga, tetiba kena penyakit jantung juga ya mb. memang mengenali gejalanya itu penting banget, bahkan tetangga saya karena mengenali gejala dari awal, langsung ke dokter, dan ternyata benar ada gejala menuju jantung koroner, dan ketauan lebih awal jadi bisa ditangani lebih cepat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...