Saturday, March 16, 2019

Cara Mencegah Kanker Serviks, Lakukan 2 Hal Ini


Talkshow Kanker Serviks 

Kanker serviks membunuh 50 perempuan Indonesia setiap harinya! Saya terkejut membaca data itu yang dikutip dari GLOBOCAN 2018. Kematian akibat kanker serviks per tahun mencapai 18.279. Itu artinya, kanker serviks bukan lagi penyakit langka yang hanya menyerang sedikit perempuan.


Masih ingat bukan kematian artis Julia Perez akibat kanker serviks? Apa sih kanker serviks itu? Kanker serviks adalah penyakit kanker yang menyerang leher rahim yaitu bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim dan vagina. 

Tanggal 13 Maret lalu, saya menghadiri talkshow bersama dr. Venita Eng, MSc, perwakilan dari YKI DKI dan pendukung KICKS (Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks) di Plaza Indonesia. Saya pun mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai penyebab kanker serviks dan cara mencegahnya. 

Penyebab kanker serviks adalah virus Human Papilloma (HPV). Dr Venita mengatakan bahwa masih banyak orang yang belum tahu bahwa cara mencegah kanker serviks adalah dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini (screening). 

Itu kenapa dalam acara yang juga bagian dari pameran foto Diera Bachir #IAmTrulyWoman ini, yang dimulai sejak tanggal 8 Maret dan didukung oleh Plaza Indonesia, dilakukan pemberian vaksin HPV kepada dua artis muda ternama: Cinta Laura dan Yuki Kato. 

Menurut data WHO bulan September 2016, sudah ada 67 negara diantaranya Malaysia, Australia, dan Thailand yang sudah mengimplementasikan program vaksinasi HPV kepada seluruh warganya, terutama perempuan. Dr. Venita berharap, Indonesia juga mengimplementasikan program vaksinasi HPV itu sehingga semua perempuan Indonesia mendapatkan vaksinasi HPV agar terhindar dari kanker serviks. 

Terbukti, di Australia, penderita kanker serviks telah menurun hingga 77% pada rentang usia 18-24 tahun. Vaksinasi HPV dapat diberikan sejak berusia 9 tahun. Sebelum mencapai usia 13 tahun, cukup divaksin 2 kali. Kalau sudah di atas 13 tahun, harus divaksin 3 kali. 

Vaksinasi HPV juga melindungi dari penyakit kutil kelamin, kanker vulva dan vagina, kanker mulut dan tenggorokan, kanker anus. Bahkan bisa menyerang lelaki juga dan menyebabkan kanker penis. Bila sudah melakukan hubungan seksual, sebaiknya segera lakukan vaksinasi HPV dan screening. Untuk screening atau deteksi dini, gunanya untuk mengetahui apakah ada gejala kanker serviks. Jika diketahui lebih awal, maka dapat segera dilakukan pengobatan sehingga peluang sembuhnya lebih besar.

Siapa saja yang berisiko terkena kanker serviks? Ternyata 8 dari 10 orang pria dan wanita diperkirakan akan terinfeksi virus HPV selama hidup mereka. Virus ini mudah menular, tak hanya melalui hubungan seksual. Bisa melalui jari atau kontak dari kulit ke kulit, alat medis, maupun dari ibu ke bayi baru lahir. Hiks, ngeri juga ya. 

Cara mencegah kanker serviks, lakukan 2 hal ini: 

Vaksinasi HPV 
Ini adalah pencegahan primer yang idealnya dilakukan sebelum kita melakukan aktivitas seksual. Kalaupun kita telah melakukan aktivitas seksual sebelum vaksin HPV, kita tetap dianjurkan melakukan vaksin HPV. 

Deteksi Dini (Screening) 
Ini adalah pencegahan sekunder yang dapat mencegah kematian akibat kanker serviks jika dapat dideteksi sejak awal. Pengobatan pun dapat dilakukan secara maksimal, karena hampir 70% penderita kanker serviks itu baru datang setelah stadium lanjut. Akibatnya, sudah tak tertolong. 

Seberapa efektifkah vaksinasi HPV? Ternyata kata dr Venita, vaksin HPV Quadrivalent ini memberikan perlindungan dari HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Sedangkan vaksin HPV Bivalent memberikan perlindungan dari HPV tipe 16 dan 18. Efektivitasnya hingga 98,2%. Jadi, sangat efektif untuk mencegah kanker serviks. 

Vaksinasi dapat dilakukan oleh semua perempuan mulai usia 9 tahun, kecuali ibu hamil. Ibu menyusui pun masih bisa mendapatkan vaksin HPV. Untuk itulah, pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian vaksin HPV kepada 2 artis yaitu Cinta Laura dan Yuki Kato. Harapannya, dengan melihat vaksinasi pada artis ini, perempuan lain juga tergerak untuk melakukannya. 

Cinta Laura mengambil langkah berani untuk melakukan vaksinasi HPV karena dia menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Setiap perempuan pasti punya mimpi yang ingin dicapai. Jangan sampai mimpi itu hilang akibat terkena kanker serviks. 

Cinta Laura vaksin HPV 


Sedangkan Yuki Kato mengatakan bahwa setiap perempuan memiliki peran dan dapat menjadi apa pun yang diinginkan. Sehingga jangan sampai peran tersebut terganjal oleh masalah kesehatan seperti kanker serviks. 

Yuki Kato vaksin HPV 


Kedua artis cantik itupun divaksinasi HPV oleh dr. Venita di hadapan blogger dan wartawan di atrium level 4 Plaza Indonesia Extension. KICKS juga membuka booth edukasi untuk kita semua yang ingin mendapatkan informasi lebih luas mengenai kanker serviks. 

KICKS adalah koalisi yang digagas oleh organisasi non profit dari kalangan medis dan non medis untuk melakukan kampanye #CegahKankerServiks dan memberikan kesadaran kepada kaum wanita. Informasi lebih lanjut, bisa dilihat di: 

www.cegahkankerserviks.org
FB: @KICKSCegahKankerServiks
Instagram: @cegahkankerserviks_id
Twitter: @IDKankerServiks

43 comments:

  1. Dpt menyerang laki_laki menjadi kanker penis? Hadeuh ngeri banget. Lebih sadis drpd impotensia. Memalukan dan memilukan. Kaum lelaki gak banyak yang tahu. Perlu ada sosialisasi bersama kaum perempuan.

    ReplyDelete
  2. Kanker serviks menyerang wanita akan tetapi kaum Adam juga bisa menyebarkan virus ini.

    Ya sudahlah, ayo kita sama ke dokter melakukan vaksinasi HPV

    ReplyDelete
  3. waaah aku blum vaksin HPV niiih, jadi pengen cari tau juga tentang vaksin ini deh, semoga semua wanita di seluruh dunia ini terhindar dari kanker serviks dan penyakit berbahaya lainnya yaa <3

    ReplyDelete
  4. Waa seru banget ya pastinya acara ini,sharing tentang kanker serviks yang emang penting banget buat diketahui sama perempuan. Apalagi di acara ini ketemu sama kak yuki dan cinta laura jugaa waaa

    ReplyDelete
  5. Aku nonton nih beritanya di tv kemaren, dan terimakasih atas informasinya mba leyla, setidaknya aku jadi punya informasi lebih banyak lagi untuk preventing cancer

    ReplyDelete
  6. aku belum HPV :( soalnya aku phobia jarum suntik padahal pengen ikut buat mencegah kanker serviks

    ReplyDelete
  7. Aku belum vaksin HPV . Aku lumayan takut sama jarum atau disuntik . Tapi aku pengen banget supaya lebih aman dan sosialisasi ini penting banget gak cuma buat perempuan

    ReplyDelete
  8. Informatif bnget ya blog nya. Setuju sih kita harus aware sama nama nya kanker serviks. Aku belum vaksin juga nih hahah

    ReplyDelete
  9. Aku udah HPV dong kemarin sbelum nikah hehe, bner dapet 3x suntikan dan rsanya itu kya digigit semut, mini-mini bengkak gmna haha Semogaa yg blm vaksin bs sgeta vaksin ya khususny bagi prempuan diluar sana yg sering anggap sebelah mata hehe

    ReplyDelete
  10. Vaksinasi HPV memang penting ya mbak untuk mencegah kanker servick :)
    keren banget itu si Cinta laura disuntik langsung hihi

    ReplyDelete
  11. suntik vaksi HPV memang satu-satunya cara untuk mencegah kanker serviks selain hidup bersih dan menjaga area kewanitaan ya mba.

    ReplyDelete
  12. Aku udah suntik vaksin HPV mba dua tahun lalu. Dan memang sebaiknya sebelum nikah juga di vaksin HPV ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adanya kampanye seperti ini semoga banyak juga yang terbuka kesadarannya untuk vaksin ya mba

      Delete
    2. Soalnya kalau lihat dari dampak kanker itu serem banget mba. Mama dan eyangku kena kanker serviks dan aku takut jagan sampai ada lagi yang mengalami :(

      Delete
  13. Ini informasinya bagus banget ya. Kebetulan aku udah vaksinasi hpv ini tuh sekitar 2 atau 3 tahun lalu kalau ga salah.

    ReplyDelete
  14. itulah pentingnya pengetahuan soal ini ya bep jadi bisa mendeteksi sejak dini dan kalo ada sesuatu yang janggal bisa langsung cepet cpet konfirm ke dokter

    ReplyDelete
  15. Ngeri banget sih, ternyata bayi juga bisa tertular virusnya dari ibunya sendiri kasihan juga sih.
    Di Indonesia kayanya masih kirang aware soal vaksin ini ya, jadi cuma sebagian orang aja yang melakukan

    ReplyDelete
  16. Kanker serviks itu sendiri bisa menyerang semua wanita atau hanya pd wanita yg aktif secara seksual sih? Hm, penting juga ni vaksinasi ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Virus HPV tak hanya menular melalui hubungan seksual. Kontak lewat jari atau kulit juga bisa.

      Delete
  17. Hiiy, ngeri banget ya kanker serviks itu. Aku belum vaksinasi HPV ini niiiih.... kira-kira klinik dan rs mana aja ya yang ada vaksinasi HPV? Boleh tahu harganya juga nggak sekali vaksinasi itu berapa?

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu kalau itu bisa menular ke pria.

    ReplyDelete
  19. Wah, Yuki Kato dan Cinta langsung suntik vaksin HPV di sana ya. Keknya kemarin sekolah-sekolah juga digelar suntik vaksin HPV ini ya.

    ReplyDelete
  20. ngeri duh kanker servik itu, ga kerasa kan katanya, tau2 udah stadium sekian. Makanya kudu rutin papsmear terus divaksin deh.

    ReplyDelete
  21. me too juga belum pernah vaksin Hpv, dan lihat artis2 cantik ini berani sungguh patut diapresiasi

    ReplyDelete
  22. Aku jadi tergugah pengen vaksin, mencegah lebih baik daripada mengobati ya kan mbak Leyla. Ngeri juga kalau sampe kena kanker, mudah-mudahan penyakit-penyakit itu jauh-jauh deh dari badan kita. Aamiin

    ReplyDelete
  23. Penting banget ini vaksin hvpnya, kira2 harganya berapa ya mba? Baru tau klo kaum pria juga bisa menyebarkannya, serem juga ya

    ReplyDelete
  24. Tingkat efektivitasnya tinggi ya, di atas 90% lebih. Btw, cara screening HPV itu gimana? bisa buat yg single juga?

    ReplyDelete
  25. Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling berbahaya untuk kaum wanita aku jadi pengen juga vaksin HPV ini

    ReplyDelete
  26. laki laki juga bisa keserang ya Mbak. sudah saatnya para kaum wanita sadar untuk vaksin hpv ya Mbak.

    ReplyDelete
  27. Kira-kira berapa biaya suntik ini ya kak untuk mencegah kanker serviks

    ReplyDelete
  28. idealnya kita umur berapa ya untuk screening serviks itu mbak?

    ReplyDelete
  29. Dengan adanya informasi yang jelas seperti ini diharapkan angka penderita kanker serviks dapat menurun ya mba.. mencegah kanker serviks ini sudah bisa dilakukan mulai hari ini.. jangan sampai meyesal nantinya ya mba

    ReplyDelete
  30. Belum kepikiran untuk vaksin HPV padahal ini penting banget ya. Berapa harganya ya kira2? Soalnya kalau vaksin2 tambahan begini suka mahal. :(

    ReplyDelete
  31. Biayanya berapakah kak Leyla bila ingin suntik HPV?
    Apa tergantung masing-masing rumkit?

    Jadi pingin juga sebagai langkah preventif yaa...

    ReplyDelete
  32. Dirimu sudah vaksin juga mba? HPV memang sangat ampuj mencegah kanker serviks.. jangan lupa juga untuk papsmear untuk mereka yang sudah sexually active

    ReplyDelete
  33. Wah penyebabnya ternyata bukan karena hubungan badan saja ya kontak jari n kulit oun bisa..ih ngerii...Vaksinasi jd penting jg nih..

    ReplyDelete
  34. Aku belum ikutan vaksinasi HPV nih... Ela udah apa belum? Mau cari informasi ah seputar pelaksanaan vaksinasi ini. Penting banget ya untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan kita.

    ReplyDelete
  35. Sampai saat ini aku belum pernah vaksin HPV nih soale katanya harganya lumayan. Nah untuk mendeteksi gitu aku dah coba periksa papsmears sih tapi jujur aja pengen gitu setidaknya sekali vaksin HPV buat mencegahnya.

    ReplyDelete
  36. Huhuu, tetanggaku baru aja meninggal karena kanker serviks, Mba. Masih muda, anaknya baru satu belum ada setahun :(((
    Pas terakhir jenguk udah parah banget emang pasca dioperasi. Karena ketahuannya pas udah stadium akhir.

    Semoga kita terhindar dari penyakit ini ya Mba, dengan vaksin dan menerapkan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  37. Makasih bund aku jadi belajar babyak dan harus hati hati banget untuk menjaga kesehatan. Apalagi alat vital kita

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah hasil tesku negatif mba. Aku pernah papsmeer di puskesmas

    ReplyDelete
  39. wahh ada cinta laura yaaa. ini salah satu aktris favoritku. cerdas dan enerjik. ternyata dia peduli keehatan juga

    ReplyDelete
  40. Wahh, 2 artis cantiq ini aja berani d vaksinasi HPV, berarti dia sadar dan peduli kesehatan ya, semoga menginspirasi kita semua ya ..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...