Monday, March 4, 2019

Yummieeh Ussy, Mie Ayam Enak di Jakarta Tanpa MSG dan Murah



Mie ayam enak di Jakarta? Jakarta memang surganya mie ayam. Coba saja berjalan ke seluruh penjuru Jakarta, pasti bertemu pedagang mie ayam. Saya pun penggemar mie ayam. Seminggu minimal satu kali makan mie ayam.


Namun, ada masanya saya takut makan mie ayam. Rumor bahwa mie ayam menggunakan daging ayam tiren (ayam busuk) dan kaldu dari babi membuat saya meragukan kehalalan mie ayam di pinggir jalan. Saya sempat berhenti memakan mie ayam. 

Faktor kebersihan juga menjadi pertimbangan sebelum menyantap mie ayam. Tak heran jika sebagian dari kita memilih membeli mie ayam di food court atau kedai dalam ruangan tertutup sehingga kebersihan mie ayam lebih terjaga. Sayangnya, harganya menyesuaikan tempat. Semakin bagus tempatnya, semakin mahal mie ayamnya. 

Yummieeh Ussy mendobrak kekhawatiran itu. Kedai mie yang baru dibuka oleh pasangan artis Andhika dan Ussy ini menyajikan mie ayam yang higienis, sehat, tanpa MSG, halal, lezat, tapi harganya terjangkau. Tak percaya? Saya sudah membuktikannya di hari pertama pembukaannya, tanggal 1 Maret 2019. 

Berlokasi di Jl Cipete Raya No 11 C Jakarta Selatan, Yummieeh Ussy adalah bisnis kuliner ketiga Ussy dan Andhika setelah Lurik Coffee & Kitchen dan Bakoel Ussy. Yummieeh Ussy mengkhususkan pada kuliner mie, dimsum, dan kwetiaw. 
Ussy mengaku sangat menggemari mie ayam. Bahkan, kalau sedang di perjalanan menemukan mie ayam enak, dia langsung turun dan memakannya dulu. Lalu, terpikirkan untuk membuat kedai mie ayam dengan perpaduan resep tradisional Indonesia dan China. Apa yang membedakannya dari mie ayam kebanyakan? 

Tempat Bersih dan Instagrammable 
Yummieeh Ussy menjual mie ayamnya di dalam sebuah ruangan tertutup atau kedai atau restoran kecil yang memiliki banyak bangku dan meja di dalam dan di luar. Kira-kira bisa menampung 50-an pelanggan dalam satu waktu. 

Interiornya bernuansa merah, dengan dinding dihiasi foto keluarga Ussy dalam pakaian Shanghai yang eye catching. Di bagian luar juga ada dinding yang  dihiasi dengan mural yang artistik mengenai pedagang mie ayam dan latar di belakangnya. Dinding bermural ini menjadi tempat yang kece untuk berfoto dan diposting di Instagram.

Mural Yummieeh Ussy 

Dapur berada di bagian belakang dan terlihat bersih. Begitu juga dengan semua perlengkapan kedai seperti meja, kursi, mangkuk, gelas, dan chop stick. Mangkuk untuk mie menggunakan mangkuk putih yang cukup besar. 

Tak hanya itu. Disediakan juga banyak colokan buat kita yang mau mengisi daya smartphone. Ada kipas besar yang siap menerjang semua rasa gerah setelah berpanasan di luar. Berhubung kemarin hujan, jadi rasanya malah kedinginan. 

Menu Variatif dan Unik
Ussy tak ingin menciptakan kedai mie ayam yang biasa saja. Menu-menunya diciptakan dengan patokan tradisional dan modern. Mie ayam original dengan taburan daging ayam, sudah tentu ada. Selebihnya, ada Mie Ayam Kecombrang, Jamur, Rica-rica, Ceker Dower, dan Ceker Lada Hitam. 

Mie Ceker Lada Hitam

Tak hanya Mie Ayam, Yummieeh Ussy juga menyajikan dimsum dengan delapan rasa yaitu siomay, mantau, chikaw, lumpia kulit tahu, cha siu bakpau, bakpau ayam kecap, dan hakau. Tidak lupa ada kwetiaw yang penyajiannya seperti mie ayam. Jadi, pecinta mie dan dimsum wajib ke sini deh. 

Aneka Dimsum


Halal 
Kehalalan adalah pertimbangan utama seorang muslim yang mayoritas mendiami Jakarta dalam memilih makanan. Ussy memastikan bahwa semua bahan untuk membuat mienya adalah halal. 

Bahan-bahannya relatif mudah didapatkan di pasar. Yang membedakan hanya pengolahannya dan tentu saja resep pribadi Ussy sehingga topping mie ayam ini beraneka ragam. 

Tanpa MSG, Rasa Tetap Lezat
Masakan China biasanya menggunakan MSG sebagai andalan rasa yang lezat. Tapi Ussy menjamin bahwa mie ayamnya tanpa MSG. Awalnya saya pikir rasanya akan hambar. Ternyata tidak lho. Meski tidak setajam mie yang ada MSG-nya, mie ayam Ussy ini tak kalah lezat. 

Mie Ayam Original

Mienya lembut, berbeda dengan mie lain. Toppingnya lengkap. Sayurannya tak hanya sawi, tapi juga ada daun bawang. Potongan ayamnya besar-besar tanpa tulang. Ayamnya juga segar dan banyak. Tidak lupa kerupuk pangsit yang saat ini sudah jarang ditemukan di mie ayam lain. 

Sedangkan untuk dimsumnya, saya baru mencicipi Mantau dan Siomaynya. Keduanya sangat enak sampai ketagihan. Plus ada minyak cabai dan sambal yang otentik buatan rumahan. Bukan buatan pabrik. 

Harga Murah 
Andalan Yummieh Ussy lainnya adalah harganya yang merakyat. Berapa harga mie ayam di pinggir jalan? Biasanya berkisar Rp 10.000 per porsi. Di Yummieeh Ussy, harganya mulai dari Rp 15.000-Rp 24.000, sedangkan dimsum mulai Rp 15.000-Rp 22.000. Harga ini menurut saya sangat terjangkau bila mengingat fasilitas tempat dan jaminan rasa serta kualitasnya.

Sedangkan untuk pilihan minumannya masih terbatas, yaitu aneka teh dan soft drink dengan harga mulai dari Rp 4.000-Rp 10.000. Yummieeh Ussy benar-benar bisa menjadi tempat kongkow mulai dari para pelajar sampai pegawai kantoran menengah ke bawah. Dengan porsi mie yang banyak, plus kandungan gizi seimbang dari potongan ayamnya, dapat mengisi perut kelaparan di siang hari karena dibuka mulai jam 10 pagi.

Alhamdulillah, porsi melimpah











32 comments:

  1. Ussy keren euy usahanya merambah kemana-mana ya makina sukses aja coba buka juga dong di Bandung sebagai penggemar mie ayam aku sukses ngiler baca ini apalagi harganya mulai 15rb-an aja itu mah murah pisan apalagi mie ayamnya bukan abal-abal

    ReplyDelete
  2. Wah, kok murah banget ya Mbak untuk ukuran warung makan yang bagus tempatnya dan enak juga sehat masakannya. Minumannya juga murah tuh. Semoga ke depannya ramai pengunjung dan selalu menomorsatukan kualitas :)

    ReplyDelete
  3. Saya takjub dg Ussy dan Andika yang pandai mencari peluang. Bisnis yg dijalankannya lebih banyak menyasar masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah. Ini yg patut dicontoh, agar masa tua terjamin. Ngomongin mie ayam, termasuk favorit saya juga. Dengan harga segitu di Jakarta ditambah fasilitas yg memadai rasanya sangat recomended. Sukaaa

    ReplyDelete
  4. Waahh.. Murah ya Mbak.. Di pikiran saya bisnis makanan yang dikelola artis itu mahal.. Tapi ini murce bangett, apalagi Mbak udah ngerasain sendiri katanya rasanya enak, saya jadi ngiler, beneran deh.. :D

    ReplyDelete
  5. tanpa MSG yaaa mba..that's exactly what I need. Soalnya aku suka makan mie tapi suka bermasalah kalau banyak paki MSG or penyedap rasa lainnya

    ReplyDelete
  6. Mbak siang-siang begini makan mie ayam mantap banget, postingannya bikin ngiler mbak

    ReplyDelete
  7. Muralnya lucuuuu hihi. Tempatnya didesaign bgt buat foto2 ya hehe. Penasaran rasanya deh

    ReplyDelete
  8. Saya gak nyicipin dimsumnya, uy. Tapi, mie ayamnya memang enak. Mie-nya aja udah berasa bumbunya

    ReplyDelete
  9. Pengeeen cobaain mie ayam yummiehnya ussy ah ntar pas mampir ke jakartaa. hehehe semogaaa bsa kesampaian, aamiin. looks so yummy mbak, apalagi tanpa MSG jugaa ya waaah menarik ~

    ReplyDelete
  10. weeew kereeenn, usaha baru lagi nih Ussy-Andika. moga usahanya lancar selalu.
    pintar banget mereka melirik pasar ya Mbak, secara mie ayam ini favorit semua, pasti bakalan rame deh ini. apalagi tempatnya yang instagramable dan juga kekinian dengan segala fasilitas yang membuat pengunjung nyaman :)

    ReplyDelete
  11. Harganya selisih sedikit dengan kedai mie ayam di Semarang. Ini malah tanpa MSG, coba buka di Semarang, aku bisa langganan karena anakku yang bungsu hobi banget makan mie ayam

    ReplyDelete
  12. Aku ngeri banget pernah liat abang gerobak mie ayam naro micin sampe sesendok. Pantes enak kataku dlm hati. Tp ngga deh, pengen sehat aja aku mah kan kita bukan generasi micin

    ReplyDelete
  13. Drngan porsi segitu, mi ayamnya terbilang murah, Mba. Belum lagi didukung tempat yang nyaman kan yaa :)

    ReplyDelete
  14. Saya termasuk yang jarang banget makan makanan seperti bakso dan mie ayam di pinggir jalan, Mba. Entahlah kayaknya selera makan saya langsung hilang membayangkan proses pembuatan makanan itu. Tapi kalo yang sudah terjamin kebersihannya seperti ini sih jadi gak ragu mau makan :)

    ReplyDelete
  15. Aku sudah nyoba mie ayam ini dan langsung ketagihan. Rasanya enak dan harganya juga murah ya, mba.

    ReplyDelete
  16. Ussy nih keren banget buka resto terus yaaa... Sajiannya pun punya kekhasan tersendiri.
    Kali ini dengan sajian merakyat mie ayam yang diolah sedemikian rupa, ya cantik tampilan, enak pula rasanya. Mana harganya pun terjangkau banget ya. Mie ayam kecombrang dan mie ayam lada hitamnya sungguh menggoda selera.

    ReplyDelete
  17. Saya suka banget sama mie, mbk. Mie apa aja, mudah2an pas plesir ke Jakarta bisa mampir ke tempat mbak Ussy ini.

    ReplyDelete
  18. Wowww.. emejing mbak.. ngiler sama mie - nyaa.. ^^

    ReplyDelete
  19. Aku suka mie ayam dan itu porsinya ya Mbak. Puas banget deh kalau makan. Mana instagramable. Patut dicoba kalau ke Jakarta

    ReplyDelete
  20. Saya juga pilih-pilih banget kalau mau beli Mie Ayam. Suka yang gak pakai MSG kaya gini

    ReplyDelete
  21. Aku termasuk penggemar mie ayam juga loh mbak, misal disuruh milih persen bakso apa mie ayam pasti langsung aku bilang mie ayam. Cuss lah kapan kapan mampir ke mie ayamnya ussie ini

    ReplyDelete
  22. Saya juga lebih suka mie ayam yg nggak pakai msg tapi tetap sedap, tapi yang kayak gitu memang biasanya mahal yaa, karena kaldunya pakai lebih banyak bumbu dan tulang. Keren nih yummieh ussie bisa kasih harga bersahabat buat komposisi mie ayam sehat dan sedap:)

    ReplyDelete
  23. Duh isu ayam tiren itu dimana2 ada deh mba. Aku juga suka sama mie ayam, berharap semoga mie ayamnya Ussy ini bisa segera buka di Surabaya :D

    ReplyDelete
  24. Kalau aku dulu takut makan mie ayam karena katanya pakai daging tikus hihihi sampe kalau beli mie ayam tanpa daging.
    Wah enak banget dong kalau usie menyajikan mie ayamnya tanpa MSG, tapi rasanya tetap enak ya. hmmmmm yummieeh lah pastinya, sayang banget aku komen di sini baru disuguhi fotonya aja:)

    ReplyDelete
  25. Suer aku mupeng malah sama dimsumnya Bund, soalnya itu penyajian plek sama persis di Hongkong ketika Yam cha (minum teh). Ini yang sering dilakukan orang-orang sana ketika makan bersama. keren yakin Ussy. Pengen

    ReplyDelete
  26. Aku malah pengen dimsumnya. Kalo mie ayam itu favoritnya suami sama anak sulungku. Kapan2 deh kalo ke Jakarta main sini

    ReplyDelete
  27. Wow tempatnya sudah cocok bange, mana makanannya murah, halal, tempatnya instagramable banget bakalan pengen deh makan mie Ussynya di sini.

    ReplyDelete
  28. Nyam, beruntung bisa jd yg nyobain mienya Ussy saat awal2 pembukaan ya. Aku paling suka mie ayam kecombrangnya, enak. Harganya jg murah. Dimsumnya jg enak, bikin nagih.

    ReplyDelete
  29. Sempat mengira klu usaha bisnis kuliner yang dirintis para artis itu harganya mahal-mahal eh ternyata tidak ya mbak. Jadi pengen deh cicipin mie ayam ala nyummieh Ussy ini eh tapi tempatnya kejauhan.

    ReplyDelete
  30. Suka banget deh sama mie ayam, tapi ya gitu kadang takut mie ayam pakai pengawet, kalau makan mie ayam di Yummieeh Ussy mah tenang deh, harganya juga terjangkau, itu cekernya pikabitaeun pisan ih

    ReplyDelete
  31. Wah msg free ya. Ini daya tarik banget nih apalagi buat org kaya aku yg kalo makan msg agak pusing dan jadi ga puguh rasa. Harganya juga terjangkau ya. Ntar main ah kesana pas udah di indo 😍

    ReplyDelete
  32. yhaaaa ini kelemahanku pake banget mb.. kusuka banget mie ayam apapun bentuknya dan samaaa minimal makan seminggu sekali. makin kesini aku makin mikir soal makanan yang kumakan, terutama kualitas bahan dan kebersihannya. sepertinya mie ayam ussy menawarkan keduanya ya, patut dicoba.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...